Sponsors Link

Jenis-jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya

Sponsors Link

Berdasarkan teori new media atau teori media baru yang berpijak pada perjalanan sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan sejarah perkembangan alat komunikasi, dapat kita lihat bahwa kini kita sedang berada pada era yang disebut dengan era media digital. Era media digital ditandai dengan kehadiran dan semakin berkembangnya internet sebagai media komunikasi. Sebenarnya, apakah internet itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online yang dimaksud dengan internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

ads

Baca juga :

Komunikasi yang kita lakukan melalui internet dikenal dengan sebutan komunikasi daring atau komunikasi online. Beberapa literatur menyebutkan bahwa komunikasi daring atau komunikasi online merujuk pada computer-mediated communication atau CMC. Komunikasi daring atau komunikasi online tidak hanya berupa surat elektronik saja namun berbagai bentuk lainnya. Ketika kita melakukan komunikasi secara online maka kita harus mengetahui, memahami, dan mentaati berbagai etika komunikasi di internet agar tidak menimbulkan permasalah hukum di kemudian hari.

Baca juga:

Sebagaimana media massa yang memiliki berbagai macam jenis, begitu pula dengan komunikasi daring. Berdasarkan metode penyampaiannya, komunikasi daring dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu komunikasi sinkron dan komunikasi asinkron.

1. Komunikasi sinkron atau synchronous communication (real time)

Terjadi ketika anggota partisipan komunikasi dapat saling berinteraksi secara real time dan masing-masing partisipan dapat berperan sebagai pengirim dan penerima pesan. Yang termasuk dalam komunikasi sinkron atau synchronous communication (real time) adalah video conference, pesan instan, dan jejaring sosial.

  • Jejaring sosial

Berbagai laman jejaring sosial dapat dengan mudah kita temui di dunia maya. Pada laman jejaring sosial kita dapat mengirimkan gambar-gambar, status, dan video sehingga dapat dilihat oleh orang lain. Jika kita ingin mengirimkan gambar dan lain-lain maka terlebih dahulu kita harus memiliki akun di laman jejaring sosial yang kita tuju. Gambar, status, atau video yang kita kirim melalui laman jejaring sosial dapat dilihat oleh orang dan diberi komentar.

Melalui laman jejaring sosial, kita dapat berteman dengan teman-teman masa sekolah atau kuliah atau pun mereka yang memiliki minat yang sama dengan kita. Kita juga dapat berinteraksi dengan orang-orang yang kita tuju secara pribadi dan tetap menjaga silaturahmi satu sama lain. (Baca juga : Komunikasi Sosial Menurut Para Ahli – Teori Komunikasi Kelompok Menurut Para Ahli)

Dari uraian di atas maka dapat dikatakan bahwa yang menjadi khalayak sasaran dari jejaring sosial sangatlah beragam. Itulah sebabnya laman jejaring sosial digunakan hampir di seluruh dunia karena mudah digunakan dan merupakan alat yang sangat efektif untuk tetap menjaga hubungan dengan teman-teman serta keluarga.

Sebagai media komunikasi modern, jejaring sosial memiliki beberapa keuntungan. Adapun keuntungan yang kita peroleh melalui jejaring sosial diantaranya adalah :

  • kita dapat mengekspresikan diri kita dengan cara berbagi informasi tentang diri kita sendiri ketika sedang online.
  • kita juga dapat memperlihatkan kepribadian kita kepada orang lain.
  • kita dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.
  • kita dapat mengirim pesan kepada teman dan keluarga kapanpun kita menginginkannya.
Sponsors Link

Selain memiliki beberapa keuntungan atau manfaat, jejaring sosial juga memiliki sisi buruk jika tidak dipergunakan secara bijak. Adapun keburukan dari jejaring sosial diantaranya adalah :

  • dapat memicu terjadinya perundungan secara daring atau cyberbullying.
  • dapat menyebabkan hal-hal yang menyakiti orang lain.
  • beberapa jejaring sosial tidak melindungi privasi pengguna sehingga orang-orang yang tidak kita kenal dapat melihat profil atau hal-hal yang sifatnya pribadi lainnya yang sebenarnya tidak ingin kita perlihatkan.
  • dapat menjadi tempat ideal untuk menyebarkan ujaran kebencian serta kabar bohong karena sifatnya yang begitu instan dan massif untuk tujuan tertentu.

Untuk itu, kita harus menggunakan jejaring sosial dengan tepat dan bijak karena jika tidak maka dapat menimbulkan hal-hal yang dapat membahayakan diri kita sendiri maupun orang lain.  Tidak hanya berakibat pada tataran individu, namun dapat juga berdampak lebih luas bagi lingkungan sosial kita (Baca juga : Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Pengaruh Media Sosial – Ciri-ciri Media Sosial –  Efek Media Sosial).

  • Video conference

Video conference adalah salah satu media komunikasi daring yang dilakukan oleh seseorang untuk berbicara dengan orang lain dengan menggunakan webcam dan mikrofon secara langsung. Konsep video conference adalah menggunakan voice call atau panggilan suara dan video. Video conference pada umumnya digunakan oleh dua orang atau lebih yang berjauhan jaraknya untuk berkomunikasi secara langsung melalui video. Berkomunikasi dengan menggunakan video conference juga memerlukan koneksi internet untuk mengirimkan suara dan video masing-masing peserta komunikasi.

Biasanya video conference lebih banyak digunakan oleh anak muda untuk berkomunikasi. Video conference merupakan media komunikasi daring yang baik untuk berkomunikasi dengan orang yang berada pada jarak yang jauh dan tidak bisa ditemui setiap waktu.

Sebagai salah satu media komunikasi daring, video conference memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  • Kita dapat dengan mudah berkomunikasi dan melihat seseorang yang telah lama tidak kita temui.
  • Video conference dapat digunakan dalam konteks komunikasi organisasi atau komunikasi bisnis untuk melakukan rapat jarak jauh ketika kita tidak bisa berada di luar kota.
  • Berkomunikasi melalui video conference dapat menghemat waktu ketika kita tidak dapat datang ke kantor.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, video conference juga memiliki kekurangan, utamanya adalah koneksi internet yang tidak stabil dapat mengganggu jalannya proses komunikasi. Jika hal ini terjadi maka kita dapat mengatasinya dengan tetap melakukan komunikasi secara langsung atau melalui telepon. (Baca juga : Perbedaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal)

  • Pesan instan

Pesan instan atau instant messaging adalah salah satu jenis online chat dimana kita dapat bertukar pesan setiap saat. Kita dapat mengirimkan pesan instan kepada orang lain apabila kita memiliki akun jejaring sosial dan orang yang kita tuju juga memiliki akun pada jejaring sosial yang sama. Yang menjadi khalayak sasaran pesan instan sangatlah bervariasi namun biasanya didominasi oleh anak muda.

Anak muda biasanya menggunakan pesan instan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Kaum professional juga menggunakan pesan instan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Banyaknya kaum muda maupun kaum profesional yang menggunakan pesan instan untuk berkomunikasi dikarenakan berkomunikasi melalui pesan instan tidak membutuhkan biaya dan tidak memakan banyak waktu.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pesan instan memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :

  • Bebas biaya.
  • Kita dapat berkomunikasi secara cepat.
  • Pesan dikirim dan diterima secara segera.

Selain beberapa kelebihan di atas, pesan instan juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah :

  • Sangat dimungkinkan perangkat yang kita gunakan untuk mengirim pesan instan terkena virus dari orang yang tidak kita ketahui.
  • Sangat dimungkinkan pula orang menggunakan akun palsu untuk berkomunikasi atau menyebarkan pesan-pesan negatif dengan tujuan tertentu.
  • Adanya akun palsu juga menyebabkan rentannya terjadi tindak kejahatan seperti penipuan dan lain-lain.

Sebagaimana jejaring sosial, penggunaan pesan instan yang tidak bijak juga dapat memberikan dampak negatif dan menimbulkan berbagai permasalahan dalam masyarakat dan hubungan antar manusia. Selain itu, dapat juga memicu terjadinya cyberbullying. Baik jejaring sosial maupun pesan instan sejatinya dapat kita gunakan untuk menyampaikan pesan-pesan moral sebagaimana peran media massa dalam pembentukan moral.

Baca juga :

ads

2. Komunikasi asinkron atau asynchronous communication (delayed)

Terjadi ketika interaksi komunikasi mengalami penundaan dan masing-masing partisipan berperan sebagai pengirim pesan dan penerima pesan secara bergantian. Yang termasuk dalam komunikasi asinkron atau asynchronous communication adalah surat elektronik dan blog.

  • Surat elektronik

Surat eletronik atau electronic mail atau dikenal dengan email adalah pesan yang dikirimkan oleh satu orang kepada orang lain melalui jaringan komunikasi. Pesan-pesan yang dikirimkan dapat berupa tulisan maupun berkas atau dokumen yang telah disimpan sebelumnya dalam sebuah cakram. Hampir sebagian besar sistem komunikasi daring memiliki surat elektronik.

Beberapa sistem surat elektronik hanya dapat digunakan pada satu sistem surat elektronik. Namun ada juga yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet. Kini surat elektronik banyak digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Sebagian besar digunakan oleh perusahaan dan instansi tetapi ada juga yang menggunakan surat elektronik secara pribadi.

Surat elektronik memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  • Sangat mudah digunakan.
  • Beragam berkas dapat dikirimkan melalui surat elektronik.
  • Surat elektronik dapat dikirimkan dan diterima setiap saat.
  • Bebas biaya.
  • Diperlukan akun untuk dapat mengirimkan surat elektronik.
  • Tidak diperlukan waktu yang lama untuk mengirim dan menerima pesan.

Selain memiliki kelebihan, surat elektronik juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah :

  • Seringkali kita menerima surat elektronik yang bersifat spam yang dapat menguras ruang dan data.
  • Jika kita tidak mengetahui alamat surat elektronik dari orang kita tuju maka kita tidak dapat mengirim surat elektronik.
  • Berkas yang kita terima melalui surat elektronik dapat terkontaminasi virus yang dapat merusak perangkat elektronik yang kita gunakan.

Surat elektronik diciptakan dengan tujuan untuk saling bertukar pesan antara dua orang atau lebih karena mengirim pesan melalui surat elektronik sangat cepat dan sekaligus menjangkau banyak orang. Surat elektronik dapat diatur agar kita tidak menerima surat elektronik yang tidak diinginkan.

  • Blog

Blog atau weblogs adalah website yang digunakan untuk memberikan informasi secara terus menerus. Blog merupakan sebuah jurnal online yang umumnya berisi berbagai informasi dan diskusi serta artikel yang terkait dengan website lain. Blog dapat bersifat pribadi ataupun umum.  Biasanya dalam blog terdapat berbagai komentar yang disusun secara berurutan. Beberapa blog menitikberatkan pada topik atau tema tertentu seperti olahraga, teknologi, pendidikan dan lain sebagainya. Blog dapat dijalankan dengan menggunakan koneksi internet agar kita dapat masuk ke dalam blog dan memberikan komentar. Beberapa blog juga merekrut penulis untuk memutakhirkan isi blog. Yang menjadi khalayak sasaran blog umumnya adalah orang dewasa yang dapat berdiskusi tentang hal-hal yang dianggap serius.

Blog memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah

  • memungkinkan kita untuk memberikan komentar tentang segala sesuatu yang menarik minat kita.
  • berdiskusi tentang apa yang kita pikirkan.
  • komentar yang diberikan sangat cepat dan mudah dibaca orang lain.

Selain memiliki kelebihan, blog juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah blog bersifat pribadi dan orang dapat memberikan komentar yang sifatnya menyerang.

Berbagai jenis komunikasi daring di atas telah digunakan dalam bidang pendidikan atau komunikasi pembelajaran dan dunia bisnis sejak tahun 90an. Kini, internet telah merambah hampir seluruh aspek kehidupan kita. Misalnya dalam konteks komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi, kehadiran Internet telah banyak merubah cara kita berkomunikasi serta membina hubungan dengan orang lain. Internet juga dapat digunakan untuk memperluas pertemanan dan lain-lain. Hubungan yang dibangun melalui internet sedikit banyak telah mempengaruhi dan mengubah pola interaksi antar manusia.

Baca juga :

Sponsors Link

Selanjutnya, dalam konteks komunikasi massa, kehadiran internet memberi warna baru dalam kegiatan jurnalistik dengan berkembangnya jurnalisme warga dan jurnalisme online namun dengan tetap menjunjung tinggi kode etik wartawan. Hal ini turut mempengaruhi  kita dalam mengkonsumsi berita. Internet juga mempengaruhi berbagai bidang dan konteks komunikasi lainnya seperti komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, dan lain-lain. Jika kita melihat teori strategi komunikasi maka kini penggunaan internet sebagai media komunikasi merupakan bagian dari strategi komunikasi dalam berbagai bidang dan konteks komunikasi guna mencapai komunikasi yang efektif.

Manfaat Mempelajari Jenis-jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya

Mempelajari jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya dapat memberikan beberapa manfaat kepada kita, diantaranya adalah :

  • kita dapat memahami pengertian komunikasi daring.
  • kita dapat memahami jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya.
  • kita dapat memahami karakteristik komunikasi sinkron beserta contoh serta kelebihan dan kekurangannya.
  • kita dapat memahami karakteristik komunikasi asinkron beserta contoh serta kelebihan dan kekurangannya.

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang komunikasi daring atau komunikasi online terkait jenis dan contohnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital