Sponsors Link

Peranan Pers Dalam Pergerakan Nasional

Sponsors Link

Negeri kita sudah puluhan tahun merdeka, dan kita tentu mengetahui kalau itu semua berkat jasa para pahlawan serta berbagai bidang yang turut mendukung pergerakan nasinoal. Salah satu bidang yang turut serta dalam membentuk dan membangun pergerakan nasional adalah kalangan pers. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai peranan pers dalam pergerakan nasional sehingga dapat seperti sekarang ini.

ads

Baca juga :

Apa Itu Pers?

Sebelum membahas mengenai peranan pers dalam pergerakan nasional, tentunya kita perlu memahami dengan baik apa itu pers sendiri. Pers adalah kata yang sering kita dengar sehari-hari, yang erat kaitannya dengan media massa, dunia jurnalistik, dan berita. Pers berasal dari bahasa latin yang berarti cetak, yang mana media massa yang awal muncul dibuat dengan cara dicetak atau melalui teknik percetakan. Pers sendiri berarti sebuah lembaga atau badan yang mencari informasi dalam masyarakat dan menerbitkannya sebagai berita dalam berbagai bentuk, baik secara tercetak atau rekaman suara dan gambar.

Baca juga :Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Teori Uses and Gratifications

Sebagai badan yang menyampaikan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat, pers juga berfungsi sebagai media pendidikan, entertainment, sekaligus memiliki kontrol sosial dalam masyarakat. Apa yang disampaikan oleh pers cenderung lebih dipercaya oleh masyarakat sehingga membentuk pandangan umum mengenai suatu perkara atau peristiwa. Pers dianggap memiliki kekuatan untuk mengungkap perkara yang selama ini tidak terlihat sekaligus bisa menutupi hal yang seharusnya diangkat ke publik.

Baca juga : Model Komunikasi Lasswell – Teori-teori Komunikasi Antar Pribadi

Pers di Indonesia sendiri sudah muncul semenjak jaman kependudukan Belanda, dimana muncul berbagai surat kabar dan majalah lokal yang dikelola oleh kaum terpelajar pada masa itu. Seiring dengan perkembangan jaman, pers merambah kepada teknologi audio dan visual dengan munculnya penemuan radio dan televisi. Dan perkembangan yang terkini adalah teknologi internet, yang memungkinkan informasi untuk tersebar melintasi batas waktu dan jarak.

Baca juga :

Peranan Pers Pada Masa Pergerakan Nasional

Setelah mengetahui apa itu pers, selanjutnya kita akan langsung membahas mengenai apa saja dan bagaimana peranan pers dalam pergerakan nasional. Secara garis besar, peranan pers terhadap pergerakan nasional terangkum ke dalam tiga hal, yaitu:

Sponsors Link

A. Menguatkan semangat juang rakyat Indonesia

Pers memiliki peranan yang sangat besar dalam membangkitkan dan menguatkan semangat juang rakyat Indonesia, baik ketika meraih kemerdekaan hingga mempertahankan kemerdekaan tersebut. Pers nasional kala itu menyebarkan informasi-informasi sekaligus mimpi untuk meraih kemerdekaan Indonesia supaya dapat terbebas dari penjajahan. Dengan adanya publikasi melalui pers, seperti surat kabar, majalah, hingga radio; pesan-pesan kemerdekaan dapat lebih tersampaikan kepada khalayak luas.

Baca juga : Analisis Wacana Kritis – Sistem Pers di Indonesia

Setelah kemerdekaan Indonesia teraih pun bukan berarti perjuangan selesai, karena negara Indonesia harus tetap mempertahankan kemerdekaan dari pihak-pihak yang ingin merebutnya kembali. Kita mengetahui dari sejarah bagaimana pihak Belanda masih ingin merebut Indonesia kembali, dengan berbagai tindakan baik diplomatis hingga agresi militer yang mengancam kedaulatan rakyat Indonesia. Disinilah peranan pers sangat penting untuk terus menguatkan semangat juang rakyat agar tidak goyah dan tetap berusaha dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih dengan susah payah.

Baca juga :

B. Membangun dan memupuk rasa persatuan

Peranan pers yang kedua adalah membangun dan memupuk rasa persatuan rakyat Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia memiliki wilayah yang luas dan terbagi ke dalam berbagai pulau serta suku budaya. Pers berperan penting dalam menyebarkan nilai-nilai nasionalisme sehingga dapat terpupuk dan terbina di dalam diri masyarakat Indonesia, sehingga hal itu bisa menyatukan rakyat menjadi satu kesatuan.

Baca juga : Komunikasi Vertikal – Pola Komunikasi Organisasi

Peran ini sangat penting baik di masa sekarang maupun masa pergerakan nasional dulu, dimana sebelumnya rakyat Indonesia berjuang sendiri-sendiri untuk menghadapi penjajahan. Pers dengan kekuatan medianya menggalakkan persatuan supaya rakyat Indonesia bisa berjuang bersama untuk mendapatkan hingga mempertahankan kemerdekaan negara. Nilai-nilai persatuan ini disebarkan melalui media massa pada saat itu, terutama surat kabar dan majalah lokal yang bisa lebih leluasa dalam menyampaikan suatu pesan.

Baca juga :

ads

C. Menyadarkan rakyat Indonesia mengenai situasi dan kondisi negara

Karena wilayah Indonesia yang terbentang luas, masih ada rakyat yang belum menyadari bagaimana situasi sebenarnya dari negara pada masa pergerakan nasional itu. Ketidaktahuan ini juga bisa dimanfaatkan oleh pihak penjajah dan sekutunya untuk memberikan informasi yang tidak sebenarnya, sehingga rakyat mudah terpedaya dan dimanfaatkan. Dengan munculnya pers di Indonesia kala itu pun membantu rakyat untuk mengetahui keadaan sebenarnya yang sedang terjadi, dan tentunya apa saja yang telah dilakukan para penjajah saat itu.

baca juga artikel komunikasi lainnya: Metode Penelitian Komunikasi – Model – model Komunikasi

Adanya informasi dan berita yang disampaikan pers pada masa pergerakan nasional pun menyadarkan rakyat Indonesia mengenai keadaan negara dan apa yang harus mereka lakukan. Kesadaran ini kemudian mengarah pada bangkitnya semangat juang dan perlawanan kepada para penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan yang menjadi hak setiap individu di dunia. Kesadaran ini terus dipupuk dan dibina juga dengan melalui pers yang mengusung dan menyebarkan nilai-nilai nasionalisme dan semangat kemerdekaan.

Baca juga :

Fungsi Pers Secara Umum

Selain memiliki peranan yang penting dalam pergerakan nasional, pers juga memiliki fungsinya secara umum dan global dimana fungsi tersebut dirasakan dari jaman pergerakan nasional hingga sekarang. Berikut adalah beberapa fungsi pers yang penting untuk diketahui:

A. Pers sebagai penyebar informasi

Sebagai media yang memiliki kekuatan untuk mengumpulkan informasi, pers juga memiliki kekuatan untuk menyebarkan informasi ke khalayak luas. Pers memiliki jangkauan audiens yang luas sehingga informasi dapat tersebar secara luas pula dan diketahui oleh banyak orang. Terlebih lagi sekarang sudah banyak platform media yang menjadi sarana dalam menyebarkan berita, mulai dari radio, televisi, hingga media terkini yaitu internet.

Baca juga :

B. Pers sebagai sarana komunikasi massa

Fungsi yang kedua pers adalah sebagai sarana masyarakat untuk berkomunikasi satu sama lain, dimana masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai masyarakat lain yang bahkan tinggal jauh darinya. Pers juga memungkinkan masyarakat untuk berkomunikasi bukan saja dalam negeri, namun secara global sehingga mengetahui informasi dan kejadian apa saja yang terjadi di negara lain. Pers juga menjadi sarana yang sangat tepat digunakan oleh pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada seluruh rakyat karena jangkauan yang luas dan tersebar hampir ke semua penjuru negeri.

Baca juga :

C. Pers sebagai pembentuk opini

Fungsi pers yang terakhir adalah pers memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik atau pendapat mayoritas masyarakat suatu daerah, negara, hingga dunia. Pers memiliki kredibilitas yang membuatnya dipandang terpercaya oleh para audiens, sehingga apa yang disampaikan oleh pers dianggap sebagai suatu kebenaran. Apa yang diulas dan diangkat oleh pers dianggap oleh masyarakat luas sebagai sesuatu yang memang harus diketahui dan cukup penting untuk menjadi concern publik.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan mengenai pers dan peranannya dalam pergerakan nasional, serta fungsi pers secara umum. Semoga informasi dalam pembahasan ini dapat berguna dan menambah wawasan mengenai bidang Ilmu Komunikasi, terutama mengenai komunikasi jurnalistik dan dunia pers nasional.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :