Sponsors Link

15 Macam-macam Media Komunikasi – Fungsi

Sponsors Link

Komunikasi adalah sebuah proses dinamis untuk menciptakan makna melalui berbagai simbol baik verbal maupun nonverbal. Terkait dengan hal ini tentu kita masih ingat pengertian komunikasi yang dikemukakan oleh Carl I. Hovland yang telah dikemukakan sebelumnya melalui artikel Pengantar Ilmu Komunikasi. Menurut Hovland, komunikasi adalah sebuah proses untuk merubah perilaku orang lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya kita harus mempertimbangkan berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi seperti gender, etnis, orientasi seksual, budaya, globalisasi, resiko, dan kebebasan berekspresi. Yang perlu dipahami adalah bahwa perubahan perilaku pada komunikate dapat terjadi hanya melalui komunikasi yang efektif.

ads

Menurut Effendy (1984), proses komunikasi dapat dibagi menjadi dua tahap yaitu proses komunikasi primer dan proses komunikasi sekunder. Yang dimaksud dengan proses komunikasi primer adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain yang dilakukan dengan menggunakan lambang atau simbol sebagai media seperti kial, isyarat, gambar, warna, bahasa sebagai alat komunikasi, dan lain-lain. Sementara itu, yang dimaksud dengan proses komunikasi sekunder adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain dengan menggunakan alat sebagai media.

Proses komunikasi primer umumnya terjadi dalam konteks komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi. Proses komunikasi interpersonal berjalan melalui tahap-tahap komunikasi yang didukung oleh berbagai unsur komunikasi atau elemen-elemen komunikasi atau komponen-komponen komunikasi seperti pengirim pesan, pesan, encoding, saluran/media komunikasi, decoding, penerima pesan, umpan balik, dan konteks. Sementara itu, proses komunikasi sekunder umumnya terjadi dalam konteks komunikasi bermedia baik media massa maupun media nirmassa.  Dalam proses komunikasi sekunder, media memegang peranan yang sangat penting dalam proses komunikasi karena lebih efektif dan efisien dalam menjangkau khalayak dan menyampaikan pesan.

Pengertian

Sebenarnya, apakah media itu ? Berbagai pengertian media menurut para ahli telah dikemukakan selama bertahun-tahun. Semuanya mengerucut pada dua pengertian yaitu media nirmassa dan media massa. Yang dimaksud dengan media nirmassa adalah media non massa yang digunakan untuk menyampaikan informasi seperti surat, telepon, telegram, poster, spanduk, papan pengumuman, bulletin, folder, majalah organisasi, radio amatir, dan lain-lain. Pengertian lainnya merujuk pada media komunikasi massa atau media massa  yaitu berbagai bentuk, alat, dan sistem yang digunakan dalam konteks komunikasi massa. Media massa menurut para ahli mencakup surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet.

Berikut adalah berbagai macam media komunikasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Surat

surat

surat

Surat adalah sebuah pesan yang ditulis atau dicetak pada kertas dan biasanya disimpan dalam amplop dan dikirimkan kepada seseorang atau organisasi. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan surat adalah kertas dan sebagainya yang bertulis. Makna lain adalah secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan. Surat juga dapat berarti sesuatu yang ditulis, yang tertulis, atau tulisan.

Sebagai sarana komunikasi, surat memiliki beberapa tujuan yaitu menjaga hubungan dengan orang lain yang berjauhan jaraknya, sebagai sarana komunikasi dengan pihak lain, sebagai alat ekspresi diri, sebagai alat bukti, jaminan keamanan, bukti sejarah, dan lain sebagainya.

Baca juga:


2. Kartu pos

Kartu pos

Kartu pos

Kartu pos adalah lembaran kertas tebal atau karton berbentuk persegi panjang yang ditujukan untuk menulis dan mengirim surat tanpa amplop. Kartu pos tidak hanya terbuat dari kertas atau karton tebal melainkan ada juga yang terbuat dari kayu tipis, tembaga, atau kelapa. Di beberapa tempat, biaya pengiriman kartu pos lebih murah dibandngkan dengan surat. Biasanya kartu pos dicetak oleh oleh perusahaan swasta, perorangan atau organisasi dan dikeluarkan oleh otoritas pos yang berwenang. Kartu pos tertua dikirim pada tahun 1840 kepada Theodore Hook yaitu seorang penulis yang berasal dari Fulham, London.

Dalam bidang komunikasi pembangunan, kartu pos digunakan oleh Bangladesh dan Filipina untuk menyebarkan pesan-pesan pembangunan. Kartu pos pertama kali digunakan oleh para ahli komunikasi di Bangladesh untuk memberikan motivasi serta menyebarkan informasi dalam kampanye dan berbagai program pembangunan lain di daerah pedesaan. Digunakannya kartu pos sebagai media komunikasi karena memiliki potensi sebagai media massa yakni kartu pos biasa digunakan orang untuk memberi kabar kepada kerabatnya, mudah dibuat, biaya pembuatan murah, praktis, pesan ringkas dan mudah dibaca, mudah disimpan, dan  menimbulkan rasa senang (Jahi, 1981 : 125).

3. Telepon

Media komunikasi, alat komunikasi,

Telepon

Telepon adalah suatu perangkat yang menyuarakan suara dan gelombang listrik ke dalam relai yang dapat didengar, dan digunakan untuk komunikasi. Telepon terdiri dari mikrofon dan speaker yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dan mendengar transmisi dari pengguna lain.

Sejarah perkembangan telepon diawali pada tahun 1896 yakni saat telepon pertama kali ditemukan. Pada awalnya, telepon mengharuskan operator untuk menghubungkan panggilan antar pengguna. Namun, dengan kemajuan teknologi, kini panggilan terhubung secara otomatis. Secara formal, telepon mengunakan sinyal analog untuk mengirimkan suara. Kini, sebagian besar panggilan ditempatkan di atas jaringan digital.

4. Telegram

telegram

telegram

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan telegram adalah berita yang dikirim dengan menggunakan telegraf atau disebut juga dengan kabar kawat. Dengan demikian, telegram adalah pesan tertulis yang dikirimkan dengan menggunakan telegraf dan dimana teks ditulis atau dicetak dan dikirimkan dengan tangan atau teleprinter.

Sebelum telepon genggam dan surat elektronik berkembang seperti sekarang, telegram sangat berguna untuk menyampaikan kabar yang mendesak atau menyampaikan ucapan selamat hari raya. Kini, kita hampir tidak lagi melihat telegram di kantor pos dan menggunakan layanannya.

baca juga:

5. Poster

Poster kesehatan

Poster kesehatan

Poster merupakan salah satu media cetak yang sering digunakan dalam kampanye komunikasi. Poster adalah selembar kertas atau karton yang diberi suatu ilustrasi dan beberapa kata sederhana. Biasanya poster dirancang untuk menarik perhatian orang-orang yang berlalu lalang, menimbulkan kesan pada yang bersangkutan tentang fakta atau ide, dan merangsangnya untuk mendukung sutau ide, mencai lebih banyak informasi atau melakukan semacam tindakan.

Poster umumnya digunakan sebagai suplemen berbagai metode komunikasi lainnya seperti jurnalistik radio atau jurnalisme radio, jurnalistik televisi, jurnalistik cetak, jurnalistik elektronik, jurnalistik online, public relations, periklanan, propaganda, penerangan, kampanye, dan lain-lain. Agar tercapai komunikasi yang efektif, maka poster harus memiliki tujuan yang jelas, desain harus baik, diuji coba pada khalayak yang dituju, dan harus dipasang sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi yang baik (Jahi, 1981 : 123-124).

6. Spanduk

spanduk

spanduk

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum. Spanduk biasanya diperuntukkan sebagai media publikasi dan promosi sutau produk, lembaga, berbagai macam kegiatan, dan lain-lain.

Spanduk pada umumnya digantung di tempat umum atau dibawa dalam demonstrasi atau prosesi. Selain itu, spanduk juga bisa digantung di dalam ruangan dalam suatu acara tertentu. Umumunya, spanduk dibuat dengan cara cetak sablon, car, atau  digital.

baca juga:

7. Papan pengumuman

Papan pengumuman

Papan pengumuman

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, papan pengumuman adalah papan untuk mengumumkan hal-hal yang perlu diketahui oleh banyak orang. Dengan kata lain, papan pengumuman adalah papan yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada publik atau masyarakat umum.

Biasanya papan pengumuman digunakan untuk mengiklankan barang, mengumumkan kejadian, atau memberikan informasi. Papan pengumuman umumnya terbuat dari bahan kayu yang lebar atau tipis. Selain kayu, papan pengumuman juga terbuat dari gabus untuk memudahkan penambahan dan pengangkatan pesan.

Papan pengumuman dapat kita temui di institusi pendidikan, institusi pemerintah, tempat umum, toko, tempat ibadah, fasilitas umum, dan lain-lain.

8. Buletin

Buletin

Buletin

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, buletin adalah media cetak berupa selebaran atau majalah yang berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodik oleh suatu organisasi atau lembaga dan ditujukan untuk kelompok profesi tertentu.

Pengertian lain buletin adalah pemberitahuan singkat kepada publik yang biasanya dikeluarkan oleh sumber terpercaya. Lebih spesifik lagi, buletin adalah berita singkat yang ditujukan untuk publikasi atau penyiaran langsung.

Selain menampilkan berita singkat, buletin juga menyajikan foto atau gambar-gambar yang mendukung dan menggunakan bahasa resmi atau bahasa formal.

baca juga:

9. Majalah organisasi

Majalah organisasi

Majalah organisasi

Majalah organisasi adalah media cetak dan merupakan salah satu saluran komunikasi dalam organisasi yang bersifat informal yang diproduksi oleh sebuah organisasi dan ditujukan untuk kalangan internal organisasi.

Majalah organisasi juga dapat ditujukan kepada khalayak umum sebagai bentuk komunikasi eksternal atau komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak yang berada di luar organisasi.

Pada umumnya, majalah organisasi berhubungan dengan subyek yang berkaitan dengan organisasi yang bersangkutan.

baca juga:

10. Radio amatir

radio amatir

radio amatir

Radio amatir adalah radio yang menggunakan spectrum frekuensi radio untuk tujuan pertukaran pesan nonkomersial, eksperimen nirkabel, pelatihan mandiri, rekreasi pribadi, radiosport, dan komunikasi darurat.

Istilah amatir digunakan untuk menentukan orang yang benar-benar berwenang yang tertarik dengan praktik radioelektrik dengan tujuan pribadi semata dan tanpa adanya kepentingan komersial.

baca juga:

11. Surat kabar

Media komunikasi, alat komunikasi,

Koran

Surat kabar atau koran adalah publikasi berseri yang berisi berita tentang berbagai kejadian terkini, artikel informatif lainnya tentang politik, olahraga, seni, dan lain sebagainya. Pada umumnya, koran dicetak dengan kertas yang relative murah. Organisasi jurnalisme yang menerbitkan surat kabar itu sendiri sering disebut secara metonim.

Surat kabar mulai berkembang pada abad ke-17 sebagai lembar informasi bagi pebisnis. Pada abad 19, surat kabar mulai berkembang di Eropa dan Amerika. Kini, surat kabar  dipublikasikan secara daring dan juga di media cetak.

12. Majalah

Majalah

Majalah

Majalah adalah salah satu publikasi berkala yang dicetak atau dipublikasikan secara elektronik atau daring. Majalah umumnya berisi artikel dan ilustrasi, biasanya mencakup topik atau bidang minat tertentu seperti kesehatan, olahraga, perempuan, pria, anak-anak, teknologi, dan lain-lain.

Pada umumnya majalah dibiayai oleh iklan, dengan harga beli, dengan langganan prabayar, atau kombinasi ketiganya. Majalah pertama diterbitkan di Jerman pada tahun 1663 dan kemudian setelah itu, majalah mulai berkembang di Eropa dan Amerika.

Baca juga:


13. Radio

Media komunikasi, alat komunikasi,

Radio

Radio adalah media massa tertua. Radio adalah salah satu media siaran yang menggunakan teknologi gelombang radio untuk menyampaikan informasi seperti suara dengan cara mengatur secara sistematis sifat-sifat gelombang energi elektromagnetik yang ditransmisikan melalui ruang angkasa, seperti amplitudo, frekuensi, fase, atau lebar pulsa.  Terdapat beberapa jenis-jenis radio yaitu radio jaringan, radio lokal, radio satelit, dan streaming audio.

Sebagai salah satu media siaran, radio memiliki beberapa kelebihan dan memberikan efek yang sangat besar terhadap khalayak massa, yaitu fleksibel dan produksi yang ekonomis, fleksibel dalam penggunaan, isi bervariasi, relatif bebas, digunakan secara individu, dan berpotensi melibatkan pendengar dalam siarannya.  Efek penyiaran radio terhadap khalayak  menarik perhatian para peneliti dan dibuktikan melalui teori jarum hipodermik atau teori peluru.

14. Televisi

televisi

televisi

Televisi adalah salah satu media siaran selain radio yang digunakan untuk mentransmisikan gambar bergerak dalam bentuk hitam putih atau monokrom atau berwarna, dan dalam dua atau tiga dimensi serta suara. Istilah televisi juga merujuk pada perangkat televisi, jenis program televisi, atau media transmisi televisi. Televisi adalah salah satu media massa untuk hiburan, pendidikan, berita, politik, gossip, dan periklanan.

Sejarah perkembangan televisi berawal di tahun 1920an dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1950an karena digunakan sebagai media untuk mempengaruhi opini publik. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis televisi yaitu televisi jaringan (ABC, FOX, NBC, dan lain-lain), televisi sindikasi, televisi lokal, televisi kabel (MTV, VH1), dan televisi satelit.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh televisi seperti jangkauan hasil keluaran yang sangat luas, isi bersifat audio visual, teknologi dan organisasi yang kompleks, isi yang bervariasi, dan lain sebagainya telah membuat para peneliti lainnya tertarik untuk meneliti efek siaran televisi terhadap khalayak. Berbagai penelitian terkait dengan efek siaran televisi terhadap khalayak massa dituangkan dalam teori kultivasi yang pada intinya menyatakan bahwa konstruksi realitas sosial oleh khalayak massa dipengaruhi oleh media massa yakni televisi.

15. Internet

Media komunikasi, alat komunikasi,

internet

Era digital dalam sejarah perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan kehadiran media baru yaitu internet. Di era globalisasi seperti sekarang, internet telah menjadi sumber utama informasi dari berbagai belahan dunia dan tema. Derasnya arus informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen akibat kehadiran internet sebagai media komunikasi telah menjadikan konsumen belajar untuk mencari informasi yang benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain mencari informasi, konsumen juga memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berjauhan secara geografis. Komunikasi via internet dikenal juga dengan nama komunikasi online atau komunikasi daring. Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya yang seringkali kita gunakan untuk berkomunikasi diantaranya adalah jejaring sosial, pesan instan, blog, video conference, dan surat elektronik.

Sebagai media, internet memiliki beberapa ciri yaitu berbasiskan teknologi komputer, bersifat fleksibel, interaktif, berfungsi umum dan privat, memiliki aturan dengan tingkatan yang rendah, saling keterhubungan, mudah diakses, dan lain-lain.

Manfaat Mempelajari Macam-macam Media Komunikasi

Mempelajari berbagai macam media komunikasi dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah kita menjadi paham bahwa banyak sekali media komunikasi yang ada di sekitar kita. Kebanyakan media komunikasi tersebut merupakan awal dan dasar bagi berbagai media komunikasi yang kita gunakan saat ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadikan media komunikasi lama menjadi media komunikasi modern atau disajikan secara daring dan penggunaannya secara bijaksana  adalah tanggung jawab kita bersama.

Demikianlah ulasan singkat mengenai macam-macam media komunikasi yang dibagi menjadi media nir massa dan media massa. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kita tentang berbagai media komunikasi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi