Sponsors Link

Teori Jean Baudrillard – Jenis – Kritik

Sponsors Link

Jean Baudrillard lahir di Reims, Perancis pada tanggal 27 Juli 1929. Jean Baudrillard adalah seorang ahli sosiologi, filsuf, ahli teori budaya, komentator politik, dan fotografer berkebangsaan Perancis yang merupakan salah satu pelopor teori postmodern yang sangat berpengaruh. Baudrillard juga sering dikaitkan dengan post-structuralism. Ia juga dikenal sebagai analis media, analis budaya kontemporer, dan analis  teknologi komunikasi. Berbagai macam ide pemikiran ia tuangkan ke dalam bentuk tulisan dan melahirkan beberapa teori dengan tema konsumerisme, hubungan internasional, gender, ekonomi, sejarah sosial, seni, budaya populer, dan lain sebagainya.

ads

Baca juga:

Jean Baudrillard menaruh minat besar terhadap media massa dan postmodernitas. Beberapa gagasannya yang terkenal diantaranya adalah hiperrealitas, sign value, dan simulacra. Baudrillard banyak dipengaruhi oleh Karl Marx, Friedrich Nietzsche, Sigmund Freud, Marcel Mauss, Henri Lefebvre, Claude Levi-Strauss, Roland Barthes, Georges Bataille, Theodore Adorno, Marshall McLuhan, Gyorgy Lukacs, dan Michel Foucault.

Beberapa tulisannya yang terkenal seperti The System of Objects (1968), Consumer Society (1970), For a Critique of the Political Economy of the Sign (1972), The Mirror of Production (1973), Symbolic Exchange and Death (1976), On Seduction (1979), Simularca and Simulations (1981), Fatal Strategies (1983), dan The Masses : The Implosion of the Social in the Media (1985) telah dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris dan dibukukan oleh Mark Poster (Jean Baudrillard : Selected Writings, Tanpa Tahun) dan Douglas Kellner (Jean Baudrillard : From Marxism to Postmodernism and Beyond, 1989).

Baca juga :

Berbagai teori yang telah dikembangkan oleh Baudrillard menitikberatkan pada gagasan tentang makna dan cara referensial diri dimana makna diproduksi pada era postmodern. Baudrillard mengacu pada pemikir penting lainnya seperti Michel Foucault dalam mencoba untuk menggambarkan bagaimana sistem hubungan kekuasaan di masyarakat diwujudkan dalam sistem representasi dan ideologi.

Berikut adalah intisari dari beberapa gagasan penting yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard, yaitu :

a. The object value system

Salah satu teori penting yang dirumuskan oleh Baudrillard adalah tentang sistem nilai obyek yang menggantikan produksi dalam teori konsumerisme Marx dan dasar masyarakat kapitalis. Baudrillard mengatakan bahwa mode kegiatan ekonomi tidak didasarkan pada kebutuhan yang dibangun untuk memproduksi tetapi lebih pada kebutuhan yang dibangun untuk dikonsumsi sehingga merupakan cara baru untuk melihat cara dimana obyek memperoleh nilai.


Teori dasar yang dibangun oleh Marx dan Adam Smith menitikberatkan pada nilai fungsional dan nilai tukar barang. Sementara itu, dalam sosiolog modern, teori Bourdieu menambahkan nilai simbolis pada persamaan. Baudrillard menambahkan gagasan tentang nilai tanda seperti misalnya merek yang didasarkan pada cara produk dikaitkan dengan tanda-tanda yang berfungsi dalam sistem.

Baca juga :

b. Simulacra and Simulation

Dalam bukunya Simulacra and Simulation, Baudrillard menyatakan bahwa sistem representasi modern telah mengalami proses dimana orang-orang yang bermartabat telah kehilangan kontak dengan penanda yang sekarang hanya menunjuk pada penanda lain dengan nyata yang telah lama berlalu. Dengan kata lain, bahwa cara kita melihat dan memahami kenyataan hanyalah melalui lingkaran representasi yang merepresentasikan representasi.

Baudrillard menyebut kondisi ini sebagai ketiga urutan simulacra. Urutan pertama simulacra adalah dimana realitas diwakili oleg gambar. Urutan kedua simulacra adalah satu dimana perbedaan anatara realitas dan representasi tidak begitu jelas. Dan urutan ketiga simulacra adalah simulasi yang menggantikan hubungan antara relaitas dan representasi. Realitas itu sendiri hilang demi hiperrealitas.

Baudrillard memberikan contoh yaitu Disneyland dan Watergate untuk menggambarkan fungsi dari urutan ketiga simulacra dan produksi atau hasil dari hiperrealitas yang membiarkan kita percaya bahwa kita dapat mengatakan realitas dari representasi realitas yang ada, yaitu kenyataan yang merupakan hasil dari salinan yang aslinya.

Baca juga :

c. The End of History and Meaning

Baudrillard berpendapat bahwa gagasan modern kita tentang sejarah didasarkan pada gagasan untuk mengakumulasi kemajuan yang saat ini hancur berantakan. Kemenangan Barat dalam Perang Dingin dimaknai oleh Baudrillard bukan sebagai kemenangan suatu ideology melainkan meruntuhkan sebuah anggapan yang menyatakan bahwa hanya terdapat satu ideologi yang pada akhirnya akan menang di akhir sejarah. Dengan kata lain, bagi Baudrillard, waktu itu sendiri mengalami perubahan dengan runtuhnya pemikiran linier.

Baca juga :

Kritik terhadap Teori Jean Baudrillard

Berbagai teori ataupun pemikiran Jean Baudrillard yang menyentuh berbagai bidang tidak lepas dari kritik yang disampikan oleh para ahli, diantaranya adalah :


  • Baudrillard gagal dalam mendefinisikan berbagai istilah penting seperti misalnya kode.
  • Gaya penulisan Baudrillard sangat hiperbola dan deklaratif, seringkali kurang bertahan, melakukan analisis sistematis jika sesuai.
  • Baudrillard sangat total dalam pemikirannya, menolak kualitas atau menolak klaimnya.
  • Hal-hal yang ditulis Baudrillard umumnya berkutat tentang pengalaman tertentu dan gambar televisi dan mengabaikan hal yang lain.
  • Baudrillard mengabaikan bukti yang kontradiktif.

Manfaat Mempelajari Teori Jean Baudrillard

Mempelajari teori Jean Baudrillard dapat memberikan manfaat, yaitu mengetahui dan memahami inti beberapa teori penting yang merupakan buah pemikirannya yang dituangkan dalam beberapa judul.   Selain itu, kita juga dapat mengetahui berbagai kritik yang disampaikan oleh para ahli terhadap buah pemikiran Jean Baudrillard.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa teori penting yang dirumuskan oleh Baudrillard. Luasnya cakupan materi yang dibahas mengakibatkan luasnya pula teori yang dirumuskan. Semoga uraian singkat ini dapat menjadi awal untuk menguraikan teori-teori Baudrillard lainnya secara lebih detil yang tentunya terkait dengan ilmu komunikasi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Teori Komunikasi