Sponsors Link

Pengertian Komunikasi Modern dan Karakteristiknya

Sponsors Link

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar “komunikasi modern” ?. Mungkin sebagian besar orang akan berpendapat bahwa komunikasi modern adalah sarana atau alat komunikasi modern ataupun media komunikasi modern yang kita gunakan di era digital seperti sekarang ini. Telepon genggam, telepon pintar, surat elektronik, jejaring sosial, berbagai aplikasi pesan instan, dan video call pastilah menjadi contoh yang akan kita berikan.

ads

Komunikasi modern merujuk pada berbagai hal seperti  sistem, metode, sarana, dan lain-lain. Namun, pada bahasan kali ini, kita akan mencoba untuk mengulas komunikasi modern dari sisi ilmu komunikasi atau komunikasi antar manusia dan perkembangan teknologi komunikasi.

Baiklah, kita mulai dengan menyegarkan ingatan dan pemahaman kita (kembali) tentang istilah komunikasi, modern, dan teknologi komunikasi sebelum masuk dalam pembahasan komunikasi modern dan karakteristiknya.

Pengertian Komunikasi Modern

A. Komunikasi

Dari berbagai pengertian komunikasi menurut para ahli yang telah dirangkum dalam artikel pengantar ilmu komunikasi dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi adalah suatu proses dua arah guna mencapai pengertian bersama. Dalam proses komunikasi, masing-masing partisipan tidak hanya melakukan pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan melainkan juga menciptakan dan berbagi makna.

Pembentukan makna yang terjadi selama proses interaksi ini telah dijelaskan secara lengkap oleh Barnett Pearce dan Vernon Cronen melalui teori manajemen koordinasi makna. Secara umum, komunikasi mengandung makna menghubungkan orang atau tempat dan memiliki berbagai fungsi.

Baca juga:

Fungsi-fungsi komunikasi tersebut di antaranya adalah terhubung dengan orang lain, terhubung secara sosial, menarik perhatian orang lain, berbagi perasaan, mengekspresikan sebuah pendapat, menjelaskan berbagai informasi, melakukan negosiasi, menyatakan pendapat, memanipulasi pikiran orang lain, berkomentar,  mendidik, membentuk pertemanan dan lain-lain.

Dalam konteks komunikasi organisasi dan dalam bidang komunikasi bisnis, komunikasi memiliki fungsi manajemen dimana sebuah organisasi tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya komunikasi. Di sini, peran komunikasi dalam organisasi sangatlah penting karena menghubungkan berbagai pihak dalam organisasi seperti antar departemen, antar karyawan, antara atasan dan bawahan, dan lain-lain.

Sebagai inti dari interaksi antar manusia dan pembelajaran, komunikasi berarti proses pertukaran informasi, gagasan, pikiran, perasaan dan emosi yang disampaikan melalui bahasa sebagai alat komunikasi, sinyal, tulisan, atau perilaku. Proses komunikasi efektif berlangsung melalui tahap-tahap komunikasi yang didukung oleh komponen-komponen komunikasi, atau unsur komunikasi, atau elemen-elemen komunikasi seperti pengirim pesan, encoding, pesan, saluran atau media komunikasi, penerima pesan, decoding, serta umpan balik.

Dalam proses komunikasi, seorang pengirim pesan atau atau encoder meng-encode sebuah pesan dan kemudian menggunakan sebuah saluran atau media komunikasi untuk mengirimkan pesan tersebut kepada penerima pesan atau decoder yang meng-decode pesan. Setelah penerima pesan memproses informasi, penerima pesan mengirimkan kembali sebuah pesan kepada pengirim pesan melalui umpan balik yang sesuai dengan menggunakan media atau saluran komunikasi.

B. Modern

Istilah modern seringkali merujuk pada hal-hal yang berbau kekinian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, modern berarti terbaru atau mutakhir. Makna lain modern adalah sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dengan tuntutan zaman.

Dari dua pengertian istilah di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi modern adalah proses pertukaran pesan yang disampaikan melalui saluran atau media komunikasi berteknologi modern guna mencapai pengertian bersama.

C. Teknologi Komunikasi

Yang dimaksud dengan teknologi komunikasi adalah digunakannya berbagai macam teknologi modern untuk berkomunikasi atau mengkomunikasikan informasi melalui beragam saluran atau media. Kehadiran teknologi komunikasi modern telah merevolusi cara, mobilitas, dan efisiensi komunikasi elektronik. Diawali dari penemuan telepon hingga praktek jaringan W-CDMA dan mode komunikasi 4G, semuanya berkonstribusi besar dalam ranah jaringan data atau suara masa kini.

Baca juga:

Berbagai bentuk komunikasi elektronik baru telah tumbuh dan berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Kini, dengan menggunakan jaringan internet, kita dapat melakukan komunikasi melalui perangkat komputer maupun telepon seluler termasuk didalamnya surat elektronik, layanan pesan instan, ruang percakapan, forum, situs jejaring sosial, jaringan permainan daring interaktif, dan web-logs.

Kini, sebagian besar sekolah, perusahaan, instansi pemerintah, perbankan, dan lain-lain telah memanfaatkan teknologi komunikasi modern guna mendukung serta membantu proses komunikasi pembelajaran, manajemen, layanan perbankan, penelitian, pemasaran, dan lain-lain.

Karakteristik

Melihat kembali sejarah perkembangan teknologi komunikasi, perkembangan alat komunikasi, dan sejarah perkembangan tekn0logi informasi tak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat telah membuat ilmu komunikasi menorehkan langkahnya ke jejak sejarah perkembangan ilmu komunikasi selanjutnya.

Komunikasi antar manusia yang awalnya dilakukan secara tertulis, kini komunikasi dapat dilakukan melalui internet karena telah diterapkannya berbagai teknologi elektronik seperti gelombang elektronik dan sinyal komunikasi. Komunikasi yang dilakukan melalui internet umumnya disebut dengan komunikasi online atau komunikasi daring (Baca juga : Jenis-jenis Komunikasi Daring).

Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah menciptakan karakteristik komunikasi antar manusia baru yang lebih modern, berikut komunikasi modern dan karakteristiknya yaitu :

1. Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat

Salah satu dampak teknologi terhadap komunikasi yang paling signifikan adalah luasnya cakupan internet dan kemungkinan pengiriman pesan melalui surat elektronik atau pesan instan dengan cepat. Melalui internet, kita dapat melakukan percakapan, membuat, mengedit, dan mengirim dokumen hanya dalam hitungan detik. Proses pembuatan dan pengeditan dokumen bahkan dapat dilakukan secara otomatis.

2. Komunikasi yang dilakukan berbiaya murah

Siapa yang kini tidak memiliki aplikasi pesan instan di telepon seluler? Kini, mengirim pesan tidak lagi mengirimkan surat melalui pos yang harus memakai biaya perangko dan butuh waktu berhari-hari lamanya. Jika beberapa tahun ke belakang SMS masih menjadi primadona, kini dengan hadirnya internet dan berbagai aplikasi pesan instan, mengirim kabar dapat dilakukan dengan murah, bahkan gratis.

Baca juga:

Melalui pesan instan, kita tidak hanya berkomunikasi dengan satu orang melainkan beberapa orang sekaligus. Hal ini dikarenakan terdapat fitur grup atau kelompok dalam masing-masing aplikasi pesan instan.

3. Kualitas komunikasi meningkat

Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi telah membuat kualitas komunikasi mengalami peningkatan. Kita dapat memperoleh pengetahuan dalam jumlah yang sangat besar hanya dengan sekali klik saja. Kita juga dapat menerjemahkan teks dari bahasa asing, mencari arti kata-kata yang masih asing atau tidak dikenal, dan memperoleh pengetahuan tambahan tentang berbagai macam hal.

Teknologi yang ada memungkinkan kita untuk menyimpan dan mengambil kembali isi komunikasi  terutama komunikasi verbal dengan mudah saat dibutuhkan.

4. Mudah diakses

Perkembangan teknologi telah merubah cara kita berkomunikasi bila dikaitkan dengan peran teknologi dalam sistem komunikasi dan demokratisasi. Teknologi telah membuat komunikasi menjadi lebih murah dan memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk mengakses komunikasi.

Semakin berkembangnya forum-forum online, peliputan berita secara langsung, dan inisiatif terkait media lainnya telah menghasilkan akses dan partisipasi dunia yang luas dalam berita dan informasi untuk hampir semua orang. Dalam ranah bisnis, akses terhadap komunikasi atau informasi yang khusus adalah sumber utama keunggulan kompetitif hingga kini. Dengan hadirnya teknologi, hambatan tersebut dapat ditanggulangi.

5. Perubahan dalam gaya komunikasi

Berbagai penemuan gawai baru telah memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dan memungkinkan kita untuk bisa berkomunikasi dari mana saja. Kehadiran teknologi telah menyebabkan berkurangnya komunikasi tatap muka yang ditandai dengan tingginya tingkat ketergantungan pada media elektronik hanya untuk berkomunikasi verbal dan berkomunikasi secara tertulis.

Keyboard yang terdapat pada ponsel dan media lainnya berukuran kecil sehingga menyulitkan proses pengetikan kata-kata atau frasa secara lengkap. Hal ini berakibat pada digunakannya berbagai simbol atau emoticon dan penyingkatan kata-kata yang seringkali tidak sesuai dengan aturan gramatika yang ada.

6. Komunikasi interaktif

Kemudahan komunikasi dan penyebaran metode komunikasi interaktif seperti pesan instan dan konferensi video telah meningkatkan volume komunikasi. Kini, orang akan mengkomunikasikan apapun yang muncul secara instan, dan cenderung memecah topik yang berbeda menjadi komunikasi yang berbeda.

Baca juga:

Alat Komunikasi Modern

Komunikasi adalah kunci untuk membangun dan membina hubungan, baik dengan keluarga, rekan bisnis, teman, sahabat, atau pasangan hidup. Kita memiliki beragam sarana atau alat komunikasi modern yang memungkinkan kita untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Masing-masing media atau saluran komunikasi dapat mempengaruhi hubungan kita dalam berbagai cara.

Adapun yang termasuk ke dalam sarana atau alat komunikasi modern yang umum digunakan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Telepon seluler

Telepon seluler pertama kali ditemukan pada tahun 1979 di Jepang. Telepon seluler terus mengalami perkembangan yang sangat cepat hingga kini. Kini, hampir setiap orang memiliki telepon seluler di tangannya.

2. Telepon pintar

Telepon pintar terkadang disebut juga dengan komputer kecil yang juga berfungsi sebagai telepon. Setiap pabrikan telepon pintar mengeluarkan model dan fitur yang berbeda satu sama lain. Namun,  mereka memiliki kesamaan yaitu memberikan layanan suara digital, akses internet, surat elektronik, dan pesan teks. Fitur lainnya adalah adanya pemutar musik, kamera digital, dan pemutar video.

3. Personal digital assistant

Personal digital assistant atau dikenal juga dengan sebutan PDA mengalami perkembangannya sejak dikenalkan tahun 1993. PDA berukuran lebih kecil dari buku alamat elektronik dan memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai komputer portabel. Layanan telepon, layanan faks, surat elektronik, dan koneksi internet. Pengguna dapat mengendalikan PDA melalui informasi tertulis pada layar sentuh dengan menggunakan semacam pena yang disebut styluses.


4. Komputer jinjing

Komputer jinjing atau dikenal dengan laptop adalah komputer bergerak atau komputer yang dapat dibawa kemana-mana. Ketika pertma kali dikenalkan, laptop berukuran tidak lebih besar dari kalkulator. Kini, dengan mesin berteknologi canggih laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop termasuk akses internet yang memungkinkan digunakannya berbagai macam alat komunikasi seperti pesan instan, surat elektronik, dan konferensi video.

Baca juga:

Metode Komunikasi Modern

Menurut Pearson dkk (2011), terdapat beberapa metode komunikasi modern yang umumnya tersedia dalam jaringan internet, yaitu :

  1. Surat elektronik – surat elekronik menggunakan internet atau jaringan komputer untuk mengirimkan pesan kepada orang lain yang terhubung dengan internet atau jaringan. Surat elektronik merupakan salah satu metode komunikasi yang digunakan oleh individu maupun organisasi.
  2. Pesan instan dan percakapan – bentuk komunikasi sinkron sebagai salah satu dari jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya yang berbasis teks dan memungkinkan penggunanya terhubung dengan internet melalui komputer dan melakukan percakapan melalui komputer. Kini, percakapan melalui pesan instan tidak hanya dilakukan melalui komputer melainkan telepon pintar yang terkoneksi dengan jaringan internet.
  3. Sistem papan pengumuman – salah satu alat komunikasi asinkron berbasis teks yang memungkinkan penggunanya untuk menyebarluaskan berbagai jenis-jenis informasi kepada sebagian besar orang.
  4. Konferensi audio-video – internet atau jaringan digunakan dalam konferensi audio-video untuk terhubung dengan dua atau lebih perangkat komputer multimedia untuk keperluan siaran langsung serta percakapan interaktif dengan menggunakan saluran komunikasi visual dan audio.
  5. Blog – jurnal daring yang berisi tema tertentu yang dipajang berdasarkan urutan kronologis. Sebagian besar blog mungkinkan pembaca atau pengunjung untuk meninggalkan pesan atau komentar atau memberikan pertanyaan kepada pengelola blog.
  6. Dunia virtual – salah satu bentuk komunikasi asinkron yang sangat diminati oleh pengguna. Dunia virtual merupakan realitas virtual berbasis web dimana para partisipan menciptakan karakter tertentu yang digunakan untuk bertemu dan berinterkasi dengan partisipan lainnya di dunia virtual.
  7. Situs jejaring sosial – salah satu jenis media sosial dan merupakan situs untuk menjalin pertemanan dengan orang-orang di seluruh dunia dengan menampilkan profil penggunanya. Dalam situs jejaring sosial, kita dapat menampilkan foto, menulis status terbaru, mengirimkan video, bermain, dan lain-lain.

Sebagaimana halnya berkomunikasi di dunia nyata, berkomunikasi melalui internet juga dibatasi oleh berbagai rambu yang berlaku secara internasional maupun nasional. Selain itu, kita juga harus memahami dan menaati berbagai etika komunikasi di internet agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan hukum.

Baca juga :

Manfaat Mempelajari Komunikasi Modern

Mempelajari komunikasi modern dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah :

  • Kita memahami pengertian komunikasi modern
  • Kita memahami karakteristik komunikasi modern
  • Kita memahami berbagai alat atau sarana komunikasi modern yang digunakan secara umum
  • Kita memahami berbagai metode komunikasi modern yang digunakan secara umum

Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian komunikasi modern dan karakteristiknya serta berbagai alat dan metode komunikasi modern yang kita gunakan sehari-hari. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi komunikasi dan implikasinya terhadap komunikasi antar manusia.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital