Sponsors Link

3 Jenis Jenis Komunikasi Daring dan Karakteristiknya

Sponsors Link

Perkembangan teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia semakin canggih, semakin hari semakin canggih. Salah satunya perkembangan internet serta pernagkat pendukungnya. Salah satu bidang kehidupan yang sangat dimudahkan dengan pekembangan internet adalah komunikasi. semua orang perlu melakukan komunikasi , dengan berbagai tujuan, dan dengan memanfaatkan koneksi internet yang dapat memeangkas ruang dan waktu, komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan canggih dibanding komunikasi secara konvensional.

ads

Kemunculan aplikasi – aplikasi seperti yang dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan internet sepeti website, skype, hangout, line, whatsapp dan semacamnya membuat komunikasi daring menjadi populer.

Komunikasi daring, atau komunikasi dalam jaringan, atau juga dikenal dengan istilah komunikasi online; merupakan kegiatan pertukaran pesan dimana proses penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan menggunakan media online, atau internet. Misalnya menggunakan fasilitas email, facebook, whatsapp, telegram, dan sebagainya (baca juga: komunikasi yang efektif).

Keunggulan utama yang dimiliki oleh komunikasi daring adalah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet (komunikasi daring) dapat lebih menghemat waktu dan biaya komunikasi dari pada komunikasi konvensional. Misalnya rapat dengan anggota perusahaan yang berada diluar negri tentu akan lebih mudah, cepat, dan hemat biaya jika dilakukan melalui teleconference atau video call, dibanding bertemu secara konvensional (tatap mata). Selain itu intensitas dan partisipasi komunikasi juga dapat ditingkatkan jika komunikasi dilakukan melalui dunia maya.

Namun bukan berarti komunikasi daring tidak memiliki kelemahan, komunikasi yang dilakukan melalui jaringan internet memerlukan perangkat khusus yang keberadaanya diharuskan. Selain itu bisa menyebabkan hadirnya banyak informasi yang tidak penting, menyita konsentrasi, serta  tidak dapat memeperlihatkan atau mewakilkan emosi penggunanya. Gesture tubuh seseorang yang berbicara tidak akan dapat terlihat secara penuh meskipung menggunakan aplikasi video call. apalagi jika hanya berupa chatting.

Komunikasi daring sendiri dikelompokan menjadi beberapa jenis, berdasarkan prilakunya, cara penyampaianya, dan metoda penyampaiannya. Berikut ini akan Pakar Komunikasi uraikan penjelasannya.

Baca juga:

1. Berdasarkan Prilakunya

Komunikasi yang dilakukan oleh seseorang akan dipengaruhi oleh prilaku dan posisi orang tersebut dalam masyarakat. Berdasarkan prilakunya komunikasi daring dapat dibagi menjadi komunikasi dari formal, informal, dan nonformal. Berikut penjelasannya:

  • Komunikasi Daring Formal

Komunikasi daring formal merupakan komunikasi daring yang dilakukan dalam lingkup lembaga formal dan komunikasi yang dilakukannya bersifat resmi. Dalam pelaksanaannya komunikasi jenis ini biasanya telah memiliki aturan serta tatacara tersendiri yang ditentukan oleh organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi formal biasanya terkait dengan kepentingan dinas dan bersifat instruktif. Contoh komunikasi daring formal misalnya, teleconference (konferensi online), webinar (seminar online), atau rapat online.

Ciri komunikasi formal:

  1. Bersifat resmi, instruktif.
  2. Tegas, biasanya memiliki sanksi
  3. Memiliki prosedur, aturan, atau tatacara sendiri
  4. Pembicaraan mengenai masalah organisasi atau pekerjaan
  5. Berlangsung dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi.
  • Komunikasi Daring Informal

Komunikasi dari informal merupakan komunikasi daring antar anggota organisasi, lembaga, atau perusahaan yang sifatnya tidak direncanakan. Tidak seperti komunikasi formal yang bersifat instruktif, komunikasi informal cenderung dilakukan untuk memelihara hubungan sosial, atau pertemanan antar anggota dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Pesan yang disampaikan juga tidak berpengaruh terhadap kepentingan lembaga yang bersangkutan dan cenderung bersifat pribadi. Contoh komunikasi daring informal misalnya pembicaraan mengenai rumor, gossip, atau desas desus mengenai sesuatu melalui media online.

Sponsors Link

Ciri komunikasi Informal:

  1. Bersifat pribadi
  2. Berupa obrolan ringan, santai.
  3. Tidak ada aturan atau tatacara tertentu
  4. Pembicaraan mengenai hal umum seperti gossip, rumor, dan sebagainya
  5. Berlangsung dalam rangka memilihara hubungan pertemanan, atau hubungan sosial lainnya.
  • Komunikasi Daring Nonformal

Komunikasi daring non formal merupakan komunikasi daring yang sifatnya berada diantara komunikasi formal dan informal. Komunikasi jenis ini merupakan komunikasi yang dilakukan oleh anggota organisasi atau perusahaan yang sifatnya pribadi namun berhubungan dengan perusahaan. Pesan yang disampaikan bisa saja instruktif dan berpengaruh pada perusahaan, namun sifatnya pribadi. Komunikasi nonformal bisa menjadi jembatan untuk dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, sekaligus mengarahkan komunikasi informal menjadi komunikasi formal. Misalnya rapat online mengenai ulang tahun perusahaan, pembiacaraan khusus sebelum rapat dimulai, dkk.

Ciri komunikasi non formal:

  1. Bersifat pribadi
  2. Ringan, tidak ada sanksi.
  3. Tidak ada aturan atau tatacara tertentu
  4. Pembicaraan mengenai masalah organisasi atau perusahaan
  5. Berlangsung dalam rangka memperlancar penyelesaian tugas resmi.

Baca juga:

2. Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Komunikasi daring juga dibagi berdasarkan cara penyampaiannya, antara lain:

  • Komunikasi Daring Lisan

Komunikasi daring lisan merupakan komunikasi daring yang dilakukan melalui percakapan lisan. Misalnya percakapan yang dilakukan melalui voice call pada whastapp, telegram, dkk. Komunikasi daring lisan bisa juga dilakukan secara tatap muka atau menggunakan video, misalnya dengan melakukan video call menggunakan aplikasi skype , whatsapp, atau semacamnya.

Ciri komunikasi Lisan:

  1. Pesan yang disampaikan berupa ucapan, kata-kata lisan
  2. Dapat dilakukan secara tatap muka (video call)
  • Komunikasi Daring Tertulis

Komunikasi daring tertulis merupakan komunikasi daring yang dilakukan dalam bentuk tulisan. Contoh komunikasi daring tertulis misalnya chatting, e-mail, artikel pada sebuah situs, gambar atau foto pada media sosial, dan semacamnya. Chatting biasanya dilakukan untuk melakukan percakapan-percakapan singkat yang bersifat pribadi. E-mail atau surat elektronik digunakan untuk menyampaikan suatu berita dengan singkat dan jelas, dan biasanya bersifat resmi dengan tujuan tertentu. Artikel atau baskah biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan yang sifatnya kompleks. Sedangkan gambar atau foto biasanya digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau tulisan.

ads

Ciri komunikasi tertulis

  • Pesan yang disampaikan berupa tulisan.
  • Tidak dilakukan secara tatap muka (penerima hanya membaca tulisan penyampai pesan).

Baca juga:

3. Berdasarkan Waktu Penyampaiannya

Sedangkan berdasarkan waktu penyampaiannya, antara lain:

  • Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring singkron atau serempak, adalah komunikasi daring yang dilakukan secara real time (saat yang sama). Jadi ketika proses komunikasi dilakukan, seluruh peserta tengah online atau terkoneksi dengan internet. Sehingga pesan yang diampaikan dikirimkan dan terima pada saat itu juga. Contoh komunikasi singkron misalnya: chatting yang dilakukan dua orang yang sedang online, voice call menggunakan line, bbm, atau video call menggunakan aplikasi whatsapp, skype, dll.

Ciri komunikasi singkron:

  1. Dilakukan secara real time
  2. Dapat langsung saling berbalas-balasan
  • Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi daring asinkron atau tak serempak merupakan komunikasi yang dalam penyampaian dan penerimaan pesannya terdapat waktu tunda. Rentang lamanya waktu tunda ini beragam, bergantung waktu penerima pesan terkoneksi dengan internet atau online. Contoh komunikasi daring asinkron misalnya komunikasi melalui e-mail, forum, artikel dalam sebuah situs, video dalam youtube, dan semacamnya.

Ciri komunikasi asinkron:

  1. Terdapat waktu tunda dalam pengiriman (tidak real time)
  2. Balasan tidak langsung diterima pengirim pesan.

Baca juga:

Agar dapat melakukan komunkasi daring, maka terdapat tiga komponen utama yang harus dimiliki. Komponen tersebut yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brainware). Perangkat keras atau hardware merupakan perangkat yang berupa komponen fisik (dapat disentuh) yang diperlukan agar pengguna dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Perangkat keras tersebut antara lain: komputer atau smartphone, headset, mikrophone, router, wifi, dkk.

Perangkat lunak atau software merupakan perangkat yang berupa program aplikasi. Perangkat lunak ini berfungsi untuk menjembatani hardware (perangkat keras) dan brainware, sehingga pengguna dapat mengakses internet menggunakan perangkat komputer atau smartphone yang dimilikinya. Perangkat lunak tersebut misalnya, aplikasi Skype, Whatsapp, Telegram, Line, BBM, Web Browser, Webconference, dan lainnya.

Sedangkan brainware merupakan orang yang melakukan komunikasi melalui jaringan internet yang tersedia. Brainware bertugas untuk mengatur perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat digunakan untuk mengakses jaringan dan melakukan komunikasi daring. Contoh brainware misalnya youtuber, blogger, vlogger, jurnalis online, atau orang yang menggunakan aplikasi pesan instant, dan sebagainya.

Baca juga:

Demikian artikel mengenai jenis – jenis komunikasi daring (dalam jaringan) ini. Komunikasi daring dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan prilaku, cara penyampaian, serta metoda penyampaiannya. Berdasarkan prilakunya, komunikasi daring dibagi menjadi tiga jenis, yaitu komunikasi daring formal, informal, dan non formal. Berdasarkan cara penyampaiannya, komunikasi daring dibagi menjadi dua jenis, yaitu komunikasi daring lisan dan tulisan. Sedangkan berdasarkan metoda penyampaiannya, komunikasi daring dibagi menjadi dua jenis yaitu komunikasi daring singkron dan asingkron.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, penambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan. Jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini berguna. Semoga bermanfaat! ^^

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital