Sponsors Link

8 Etika Komunikasi di Internet – Teori dan Manfaatnya

Sponsors Link

Pada segala tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat erat kaitanya dengan aturan, nilai dan pedoman yang berlaku. Begitu pula dalam berkomunikasi, setiap orang haruslah mampu berkomunikasi dengan baik Yakni tidak hanya tersampainya pesan kepada lawan bicara, namun lebih dari pada itu haruslah menggunakan pedoman, tatacara, tata krama, serta apa yang dianggap dan dinilai baik dan benar oleh lingkungan masyarakat dimana kita berada. (Baca juga: Komunikasi Islam)

ads

Menggunakan pedoman, tatacara, tata krama, serta apa yang dianggap dan dinilai baik dan benar oleh lingkungan masyarakat inilah yang disebut dengan etika. Oleh karenanya dalam berkomunikasi pun seseorang haruslah menggunakan etika yang baik yakni etika berkomunikasi.

Tak terkecuali dalam kaitanya bagaimana kita berkomunikasi di Internet. Saat kita berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain dimanapun itu hendaklah berkomunikasi berdasarkan etika yang baik dan benar. Mengingat, dera digital ini komunikasi lebih masif melalui jasa internet baik melalui media sosial, email, massenger dan lain sebagainya.

Baca juga : Bahasa sebagai Alat Komunikasi

Pengertian Etika

Menurut J. J. Spillane etika merupakan pertimbangan atau perhatian terhadap tingkah laku manusia dalam mengambil keputusan moral. Etika merupakan penggunaan rasio atau akal budi manusia yang objektivitas terhadap penilain benar atau salahnya tingkah laku seseorang kepada orang lain.

Senada dengan hal tersebut, Ahmad Yamin menjelaskan bahwa etika adalah kajian mengenaik arti baik dan buruk dan yang seharusnya dilakukan oleh manusia, juga menyatakan arah dan tujuan yang seharusnya didilakukan oleh manusia itu. (Baca juga: Komunikasi Pemerintahan)

Sementara itu Mustafa berpendapat etika sebagai ilmu yang mengkaji perilaku mana yang baik dan yang buruk dan juga dengan memperhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang telah diketahui oleh akal pikiran.

Baca juga :


Pemahaman Etika Komunikasi di Internet

Etika berkomunikasi di internet sering disebut sebagai Netiket serta ada yang menyebutnya dengan Netiquette merupakan pedoman tingkah laku manusia berupa perilaku-perilaku yang dianggap baik dalam berkomunikasi di internet.

Bahwa di era digital ini perilaku manusia dalam hal berkomunikasi sudah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dengan hadirnya internet. Internet telah menghubungankan manusia satu dengan yang lainya melewati batas-batas negara bahkan batas-batas waktu sehingga kini kita dapat perhubungan dengan siapapun dan kapanpun dengan internet. (Baca juga: Internet sebagai Media Informasi)

Oleh karenanya, etika komunikasi di internet atau Netiket/Netiquette ini mengatur bagaimana komunikasi yang kita lakukan di internet sama halnya sebagaimana komunikasi yang kita lakukan dalam keseharian. Meskipun internet sering disebut dunia maya akan tetapi orang-orang yang ada didalamnya merupakan satu hal yang nyata. Oleh karenanya dalam berkomunikasi di internet kita harus menggunakan etika yang baik dan benar.

Baca Juga :

Landasan Teori Etika Komunikasi di Internet

Berikut beberapa landasan teori terkait etika komunikasi di media internet, yaitu:

  • Utilitarisme

Teori ini memiliki makna bahwa yang dikatakan baik adalah yang mampu membawa manfaat untuk kebaikan bersama. Dalam hal ini bahwa komunikasi di internet haruslah bermanfaat bagi kebaikan bersama para penggunanya. Bahwa hadirnya Netiket/Netiquette adalah dalam rangka menjaga agar komunikasi di internet berjalan sesuai etika, sehingga dapat membawa manfaat bagi kebaikan bersama para penggunanya. (baca juga

  • Teori Hak dan Kewajiban

Bahwa sana setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama tergantung bagaimana proporsi hak dan kewajiban ini dibebankan kepadanya. Termasuk dalam menggunakan media internet seseorang memiliki hak dan kewajiban yang sama oleh karenanya setiap orang wajib menghormati dan menghargai hak-hak orang lain. Dalam hal ini etika berkomunikasi di internet berupaya agar hak dan kewajiban setiap pengguna internet dalam berkomunikasi dapat terpenuhi. (Baca juga: Komunikasi Sosial)

  • Teori Keutamaan

Teori ini merupakan teori yang berkaitan dengan perilaku karakter, sikap dan akhlak seseorang. Bahwa yang utama didunia ini adalah sikap dan akhlak yang baik. Tak terkecuali saat kita berkomunikasi di internet haruslah mencerminkan akhlak yang baik.

Baca juga : Teori Public Relations

Pedoman Etika Komunikasi di Internet

Etika komunikasi di internet memiliki pedoman sebagai berikut:

  • Lawan Bicara Adalah Manusia

Bahwasanya yang menjadi lawan bicara kita di internet sama halnya dengan lawan bicara kita di dunia nyata yakni adalah manusia. Oleh karenanya kita pun wajib memperlakukannya sama sebagaimana kita berbicara pada dunia nyata baik pergaulan maupun keseharian.(Baca juga: Filsafat Komunikasi)

  • Standar Komunikasi Yang Sama

Karena lawan komunikasi kita di internet adalah manusia maka standar komunikasi yang kita terapkan adalah sama sebagaimana apa yang kita lakukan dalam dunia nyata baik keseharian maupun dalam pergaulan. Bagaimana kita menempatkan diri dalam berkomunikasi, penggunaan bahasa, struktur kalimat dan lain sebagainya haruslah beretika sebagaimana komunikasi yang kita lakukan dalam keseharian.

  • Berkepribadian Baik

Dalam berkomunikasi di internet, segala sesuatu yang kita tulis dan kita tuangkan akan dinilai oleh orang lain. Sehingga jangan sampai kita memberikan kesan negatif pada diri kita sendiri. Kita harus menunjukan bahwa diri kita adalah pribadi yang baik. (Baca juga: Manajemen Komunikasi)

  • Sadar Posisi

Dalam berkomunikasi di internet layaknya komunikasi dalam dunia nyata, kita harus sadar Diana kita berkomunikasi. Dalam sebuah forum sosial internet biasanya sudah terdapat aturan-aturan yang menjadi pedoman bagaimana layaknya kita berkomunikasi dalam forum tersebut.  (Baca juga: Komunikasi Lintas Budaya)

  • Menghormati Privasi Orang Lain

Layaknya dalam dunia nyata setiap orang memiliki privasi asing-masing yang harus kita hormati. Begitu pula dalam kaitanya kita berhubungan dengan orang lain di internet, kita juga harus menghormati apa yang menjadi privasi orang terbut seperti pesan pribadi dan lain sebagainya. (Baca juga: Sistem Komunikasi Indonesia)

  • Menghormati Forum

Sebuah forum internet biasanya dilatar belakangi oleh minat ataupun keusakaan yang sama. Maka, jika kita tidak sepakat dengan forum tersebut alangkah lebih baik jika kita menghormatinya dan meninggalkan forum tersebut. Sehingga tidak perlu terjadi saling menghina dan menghujat. (Baca juga: Hambatan-Hambatan Komunikasi)

  • Kendalikan Emosi

Tak hanya dalam kehidupan keseharian di masyarakat, dalam komunikasi di internet tak jarang kita akan tersulut emosi oleh postingan yang memang menyinggung dan lain sebagainya. Sebagai masyarakat internet yang beretika sudah selayaknya kita mengendalikan emosi dan mengingatkan dengan cara yang beretika pula.

  • Memaafkan Orang Lain

Memaafkan orang lain adalah satu perbuatan yang sangat etis dan mulia. Oleh karenanya dalam komunikasi di internet kita pun harus mampu memaafkan mereka yang berbuat kesalahan karena memang manusia tidak lepas dari yang namanya salah. Jangan terlalu berlebihan menanggapi sesuatu. (Baca juga: Komunikasi Visual)

Baca juga : prinsip-prinsip komunikasi


Manfaat Mempelajari Etika Berkomunikasi di Internet

Mempelajari Netiket/Netiquette merupakan satu hal yang teramat penting. Terlebih dera digital seperti sekarang ini, dimana secara masif komunikasi dilakukan melalui internet. Etika berkomunikasi di internet menjadi mutlak keberadaanya memigat internet tak lagi sebatas dunia maya namun interaksi di dalamnya merupakan sebuah realitas yang nyata. (Baca juga: Pola Komunikasi Organisasi)

Sehingga sebagai pribadi yang terdidik sudah selayaknya kita menggunakan etika dalam berkomunikasi di internet. Mengingat kini interaksi di internet tak ada bedanya dengan interaksi di dunia nyata. Oleh karenanya dengan kita mempelajari etika komunikasi di internet kita menjadi paham bagaimana pedoman dalam komunikasi di internet baik itu bagaimana kita berkomunikasi, menempatkan diri, menghormati orang lain dan sebagainya.

Sehingga awal mula internet dibentuk guna memberikan kebermanfaatan bagi manusia akan terwujud. Jika setiap penggunanya menggunakan etika yang baik maka hal-hal yang merugikan dari internet akan dihindarai. Bahwasanya yang merugikan dari internet bukanlah internet itu sendiri melainkan manusia sebagai penggunanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :