Sponsors Link

7 Media Komunikasi Modern – Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Di era modernisasi ini, mari kita membahas tentang media komunikasi modern yang mulai merambah dan sudah dipakai oleh siapapun dari kalangan manapun sebagai alat dan sarana berkomunikasi. Karena sarana berkomunikasi berkembang seiring bertambahnya tahun. Semakin tingginya peradaban, maka semakin berkembanganya alat komunikasi.

ads

Alat komunikasi modern pun terhitung sangat praktis digunakan dan lebih efektif dalam menjalankan komunikasi antar sesama individu.

Sebelum kita membahas media komunikasi modern, ada baiknya kita mengetahui alat komunikasi masa lalu yang pernah digunakan oleh manusia sebagai sarana berkomunikasi. Alat komunikasi masa lalu ini sebenarnya merupakan cikal bakal dari alat komunikasi modern yang saat ini kita gunakan.

Namun, alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana komponennya. Bahkan masih terhitung belum canggih dan kurang efektif dalam melakukan berkomunikasi. Peralatan yang digunakan oleh alat komunikasi masa lalu pun masih menggunakan bahan baku dari alam, seperti daun lontar, asap, hingga kentongan atau lonceng pos ronda yang terbuat dari besi atau bambu.

Baca juga :

Alat komunikasi masa lalu di antaranya :

  • Daun lontar

Media komunikasi, alat komunikasi,Dari zaman dahulu, manusia sudah mengenal tulisan sebagai bahasa dan media komunikasi manusia dengan manusia lainnya. Seperti halnya metode surat menyurat yang dilakukan oleh para raja pada zaman kerajaan.

Di zaman tersebut, surat menyurat dilakukan dengan menggunakan daun lontar sebagai media tulisan untuk berkomunikasi.

Selain daun lontar, pada zaman itu manusia juga menggunakan rotan, bambu hingga batu sebagai media komunikasi. Daun lontar pun digunakan sebagai media komunikasi hingga digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dalam kepenulisan naskah.

Baca juga: pengantar ilmu komunikasi – Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

  • Kentongan

Media komunikasi, alat komunikasi,Kentongan merupakan alat komunikasi tradisional yang digunakan sebagai tanda informasi kepada warga atau masyarakat sekitar ketika terdapat kejadian tertentu. Tanda itupun sangatlah variatif di setiap kejadiannya.

Kentongan merupakan alat komunikasi tradisional yang masih saja digunakan hingga sekarang walaupun sudah berkembangnya zaman dengan alat komunikasi yang lebih modern dan canggih.

Alat ini masih kerap digunakan oleh masyarakat, khususnya daerah pedesaan atau pedalaman.

Baca juga :  komunikasi massa – Cabang Ilmu Komunikasi

Pada umumnya alat komunikasi tradisional ini digunakan oleh sebagai sarana ronda malam seperti halnya ketik terjadi sesuatu seperti pencurian, maka kentongan akan dipukul dengan cepat sebagai tanda bahwa ada pencurian di tempat tersebut. Selain sebagai tanda adanya pencurian, kentongan juga bisa digunakan sebagai alat penunjuk waktu. Seperti halnya ketika di malam hari kita masih mendengar suara kentongan.

Jika dipukul sekali, maka tandanya sudah jam satu dini hari, jika dua kali maka tandanya bahwa jam menunjukkan jam dua dini hari, dan seterusnya. Bahkan kentongan besar seperti bedug juga digunakan sebagai tanda penunjuk waktu shalat tiba.

Baca : Komunikasi Bisnis – komunikasi politik


  • Asap

Jika Anda pernah mengikuti kegiatan pramuka atau perkemahan, maka Anda tidak asing lagi dengan alat komunikasi berupa asap ini. Dengan asap, kita dapat memberikan simbol atau sinyal di tengah hutan ketika kita ingin memberikan suatu informasi.

Seperti halnya, ketika tersesat maka kita perlu membakar sesuatu hingga tercipta gumpalan asap dan kita buat atau bentuk asap tersebut berbentuk ‘SOS’ sebagai tanda meminta bantuan.

Asap ini merupakan alat komunikasi yang masih digunakan hingga sekarang oleh para manusia di suku pedalaman seperti suku Indian di Amerika. Selain sebagai tanda meminta bantuna, asap juga mampu memberikan tanda sebagai pesan rahasia kepada kelompok atau individu lain.

Baca juga: bahasa sebagai alat komunikasi – komunikasi organisasi

Alat – alat sebagai Media Komunikasi Modern

Terdapat beberapa media komunikasi modern yang berkembang dan banyak dipakai oleh individu untuk kemudahan berkomunikasi, yaitu:

1. Koran

Media komunikasi, alat komunikasi,Koran atau majalah merupakan sarana informasi dan komunikasi modern yang dikembangkan atau cikal bakal dari sebuah surat.

Alat informasi modern ini merupakan alat informasi yang digunakan dengan basis tulisan.

Sehingga koran atau majalah merupakan alat komunikasi modern yang dikembangkan hingga orang dapat mengetahui berbagai informasi di sekitarnya dengan berita-berita dari ringan hingga yang berat.

Baca juga :

2. Radio

Media komunikasi, alat komunikasi,Radio merupakan alat komunikasi yang digunakan dengan basis audio yang hanya mampu didengarkan oleh orang dengan frekuensi tertentu.

Alat komunikasi modern ini dulunya digunakan oleh para warga Indonesia dalam menghadapi perang. Sebagai tanda penyerangan bahkan simbol adanya bahaya di tempat tertentu.

Bahkan sampai saat ini, radio masih saja digunakan oleh orang-orang khususnya anak muda yang sering mendengarkan musik dan program-program radio yang khusus kaula muda.

See also:

3. Telepon

Media komunikasi, alat komunikasi,Alat komunikasi modern ini merupakan alat komunikasi modern yang pertama kali digunakan oleh manusia. Alat komunikasi ini menggunakan listrik sebagai penghubung ke orang lain dengan jarak yang cukup jauh, manusia dapat berkomunikasi dengan baik.

Telepon merupakan alat komunikasi modern yang diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876.

Baca :

4. Televisi

Media komunikasi, alat komunikasi,Telepon merupakan alat komunikasi modern yang digunakan hanya menggunakan audio saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi, maka ada inovasi baru yaitu televisi sebagai sarana komunikasi yang berbasis audio maupun visual.

Kita dapat melihat orang dalam layar kaca televisi, bukan hanya mendengarkan suara saja secara audio.

Televisi ini merupakan alat komunikasi modern yang digunakan dengan sifat yang cukup populer karena di Indonesia hampir seluruh rumah masyarakat memiliki televisi setidaknya satu buah.

Baca juga : komunikasi pembelajaran


5. Telepon genggam (Handphone)

Media komunikasi, alat komunikasi,Alat komunikasi telepon semakin berkembang hingga menjadi telepon genggam atau biasa disebut sebagai ponsel.

Telepon ini tanpa memerlukan bantuan kabel listrik sebagai penghubung komunikasi, namun hanya menggunakan satelit sebagai sinyal ponsel.

Bahkan kita ketahui ponsel ini semakin berkembang menjadi Smartphone, yang mana alat ini digunakan dengan kepintaran teknologinya yang selalu semakin berkembang pesat. Ponsel mulai dirilis atau digunakan pertama kali sebagai alat komunikasi modern sejak 3 Aprikl 1973.

Ponsel pun hingga sekarang menjadi kebutuhan pokok masyarakat sebagai alat komunikasi modern yang sangat penting. Sehingga tak aneh jika setiap orang sudah mulai memegang dan memiliki ponsel sebagai alat komunikas modern. Selain itu, ponsel juga semakin berkembangnya teknologi, semakin maju pula dan berinovasi dari fitur-fitur yang terdapat pada ponsel. Hingga munculnya internet di era ini (Baca juga : Pengaruh Media Sosial)

6. Internet

Media komunikasi, alat komunikasi,Semakin berkembangnya jaman, di era yang serba teknologi ini, bukanlah hal yang aneh lagi jika semakin banyak orang yang mulai menggunakan internet.

Semuanya sekarang serba online, mulai dari panggilan ojek, asisten, hingga mencari pekerjaan paruh waktu maupun fulltime.

Sekarang sudah mulai berkembang jamannya menjadi jaman cyber, yang segalanya menggunakan internet. Pun dengan komunikasi. Sarana komunikasi terbesar dan yang paling banyak digunakan adalah internet.

Dengan adanya internet sebagai media komunikasi dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Karena internet memiliki kata-kata seperti, ‘Mendekatkan yang Jauh’. Kata-kata tersebutlah yang membuat banyak orang untuk kerap kali menggunakan internet sebagai sarana media komunikasi. Sudah banyak orang yang berkomunikasi melalui internet.

Salah satu contohnya adalah jejaring sosial yang karena adanya media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain-lain. Hal inilah yang membuat kata-kata, ‘Yang jauh terasa dekat’.

Internet memang selalu berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi. Semua orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja, dengan menggunakan sarana media komunikasi ini. Kita dapat berkomunikasi dengan orang di belahan dunia manapun dan siapapun.

Baca :

7. Media Sosial

Media komunikasi, alat komunikasi,Dengan adanya internet yang sering digunakan banyak orang sebagai sarana media komunikasi, media sosial pun ikut andil dalam sarana prasarana media komunikasi.

Contoh halnya dengan beberapa media sosial yang mulai banyak orang yang menggunakan khususnya para remaja yang mulai menggandrungi media sosial ini.

Media sosial ini di antaranya facebook yang didirikan oleh Mark Zuemberg, instagram yang mulai bekerjasama dengan facebook, dan twitter yang bersaing ketat dengan facebook. 

Beberapa media sosial tersebutlah yang menjadi sarana media terpopuler oleh banyak orang yang menggunakan.

Demikian ulasan lengkap tentang Media Komunikasi Modern.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi