Sponsors Link

17 Fungsi Komunikasi Daring Secara Umum

Sponsors Link

Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, menyebabkan munculnya istilah ‘komunikasi daring’ alias komunikasi dalam jaringan. Komunikasi ini biasa disebut juga sebagai komunikasi online yang mana proses komunikasi berjalan dengan adanya perangkat jaringan internet sebagai media penunjangnya. Ada juga istilah lain dari komunikasi daring yaitu komunikasi dunia maya atau cyberspace. (Baca juga: Model Komunikasi Scharmm)

ads

Berdasarkan sejarah dalam ilmu komunikasi, komunikasi dalam jaringan ini bermula pada tahun 1960 yang mana diuji coba pada penilitian oleh Universitas of Hawaii. Mereka memiliki kawasan yang luas, namun mereka ingin bisa berkomunikasi. Dengan begitu, timbullah ide untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada di kampus tersebut. Kemudia, Universitas of Hawaii mulai mengembangkan teknologi Ethenet alias perangkat komunikasi pada komputer dengan nama ‘ALOHA’. Nah, dalam Ethernet terdapat sebuah software yang mana software tersebut terdapat protocol dengan nama ‘ARPANET’ pada tahun 1969. Di mana istilah ‘aparnet’ mulai mengalami perkembangan hingga mengganti istilah menjadi ‘internet’ yang mana merupakan singkatan dari interconnected network, jika dibahasaindonesiakan menjadi penghubung jaringan. Pada tahu 1980-an, barulah komunikasi dalam jaringan atau komunikasi daring mulai digunakan pada dunia pendidikan. Hingga muncul word wide web pada tahun 1990 sebagai pengenalan komputer dalam dunia pendidikan.

Fungsi

Jika terdapat sejarah terjadinya komunikasi daring, maka kita juga perlu mengetahui beberapa fungsi komunikasi daring untuk kita pahami sebagai khasanah ilmu komunikasi. Berikut ini terdapat 17 fungsi komunikasi daring yang perlu kita pahami. (Baca juga: Cara Berkomunikasi dengan Baik)

  1. Informasi

Fungsi komunikasi daring yang pertama adalah sebagai media informasi atau penyampai pesan dan informasi kepada komunikan alias penerima informasi. Komunikasi dapat membantu proses penyampaian informasi kepada individu maupun kelompok. Di mana informasi tersebut berupa data-data yang terintegrasi ke dalam suatu jaringan internet hingga diterima oleh komunikan dalam bentuk informasi yang jelas.

  1. Kendali

Fungsi komunikasi daring kedua adalah sebagai kendali. Artinya, komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan dapat bertindak alias mengendalikan yang mana sebagai kewenangan individu atau kelompok dalam mengatur dan mengendalikan suatu informasi. Biasanya hal ini digunakan dalam suatu perusahaan yang digunakan sebagai panduan dan aturan dalam suatu perusahaan. Kita dapat melihat fungsi komunikasi daring ini juga bisa dilihat pada provicy police pada suatu website yang terdaftar dan legal. (Baca juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli)

  1. Motivasi

Tanpa disadari, bahwa adanya komunikasi daring ini dapat memacu suatu pekerjaan dan semangat karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Karena komunikasi daring ini sebagai bentuk proses komunikasi yang mengalami perkembangan dan akan terus berkembang, maka biasanya seorang karyawan akan selalu memiliki inovasi-inovasi yang baik dalam bekerja. Sehingga dapat menguntungkan suatu perusahaan jika menggunakan komunikasi daring.

Selain itu, komunikasi daring ini juga sangat efektif dan efisien digunakan. Sehingga membuat karyawan perusahaan dapat bekerja lebih giat lagi karena adanya efisiensi waktu dan kefektifan dalam pekerjaan mereka.

  1. Pengekspresi Emosional

Komunikasi daring ini juga dapat mewakili suatu perasaan bagi individu maupun kelompok. Mungkin akhir-akhir ini kita melihat beberapa orang yang menulis status di media sosial seperti facebook contohnya. Status tersebut ditulis berdasarkan apa yang ia rasakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa komunikasi daring ini memiliki fungsi sebagai pengekspresi emosional yang mana dapat mengutarakan apa yang ia rasakan dalam hatinya. (Baca juga: Macam-Macam Media Komunikasi)

Namun, dengan adanya fungsi komunikasi yang satu ini, sebenarnya bisa menjadi suatu kekurangan jika tidak digunakan dengan bijaksana. Coba kita perhatikan banyak kasus selebritis yang akhir-akhir ini terjadi karena adanya pertikaian antar status facebook, instagram, maupun twitter. Hal ini dikarenakan si pengunggah status biasanya tidak menggunakannya dengan bijak dan benar.

Sponsors Link

  1. Penghemat Waktu

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa fungsi komunikasi dapat membuat orang melakukan kegiatan komunikasi dengan efisien. Sehingga dengan kita menggunakan komunikasi daring, maka dapat dikatakan bahwa komunikasi daring memiliki fungsi sebagai penghemat waktu dalam berkomunikasi.

  1. Penghemat Biaya

Selain dapat menghemat waktu, adanya komunikasi daring ini juga dapat menghemat biaya kita. Coba bayangkan bahwa di Indonesia tergolong penjual kuota internet yang bisa dikatakan murah. Maka dari itu, kita dapat terhubung internet dan berkomunikasi dengan banyak orang dengan mudah dan relatif murah. Tergantung dari provider yang kita gunakan. (Baca juga: Teori Komunikasi Intrapersonal)

  1. Dilakukan di Mana Saja

Jika komunikasi daring memiliki fungsi sebagai penghemat waktu dan efektif juga efisien dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa komunikasi daring juga memiliki fungsi fleksibel alias proses komunikasi dapat dilakukan di mana saja.

  1. Kapan Saja

Selain dapat dilakukan di mana saja, komunikasi daring juga dapat dilakukan kapanpun yang kita mau. Pagi, siang, sore, malam, tak heran jika mulai banyak orang yang masih bisa berkomunikasi. Tidak seperti jaman dahulu yang harus menunggu esok pagi dan matahari terbit, ketika ada sesuatu yang perlu diobrolkan.

  1. Ilmu Teknolgi

Dalam sejarah komunikasi daring dikatakan bahwa komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang mana dijadikan bahan penelitian. Pun dengan sekarang yang mana komunikasi daring juga bisa digunakan sebagai bahan penelitian. Sehingga sangat berperan dalam ilmu pendidikan, khususnya ilmu teknolgi dan informasi.

  1. Intensitas Komunikasi

Fungsi komunikasi daring yang selanjutnya adalah adanya intensitas komunikasi. Dengan adanya kemudahan dalam berkomunikasi, maka intensitas komunikasi pun dapat bertambah hingga tanpa batas. Kita dapat melakukan komunikasi tanpa batas. (Baca juga: Teori Jean Baudrillard)

ads
  1. Partisipasi

Tak hanya batasan dalam pesan dan informasi. Komunikasi daring pun juga mampu menambah partisipan dalam artian dapat menambah individu maupun kelompok yang terlibat dalam proses komunikasi.

  1. Informatif

Jika komunikasi daring ini tidak terbatas, maka dapat dipastikan bahwa informasi yang disampaikan dengan proses komunikasi daring atau dalam jaringan ini dapat dilakukan seakurat dan selengkap mungkin. Maka dapat dikatakan bahwa komunikasi daring dapat menyampaikan pesan dan informasi secara lengkap karena tanpa adanya batasan dalam berkomunikasi. Komunikasi yang menghasilkan informasi yang informatif, maka dapat dikatakan bahwa proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik. (Baca juga: Tata Krama Komunikasi Sinkron)

  1. Kontrol

Walaupun tanpa adanya batasan dalam berkomunikasi, namun proses komunikasi tersebut juga diawasi oleh Menteri Komunikasi contohnya. Beberapa informasi yang kita sampaikan biasanya akan disaring dan diketahui oleh Menteri Komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam negeri. Nah, Menkom inilah yang dapat mengontrol proses komunikasi daring dengan menggunakan media komunikasi daring juga. Beberapa instansi pun juga mulai menggunakan kontrol perusahaan melalui komunikasi daring ini.

  1. Dorongan

Suatu individu atau kelompok akan terpacu untuk melakukan sesuatu jika ia merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan sesuatu. Hal ini juga berlaku pada proses komunikasi. Jika terdapat komunikasi daring yang sangat mudah dan nyaman dilakukan, maka suatu individu atau kelompok pun dapat terpacu untuk melakukan sesuatu yang bernilai. Hal ini bisa kita lihat contohnya seorang penulis yang terpacu untuk menyampaikan informasi dengan tulisan-tulisannya karena adanya perkembangan teknologi informasi dalam jaringan. Dorongan atau pacuan ini dapat kita manfaatkan dengan benar jika kita mendapatkan suatu inspirasi atau motivasi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dalam berkomunikasi.

  1. Panyalur Ide

Seperti yang dikatakan di atas bahwa dengan adanya komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan, maka suatu individu dapat menuangkan ide-iednya dalam bentuk tulisan yang menjadi informasi dalam jaringan internet. Ide dan inovasi yang kita salurkan ini juga dapat dijadikan suatu inspirasi beberapa individu yang membacanya. Maka dari itu, sampai ada statement yang mengatakan bahwa menulislah, maka kau akan abadi di dunia ini. Hal ini berarti bahwa dengan kita menulis, maka tulisan kita akan dibaca oleh banyak orang. Kemudian, para pembaca akan menerapkan beberapa ilmu yang kita tulisa di website, sehingga nama dan amal kita akan selalu berjalan meskipun raga kita sudah tidak ada di dunia ini.

  1. Sosialita

Mungkin dengan adanya komunikasi daring ini dapat kita rasakan sekarang yaitu dunia maya yang berproses komunikasi dalam jaringan internet. Salah satu contohnya adalah facebook sebagai media komunikasi sosial yang mana dapat membantu kita dalam melakukan kegiatan sosial. Adanya media sosial ini menunjukan bahwa adanya perkembangan komunikasi yang semakin meningkat dan begitu pesatnya.

  1. Fungsi Negara

Akhir-akhir ini, komunikasi daring pun juga mulai dilakukan oleh beberapa instansi atau pemerintahan dan lembaga. Dengan begitu, komunikasi daring ini dapat membantu kinerja dari suatu pemerintahan dengan segala kemudahan dan kenyamanan dalam menyampaikan informasi kepada publik. Seperti halnya pada pemerintahan perpajakan yang mulai menggunakan dan membuat website .go untuk melakukan sosialisasi dalam menggunakan dan membayar pajak di negara.

Itulah 17 fungsi komunikasi daring yang perlu kita pahami dan ketahui. Dengan kita memahami 17 fungsi komunikasi daring di atas, maka kita dapat melakukan komunikasi dengan baik dan benar tanpa adanya penyalahgunaan berkomunikasi. Apalagi sekarang mulai diberlakukannya Undang-Undang IT yang mana dapat melindungi kita secara hukum dalam berkomunikasi daring.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital