Sponsors Link

Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer dalam Komunikasi Data

Sponsors Link

Para ahli menyatakan bahwa jaringan komputer relatif baru muncul pada akhir tahun 1960an. Menilik sejarah perkembangan teknologi komunikasi atau sejarah perkembangan teknologi informasi, jaringan komputer merupakan perkembangan dari peralatan teknologi komunikasi dan informasi sebelumnya yaitu jaringan telepon. Oleh karena itu, timbul anggapan bahwa telepon dan komputer adalah alat komunikasi universal.

ads

Jaringan komputer telah membawa sesuatu yang baru ke dalam dunia komunikasi. Misalnya, praktek penyimpanan informasi telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dulu dan masih berlangsung hingga kini. Praktek penyimpanan informasi ini semakin berkembang seiring dengan makin berkembangnya internet sebagai media komunikasi yang dimulai sejak medio 1990an. Selain itu, jaringan komputer juga memberikan dampak yang tidak sedikit pada jenis jaringan telekomunikasi lainnya yang dihasilkan dalam konvergensi jaringan yakni sebuah proses yang sejatinya telah dimulai jauh sebelum internet. Salah satu bentuk konvergensi jaringan adalah transmisi suara digital pada jaringan telepon. Dengan mempelajari sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data memudahkan kita untuk memahami tahapan perkembangan jaringan komputer dari masa ke masa.

Baca juga : Macam-macam Media Komunikasi dalam Jaringan

Pengertian

Berikut adalah pengertian komunikasi data dan jaringan komputer sebagai dasar untuk memahami perjalanan sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data.

a. Komunikasi data

Dari sudut pandang ilmu komunikasi, yang dimaksud dengan komunikasi adalah pertukaran informasi antara dua orang atau lebih. Dalam ilmu komputer, yang dimaksud dengan komunikasi adalah pertukaran informasi yang terjadi tidak hanya antara orang-orang namun juga antara mesin atau sistem. Proses inilah yang disebut dengan komunikasi data. Atau dengan kata lain, komunikasi data adalah pengiriman data atau informasi antar perangkat komputer.

Baca juga :

b. Jaringan komputer

Jaringan komputer dikenal juga dengan sebutan datacom atau jaringan transmisi data adalah interkoneksi beragam sistem komputer yang berada dalam lokasi yang berbeda. Dalam jaringan komputer, dua atau lebih komputer dihubungkan bersama dengan sebuah media dan peralatan komunikasi data dengan tujuan untuk mengkomunikasikan data dan berbagi sumber daya. Komputer yang menyediakan sumber daya bagi komputer lainnya pada sebuah jaringan dinamakan dengan server.

Dalam jaringan komputer, komputer individu yang mengakses sumber daya jaringan dinamakan dengan nodes. Pada umumnya, jaringan komputer bertujuan atau berfungsi untuk memfasilitasi komunikasi; mengizinkan terjadinya berbagi data, berkas dokumen, data dan jenis-jenis informasi lainnya; serta berbagi jaringan dan sumber komputasi.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa jaringan komputer baru muncul di penghujung tahun 1960an. Namun, jaringan komputer yang lahir dari hasil dari evolusi teknologi telekomunikasi dan komputer ini tentulah tidak hadir dengan sendirinya. Sebelum tahun 1960an, para ahli telah menemukan dan mengembangkan berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi cikal bakal jaringan komputer masa kini. Untuk mengetahui cikal bakal jaringan komputer, ada baiknya kita lihat kembali ke belakang perjalanan sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data.

Baca juga : Model Komunikasi Data

Bagaimanakah perjalanan sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data? Berikut adalah ulasan singkatnya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Era 50an

Di era 50an, komputer  berukuran sangat besar, berat, dan mahal. Ukuran komputer saat itu yang memenuhi ruangan dan tidak dapat melayani penggunanya secara interaktif. Sebagai gantinya, mereka mengerjakan pekerjaan di rumah dan mengirimkan hasilnya kemudian.

  • 1958 – Era 50an adalah era dimana jaringan komputer yang pertama muncul. Jaringan komputer tersebut diberi nama SAGE atau Semi-Automatic Ground Environment. SAGE adalah sistem pertahanan udara yang sengaja dirancang oleh IBM untuk mendeteksi bom nuklir Rusia dan merupakan pelopor jaringan komputer. Selain itu, jaringan SAGE juga membantu mempelopori komputasi interaktif dan sistem multi-user.

Baca juga :

2. Era 60an

Sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data selanjutnya beranjak ke tahun 1960an yang ditandai oleh beberapa kejadian penting, diantaranya adalah :

  • 1961 – Awal tahun 60an, komunitas online pertama yang bernama timesharing muncul. Komputer timesharing merupakan komputer multi-user pertama dimana puluhan orang dapat online secara bersamaan. Dalam timesharing, komputer tidak terhubung satu sama lain. Timesharing merupakan cikal bakal bagi perkembangan berbagai fitur pada jaringan komputer masa kini.  Sistem timesharing pertama adalah CTSS di MIT dan PLATO II  di Universitas Illinois.
  • 1964 – Pengolahan transaksi online dimulai dengan dikembangkannya sistem reservasi SABRE yang dirancang oleh IBM untuk Aemrican Airlines. SABRE yang diadaptasi dari SAGE menghubungkan 2000 terminal di 65 kota dengan 7090 komputer IBM guna mengirimkan data penerbangan dengan waktu kurang dari tiga detik. Sistem reservasi SABRE merupakan cikal bakal dari situs perjalanan modern.
  • 1968 – Douglas Engelbart bersama timnya melakukan eskperimen sistem oNline di San Fransisco yang kemudian dikenal sebagai “the mother of all demos”. Di tahun yang sama, Ted Nelson dan Andy van Dam menciptakan sistem hiperteks lainnya yaitu Hypertext Editing System.
  • 1969 – Pada era ini, ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network dibentuk dari jaringan yang lebih kecil. ARPANET pada awalnya adalah sebuah proyek militer. Namun, dalam perkembangan selanjutnya mulai menghubungkan banyak organisasi non militer termasuk institusi pendidikan. Di bawah proyek ARPANET inilah, integrasi jaringan skala besar dicoba untuk pertama kalinya. Integrasi jaringan ini disebut dengan internetworking atau internet.

Di era 60an, cloud computing mulai ditawarkan oleh beberapa perusahaan IT. Dalam cloud computing, perusahaan menjalankan sebuah program pada komputer mereka yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan data.

Baca juga : Etika Komunikasi Digital

Sponsors Link

3. Era 70an

Era 70an merupakan era dimana jaringan komputer mengalami perkembangan yang pesat. Kehadiran berbagai macam teknologi baru turut memberikan pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah jaringan komputer dalam komunikasi data. Beberapa kejadian penting di era 70an yang sangat berpengaruh pada perkembangan jaringan komputer adalah :

  • 1971 – Awal 70an ditandai dengan beberapa temuan penting seperti videoteks, ikon surat elektronik, dan LAN pertama. Sam Fedida (British Post Office) dan timnya di BBC dan IBA mulai mengembangkan sistem informasi seperti Web yang menggunakan televisi sebagai display. Videoteks Sam Fedida yang digunakan di kantor pos berambisi agar dapat digunakan secara luas seperti Web masa kini.   Selain videoteks, email atau surat elektronik juga merupakan salah satu penemuan penting. Ray Tomlinson, Beranek dan Newman mengenalkan ikon “@” untuk protokol surat elektronik jaringannya di ARPANET. Di awal tahun ini juga LAN pertama kali diterapkan. LAN atau local area network merepresentasikan sekelompok komputer yang terkonsentrasi dalam wilayah yang relatif kecil, biasanya dalam radius tidak lebih dari 1,5 mil. LAN juga merepresentasikan sebuah sistem komunikasi yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
    ads
  • 1973 – Di tahun ini, merupakan tahun kelahiran jaringan mobile modern, internet, LAN, dan Ethernet. Ditahun ini pula, jaringan CYCLADES dan NPL Inggris bersama European Informatics Networks bereksperimen dengan internetworking. Xerox PARC mulai menghubungkan Ethernet dengan jaringan lain menggunakan protokol PUP. Kedua upaya ini memberikan pengaruh terhadap pengembangan protokol networking ARPA TCP/IP yang pertama kali direkam pada tahun 1973. Terkait dengan LAN, jaringan area lokal berevolusi dari tautan awal ke perangkat peripheral seperti terminal dan printer. Ethernet diciptakan sebagai bagian dari visi Xerox PARC tentang kantor masa depan yang terdiri dari PC yang terhubung. Ethernet mengadopsi ALOHAnet nirkabel untuk memperlakukan kabel sebagai media pasif.
  • 1974 – IBM mengumumkan arsitektur sistem jaringan yang merupakan seperangkat protokol yang dirancang untuk jaringan yang kurang terpusat. Arsitektur sistem jaringan ini kemudian berevolusi ke dalam internet. Selain IBM, DEC dan Xerox mulai mengomersialisasikan jaringan mereka sendiri yaitu DECNET dan XNS.
  • 1975 – Pertengahan tahun 70an membawa sejumlah jaringan komersial yang diperuntukkan bagi pelanggan korporat dan professional. Selain kehadiran jaringan komersial, juga dikembangkan terminal memori komunitas sehingga setiap orang dapat memposting pesan dan pengumuman lainnya. Gagasan ini muncul karena komputer tidak bisa diakses oleh semua orang dan dipandang sebagai alat counter budaya yang digunakan oleh pemerintah atau perusahaan.
  • 1976 – Demo teknologi jaringan ditampilkan di Inggris yang ditandai dengan dikirimkannya surat elektronik oleh Ratu Elizabeth II dari Royal Signals and Radar Establishment.
  • 1977 – Multi-User Domain pertama yaitu  MUD1 mulai online. Richard Bartle dan Roy Trubshaw menulis sebuah progam yang memungkinkan banyak orang bermain satu lawan satu secara online. MUD sangat popular di kalangan mahasiswa sebagai alat permainan petualangan dan untuk bersosialisasi. Di tahun ini juga mulai berkembang layanan online di Amerika Utara serta mulai bangkit dan berkembangnya jaringan profesional.

Baca juga : Tipe Komunikasi Asynchronous

4. Era 80an

Era 80an ditandai dengan berbagai peristiwa penting diantaranya adalah kedatangan komputer pribadi yang pertama, penciptaan internet dalam bentuknya saat ini, pemasangan tumpukan TCP/IP pada semua node, kedatangan standar teknologi LAN pertama, Ethernet, token ring, PDDI, dan dimulainya penggunaan internet secara komersial.

  • 1980 – Tim Barnes-Lee menciptakan Enquire yaitu sebuah sistem hiperteks jaringan yang digunakan untuk manajemen proyek. Tujuannya adalah menggolongkan hyperlink dengan cara yang bisa dibaca oleh komputer dan manusia.
  • 1983 – Beberapa kejadian penting di tahun 1983 dalam sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data adalah otomasi kantor dengan menggunakan sistem operasi LAN dan internet mulai digunakan dalam dunia bisnis.
  • 1985 – Tahun 1985 ditandai dengan ditemukannya WELL atau The Whole Earth Lectronic Link. Keberadaan WELL menarik minat dari kaum intelektual, ahli komputer, penulis, pengusaha, dan jurnalis. Selain itu, di tahun ini jaringan NSFNET mulai beroperasi.
  • 1989 – Di tahun 1989, internet mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1983. Internet telah menghubungkan lebih dari satu juta orang di penghujung tahun 1980an dan terus berkembang dengan cepat namun sayangnya belum didukung dengan sistem online. Keadaan ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mencoba dan menciptakan atau mengadopsi sistem online mereka sendiri.

Baca juga : Cara Mendeteksi Error dalam Komunikasi Data

5. Era 90an

Sejarah perkembangan jaringan computer dalam komunikasi data di era 90an ditandai dengan beberapa kejadian penting yaitu kelahiran WorldWideWeb, internet pertama kali diluncurkan ke publik, berkembangnya web browser, serta wifi.

  • 1990 – Tim Berners-Lee membuat purwarupa WorldWideWeb di komputer NeXT yang dilengkapi dengan beberapa fitur server, HTML, URL, dan browser pertama yang juga berfungsi sebagai editor. Ide ini terinspirasi oleh program sebelumnya yaitu Inquire yang menggabungkan hiperteks dengan ide-ide yang kemudian berkembang menjadi Semantic Web.
  • 1991 – Internet dipublikasikan untuk pertama kalinya sehingga dapat diakses oleh publik tanpa batasan komersial.
  • 1993 – Tahun 1993 ditandai dengan berbagai peristiwa penting seperti lahirnya Gopher yang berkembang lebih cepat dibandingkan Web di awal tahun 1990an, browser pertama lahir yang diberi nama Mosaic, dan kemunculan iklan online.
  • 1994 – Web mengalami momentum pengembangan lebih lanjut yang terpusat di Amerika.
  • 1995 – Layanan online mulai berkembang.
  • 1996 – Jumlah pengguna Web mecapai 36 juta pengguna dan jumlah ini terus berkembang hingga kini.
  • 1999 – Standar jaringan radio jarak jauh IEEE 802.11b yang sedang berkembang diubah namanya menjadi Wi-Fi oleh Aliansi WiFi. Di tahun ini juga Apple merilis router Wi-Fi Bandara dan membangun konektivitas WiFi ke Mac baru. Produk ini dan produk lainnya membantu mempopulerkan koneksi tanpa kabel di rumah, tempat kerja, dan tempat umum lainnya.

Baca juga : Konsep Komunikasi Data dalam Control Area Network

Sponsors Link

6. Era Milenium

Era Milenium ditandai dengan beberapa kejadian penting, diantaranya adalah semakin berkembangnya era dotcom, penggunaan kembali cloud computing, berkembangnya Web 2.0, serta Web mobile yang semakin merajai pasar.

  • 2001 – Semakin banyak pengguna yang berduyun-duyun menggunakan Web karena berbagai hal yang dulu dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online.
  • 2004 – Di tahun 2004, Web terus mengalami perkembangan. Selain itu, sejak awal tahun 2000an, sejumlah situs mulai melibatkan pengguna untuk menghasilkan dan membentuk isi atau konten Web seperti Wikipedia, blog, situs jejaring sosial, dan lain-lain.
  • 2006 – Elastic Compute Cloud milik Amazon kembali mempopulerkan cloud computing kepada pengguna. Kini, berbagai perusahaan penyedia layanan cloud computing menawarkan berbagai macam perangkat lunak atau layanan termasuk penyimpanan data yang dapat diterapkan pada komputer pribadi atau mesin yang dijalankan oleh departemen IT.
  • 2009 – Akhir tahun 2000an, jaringan 3G untuk data mobile kecepatan tinggi berkembang dengan cepat. Popularitas iPhone dan lain-lain berdampak pada penciptaan platform komputasi baru yang menghadirkan penjelajahan Web seluler kepada publik.

Baca juga : Jaringan Komunikasi Jarak Jauh Tanpa Kabel

Manfaat Mempelajari Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer dalam Komunikasi Data

Mempelajari sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data dapat memberikan manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kita dapat mengetahui dan memahami makna jaringan komputer
  • Kita dapat mengetahui dan memahami perkembangan jaringan komputer dari masa ke masa
  • Kita dapat mengetahui dan memahami tren yang sedang berkembang

Demikianlah ulasan singkat tentang sejarah perkembangan jaringan komputer dalam komunikasi data. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang jaringan komputer dan sejarah perkembangannya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital