Sponsors Link

15 Penerapan Komunikasi Daring (Komunikasi Online)

Sponsors Link

Komunikasi Daring (dalam jaringan) merupakan komunikasi yang dilakukan secara online, menggunakan jaringan internet. Komunikasi daring dikenal juga dengan sebutan komunikasi virtual, dunia maya atau cyberspace. Bentuk komunikasi sangat popular dewasa ini, karena menawarkan kemudahan, dan biaya yang relatif murah dengan jangkauan hingga ke seluruh dunia (baca juga:jenis-jenis komunikasi daring).

ads

Secara umum terdapat dua jenis komunikasi daring, yaitu komunikasi daring sinkron (serempak) dan komunikasi daring asinkron (baca juga: komunikasi langsung dan tidak langsung). Komunikasi daring sinkron merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih indovidu dalam waktu yang bersamaan, serempak, real time. Contoh komunikasi daring sinkron misalnya chatting, voice call, atau video call. Dalam komunikasi daring sinkron, komunikator dan komunikan bisa langsung saling memberi dan menerima tanggapan disaat itu juga, karena kedua pihak dalam komunikasi sama-sama sedang online.

Komunikasi daring asinkron merupakan komunikasi daring dimana terdapat waktu tunda antara pemberian pesan dari komunikator dengan penerima pesan oleh komunikan. Contoh komunikasi daring asinkron misalnya email, forum, blog, website, dkk. Ketika pemberi pesan mengirim email, penerima pesan mungkin sedang offline. Sehingga pesan baru akan diterima ketika penerima online (baca juga: jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya).

Baik komunikasi daring sinkron maupun asinkron, penerapannya dalam kehidupan sehari-hari digunakan oleh banyak orang di era ini. Terdapat beragam aplikasi komunikasi daring yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi manusia di berbagai bidang kehidupannya. Berikut ini akan Pakar Komunikasi  paparkan 10 penerapan komunikasi daring untuk menambah wawasan anda.

1. Website

Website merupakan sebuah sistem yang mempresentasikan informasi yang tersimpan dalam bentuk  teks, gambar, audio, atau video dalam ternet websever, kedalam bentuk hypertext sehingga dapat diakses dan dilihat pengguna internet. Website memiliki berbagai fungsi seperti sebagai edia komunikasi, menyebarkan informasi, edukasi, atau sebagai media promosi dan pemasaran (baca juga: tujuan komunikasi dalam jaringan).

2. Email

Electronic Mail yang disingkat email, merupakan sebuah bentuk berkomunikasi dengan cara surat menyurat. Bedanya email merupakan surat elektronik, sehingga pesan yang dikirimkan berupa data digital (baca juga: komunikasi digital). Pesan tersebut dikirimkan kepada penerimanya melalui jaringan  internet. Agar dapat saling berkirim pesan melalui email, pemberi dan penerima pesan harus membuat akun pada salah penyedia jasa email  untuk mendapatkan alamat email.

Terdapat banyak situs penyedia jasa email, misalnya Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail, Plasa, dll. Fasilitas yang disediakan penyedia jasa email mencakup mengirim, menerima, dan menyimpan surat elektronik yang kita terima atau kirimkan. Seperti halnya mengirim surat melalui pos, untuk mengirim email kita perlu menuliskan alamat email orang yang kita tuju. Sedangkan pesan yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar maupun suara, namun dalam bentuk digital.

Berbeda dengan surat biasa yang dikirimkan melalui pos, untuk mengirim email tidak memerlukan biaya kirim, dan akan langsung sampai begitu email dikirim.  Cakupannya pun tentu hingga seluruh dunia. Sehingga pengiriman surat melalu email tentu lebih mudah, efisien, serta praktis dibanding surat konvensional.

3. Forum Online

Forum merupakan program aplikasi internet yang digunakan sebagai media diskusi online antar anggota yang tergabung dalam suatu grup atau kelompok tertentu. Suatu forum biasanya membahas topic tertentu, dan anggotanya dapat dengan bebas mengemukakan pendapatnya. Pesan atau informasi yang disampaikan dalam forum bisa berupa teks, audio, atau video. Penggunanya juga bisa mengirimkan emosinya dalam bentuk avatar ataupun emoji. Forum memiliki beberpa fungsi seperti tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki satu fikiran untuk dapat saling bertukar informasi dan pandangan. Sebuah forum perbincangan dimana setiap anggotanya bebas mengemukakan pendapatnya (baca juga:etika komunikasi di internet).

Sponsors Link

4. Mailing List

Mailinglist atau disingkat milis, merupakan program aplikasi internet dimana setiap anggota yang tergabung didalamnya saling bertukar informasi melalu email. Milis mirip dengan newsgrup, dimana sekelompok pengguna yang tergabung didalamnya membahas suatu  topic tertentu, dan setiap anggotanya bebas memberikan informasi atau pendapat terkait topic tersebut. Bedanya dalam milis komunikasi dilakukan melalui email.

Untuk dapat tergabung dalam milis tentunya pengguna harus memiliki email terlebih dahulu.  Kemudian bergabung dalam sebuah grup atau membuatnya dan mengundang orang-orang untuk bergabung didalamnya. Di era 90-an milis cukup popular digunakan oleh pengguna internet, namun sekarang nyaris ditinggalkan karna kalah popular dibanding  aplikasi –aplikasi sosial media yang lebih canggih (baca juga :  media komunikasi modern).

5. Internet Relay Chat

Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi bercakap-cakap diinternet dimana penggunanya saling bertukar pesan/ informasi dalam bentuk barisan-barisan tulisan yang diketik dengan keyboard.  IRC atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting ini memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap dengan siapa pun dan membahas apa pun yang diinginkan chatter. Tidak dibatasi oleh topik tertentu, ataupun keanggotaan tertentu dalam sebuah grup/ kelompok. Sifat percakapannya pun bisa perseorangan (privat) maupun berkelompok (grup). Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus terlebih dahulu mendaftar menggunakan email. Contoh program aplikasi chatting antara lain mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, dll.

6. Online Messaging

Online messaging merupakan program aplikasi pengiriman pesan singkat yang dilakukan secara online. Awalnya aplikasi  percakapan ini hanya memungkinkan anggotanya untuk saling bertukar pesan secara online dalam bentuk barisan teks. Namun dalam perkembangannya hingga sat ini, aplikasi pesan singkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengiriman foto, emoji, animasi, dokumen, audio, atau juga video. Contoh aplikasi pesan singkat misalnya whatsapp, telegram, line, facebook messenger, kakaotalk, dll. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, penggunanya harus mendaftarkan menggunkan nomor teleponnya terlebih dahulu.

7. Voice Over IP

Voice Over IP (VoIP) merupakan percakapan online yang dilakukan dalam bentuk suara. Penggunanya dapat melalukan percakapan sepertihalnya orang menelepon menggunakan telepon. Bedanya, sarana yang digunakan bukanlah jaringan telepon, melaikan jaringan internet (baca juga: jenis jenis komunikasi). Melakukan panggilan suara menggunakan internet jauh lebih murah dan luas jangkauannya dibanding dengan menggunakan jaringan telepon biasa, teruma untuk panggilan ke luar negeri. Contoh aplikasi panggilan suara misalnya buddy talk, media ring talk, skype, dll.

ads

8. Video Conference

Video conference  merupakan program aplikasi komunikasi online dimana pengunanya dapat saling bertatap muka satu sama lain, sehingga seakan-akan bertemu langsung dengan lawan bicara. Dalam video conference, pengguna dapat mengirimkan dan menerima pesan dalam bentuk gambar bergerak serta suara. Contoh aplikasi video conference misalnya skype. Aplikasi perpesanan seperti whatsapp, line, dsb juga sekarang telah menambahkan fasilitas komunikasi melalui video call (baca juga: fungsi komunikasi daring).

9. Teleconference

Teleconference sama seperti video call, dimana penggunanya dapat saling berkomunikasi mendengar suara dan melihat rupa satu sama lain. Komunikasi  dalam bentuk percakapan langsung, seakan-akan saling bertatap muka.  Bedanya dalam penggunaan, teleconference biasanya digunakan untuk melakukan rapat jarak jauh dan biasanya menggunakan perangkat khusus seperti webcam, phone, dan speaker; bukan hanya mengandalkan smartphone (baca juga: internet sebagai media komunikasi).

10. Social Network

Salah satu sosial network yang cukup popular dewasa ini adalah facebook. Facebook memungkinkan penggunanya untuk dapat menampilkan profil diri, mencari dan menambah teman, menuliskan status (pikiran, pendapat, foto, dkk) di beranda, melihat serta mengomentari status pengguna yang terhubung dengannnya,  bergabung dalam komunitas, dan banyak hal lainnya.

Selain facebook, terdapat banyak aplikasi sosial media lain seperti twitter, instagram, path, dkk. Setiap sosial media memiliki cirikhasnya masing masing namun melalui sosial media kita dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan banyak orang. Mengetahui kabar terbarunya, saling bertukar informasi, dll. Sosial media bahkan bisa dijadikan sarana untuk mencari orang yang mungkin telah lama tak dijumpai atau juga melalukan reuni dalam dunia maya.

11. INTERNET FAX

Internet fax merupakan pengiriman faximili mennggunakan jaringan internet. Pengiriman tetap dilakukan dengan meenggunakan mesin faximili, namun jaringan yang digunakan untuk mengirimkannya merupakan jaringn internet, bukan jaringan telepon. Internet fax memiliki kelebihan dibanding faximili biasa dalam hal efisiensi. Internet fax memungkinkan pengiriman faximili dalam jumlah yang banyak dengan  lebih mudah, praktis, dan relative lebih murah (baca juga: macam-macam media komunikasi).

12. File Transfer Protocol

File Transfer Protocol (FTP) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk melakukan pengambilan atau pengiriman file dari atau ke komputer lain. Contoh penggunaan FTP misalnya ketika mencari dan mendowload sebuah file dari sebuah situs, atau ketika mengunggah dan menyabarkan suatu file melalui jaringan internet. FTP akan memindahkan file antar host, dari server ke client atau sebaliknya. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua client bisa mendapatkan akses ke server (baca juga: cara berkomunikasi dengan baik).

13. Telnet

Telnet merupakan aplikasi internet yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Untuk dapat melakukannya, pengguna telnet harus mengetahui alamat IP target, serta memiliki hak akses (user ID dan Password).  Dengan Telnet, pengguna dapat melihat, membaca, dan melakukan aktifitas lainnya pada komputer target dari jarak jauh. Ini berguna misalnya ketika seseorang perlu mengakses komputer kerjanya, ketika orang tersebut sdang dalam perjalanan.

14. Search Engine

Search Engine, atau dalam bahasa Indonesia siterjemahkan sebagai  mesin pencari, merupakan aplikasi internet yang berfungsi untuk memudahkan proses pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dalam internet. Search engine membantu kita untuk mencari situs yang berisi informasi yang sesuai dengan topic yang kita cari, dari milyaran situs yang ada di internet. Contoh search engine misalnya Goole.com, Yahoo.com atau Ask. Com.

15. Packet Internet Gopher

Packet Internet Gopher atau disingkat Ping, merupakan aplikasi internet yang dapat kita gunakan untuk mengecek koneksi komputer kita dengan komputer lainnya. Pengecekan tersebut dilakukan mengirimkan sebuah paket data ke komputer target/ jika komputer target dalam kadaan aktif, maka akan dikirim respon balik. Lama respon balik bergantung kecepatan koneksi internet yang kita gunakan (baca juga: tata krama komunikasi sinkron).

Demikian penjelasan terkait bagaimana penerapan jenis komunikasi daring dalam kegiatan komunikasi masyarakat sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi