Sponsors Link

10 Definisi Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Dalam dunia komunikasi, ada banyak sekali bidang komunikasi yang dipelajari. Dimulai dari komunikasi personal, komunikasi intrapersonal, komunikasi massa, komunikasi media, komunikasi data, dan lain sebagainya. Salah satu dari jenis komunikasi yang juga dipelajari oleh ilmu komunikasi adalah berkaitan dengan organisasi, yaitu komunikasi organisasi. Di dalam komunikasi organisasi sendiri, ada banyak sub-sub pembahasan yang dibahas di dalamnya sebagai suatu upaya untuk memahami suatu komunikasi organisasi secara utuh. Akan tetapi semua pembahasan ilmu komunikasi selalu berasal dari pengertian tentang disiplin ilmu, atau realitas yang dikaji dalam ilmu itu sendiri.

ads

Oleh karena itu, di dalam komunikasi organisasi, dipelajari terlebih dahulu asumsi dasar atau pengertian dasar tentang komunikasi organisasi. Beberapa pendekatan yang digunakan di dalamnya meliputi pendekatan dari pendapat ahli, pendekatan rasional, atau pendekatan pengamatan. Dalam tulisan ini akan kita bahas secara ringkas pengertian atau definisi komunikasi organisasi menurut para ahli. Apa saja pengertian komunikasi organisasi menurut para ahli? Simak keterangan di bawah ini ya.

Baca juga:

1. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Pace & Faules

Pace dan Faules adalah salah satu ilmuwan yang merumuskan tentang definisi komunikasi organisasi. Mereka menyebutkan bahwa komunikasi organisasi merupakan sebuah perilaku pengorganisasian yang terjadi (di dalam suatu organisasi) dan bagaimana mereka yang terlibat dalam proses itu melakukan transaksi dan memberi makna atas apa yang telah terjadi.

2. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Arnold & Feldman

Arnold dan Feldman juga telah mengemukakan definisi mengenai komunikasi organisasi. Arnold dan Feldman mengungkapkan definisi komunikasi organisasi yang lebih sederhana. Mereka menjelaskan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara orang-orang yang ada di dalam sebuah dalam organisasi, yang melalui proses atau tahapan secara umum meliputi tahapan-tahapan: attention (atensi), comprehension (komprehensi), acceptance as true (penerimaan sebagai sebuah kebenaran), dan retention (retensi atau penyimpanan)

3. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Ron Ludlow

Salah satu ilmuwan komunikasi, yaitu Ron Ludlow juga mendefinisikan mengenai komunikasi organisasi. Ludlow mengungkapkan bahwa komunikasi organisasi ialah suatu program komunikasi dalam kajian bidang Public Relations (PR) termasuk di dalamnya mengenai hubungan internal, hubungan pemerintah dan hubungan investor dalam suatu organisasi. Dengan kata lain, bagi Ludlow, komunikasi organisasi merupakan suatu bentuk program komunikasi perusahaan, yang dikaji di dalam bidang PR.

Baca juga:

4. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Frank Jefkins

Frank Jefkins juga mendefinisikan komunikasi organisasi. Menurutnya, komunikasi organisasi adalah suatu bentuk komunikasi yang direncanakan antara sebuah organisasi dengan publiknya atau masyarakat luas tempat ia berada untuk mencapai tujuan tertentu. Dari pengertian ini, maka yang dianggap sebagai sebuah pelaku komunikasi organisasi adalah organisasi sebagai sebuah institusi, yang berarti dianggap sebagai satu kesatuan pihak yang sedang berhadapan dengan sasaran komunikasi tertentu yang berada di luar dirinya. Interaksi atau komunikasi antar anggota organisasi, interaksi antar anggota dengan pemimpin, dapat disimpulkan bukan merupakan suatu komunikasi organisasi.

Sponsors Link

5. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Devito

Sementara itu, Devito menjelaskan bahwa komunikasi organisasi merupakan sebuah usaha pengiriman dan penerimaan pesan baik dalam kelompok formal ataupun informal organisasi. Dalam pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa subjek pelaku komunikasi organisasi, dapat berupa kelompok yang bersifat formal, atau kelompok yang bersifat informal di dalam suatu organisasi tertentu. Itu berarti komunikasi organisasi terjadi di dalam organisasi itu sendiri dan bukan di luar organisasi tersebut.

Baca juga:

6. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Wiryanto

Pengertian komunikasi lainnya disebutkan oleh Wiryanto. Menurut Wiryanto, komunikasi organisasi merupakan sebuah proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam sebuah organisasi tertentu. Pengertian ini agaknya senada dengan pengertian dari Devito bahwa komunikasi organisasi terjadi di dalam sebuah organisasi itu sendiri.

7. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Zelko dan Dance

Bagi Zelko dan Dance, komunikasi organisasi adalah sebuah sistem yang saling berkaitan. Komunikasi organisasi terdiri dari komunikasi eksternal dan internal organisasi, yang berarti sasaran atau komunikan dari komunikasi ini tidak harus datang berasal dari internal organisasi tersebut.

Sponsors Link

8. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Greenbaunmn

Greenbaunm menjelaskan bahwa komunikasi organisasi adalah sebuah bentuk komunikasi yang mencakup komunikasi formal dan informal organisasi. Greesbaunm menjelaskan lebih lanjut bahwa bahwa peranan komunikasi organisasi ialah sebagai sarana untuk mengoordinasi unit-unit organisasi guna mencapai tujuan organisasi.

9. Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Goldhaber

Menurut Goldhaber, komunikasi organisasi adalah sebuah proses tukar menukar pesan dalam sebuah jaringan hubungan yang saling berkaitan satu sama lain (yang ada di dalam suatu organisasi).

10. Pengertian Komunikasi menurut Katz dan Kahn

Sementara itu, menurut Katz dan Kahn, komunikasi organisasi adalah sebuah pengiriman arti dan pertukaran informasi di dalam sebuah organisasi yang membentuk suatu arus informasi. Dengan demikian, adanya komunikasi organisasi akan memunculkan jaringan atau network informasi di dalam suatu organisasi.

Itulah beberapa pengertian atau definisi komunikasi organisasi menurut para ahli. Semoga dengan mengetahui pengertian atau definisi di atas dapat membantu kita untuk memahami mengenai komunikasi organisasi dengan lebih detail. Tentunya definisi di atas masih dapat diperdalam apabila kita memahami sosioepistem dari masing-masing ilmuwan, oleh karena itu kamu tidak boleh berhenti belajar di sini. Selamat belajar komunikasi!

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :