Sponsors Link

Internet sebagai Media Komunikasi – Hubungan, Dampak, dan Penjelasannya

Sponsors Link

Internet merupakan suatu program yang berbasis jaringan atau koneksi dari sebuah komputer yang saling bertautan untuk menyebarkan suatu data dengan menggunakan protokol TCP/IP. Data tersebutlah yang salah satunya adalah informasi atau pesan.

ads

Di zaman yang semakin berkembang ini, internet merupakan media yang digunakan sebagai sarana komunikasi yang lambat laun telah menyingkirkan media komunikasi seperti telepon atau sms (short message send). Hal ini disebabkan yang telah terbukti bahwa di kehidupan sehari-hari pada zaman ini, manusia sudah melekat dengan sebuah jaringan.

Baca juga: Komunikasi Bisnis

Karena pada dasarnya, internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Hal ini terjadi bukan para gamers online saja, bahkan para pengusaha, politikus, hingga pelajar pun juga mengalami hal yang serupa, yaitu tidak bisa jauh dari internet. Seolah intrernet merupakan bagian dari nyawa mereka. Tanpa internet, manusia akan mati. Sehingga, sebenarnya internet ini memiliki dampak positif maupun negatif.

Bahkan, internet juga mulai digunakan dalam beberapa studi ilmu komunikasi lainnya. Seperti, Komunikasi Massa, Komunikasi Politik, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Persuasif bahkan Komunikasi visual. Internet di era globalisasi sekarang ini dibutuhkan untuk mencapai  komunikasi yang efektif.

Hubungan Internet dengan Komunikasi

Dalam kajian komunikasi, internet memiliki pengertian yaitu merupakan suatu fasilitas sebuah interaksi dengan jaringan yang dapat terhubung secara global.

Baca juga: pengantar ilmu komunikasi

Sehingga sudah tidak sedikit manusia telah menggunakan fasilitas komunikasi ini sebagai sarana penyampai pesan mereka, khususnya pada media sosial. Bahkan, semakin ke sini, perkembangan internet pun semakin canggih. Seperti ibarat, orang bisa mendapatkan uang hanya dengan duduk menatap layar komputernya. Atau orang cukup duduk ketika ia menginginkan sesuatu atau berbelanja. Tanpa perlu berjalan, manusia sudah bisa melakukan aktivitasnya.

Baca juga: Pola Komunikasi Organisasi

Dapat dikatakan bahwa semakin bertambahnya zaman, semakin tingginya peradaban melalui internet sebagai sarana komunikasi. Bahkan internet sendiri terus berinovasi dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, jika dibandingkan dengan kemajuan lainnya. Karena internet sendiri telah memberikan beberapa keunggulan yang semakin baik di antaranya:

  • Sumber informasi atau referensi yang lebih luas.
  • Jangkauan yang tak terbatas (jauh semakin dekat).
  • Efektifitas dan efisiensi waktu dalam berkomunikasi.
  • Murahnya sarana sebagai kegunaan yang berkualitas.
  • Transparansi tanpa batas “Google Maha Tahu”.

Baca juga:

Sebagai sarana informasi yang canggih dan semakin berkembang, internet juga mampu menyampaikan dan membantu sebagai media dalam berkomunikasi dengan siapapun bahkan pada suatu organisasi-organisasi tertentu. Sehingga muncul pertanyaan, Besarkah peranan internet di kehidupan kita.

Baca juga: Prinsip – Prinsip Komunikasi

Internet Sebagai Pemenang

Bisa dikatakan bahwa internet merupakan pemenang dari segala peradaban dalam manusia. Telah terbukti fenomena di Amerika Serikat yang mana telah diketahui bahwa penjualan komputer dan data internet lebih tinggi dibandingkan dengan televisi ataupun pulsa reguler. Bahkan komputer pun juga mampu mengambil fungsi peran komputer sebagai sarana informasi. Sehingga dunia ini akan beralih ke zaman digital. Di mana semua orang dan kehidupan akan serba digital. Atau bisa dikatakan sebagai ‘Cyber Age‘. (Baca juga: Gender dan Komunikasi)

Jaringan internet ini bisa dikatakan, bahwa sarana informasi ini sudah mulai mewabah dan mendarahdaging dalam diri masyarakat yang bersosialisasi. Dengan adanya sifat internet yang mudah diakses, membuat para manusia semakin melekat dengan internet bahkan hingga kecanduan internet. Namun mereka beralibi bahwa internet ini memilih banyak dampak positif karena mereka dapat mengenal orang-orang baru oleh siapa saja tanpa batasan umur, dan di mana saja tanpa batasan jarak lokasi.

Baca juga: Manajemen Komunikasi

Dan perlu diingat juga bahwa sebenarnya sarana informasi satu ini mampu membuat manusia berkomunikasi dan berpikir lebih luas lagi. Mereka akan berusaha maju karena tuntutan mereka mengikuti peradaban digital ini. Karena komunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting seperti halnya yang dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Dengan demikian, internet sebagai sarana informasi yang paling bagus, membuat internet ini sebagai sarana yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan mereka. Dalam berbisnis, pendidikan, hingga politik pun memerlukan sebuah sarana informasi ini yaitu internet. Hingga manusia pun merasa harus dapat terkoneksi dengan internet dengan berbagai cara yang mereka miliki.

Baca juga:

Dampak Internet dalam Komunikasi

Tak heran jika kita tengok samping kana kiri, orang mulai tunduk dan fokus pada ponsel mereka masing-masing. Hal inilah sebagai salah satu dampak negatif dari internet itu sendiri. Rasa sosial mereka akan semakin berkurang. budaya tegur sapa pun akan semakin punah di kalangan masyarakat. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, semua sudah melekat dalam diri mereka dengan internet. Sehingga, manusia akan termakan waktu yang lebih banyak di internet (dunia maya) dibandingkan dengan dunia masyarakat (dunia sebenarnya). Pengalaman yang dianggap histori pun menjadi status keadaan yang mudah diketahui oleh orang lain yang tidak mengenal individu tersebut.

Baca juga: Etika Komunikasi

Namun, dampak positif daripada internet dalam komunikasi ini sendiri adalah dengan menyebarluasnya suatu jaringan, maka manusia pun merasa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Sehingga, waktu akan terasa lebih efisien dan efektif ketika manusia hendak melakukan aktivitas komunikasi. Karena fungsi dari internet sendiri tidak membatasi segala umur maupun jarak lokasi. Sehingga, manusia bisa mampu berkomunikasi dengan siapa saja dan kapanpun hingga di mana saja kita berada.

Baca juga: Hambatan – Hambatan komunikasi

Tak usah kaget jika sekarang banyak anak-anak yang juga mulai paham dengan internet, hingga mereka sering berangkat ke warnet untuk bermain game online. Di bangku sekolah dasar pada zaman ini saja, mereka sudah diberi pelajaran mengenai dunia internet.

Namun semua itu tergantung dari sikap individu masing-masing dalam menyikapi adanya fenomena ini. Bila kita mampu memanfaatkan sarana tersebut dengan baik dan benar, maka kita tidak akan tersesat dan terjebak dalam modernisasi bahkan digitalisasi pada peradaban ini. Kita tidak akan termakan oleh peradaban digital ini. Selain itu, kita akan merasa untung dan menang melawan peradaban yang mungkin bisa memakan kita dan membuat manusia mengalami kemunduran karena adanya era digital ini.

Baca juga: Psikologi Komunikasi

Dengan adanya dunia maya yang semakin marak, maka kita harus pandai memanfaatkannya dengan baik dan benar. Bahkan ada yang berpendapat dan bertanya, “Jika banyak orang yang berdoa di media sosial, maka aku akan mencari apa nama akun Tuhan?”

Marilah kita pandai dalam berbuat dan menggunakan sarana ini sebagai media informasi yang baik dan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi sekarang di Indonesia mulai muncul Undang-Undang tentang IT. Hal ini akan membuat penduduk Indonesia tidak sembarangan dalam menyampaikan pendapatnya di media sosial. Karena, bukan lidah lebih tajam daripada pisau, maka sekarang digantikan dengan istilah status media sosial lebih lancip daripada lidah.

Baca juga:

Maka perlu sikap yang bijak dalam menggunakan media sosial dan sarana informasi ini. Hal inilah yang akan membuat kita sebagai manusia yang cerdas dalam peradaban digital.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,