Sponsors Link

Komunikasi Modern – Media – Dampak

Sponsors Link

Alat komunikasi merupakan media yang digunakan dalam penyebaran atau menyampaikan suatu informasi, baik kepada satu individu maupun banyak individu. Bahkan alat komunikasi seiring berkembangnya zaman, kini bukan hanya sebagai penyampai pesan atau informasi saja, melainkan juga sebagai penghasil pesan atau informasi juga.

ads

Dari dulu hingga sekarang, media komunikasi terus mengalami perubahan dan kemajuan juga perkembangan yang begitu pesat. Dengan perbedaannya bahwa media komunikasi dulu belum canggih seperti media komunikasi moden saat ini. Dulunya mungkin sebatas suara, kini kita bisa melihat orangnya secara visual dan secara langsung. (Baca juga: Komunikasi Bisnis Lintas Budaya)

Memang, dulu media komunikasi merupakan suatu hal yang istimewa pada saat itu. Maka dari itu, banyak orang khususnya para ilmuan yang mulai bersaing dalam menciptakan media komunikasi. Bahkan pada zaman dahulu kala, orang masih menggunakan daun dan alam sekitar untuk berkomunikasi, kini orang cukup menggunakanalat genggam dalam berkomunikasi. Bahkan kini alat genggam tersebut bisa digunakan sebagai ‘senjata’ dalam bertahan hidup. Inilah keunikan dari berkembangnya zaman.

baca juga:

Media Komunikasi Modern

Media komunikasi modern merupakan suatu media yang kita gunakan saat ini dalam berkomunikasi. Yang mana media tersebut merupakan media yang canggih dan modern dalam perkembangan teknologi komunikasi. Adapun beberapa media komunikasi modern di antaranya sebagai berikut: (Baca juga: Karakteristik Media Massa)

  1. Telepon

Telepoin merupakan salah satu media komunikasi modern yang kita gunakan untuk berbicara melalui elektronik. Dengan menggunakan telepon, kita dapat berbicara satu sama lain yang jaraknya jauh dari kita. Telepon merupakan teknologi komunikasi yang diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876.

  1. Handphone

Seperti pada namanya yang terdiri dari kata ‘hand’ yang berarti tangan, dan ‘phone’ yang berarti telepon. Sehingga, dapat dikatakan bahwa handphone ini merupakan salah satu media komunikasi modern yang berkembang alias media komunikasi modern berupa telepon yang mengalami perkambangan dan inovasi.

Baca juga:

Dengan menggunakan handphone atau telepon genggam, seseorang mampu berbicara dengan satu sama lain, cukup dengan satu genggaman saja. Sehingga kita bisa berbicara dengan siapa saja dan di mana saja kita berada. Dulunya, media komunikasi modern yang satu ini hanya digunakan oleh para pengusaha atau orang-orang tertentu saja, yang terbilang kedudukan ekonominya tinggi. Tidak semua orang bisa memiliki media komunikasi ini. Namun, kini seiring berkembangnya teknologi, semua orang bahkan anak kecil sekalipun juga memilikinya. Sehingga dapat dikatakan bahwa hadphone kini merupakan kebutuhan primer orang-orang di era modern ini. (Baca juga: Sejarah Televisi Indonesia)

Sponsors Link

  1. Koran

Media komunikasi modern yang ketiga adalah Koran. Jangan disangka bahwa Koran bukan termasuk dalam kategori media komunikasi. Koran sebenarnya merupakan media komunikasi modern yang digunakan untuk menyampaikan kabar berita berupa media cetak. Pada umumnya, berita-berita tersebut berisi berita ringan hingga berita yang berat seperti berita pemerintahan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Namun, Koran bukanlah jenis media komunikasi modern yang seperti telepon atau handphone. Bahwa Koran ini merupakan jenis media komunikasi yang satu arah, alias tanpa adanya timbale balik secara langsung.

Baca juga:

  1. Televisi

Sama halnya seperti Koran, bahwa televisi juga media komunikasi tak langsung yang tujuannya untuk menyampaikan berita-berita. Dan sama halnya seperti Koran, dalam televisi, juga berisi berbagai hiburan sebagai penyegar otak. Namun, perbedaan antara Koran dengan televisi adalah bentuk komunikasinya. Pada Koran, bentuk komunikasinya berupa visual teks saja, sedangkan pada televisi, komunikasinya berupa audio dan visual grafiknya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa televisi merupakan media komunikasi modern yang lebih canggih dibandingkan dengan Koran. (Baca juga: Pengertian Media Menurut Para Ahli)

  1. Radio

Nah, untuk radio ini sama seperti Koran dan televisi. Namun, radio hanya merupakan media komunikasi modern yang berupa audio saja. Jadi, dapat dikatakan bahwa televisi merupakan media komunikasi yang digabungkan antara radio dengan Koran. Dulunya, radio ini digunakan oleh para pejuang Indonesia dalam menyampaikan pesan kepada kawan-kawannya. Bahkan radio ini dulunya dijadikan sebagai media komunikasi ketika proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diikrarkan oleh Bung Karno.

  1. LCD Proyektor

Media komunikasi modern satu ini merupakan media komunikasi modern yang canggih. LCD Proyektor ini dapat menyampaikan informasi melalui layar kepada para komunikan berupa audiensi. Namun, LCD Proyektor hanya dapat digunakan pada jarak pendek saja.

Baca juga:

ads
  1. Komputer atau Internet

Dapat dikatakan bahwa komputer dan internet ini merupakan media komunikasi tercanggih saat ini. Karena dengan menggunakan internet, kita dapat terhubung banyak orang di mana pun, kapan pun, dan siapapun hingga ke belahan dunia.

  1. PDA

PDA atau Pocket PC ini merupakan media komunikasi yang diciptakan melalui inovasi dari komputer. Nama lainnya adalah komputer mini. Sehingga dapat dikatakan bahwa PDA ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja saat ini. (Baca juga: Etnografi Komunikasi)

Itulah media komunikasi modern yang kita ketahui dan mungkin beberapa media komunikasi modern di atas masih kita gunakan hingga saat ini. Selain itu, masih banyak lagi media komunikasi modern yang tentunya masih belum disebutkan seperti facsimile, telegram, dan lain sebagainya.

baca juga:

Seperti yang dikatakan di atas sebelumnya, bahwa media komunikasi kini dijadikan sebagai senjata dalam bertahan hidup. Maka, dapat dikatakan semakin canggih media komunikasi semakin rusak etika dan moral seseorang. Jika hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar. (Baca juga: Strategi Komunikasi Pemasaran)

Dampak Komunikasi Modern

Maka dari itu, kita perlu memiliki pengetahuan mengenai manfaat dari media komunikasi modern ini. Kemajuan dalam berteknologi ini merupakan suatu hal yang perlu kita syukuri karena semakin mudahnya kita berkomunikasi dan melakukan segalanya. Memang media komunikasi membawa kita dalam dampak positif, namun ada pula yang membawa kita pada dampak negative, jika hal ini tidak digunakan secara benar dan baik.

baca juga:

Maka dari itu, kita akan sampaikan dampak positif dan negative di berbagai bidang dari berkembangnya media komunikasi modern di antaranya sebagai berikut: (Baca juga: Prospek Kerja Ilmu Komunikasi)

A. Bidang Sosial

Di dalam bidang sosial, terdapat dampak positif juga negatif dari komunikasi modern, diantaranya:

a. Dampak positif:

  1. Kemajuan teknologi membuat kita efektif dan mudah dalam berkomunikasi satu sama lain untuk bersosial.
  2. Mencari Informasi terbaru menjadi lebih cepat diterima.
  3. Melaporkan hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitar ke pihak berwajib lebih cepat.

b. Dampak negatif:

  1. Yang jauh semakin dekat, namun yang dekat semakin jauh.
  2. Menjadikan manusia yang bukan sosialis lagi, melainkan menjadi individualis.
  3. Memperbesar peluan pendidikan yang tak bermoral seperti berita hoax, pornografis, kekerasan, dan lain sebagainya.
  4. Menciptakan tembok pemisah status sosial.
  5. Maraknya cyber crime, yang merupakan kejahatan melalui dunia maya
  6. Secara sosial, anak-anak akanmenjadi kurang cerdas dalam berpikir, karena semuanya sudah serba instan.

B. Bidang Pendidikan

Selain di bidang sosial, dampak komunikasi modern juga merambah dunia pendidikan, antara lain:

a. Dampak positif:

  1. Informasi mengenai pendidikan mudah diakses dan didapatkan.
  2. Inovasi pembelajaran seperti e-learning contohnya yang selalu mengalami perkembangan.
  3. Pendidikan yang mulai berkembang dengan adanya basis kelas virtual.
  4. Sistem administrasi dalam pendidikan yang lebih lancar dan efektif.

b. Dampak negatif:

  1. Plagiatisme di mana-mana, sehingga merusak Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Dengan kata lain, orang lebih mudah melakukan copy-paste dalam mengerjakan tugas sekolah.
  2. Sistem administrasi yang berteknologi dan canggih, jika terjadi kesalahan, maka akan terjadi fatal pada akhirnya.
  3. Anak akan selalu berpikir pendek.

C. Bidang Ekonomi

Berikut beberapa dampak komunikasi modern terhadap bidang ekonomi, diantaranya:

a. Dampak positif:

  1. Memberikan peluang lapangan pekerjaan yang mulai tersebar dengan mudah.
  2. Mempermudah berbisnis dan transaksi.
  3. Mempermudah dalam strategi pemasaran karena berhubungan dengan komunikasi.

b. Dampak negatif:

  1. Memberikan kemudahan bagi oknum dalam menjual-beli sesuatu yang merupakan pelanggaran Negara seperti jual beli narkoba, ataupun miras.
  2. Adanya pembobolan rekening dan data akun yang menyebabkan orang mengalami kerugian yang sangat besar.

Itulah beberapa ulasan mengenai komunikasi modern. Dari medianya, hingga kelebihan dan kekurangan dari komunikasi modern yang perlu kita ketahui. Sehingga kita dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan media komunikasi modern ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :