Sponsors Link

4 Hambatan Komunikasi Bisnis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Komunikasi menjadi suatu hal yang teramat penting dalam dunia bisnis. Suatu kegiatan bisnis memerlukan komunikasi yang baik agar dapat berjalan lancar dan sukses. Setiap pebisnis atau pelaku bisnis tentu sudah pasti menginginkan adanya komunikasi bisnis yang baik dalam perusahaannya. Namun terkadang hal tersebut harus berhadapan dengan berbagai hambatan yang yang dimungkinkan terjadi dalam setiap komunikasi bisnis.

ads

Baca juga :

3 Hambatan Umum Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis, terdapat empat hambatan yang paling besar dalam komunikasi bisnis, berikut penjelasannya:

A. Hambatan Teknis

Hambatan teknis terjadi akibat adanya pengaruh kondisi lingkungan teknis yang berdampak pada ketidaklancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dalam hal ini hambatan teknis mencakup berbagai aspek teknis dalam sebuah perusahaan atau lingkungan bisnis. Misalkan saja pada aspek teknologi seperti terbatasnya fasilitas komunikasi atau fasilitas komunikasi yang kurang memadai. (baca: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)

Dalam hal ini keterbatasan fasilitas komunikasi maupun fasilitas komunikasi yang kurang memadai dalam suatu sistem komunikasi pada para pelaku bisnis atau perusahaan akan sangat mempengaruhi iklim komunikasi didalamnya. Dimana jelas dalam keadaan seperti ini komunikasi tidak dapat perjalan sebagaimana yang diharapkan.

baca juga: Sejarah Televisi di Indonesia – Sejarah Perfilman Indonesia)

Tak hanya itu, misalkan saja penggunaan teknologi komunikasi yang baru atau belum dikuasai secara maksimal. Hal ini juga mempengaruhi alur komunikasi dalam suatu perusahaan. Disamping itu juga sebaliknya misalnya teknologi komuniasi yang tertinggal atau cenderung sudah tidak maksimal penggunaanya juga akan sangat berpengaruh.

(baca juga: Karakteristik Media MassaPrinsip-prinsip Komunikasi )

Hambatan teknis ini lebih kepada kondisi dan keadaan lingkungan teknis dalam komunikasi yang menyebabkan kinerja dari berbagai media komunikasi tidak berjalan dengan efisien. Dimana hal ini tentu saja berdampak kepada proses komunikasi itu sendiri yang sudah pasti menjadi tidak maksimal.

Baca juga :

Sponsors Link

B. Hambatan Semantik

Gangguan semantik merupakan hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian pesan baik berupa pengertian ataupun idea secara efektif. Semantik dapat diartikan sebagai studi atas pengertian yang disampaikan menggunakan bahasa. Dalam hal ini menjadi sangat penting mengingat jika pesan yang disampaikan tidak jelas akan tetap menjadi tidak jelas meskipun media yang digunakan sudah baik. (baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi)

Dalam hal ini alur komunikasi yang kurang jelas menjadi hambatan paling umum bagi para pelaku bisnis meskipun jarang ada yang menyadarinya. Terkadang seorang pemimpin menggunakan perintah tanpa mempertimbangkan bahwa perintah tersebut dapat dimengerti atau tidak ole bawahanya. Hal ini tentu menjadi sangat merugikan mengingat sangat dimungkinkan untuk terjadinya miss komunikasi. (baca juga: Proses Interaksi Sosial)

Oleh kaenanya seorang komunikator harus mempertimbangkan peggunaan bahasa yang tepat dan mudah dimengerti oleh si komunikaan. Agar idak terjadi salah pengertian dari apa yang di maksudkan oleh komunikator dengan apa yang di cerna oleh seorang komunikan atau penerima pesan.

Baca juga :

C. Hambatan Manusiawi

Hambatan manusiawi merupakan hambatan yang timbul pada diri individu-individu yang terlibat dalam komunikasi. (baca juga: Teori Agenda Setting – Metode Penelitian Komunikasi)

Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup dua hal yakni yang pertama hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi. Dalam hal ini manusia memiliki perbedaan secara individu merupakan hal yang mutlak adanya. Bahwa setiap manusia memiliki pola pikir, daya tangkap, persepsi yang tentunya berbeda-beda. (baca juga: Pengertian Media Menurut Para Ahli)

Kedua, hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut. Dalam hal ini suasana lingkungan kerja, Kenyamanan dan ketentraman dalam bekerja juga menjadi faktor penting dalam mempengaruhi kebberhasilan komunikasi dalam sutu lingkungan perusahaan.

Baca juga :

ads

D. Kultur Perusahaan yang Kurang Baik

hambatan terakhir adalah bagaimana kultur perusahaan yang tidak mendukung dan kurang efisien diterapkan, diantaranya:

  • Iklim Komunikasi Tertutup

Kebanyakan perusahaan cenderung memiliki iklim komunikasi yang tertutup. Informasi dikuasasi oleh pemimpin perusahaan dan karyawan tidak memiliki akses untuk memperoleh informasi terkait perusahaannya. Hal ini tentu akan menghambat kinerja dari perusahaan tersebut mengingat dalam beberapa aspek keterbukaan komunikasi juga menjadi sangat penting. Tidak jarang karyawan juga memerlukan kejelasan akan sebuah informasi terutama yang menyangkut ststus dirinya dan pekerjaannya. (baca juga: Model Komunikasi Laswell – Sistem Komunikasi Indonesia)

  • Struktur Organisasi yang Rumit

Struktur organisasi yang terlalu rumit dalam suatu perusahaan dapat mengakibatkan terhambatnya alur komunikasi dalam perusahaan tersebut. Struktur yang rumit dapat menyebabkan terjadinya distorsi dalam penyampaian pesan, tertundanya penyampaian pesan hingga kepada tidak tersampainya penyampaian pesan. (baca juga: Strategi Komunikasi Pemasaran – Media Komunikasi Modern)

Dalam hal ini terlalu banyaknya tahapan hingga tersampainya sebuah pesan membuat pesan itu akan cenderung sulit sampai kepada tujuannya. Sebaliknya jika struktur sederhana maka pesan pun akan lebih mudah untuk diterima. (baca juga: Macam-macam Lensa Kamera – Prospek Kerja Ilmu Komunikasi)

  • Rivalitas antar karyawan

Rivalitas antar karyawan dapat menjadi hal yang positif dalam sebuah perusaan dimana para karyawan akan berlomba menunjukan kerja terbaiknya. Namun sebaliknya rivalitas antar karyawan juga dapat berdampak negatif, misalkan saja saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang lain, hal ini tentu akan mengganggu jalanya komunikasi dalam perusahaan tersebut. (baca juga: Sistem Pers di Indonesia Model Analisis Framing Robert N Entman)

Pesan yang harusnya samapi kepada sejumlah orang akan tertahan mengingat adanya kepentingan dibalik pesan itu dan adanya keuntungan yang hendak di capai. Sehingga dalam hal ini rivalitas tidak sehat menjadi salah satu penghambat bagi komunikasi dalam sebuah perusahaan.

Baca juga :

Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi Bisnis

Baca juga :

Manfaat Mempelajari Hambatan Komunikasi Bisnis

Dengan mempelajari hambatan komunikasi bisnis, kita dapat mengetahui bagaimana berbagai hal dapat mempengaruhi suatu sistem komunikasi dalam sebuah perusahaan. Bagi kita yang tertarik dengan dunia bisnis tentu hal ini menjadi sangat penting mengingat hal ini menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis.

baca juga: Jenis-jenis Interaksi Sosial – Teori Spiral Keheningan – Literasi Media

Dengan mengetahui berbagai hambatan yang ada kita dapat mengantisipasi hambatan tersebut sekaligus dapat mencari solusi dari hambatan tersebut. Seingga dengan pengetahuan ini kita dapat menghindari berbagai hambatan yang ada dalam komunikasi bisnis.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis