Sponsors Link

20 Efek Media Massa Secara Umum

Sponsors Link

Dewasa ini, media massa adalah salah satu hal yang telah memasuki banyak lapisan dari kehidupan kita. Dimulai dari kehidupan yang paling privat, dalam keluarga, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, perkembangan macam macam media komunikasi termasuk media massa menjadi kekuatan tersendiri untuk menginformasikan informasi-informasi tertentu yang dapat memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan bermasyarakat, selain dengan banyaknya fungsi media massa yang dapat diperankan oleh media massa.

ads

Tidak hanya berkaitan dengan masalah individu, permasalahan negara dimulai dari masalah politik hingga permasalahan ekonomi semuanya sangat mudah sekali diinformasikan melalui media massa. Pun demikian, kelompok-kelompok tertentu juga akan sangat mudah dalam menyampaikan informasi kepada khalayak tertentu yang menjadi sasaran kepentingan yang mereka miliki. Oleh karena itulah setiap orang harus menyadari betapa penting efek media massa dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kita dapat mengantisipasi apabila ada pengaruh-pengaruh buruk yang bisa terjadi pada diri ataupun keluarga kit, sebagaimana yang kita lakukan dalam mempelajari efek media sosialdampak negatif media sosial, atau pengaruh media sosial pada kita.

Berikut ini adalah beberapa efek media massa yang akan kita pelajari dalam artikel berikut ini. Dengan mengetahui efek-efek media massa di bawah ini tentu akan membawa dampak positif bagi kamu yang ingin belajar komunikasi massa ataupun bagi kamu yang ingin mempelajari dunia media massa sebagai wawasan dalam kehidupanmu sehari-hari. Silakan simak di bawah ini ya!

1. Masyarakat mampu mendapatkan informasi ekonomi dengan mudah dan cepat

Efek media massa yang pertama dan mungkin menjadi salah satu efek media massa yang menguntungkan banyak orang adalah diketahuinya informasi-informasi mengenai ekonomi yang perlu untuk diketahui agar mereka dapat memutuskan dengan lebih baik. Informasi ekonomi yang dimaksud meliputi informasi tentang harga-harga barang di pasar, peluang kerja atau lowongan kerja yang tersedia di perusahaan-perusahaan tertentu, keadaan ekonomi negara, nilai mata uang atau kurs uang, dan lain sebagainya.

Bagi orang-orang yang bermain dalam dunia saham maka media massa dapat membantu dalam memonitor perkembangan saham yang dia beli. Bahkan dengan kecanggihan media massa dan teknologi saat ini, hampir setiap detik informasi tentang saham dapat dipantau hanya melalui aplikasi tertentu yang bisa diakses melalui telepon genggam ataupun melalui akses jaringan internet yang lain. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan pekerjaan bagi mereka yang memerlukan informasi tentang saham dan keadaan ekonomi negara pada umumnya. Ciri-ciri ini sangat dekat dengan salah satu karakteristik New Media yang memiliki kelebihan dalam kecepatan akses informasi.

2. Masyarakat dapat mendapatkan informasi politik dengan mudah dan cepat

Selain informasi ekonomi, informasi politik juga tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh masyarakat pada umumnya. Dengan adanya media massa, masyarakat dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi politik dengan sangat mudah dan cepat. Dengan demikian perkembangan politik yang terjadi di negara atau di masyarakat tersebut dapat diketahui oleh masyarakat secara aktual dan mereka dapat memiliki pegangan dalam menentukan sikap politik yang mereka miliki.

Peran media massa dalam bidang politik oleh karenanya akan sangat terlihat dengan jelas ketika musim pemilu baik pemilu legislatif ataupun pemilu legislatif tiba. Di tengah kondisi pemilu tersebut masyarakat dapat mencari perkembangan keadaan politik dengan cepat melalui berita-berita yang ditampilkan dalam media massa sehingga mereka dapat menentukan siapa calon yang bakal mereka pilih ketika masa pemilihan tiba nantinya. Akan tetapi tentu saja ini pun berarti bahwa media massa dapat dipenuhi kepentingan politik tertentu untuk membuat pembacanya condong pada salah satu kelompok yang sedang bertarung di tengah kompetisi politik yang terjadi.

Sponsors Link

3. Mendapatkan informasi dunia internasional

Selain mendapatkan informasi dari wilayah lokal atau dalam negeri, dengan adanya media massa dewasa ini kita juga dapat mengetahui perkembangan yang terjadi di dunia internasional baik dalam benua yang sama ataupun dalam benua yang berbeda. Misalnya, saat ini kita telah mampu mengetahui perkembangan yang ada di negara Jepang, Afrika, Rusia, Amerika dan lain sebagainya hanya melalui telepon genggam yang kita miliki tanpa harus bersusah payah mengunjungi negara-negara tersebut.

4. Membentuk kerangka persepsi pembaca

Media sosial juga memiliki pengaruh dalam membentuk kerangka persepsi yang dimiliki oleh seseorang, sebagai bagian dari fungsinya dalam komunikasi multimedia. Kerangka persepsi adalah suatu kerangka atau struktur umum yang melandasi bagaimana seseorang mempersepsi atau memaknai suatu kejadian tertentu yang ada di sekitarnya. Misalnya, orang yang sering terlibat dalam dunia kriminal akan cenderung memandang orang disekitarnya dengan penuh kecurigaan, lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang lain, begitu pula dengan orang-orang yang tinggal di kota-kota besar dan lain sebagainya.

Media massa dengan pemberitaan serta analisis yang diberikan akan membentuk suatu kerangka persepsi yang kemudian akan dimiliki oleh si pembaca apabila pembaca tersebut tidak hati-hati atau menyadari bahwa apa yang ia baca tersebut membentuk suatu kerangka persepsi tertentu. Apabila kerangka persepsi tersebut bernilai positif, tentu tidak masalah. Akan tetapi apabila bernilai negatif, tentu saja akan memberikan efek-efek negatif tertentu yang tidak bisa diabaikan begitu saja dan harus diatasi dengan baik.

Untuk memahami masalah pembentukan kerangka persepsi pembaca ini kamu bisa mendalaminya lebih lanjut dengan mempelajari konstruksi realitas sosial terhadap suatu informasi atau peristiwa tertentu yang bisa dilakukan dengan media massa. Lebih jauh lagi, apabila kamu tertarik mendalaminya, kamu bisa mempelajari teori konstruksi sosial, teori konvergensi media, teori media komunikasi, atau teori persamaan media.

5. Membentuk pemaknaan terhadap realitas tertentu

Selain mampu mempengaruhi kerangka persepsi seseorang, media massa juga dapat membentuk atau mempengaruhi pemaknaan pada suatu realitas tertentu yang spesifik pada diri seorang pembaca tertentu. Maksudnya adalah, media massa mungkin tidak akan mempengaruhi kerangka persepsi seorang individu secara utuh, akan tetapi media massa tersebut mampu mempengaruhi pemaknaan individu terhadap suatu realitas spesifik. Misalnya, dalam kasus pemilihan umum, bisa saja media massa tertentu membangun opini dan mempengaruhi opini publik terhadap suatu figur tertentu, meskipun pembaca tersebut tidak memiliki kerangka persepsi tertentu yang dimiliki oleh media massa tersebut.

6. Mempengaruhi sikap seseorang terhadap topik tertentu

Sebagai sebuah implikasi dari adanya pengaruh media massa terhadap persepsi atau pemaknaan seseorang terhadap peristiwa atau topik tertentu yang dibahas dalam media massa tersebut, maka media massa memiliki efek yaitu mempengaruhi sikap seseorang terhadap topik tertentu. Artinya, kecenderungan berperilaku yang dimiliki oleh seseorang tersebut juga akan cenderung mengikuti pada makna tertentu yang telah dibentuk dari berita-berita yang telah disampaikan oleh media massa tersebut.

Apabila seseorang tidak memiliki filter atau kesadaran yang kuat tentang makna apa yang sebenarnya dikonstruksi oleh media massa dan apa pengaruh dari makna tersebut, maka seseorang dapat dengan mudah mengikuti pemaknaan tersebut dan pada akhirnya juga akan berperilaku sesuai dengan pemaknaan yang diarahkan oleh media tersebut. Apabila analisis atau berita yang disampaikan sesuai dengan nilai yang seharusnya, tentu tidak masalah. Akan tetapi apabila dimuati oleh kepentingan-kepentingan negatif tertentu tentu semua roagn harus mewaspadainya dengan baik.

7. Meringankan biaya penyiaran

Media massa modern dewasa ini memiliki pengaruh yang luar biasa dalam dunia komunikasi massa. Perkembangan teknologi membuat biaya produksi menjadi lebih rendah tetapi hasil distribusi semakin luas dan dapat diakses dari mana saja melalui IoT (Internet of Things) seperti telepon genggam, smartwatch, dan lain sebagainya. Efek yang satu ini sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan media massa yang sangat berkepentingan dalam meringankan biaya produksi agar mereka dapat melakukan penyiaran seluas-luasnya ke masyarakat.

Selain mengurangi biaya distribusi dan produksi, efek media massa yang satu ini juga mampu membuat perusahaan media massa untuk mengalikan uang distribusi atau produksi tersebut pada pembuatan-pembuatan konten lain yang lebih menarik bagi para pembaca media massa, seperti misalnya menambahi konten visual, konten audio, konten video dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh media massa tersebut.

ads

8. Kemudahan dalam menyebarkan gagasan

Efek media massa berikutnya, khususnya bagi orang yang ingin menyebarkan gagasan atau pesan tertentu adalah semakin mudahnya seseorang tersebut dalam melakukan penyebaran pesan atau informasi pada orang-orang tertentu. Dengan demikian, semakin banyak orang yang dapat mengetahui pesan atau berita yang ingin mereka sampaikan.

Selain memberikan keuntungan bagi mereka yang ingin menyebarkan pesan-pesan positif, tentu saja hal ini juga menjadi tantangan tersendiri terutama bagi pemerintah dalam hal membatasi penyebaran konten-konten negatif yang dapat merusak generasi bangsa seperti misalnya soft-porn, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Selain regulasi yang ketat, edukasi yang baik juga diperlukan untuk memastikan agar masyarakat dapat menyaring konten-konten yang mereka butuhkan secara mandiri.

9. Munculnya kontrol sosial pada pemerintah

Salah satu efek media berikutnya adalah munculnya kontrol sosial pada pemerintah. Kontrol sosial yang dimaksud adalah adanya peluang bagi masyarakat untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah meliputi pertimbangan, kebijakan, peraturan undang-undang dan lain sebagainya yang apabila tidak sesuai dengan kehendak rakyat maka rakyat dapat memberikan kritik atau melakukan respons-respons tertentu.

Pada umumnya masyarakat atau rakyat juga menggunakan media massa untuk menyampaikan kritik yang mereka miliki, misalnya dengan mengirimkan surat terbuka, menuliskan artikel, atau sekadar berkomentar di kanal-kanal media massa yang disediakan oleh para pengelola media massa. Dengan demikian masyarakat dapat memberikan kontrol terhadap segala kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, walaupun tentu saja tidak semuanya memberikan efek tertentu khususnya apabila masalah yang disentuh atau dibicarakan terlalu politis. Walaupun pada titik tertentu media massa dapat memerankan peran hegemoni media massa yang menjadi alat kekuassan penguasa tertentu.

10. Memberikan perubahan kultur

Media massa juga berperan dalam hal kulturisasi atau pembudayaan moral-moral tertentu pada suatu masyarakat tertentu sebagaimana terlihat dari bagaimana peran media massa dalam pembentukan moral. Hal ini disebabkan karena kemampuan media massa dalam menyebarkan informasi yang sangat cepat dan masif sehingga mampu menjadi agen sosialisasi kebudayaan yang cukup efektif dan kemungkinan besar dapat diterapkan pada berbagai daerah. Kekuatan penulis atau agen pembudidaya merupakan salah satu faktor yang menyebabkan budaya dapat dengan mudah disebarkan di tengah masyarakat, sementara media massa memberikan percepatan yang masif untuk mempercepat proses sosialisasi budaya tersebut di tengah masyarakat.

Efek Lainnya (11-20)

Selain sepuluh efek di atas, beberapa efek media massa yang lain di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menghapuskan kultur lama
  • Membentuk kepribadian masyarakat
  • Mempermudah sosialisasi tradisi atau adat istiadat
  • Mempermudah akses pengetahuan bagi masyarakat luas
  • Memudahkan sosialisasi kebijakan pemerintah
  • Mengubah gaya hidup seseorang
  • Memperluas sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian tertentu
  • Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi terdokumentasi
  • Terbangunnya citra positif subjek tertentu di tengah masyarakat
  • Terjadinya pengalihan isu

Itulah beberapa efek media massa yang memungkinkan untuk terjadi baik saat ini ataupun pada masa yang akan datang. Pada dasarnya kita tidak bisa mengabaikan pengaruh media massa terhadap masyarakat yang sangat besar. Semoga dengan mempelajari efek media massa berikut ini kamu dapat menambah wawasanmu tentang dunia media massa ya!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa