Sponsors Link

3 Kritik Teori Dependensi Dalam Komunikasi dan Konsep Dasarnya

Sponsors Link

Dalam perkembangan teori komunikasi menurut para ahli, terdapat satu teori yang juga memiliki peranan penting dalam suatu komunikasi massa, yaitu teori dependensia. Teori dependensi dalam komunikasi sering disebut sebagai teori dependensi media atau juga teori ketergantungan sistem media. Teori ini sendiri pertama kali dikemukakan pada tahun 1976 oleh Sandra Ball-Rokeach dan Melvin DeFleur.

ads

Pada awalnya teori dependensi dalam komunikasi dikemukakan didasarkan pada adanya efek media massa terhadap individu maupun juga pengaruh media massa terhadap masyarakat. Dimana dipahami bahwa semakin masyarakat bergantung pada media massa dalam memenuhi kebutuhannya, maka akan semakin besar pula pengaruh dan perang media dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun demikian, efek komunikasi massa sendiri sebenarnya tidak dapat menjelaskan dengan pasti efek yang diberikan pada masyarakat.

5 Konsep Dasar Dalam Teori Dependensi Media

Teori dependensi sendiri dianggap berbeda dengan teori komunikasi massa yang lainnya, dimana didalam teori ini ada anggapan bahwa masyarakat atau publik merupakan bagian yang penting dan berperan aktif dalam proses komunikasi, dimana pada teori-teori sebelumnya lebih dianggap sebagai bagian yang pasif. Setidaknya terdapat 5 konsep penting didalam teori dependensi media, diantaranya adalah:

Baca juga :

1. Dependensi atau Ketergantungan

Konsep dependensi atau ketergantungan didalam teori ini sendiri didasarkan pada adanya tingkat kepentingan individu maupun media, serta juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial.

2. Tujuan

Setidaknya terdapat 3 tujuan utama pada teori dependensi dalam komunikasi, yaitu pemahaman, orientasi, serta bermain, dimana nantinya dapat menjadi motivasi dalam hubungan ketergantungan individu dan media.

3. Struktur

Struktur ketergantungan individu dan media dapat berupa simetris maupun asimetris, dimana sebagian besar lebih mengarah pada asimetris karena adanya pemahaman bahwa media menjadi sumber utama untuk mencapai tujuan individu.

4. Intensitas Sasaran

Intensitas sasaran dipengaruhi oleh adanya faktor individu dan sosial, dimana semakin tinggi tujuan serta kepentingan individu maka hubungannya dengan media akan menjadi lebih intens.

5. Lingkup Sasaran

Sama hal nya dengan intensitas sosial, lingkup sasaran juga dipengaruhi oleh faktor individu dan sosial, dimana lingkupnya menyangkut semua tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Kritik Teori Dependensi Dalam Komunikasi

Dilihat dari konsep teori dependensi dalam komunikasi massa tersebut, dapat dipahami bahwa teori dependensi menjadi landasan dasar yang kuat dalam memahami proses dan efek komunikasi dalam hubungan individu dan media. Walau demikian, terdapat juga beberapa kritik teori dependensi dalam komunikasi yang perlu untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

Baca juga :

1. Hubungannya dengan penjelasan empiris

Kritik yang pertama dapat dilihat dari hubungannya dengan penjelasan empiris. Walaupun teori dependensi dalam komunikasi dianggap atau dipandang sebagai teori yang elegan dan cukup deskriptif, namun pada kenyataannya teori ini sulit untuk diverifikasi secara empiris atau juga secara terstruktur.

2. Hubungannya dengan makna ketergantungan

Kritik yang kedua ada kaitannya dengan makna ketergantungan. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teori dependensi merupakan suatu teori ketergantungan, namun dalam hal ini tidak ada penjelasan yang jelas terhadap makna atau kuatnya ketergantungan yang dimaksudkan. Terlebih lagi hal tersebut akan berbeda-beda dalam setiap hubungan individu dan media.

3. Hubungannya dengan efek media massa

Kritik teori dependensi dalam komunikasi yang terakhir adalah hubungannya dengan efek media massa. Adanya ketergantungan memang merupakan salah satu efek media massa yang ditimbulkan dalam hubungannya dengan kepentingan individu. Namun dalam teori ini tidak ada penjelasan yang kuat terhadap efek media massa itu sendiri yang sebenarnya memiliki sifat jangka panjang.

Demikian penjelasan mengenai kritik teori dependensi dalam komunikasi dan juga konsep penting didalamnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,