Sponsors Link

Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung

Sponsors Link

Semua orang tentunya selalu melakukan kegiatan komunikasi yang merupakan sebagai ciri makhluk sosial, yaitu berinteraksi dengan orang lain. Tak hanya dengan orang lain, bahkan manusia pun juga bisa berkomunikasi dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan ataupun tumbuhan. Itu sebabnya, manusia yang berkomunikasi adalah hal yang wajar dan memang sudah lumrah. (Baca juga: Macam-Macam Komposisi Fotografi)

ads

Dalam ilmu komunikasi, ditinjau dari penyampaiannya baik media ataupun caranya dibedakan menjadi dua bagian yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Nah, berikut ini adalah penjelasan pengertian, jenis, perbedaan, kelebihan, hingga kelemahan dari komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.

Pada umumnya, komunikasi langsung dan tidak langsung ini terjadi pada jenis komunikasi lisan yang mana dibicarakan dengan bahasa verbal dan langsung dari mulut komunikator. Kecuali adanya sang juru bicara. (Baca juga: Teori Semiotika Charles Sander Peirce)

Pengertian

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari komunikasi langsung dan tidak langsung, yaitu:

a. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung merupakan proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Seperti halnya ketika kita berbicara dengan orang lain tanpa adanya perantara atau media komunikasi sebagai penghantar pesan atau informasi. Itulah yang disebut sebagai komunikasi langsung.

Dengan kata lain, komunikasi langsung ini dilakukan langsung bertatap muka tanpa adanya alat bantuan komunikasi yang fungsinya sebagai media komunikasi. (Baca juga: Teori Semiotika Roland Barthers)

b. Komunikasi Tidak Langsung

Berbeda hal dengan komunikasi langsung. Komunikasi tidak langsung merupakan proses dari suatu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung alias memerlukan bantuan alat komunikasi yang fungsinya sebagai media komunikasi. Komunikasi tidak langsung ini umumnya menggunakan media perantara sebagai penghantar pesan atau informasi agar sampai ke komunikan atau penerima pesan.

Dengan demikian, komunikasi tidak langsung ini tidak berlangsung begitu saja alias dengan tatap muka secara langsung, melainkan perlu adanya alat media komunikasi dalam berkomunikasi. Sehingga, komunikasi tidak langsung ini umumnya digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh. (Baca juga: Pengertian Media Sosial menurut Para Ahli)

Kesimpulannya, komunikasi langsung dilakukan dengan jarak pendek alias bertatap muka sedangkan komunikasi tidak langsung dilakukan jarak jauh sesuai dengan kapasitas frekuensi dari media komunikasinya. Sehingga, pengertian di atas merupakan perbedaan antara komunikasi langsung dengan komunikasi tidak langsung ditinjau dari jarak dan media komunikasinya.

Jenis

Selain pengertian, berikut ini terdapat penjelasan tentang jenis jenis dari komunikasi langsung dan tidak langsung, yaitu:

Komunikasi Langsung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa komunikasi langsung merupakan proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau bertatap muka antara komunikator dengan komunikan. Jenis jenis komunikasi langsung ini dibedakan menjadi beberapa bagian tergantung dari tinjauannya.

Baca juga:

Sponsors Link

Berikut ini adalah jenis dari komunikasi langsung :

  • Komunikasi Langsung Persona dengan Persona

Komunikasi langsung persona dengan persona atau biasa disebut sebagai komunikasi langsung antar persona ini dilakukan antar dua orang yang sedang melakukan proses komunikasi. Seperti si A berbicara dengan si B, maka hal itu disebut sebagai komunikasi langsung antar persona.

  • Komunikasi Langsung Persona dengan Kelompok

Komunikasi persona dengan kelompok ini merupakan komunikasi langsung yang dilakukan oleh seseorang kepada banyak orang. Hal ini dapat dilihat contohnya seperti seorang guru yang menerangkan pelajaran kepada beberapa siswanya atau seorang ketua yang sedang memimpin rapat.

  • Komunikasi Langsung Kelompok dengan Persona

Komunikasi langsung kelompok dengan persona merupakan komunikasi secara langsung yang dilakukan oleh banyak orang kepada satu orang. Hal ini bisa kita lihat contohnya seperti para pengunjuk rasa yang menyampaikan aspirasinya dengan turun ke jalan dan menyampaikan ke satu orang seperti pejabat contohnya. Di mana para pengunjuk rasa sebagai komunikator, dan pejabatnya sebagai komunikannya.

  • Komunikasi Langsung Kelompok dengan Kelompok

Komunikasi langsung kelompok dengan kelompok ini biasa disebut sebagai komunikasi langsung antar kelompok yang mana dilakukan oleh beberapa orang yang menyampaikan pesan atau informasi kepada beberapa orang atau kelompok lain. Hal ini bisa kita temukan pada suatu acara atau peristiwa debat. Di mana kelompok A menyampaikan tanggapannya kepada kelompok B. (Baca juga: Media Komunikasi Modern)

Komunikasi Tidak Langsung

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa komunikasi tidak langsung merupakan proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media perantara sebagai media komunikasi untuk dapat berkomunikasi dan menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan. Jenis jenis komunikasi tidak langsung ini dibedakan menjadi beberapa bagian tergantung dari tinjauannya.

  • Komunikasi Tidak Langsung Personal dengan Personal

ads
Komunikasi tidak langsung persona dengan persona ini biasa disebut juga sebagai komunikasi tidak langsung antar persona, di mana komunikasi ini terjadi karena adanya bantuan dari alat perantara atau media komunikasi seperti telepon atau internet. Kita bisa melihat kehidupan sehari-hari sebagai contohnya yaitu si A yang sedang telepon dengan si B dengan jarak jauh. (Baca juga: Etika Komunikasi Massa)

  • Komunikasi Tidak Langsung Persona dengan Kelompok

Komunikasi tidak langsung persona dengan kelompok ini merupakan komunikasi yang berlangsung dengan bantuan media komunikasi yang contohnya seperti seorang presiden yang disiarkan di televisi secara langsung yang mana pesan atau informasinya ditujukan ke publik atau masyarakat. Hal ini biasanya terjadi bukan dua arah, melainkan satu arah karena tidak mendapatkan tanggapan secara langsung.

  • Komunikasi Tidak Langsung Kelompok dengan Persona

Komunikasi tidak langsung kelompok dengan persona merupakan komunikasi yang terjadi dari banyak orang sebagai komunikatornya dan seseorang sebagai komunikannya dan dengan menggunakan media komunikasi. Hal ini dapat kita lihat sebagai contohnya adalah beberapa penyiar yang sedang berkomunikasi dengan pemirsa seperti di televisi maupun di radio. (Baca juga: Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi)

  • Komunikasi Tidak Langsung Kelompok dengan Kelompok

Komunikasi tidak langsung antar kelompok atau kelompok dengan kelompok ini merupakan komunikasi yang berlangsung dengan alat bantuan media komunikasi untuk menyampaikan pesan dan informasinya kepada komunikan. Hal ini dapat kita lihat contohnya seperti kelompok A yang sedang berkomunikasi dengan kelompok B dengan menggunakan bantuan internet atau media sosial.

Perbedaan Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung

Ketika terdapat dua hal yang berbeda, maka dua hal tersebut, tentunya memiliki perbedaan masing-masing yang mana bisa dijadikan sebagai cir khas dari kedua hal tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari komunikasi langsung dengan komunikasi tidak langsung. (Baca juga: Sejarah Media Massa)

A. Media Komunikasi

Di dalam komunikasi tidak langsung, selalu menggunakan media komunikasi sebagai alat bantu penyampai pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan atau penerima pesan. Di mana media-media tersebut seperti televisi, telepon, internet, radio, dan lain sebagainya. Komunikasi tidak langsung tentunya membutuhkan media-media komunikasi tersebut untuk dapat berkomunikasi.

Berbeda halnya dengan komunikasi langsung yang tidak perlu menggunakan alat bantu media komunikasi, karena dilakukan secara langsung atau bertatap muka antara komunikator dengan komunikan. Terkecuali ketika berkomunikasi dengan orang yang mengalami gangguan pendengaran, yang mana komunikan memerlukan alat bantu dengar sebagai media komunikasinya. (Baca juga: Elemen-Elemen Komunikasi)

B. Jarak Komunikasi

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa komunikasi langsung dilakukan secara langsung dengan terjadinya bertatap muka antara komunikator dengan komunikan. Hal ini menunjukan bahwa jarak yang terjadi komunikasi langsung ini hampir tidak ada jarak sama sekali alias dilakukan dengan jarak pendek saat terjadinya proses komunikasi.

Berbeda halnya dengan komunikasi tidak langsung yang mungkin bisa saja terjadi adanya jarak yang jauh. Walaupun tidak menutup kemungkinan, jarak pendek pun juga bisa saja terjadi komunikasi tidak langsung seperti penggunaan handie talkie yang digunakan oleh crew sebuah acara dalam berkomunikasi. Maka dari itu, diperlukannya media komunikasi yang dapat mengantarkan pesan atau informasi kepada konunikan agar terjadi proses komunikasi.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan

Segala sesuatu, tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan. Maka hal itu diperlukan pelengkap atau suatu perbedaan dalam kehidupan agar kehidupan berjalan seimbang karena adanya kelebihan yang dapat melengkapi dari kekurangannya.

Dari beberapa penjelasan seperti pengertian, jenis, dan perbedaan dari komunikasi langsung dan tidak langsung, maka kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari komunikasi langsung dan tidak langsung. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung yang perlu kita ketahui bersama sebagai bahan pengetahuan kita dalam dunia komunikasi. (Baca juga: Model Komunikasi Scharmm)

A. Komunikasi Langsung

Di dalam komunikasi langsung yang dapat dilaukan secara langsung dan bertatap muka, maka dapat ditemukannya beberapa kelebihan dari komunikasi langsung yang di antaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan

  • Bisa lebih mudah dipahami
  • Dapat langsung menanggapi atau memberikan tanggapan langsung
  • Tidak ada hal yang disembunyikan/drama komunikasi

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelemahan dari komunikasi langsung yang di antaranya adalah sebagai berikut : (Baca juga: Cara Berkomunikasi dengan Baik)

  • Tidak dapat menjangkau secara luas.
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menjangkau lebih luas lagi.

B. Komunikasi Tidak Langsung

Setelah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan komunikasi langsung, berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan komunikasi tidak langsung.

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan dari komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan alat bantuan media komunikasi.

  • Dapat menjangkau lebih luas
  • Lebih mudah untuk berkomunikasi ke banyak orang
  • Bisa langsung sampai dalam berkomunikasi dalam skala besar

Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan komunikasi tidak langsung yang bisa kita ketahui adalah : (Baca juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli)

  • Terkadang mengalami gangguan sinyal
  • Tidak terjaga dari segi rahasianya pesan atau informasi

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari komunikasi langsung dan tidak langsung yang bisa kita ketahui. Dengan demikian, maka kita bisa memilah dan memilih komunikasi mana yang cocok sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada saat berkomunikasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :