Sponsors Link

15 Tata Krama Komunikasi Sinkron

Sponsors Link

Berkomunikasi merupakan sebuah cara untuk memberitahukan pikiran, ide, gagasan, kritik ataupun saran serta curahatan hati seseorang kepada orang lain yang menjadi lawan berbicaranya. Seiring perkembangan jaman serta kecepatan jaringan internet sekarang ini yang sudah mulai merata hingga kepelosok desa membuat komunikasi dengan seseorang tidak lagi menjadi sulit, karena dimana saja dan kapan saja dapat berkomunikasi dengan orang yang diinginkan baik menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer. Oleh karena itu sekarang ini dikenal pula komunikasi melalui jaringan internet yang biasa disebut dengan komunikasi daring sinkron.

ads

Komunikasi sinkron merupakan komunikasi antara seseorang dengan pihak lain yang menggunakan jaringan internet dan berlangsung secara langsung dan cepat dengan menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer yang terhubung ke jaringan internet. Komunikasi sinkron memiliki macam-macam media komunikasi, namun yang paling sering digunakan untuk berkomunukasi antara lain seperti BBM, Yahoo messenger, Line, Google talk, Google Hangout, Messenger, Facebook chat Whats App, dan lain sebagainya. Komunikasi sinkron memiliki kelebihan pada kecepatan transmisi pengiriman pesan yang lebih cepat, namun juga meniliki kekurangan yang memungkinkan pesan tersebut tidak sampai atau biasa disebut error. Komunikasi sinkron memiliki beberapa cara, antara lain :

1.Text chat

Merupakan sebuah komunikasi yang menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang melalui aplikasi. Komunikasi sinkron menggunakan Text Chat bukanlah sebuah komunikasi yang efektif karena tidak menampilkan emosi dan ekspresi pengirim pesan text tersebut.

2.Video chat

Merupakan teknologi komunikasi yang menampilkan audio dan video secara langsung antara pengguna yang ingin berkomunikasi di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Video chat sering juga disebut sebagai Video Call atau panggilan video.

Baca Juga : Efek Media Massa

Komunikasi sinkron yang menggunakan komunikasi  secara verbal atau bahasa tubuh haruslah memiliki tata krama yang baik dan benar agar lawan bicara tidak merasa tersinggung ataupun tersakiti, karena dengan mengetahui dan menggunakan tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar maka sesuatu yang disampaikan saat sedang berkomunikasi akan diterima dengan baik oleh lawan bicara. Selain itu tata krama yang baik pada saat berkomunikasi akan menunjukkan beberapa informasi diri. Berikut ini beberapa tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar untuk menjaga komunikasi kita berjalan dengan baik :

1. Sapa dengan semangat

Memulai komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk komunikasi yang akan dilangsungkan. Bahasa sebagai alat komunikasi yang baik haruslah memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya, oleh karena itu biasakan sebelum berkomunikasi untuk menyapa lawan bicara dengan senyuman yang bersemangat atau kata – kata yang membawa semangat.

2. Tatap wajah lawan bicara

Ketika lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu, maka pandangan dan arah mata haruslah melihat dan memandang lawan bicara. Hal ini akan memberikan tanda kepada lawan bicara, bahwa apa yang diutarakannya didengarkan dengan baik. Jangan terlalu sering menoleh ke kiri – ke kanan karena akan memberikan kesan yang tidak sopan. (Baca Juga : Fungsi Media Komunikasi)

Sponsors Link

3. Jangan membicarakan keburukan orang lain

Sewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas. Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.

4. Jika batuk tutuplah mulut

Ketika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk, berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang disekitar.

5. Menggunakan kata – kata yang sopan

Penggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.

6. Jangan memaksa

Setiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.

ads

7. Dengarkan dengan baik

Ketika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan didengarkan keluh kesahnya.

8. Jangan berbicara terlalu cepat

Dalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu cepat.

9. Jaga sikap dan perilaku

Jika berkomunikasi melalui daring sinkron, sikap dan perilaku mungkin tidak akan terlahu kelihatan secara jelas. Tapi jika komunikasi dilakukan secara langsung baik pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, hingga komunikasi antar budaya sikap dan perilaku haruslah dijaga karena sikap dan perilaku adalah cerimanan kepribadian seseorang. Janganlah melakukan hal-hal seperti memejamkan mata terlalu lama, menggaruk hidung atau menggigit bibir karena akan menimbulkan kesan yang tidak baik.

10. Berikan solusi ketika ada masalah

Pada saat komunikasi dilakukan ketika ada sebuah masalah, maka cobalah untuk memikirkan solusi dari masalah tersebut dan mengutarakannya. Memberikan solusi adalah komunikasi yang terbaik dibandingkan hanya sekedar bertanya dan memberikan argumentasi pandangan. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa anda seorang penengah dan pemecah masalah yang baik.

11. Berkata jujur, jangan bertele – tele

Jika komunikasi dilakukan karena memiliki sebuah keinginan dan ingin dikomunikasikan dengan lawan bicara, maka berbicaralah secara jujur, meminta dengan lembut, tidak memaksa dan berikan alasan kenapa menginginkan dan membicarakan hal tersebut serta berikan pemahaman dengan baik dan benar dengan tidak bertele-tele.

12. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapi

Jika berkomunikasi menggunakan jaringan internet atau daring sinkron, maka sebaiknya untuk tidak menulis seluruh huruf pada kata-kata atau kalimat yang ingin disampaikan dengan huruf kapital. Penulisan huruf pada kalimat menggunakan kapital dapat diartikan bahwa yang mengirim pesan tersebut sedang marah atau berteriak. Selain itu, jangan gunakan jenis font ketikan yang aneh aneh. (Baca Juga : Fungsi Komunikasi Non Verbal)

13. Perkenalkan diri dengan sopan

Jika sedang berkomunikasi dengan orang – orang yang belum dikenal atau orang yang baru akan dikenalkan oleh seseorang, maka perkenalkanlah diri dengan sopan diikuti dengan nada atau volume suara yang lembut dan tidak setengah berteriak. Memperkenalkan diri bisa Anda jadikan sebagai alat untuk mencairkan suasana dan memberikan kesan kepada lawan bicara bahwa Anda adalah orang yang ramah dan sopan.

Sponsors Link

14. Selingi dengan humor

Humor ataupun bahan bercandaan sangat penting sekali digunakan ketika sebuah komunikasi terasa dingin dan sudah berjalan dengan kurang baik. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan humor sebagai pembangkit keceriaan sewaktu berkomunikasi, agar komunikasi kembali ceria dan ketegangan antar orang yang sedang berkomunikasi berkurang. Tapi perlu diingat juga humor ataupun bercandaan yang digunakan tidaklah untuk menyindir seseorang.

15. Hargai pendapat orang lain

Ketika komunikasi dilakukan secara berdiskusi atau berkelompok, maka dengarkan dan hargailah pendapat orang lain agar diskusi dapat berjalan dengan baik. Jangan terlalu sering mendebat perkataan orang lain, tapi lebih seringlah menulis hal-hal penting yang diutarakan oleh orang lain karena dengan begitu pendapat yang juga akan kita utarakan, juga akan dihargai dan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita.

Sebenarnya masih banyak etika yang harus dipatuhi pada saat berkomunikasi dengan orang lain, baik pada saat kita melakukan komunikasi langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk membuat komunikasi berjalan dengan lancar. Etika komunikasi sangat erat hubungannya dan bahkan tidak terpisahkan dari elemen-elemen komunikasi yang sering kita gunakan. Namun biasanya, komunikasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tatakrama atau etika yang sudah ditetapkan melalui sebuah rumusan bersama. Seperti misalnya ketika berkomunikasi secara pribadi maka digunakanlah etika komunikasi antar pribadi, begitu juga ketika sedang berkomunikasi masalah organinasi atau bisnis maka yang biasa dipakai adalah etika komunikasi organinasi atau etika komunikasi bisnis.

Nah, dari 15 tata krama komunikasi sinkron diatas, semuanya memiliki tujuan utama untuk membuat komunikasi berjalan dengan baik, lancar, penuh keceriaan, mendapatkan solusi jika terjadi masalah, serta membuat komunikasi lebih bermakna dan bermanfaat. Untuk itu selalu gunakan tata krama atau etika komunikasi dimanapun kita berada dan menggunakan media apapun karena tata krama dan etika yang baik ketika berkomunikasi akan menunjukkan kepribadian seseorang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,