Sponsors Link

11 Unsur Manajemen Dalam Komunikasi

Sponsors Link

Sebuah komunikasi baru akan terjadi jika memenuhi unsur-unsur di dalamnya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa unsur-unsur manajemen dalam komunikasi yang harus dipenuhi:

ads

1. Pengirim pesan

Unsur pertama yang harus dipenuhi agar terjadi komunikasi adalah pengirim pesan. Pengirim pesan bertugas untuk menyampaikan pesan atau informasi yang akan digunakan sebagai bahan utama komunikasi. Komunikasi hanya bisa terjadi jika ada informasi atau pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan.

Pengirim pesan akan memulai komunikasi yang kemudian akan direspon oleh penerima pesan. Jumlah pengirim pesan pun tidak harus hanya satu orang saja, bisa saja dalam sebuah komunikasi melibatkan banyak pengirim pesan.

2. Encoding

Encoding merupakan salah satu unsur komunikasi yang bertugas untuk melakukan pengkodean pada pesan yang dikirimkan agar bisa dimengerti dan dijabarkan saat melakukan komunikasi. Encoding bisa berupa simbol atau gambar yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan.

Baca juga:

3. Pesan

Inti dari sebuah komunikasi adalah penyampaian pesan. Jika tidak ada pesan yang akan disampaikan maka tidak akan ada komunikasi. Pesan yang disampaikan bisa saja berupa pesan formal atau pun informal.

Pesan dibawa oleh pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga terjadi komunikasi. Pesan yang dikirim bisa berupa suara, tulisan, gambar, atau bentuk lainnya yang akan mudah dimengerti oleh penerima pesan.

4. Media

Media adalah salah satu unsur manajemen dalam komunikasi yang memiliki peran penting dalam penyampaian pesan. Media berfungsi untuk menyalurkan atau menyampaikan pesan. Media haruslah alat atau sarana yang memang dapat dan dimengerti oleh penerima pesan sehingga penerjemahan pesan atau informasi tidak salah atau bahkan sia-sia.

Baca juga:

Media yang digunakan dalam komunikasi berkembang setiap waktu. Bahkan kini banyak sekali media komunikasi yang semakin memudahkan terjadinya komunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh hingga ke belahan dunia lainnya. Tak hanya itu saja, media komunikasi saat ini juga sangat terjangkau, bahkan beberapa diantaranya gratis.

5. Decoding

Decoding adalah proses dimana penerima pesan menerjemahkan pesan yang ia dapatkan. Decoding bisa berupa gagasan atau pemikiran yang berbeda dari pesan yang dibawakan namun tetap memiliki inti yang sama.

Proses decoding pada setiap orang sangat berbeda. Decoding pada setiap penerima pesan bergantung pada jenis kelamin, usia, pendidikan, dan faktor sosial lainnya. Semakin tinggi pendidikan dan faktor sosial dari penerima pesan, maka semakin mudah pula ia memahami isi pesan. Yang disampaikan.

6. Penerima pesan

Unsur utama dari sebuah komunikasi selain pesan adalah penerima pesan. Penerima pesan bertugas untuk menerima dan menerjemahkan pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan. Penerima pesan bisa berjumlah hanya satu orang atau bahkan banyak orang sekaligus.

Penerima pesan harus dapat menerima pesanan dengan baik dan mengerti media yang digunakan sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian pesan.

Baca juga:

7. Umpan balik

Pesan yang telah disampaikan oleh pengirim pesan lalu akan diproses oleh penerima pesan. Setelah melakukan penerjemahan, penerima pesan akan memberikan umpan balik sebagai jawaban atau respon dari pesan yang telah ia terima.

Umpan balik sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa baik penerima pesan mengerti tentang pesan yang ia dapatkan. Maka dari itu umpan balik merupakan indikator baik tidaknya sebuah pesan diterjemahkan oleh penerima pesan.

8. Gangguan

Gangguan dalam sebuah komunikasi mungkin terjadi. Gangguan bisa terdiri dari dua macam gangguan, yakni gangguan teknis dan gangguan sematik. Gangguan teknis biasanya terjadi akibat adanya gangguan pada media yang digunakan dalam penyampaian komunikasi.

Sedangkan gangguan sematik biasanya terjadi akibat kesalahpahaman atau kurangnya kemampuan penerima pesan untuk memberikan umpan balik dan memproses pesan yang diterima.

9. Latar belakang

Latar belakang setiap penerima pesan sangat mempengaruhi proses komunikasi yang terjadi. Misalnya saja ketika pesan yang disampaikan oleh dokter kepada pasien dengan pendidikan rendah disampaikan dengan bahasa medis, maka tentu akan mempersulit penerima pesan mengerti dengan isi pesan tersebut.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui latar belakang penerima pesan terlebih dahulu sebelum menyampaikan pesan karena tidak semua memiliki kemampuan bahasa dan analisis yang sama.

Baca juga:

10. Pertukaran makna

Pertukaran makna biasanya terjadi pada komunikasi dengan jumlah penerima dan pengirim pesan yang terlibat di dalamnya cukup banyak. Pertukaran makna terjadi dalam sebuah ruang sharing yang memungkinkan kedua belah pihak saling memberikan pendapat masing-masing.

11. Konteks

Konteks merupakan unsur manajemen dalam komunikasi yang berasal dari luar atau faktor eksternal. Konteks bisa berupa suasana di lingkungan sekitar saat penyampaian pesan, kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya di dalam sebuah negara. Konteks akan mempengaruhi apakah pesan dapat disampaikan secara terbuka atau tidak.

Itulah 11 unsur-unsur memanajemen dalam komunikasi yang perlu diketahui. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga akan tercipta komunikasi yang lancar. Demikian artikel tentang unsur-unsur komunikasi yang singkat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi