Sponsors Link

8 Contoh Tipe Komunikasi Asynchronous (Asinkron)

Sponsors Link

Komunikasi asynchronous merupakan salah satu metode penyampaian pesan komunikasi daring atau jaringan online. Komunikasi daring disebut juga sebagai komunikasi dunia maya (cyberspace). Istilah komunikasi jaringan ini digunakan untuk menyampaikan dan menerima pesan melalui jaringan internet. Di zaman modern ini, manusia banyak yang menginginkan komunikasi secara instan, efektif, dan murah. Dengan adanya jaringan daring maka manusia dapat memanfaatkan sistem online sebagai media komunikasi dan dapat menciptakan komunikasi yang efektif. Komunikasi daring ini memiliki dua metode penyampaian atau penerimaan pesan, yaitu komunikasi asynchronous dan komunikasi synchronous.

ads

Baca juga :

Komunikasi synchronous merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan layanan daring dalam waktu yang tepat (real time). Pengiriman pesan melalui metode komunikasi synchronous ini menggunakan kecepatan tinggi dan dapat diterima diwaktu yang bersamaan, bersifat continue, dan dapat diprediksi. Yang termasuk komunikasi synchronous adalah text chat dan video call.

Komunikasi asynchronous adalah penyampaian atau penerimaan pesan yang menggunakan komputer dan layanan daring sebagai media untuk komunikasi. Metode ini menggunakan waktu yang tidak tepat sehingga komunikasi yang dilakukan tertunda (delayed). Data yang dikirim memiliki hitungan perbit dalam satuan waktu. Untuk pengiriman dan penerimaan data membutuhkan waktu sinkronisasi data. Pembagian waktu dalam proses ini diawali dengan start bit dan diakhiri dengan stop bit. Metode komunikasi asynchronous ini dapat dikatakan sebagai metode komunikasi yang tidak terikat oleh waktu.

Contoh tipe komunikasi asynchronous adalah sebagai berikut:

  1. E-mail

E-mail atau surat elektronik merupakan salah satu media online yang digunakan untuk proses komunikasi. E-mail merupakan media alternatif yang banyak diminati karena murah, cepat, dan efisien. Walaupun dianggap sebagai media yang cepat, namun e-mail dikategorikan sebagai pengiriman atau penerimaan pesan dalam waktu tertunda (delayed). Selain itu, media ini juga dapat mengirim data-data seperti dokumen, foto, dan format dokumen lainnya. Manfaat lainnya adalah sebagai kunci utama untuk membuat berbagai media sosial. Adapun kekurangan dari e-mail adalah sebagai berikut:

  • Pengiriman pesan terikat dengan koneksi internet atau sinyal
  • Hanya dapat diakses oleh orang yang mempunyai internet
  • Tidak semua orang mengerti internet
  • Dokumen atau data lain bisa hilang ketika terkena malware
  • Hardware terbatas

Jika dilihat dari kekurangan e-mail maka e-mail terkait dengan waktu yang tertunda. Oleh karena itu, e-mail termasuk ke dalam contoh tipe komunikasi asynchronous.

  1. Mesin fax

Mesin fax atau faksimile merupakan alat komunikasi jarak jauh yang memiliki fungsi sebagai pengiriman pesan melalui jaringan telepon dengan hasil pesan yang sesuai dengan bentuk aslinya. Saat ini mesin fax sudah jarang ditemui karena hanya ada di perusahaan-perusahaan tertentu saja. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan e-mail daripada mesin fax. Selain memiliki kelebihan, faksimile juga memiliki kekurangan diantaranya sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Hanya dapat dilakukan komunikasi satu arah, artinya mesin fax tidak dapat langsung diteruskan atau dibalas
  • Pesan yang terkirim belum tentu aman
  • Kecepatan mengirim lebih lambat
  • Mesin fax harus terhubung dengan telepon
  • Harga lebih mahal
  • Penerima pesan harus memiliki mesin fax

Kekurangan tersebut menjelaskan bahwa mesin fax tergolong sebagai contoh tipe komunikasi asynchronous.

baca juga:

  1. Modem

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator yang berfungsi sebagai pemancar sinyal. Modem akan menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Proses mengubah sinyal digital ke sinyal analog ini membutuhkan waktu yang lama maka pesan yang disampaikan bisa menjadi tertunda.

  1. Blog

Blog atau weblogs merupakan situs berisi informasi yang dapat dipublikasi melalui jaringan internet. Blog disebut juga sebagai buku harian online. Aktivitas dalam blog ini disebut blogging dan orang yang melakukan blogging disebut bloger. Blog bisa bersifat pribadi maupun umum. Blog memberikan banyak manfaat terutama untuk informasi seperti sebagai media belajar, sebagai rekomendasi tempat wisata, sebagai media promosi, sebagai media publikasi lembaga, dan sebagai informasi lainnya tergantung isi dari blog itu sendiri. Blog dapat diakses dengan jaringan internet. Blog juga memiliki kolom komentar dimana reader dapat menanggapi isi dari blog tersebut.

  1. Bulletin board

Bulletin board atau papan buletin merupakan sebuah wadah khusus berbentuk papan yang digunakan untuk memperlihatkan informasi, pengumuman, dan hasil pekerjaan siswa seperti gambar, bagan, poster, dan objek lain. Papan buletin biasa diletakkan di depan perpustakaan sekolah, di samping pintu masuk supermarket, di lobby kantor, dan tempat umum lainnya.

ads
Pada awalnya papan bulletin berbentuk sistem atau yang dikenal dengan Bulletin Board System (BBS) adalah sistem perangkat lunak komputer yang memudahkan penggunanya untuk berdiskusi, mengirim dan mengunduh data, dan membuat pengumuman secara terbuka tanpa harus terhubung dengan komputer yang sama. BBS ini digunakan sebelum masyarakat mengenal web. cara mengakses BBS dengan sambungan kabel telepon menggunakan modem.

  1. Forum

Forum adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan dan minat yang sama untuk melakukan diskusi secara virtual. Forum ini merupakan media diskusi virtual yang diakses dengan jaringan internet. Jika seseorang ingin mengikuti sebuah diskusi dalam forum maka orang tersebut harus memiliki akses internet dan terdaftar dalam forum tersebut. Diskusi yang dilakukan di dalam forum bisa berupa diskusi terbuka atau diskusi tertutup.

Forum diskusi bisa dikatakan tidak aman karena kita berbicara dengan orang yang tidak kita kenal dan secara acak (random). Informasi yang disampaikan bisa tertunda karena diskusi hanya dapat berjalan dengan baik ketika anggota forum sama-sama terkoneksi oleh jaringan internet saja.

  1. Rekaman simulasi visual

Rekaman simulasi visual merupakan salah satu media pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan penyampaian ide, gagasan, dan produk yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata. Simulasi visual terbagi menjadi dua jenis, yaitu simulasi visual 2D dan simulasi visual 3D. Cara membuat rekaman simulasi visual membutuhkan waktu lama dan hardware  serta software harus mendukung.

Jika menggunakan simulasi visual 2D animasi maka software yang digunakan adalah adobe flash, after effect, dan lainnya. Sedangkan software yang digunakan untuk 3D misalnya 3dsmax, lightwave,  dan lainnya. Rekaman simulasi visual digunakan untuk menyampaikan informasi tetapi secara tertunda karena proses pembuatan yang cukup lama.

  1. TCP/ IP

TCP/IP merupakan suatu perangkat lunak jaringan komputer yang berfungsi sebagai komunikasi pengiriman data atau tukar-menukar data. Proses pengiriman ini dilakukan dari satu komputer ke komputer lainnya pada jaringan internet. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol, sedangkan IP singkatan dari Internet Protocol. Adapun kelebihan TCP/ IP adalah sebagai berikut:

  • Protokol bisa diarahkan sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas jaringan
  • Bersifat open platform atau platform independent yaitu tidak terikat oleh jenis perangkat keras dan perangkat lunak
  • Memiliki mekanisme pengiriman data yang handal dan efisien

Selain memiliki kelebihan, TCP/ IP juga memiliki kekurangan yaitu bersifat one to one sehingga tidak dapat dikirim dengan jumlah banyak. TCP / IP ini termasuk ke dalam contoh tipe komunikasi asynchronous karena waktu penyampaiannya tertunda. (Baca juga: Sistem Komunikasi Data)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital