Sponsors Link

15 Fungsi Komunikasi Bisnis Secara Umum

Sponsors Link

Komunikasi merupakan suatu proses saling tukar informasi dalam bentuk pesan baik antar individu maupun kelompok, di mana terdapat komunikator sebagai pengirim pesan, media sebagai perantara, dan komunikan sebagai penerima pesan. Dalam komunikasi pun terdapat jenis-jenis komunikasi yang satu di antaranya adalah komunikasi bisnis yang mana memiliki fungsi komunikasi bisnis seperti dengan jenis komunikasi lainnya. (Baca juga: Teori Jean Baudrillard)

ads

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang dapat berjalan sesuai fungsinya. Begitu juga dengan fungsi komunikasi bisnis yang dapat berjalan dengan efektif, maka dapat dikatakan bahwa proses komunikasi tersebut berhasil dilakukan. Untuk itu, kita haru mengetahui beberapa fungsi komunikasi bisnis. Berikut ini terdapat 15 fungsi komunikasi bisnis yang perlu kita ketahui.

1. Memperjelas

Fungsi komunikasi bisnis yang pertama adalah sebagai alat untuk memperjelas suatu informasi bisnis yang perlu disampaikan kepada komunikan. Dalam komunikasi bisnis ini, komunikan bisa saja sebagai klien, mitra, maupun partnet. Maka dari itu, perlu adanya kejelasan suatu informasi bisnis sebagai pesan dalam komunikasi bisnis agar kegiatan dalam bisnis-berbisnis dapat berjalan dengan lancar dan sesuai apa yang diharapkan.

Baca juga :

2. Keakuratan

Suatu pesan dan informasi yan baik adalah informasi yang akurat dan teruji benar informasinya. Dengan adanya komunikasi bisnis, maka informasi dalam bidang bisnis yang disampaikan bisa menjadi informasi bisnis yang akurat dan dapat diuji kebenarannya. Sehingga, informasi yang disampaikan oleh komunikator atau suatu perusahaan bukanlah suatu informasi yang diada-ada alias palsu. Maka dari itu, perlu adanya komunikasi bisnis dalam dunia bisnis. Inilah yang dinamakan sebagai fungsi komunikasi bisnis dalam keakuratan informasi.

3. Mewakili Pikiran

Ketika sebuah perusahaan atau seseorang yang memiliki ide atau inovasi, maka perlu disampaikan kepada pihak lain entah individu maupun kelompok agar ide tersebut dapat terealisasi. Dengan begitu, ide tersebut perlu adanya proses komunikasi agar dapat disampaikan.

Di sinilah fungsi komunikasi bisnis digunakan sebagai wadah atau media penyampai ide pemikiran dalam otak kita. Percuma saja ketika kita memiliki banyak ide dan inovasi, namun hanya terpendam dalam pikiran saja. Maka dari itu, perlu adanya komunikasi bisnis sebagai medianya agar dapat merealisasikan ide-ide tersebut. Nah, di sinilah komunikasi bisnis dapat berfungsi sebagai fungsi komunikasi bisnis dalam mewakili pikiran. (Baca juga: Teori Komunikasi Intrapersonal)

4. Mencari Perhatian

Sebuah perusahaan atau bisnis tentunya memerlukan adanya suatu promosi agar usahanya lancar atau produknya terjual. Baik itu jasa maupun barang, tetap memerlukan promosi. Nah, promosi inilah tugas seorang advertising untuk mencari perhatian baik publik maupun perseorangan agar perusahaan, jasa, atau produk yang ia tawarkan dapat diketahui oleh orang lain. Dengan begitu, dalam mencari perhatian ini diperlukannya suatu komunikasi bisnis sebagai ajang promosi alias mencari perhatian.

Dalam ilmu marketing, komunikasi bisnis sangatlah diperlukan agar ia dapat dengan mudah dan lancar dalam mempromosikan produk atau perusahaannya. Dengan begitu, fungsi komunikasi bisnis sebagai pencari perhatian inilah yang merupakan fungsi penting dalam suatu komunikasi bisnis. Agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Sponsors Link

5. Visi Misi

Dalam membangun suatu usaha, perusahaan baik barang maupun jasa, diperlukan adanya suatu visi dan misi agar perusahaan dapat berdiri dan berproses dengan baik dan teratur. Sehingga, visi dan misi adalah suatu hal yang penting dalam membangun suatu perusahaan ataupun organisasi. Tanpa adanya suatu visi dan misi, maka perusahaan atau organisasi tersebut akan hancur alias tidak berjalan dengan lancar.

Percuma juga jika visi dan misi ini hanya sebagai pajangan atau hiasan semata dalam suatu perusahaan. Maka dari perlu adanya penyuluhan atau informasi visi misi kepada karyawan dan beberapa anggota yang terlibat di dalam perusahaan. Nah, informasi mengenai visi dan misi suatu perusahaan ini dapat disampaikan dalam komunikasi bisnis. Karena visi dan misi dalam perusahaan adalah informasi bisnis yang bisa difungsikan untuk perusahaan. (Baca juga: Macam-Macam Media Komunikasi)

6. Pemahaman Bisnis

Sebuah perusahaan tentunya memiliki barang dan jasa yang dijual atau ditawarkan. Barang dan jasa tersebut disebut sebagai product knowledge alias pengetahuan tentang produk dalam suatu perusahaan. Product knowledge adalah informasi bisnis yang perlu disampaikan baik ke calon customer maupun ke anggota perusahaan.

Nah, product knowledge ini juga merupakan sesuatu yang masuk ke dalam pemahaman bisnis. Karena product knowledge adalah sebagian bahkan hal terpenting dalam suatu bisnis. Maka dari itu, diperlukan adanya komunikasi bisnis yang memiliki fungsi sebagai pemberi pemahaman bisnis yang salah satunya adalah product knowledge.

7. Klarifikasi Isu

Dalam menjalankan bisnis tidak ada yang tidak memiliki hambatan atau resiko. Baik itu resiko kecil maupun resiko besar. Nah, satu di antara hambatan tersebut adalah isu perusahaan atau isu produk. Isu produk ini dikatakan sebagai hambatan bisnis karena dapat menghambat dan merusak citra suatu perusahaan baik barang maupun jasa.

Dengan adanya isu yang menghambat lancarnya perusahaan, maka perlu adanya klarifikasi dalam memperbaiki citra perusahaan. Maka dari itu, klarifikasi tersebut haruslah disampaikan yang masuk ke dalam komunikasi bisnis.

8. Sosial Perusahaan

Mana mungkin ada perusahaan yang tertutup dalam arti lain perusahaan yang tidak diketahui publik. Rata-rata perusahaan adalah sesuatu yang dilihat dan diketahui masyarakat. (Baca juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli)

Hal ini dikarenakan adanya sifat dalam dunia bisnis adalah publik yang berarti diketahui masyarakat. Nah, agar perusahaan dapat tercapai dengan sukses, maka suatu perusahaan perlu adanya sifat demikian. Dengan begitu, perusahaan dapat memanfaatkan komunikasi bisnis agar mencapai sifat perusahaan sebagai sifat pulik atau sosial.

ads

9. Etika Bisnis

Perlu diketahui bahwa komunikasi bisnis adalah satu di antara etika bisnis yang wajib digunakan. Dengan begitu, perusahaan dapat berjalan sebagaimana mestinya dalam dunia bisnis. Komunikasi bisnis inilah yang berfungsi sebagai salah satu syarat dalam etika bisnis yang mana sebagai acuan dan patokan berdirinya suatu usaha dalam perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Karena, acuan tersebut dapat membawa perusahaan ke jalan yang sukses.

10. Kemudahan Berbisnis

Dengan adanya komunikasi bisnis, maka suatu kegiatan berbisnis dalam dunia bisnis dapat berjalan dengan mudah dan efektif. Dengan begitu, komunikasi bisnis ini diperlukan agar proses berbisnis dapat berjalan secara efektif.

Jika komunikasi bisnis belum membuat perusahaan berjalan secara efektif, maka proses komunikasi bisnis tersebut perlu diselidiki apa masalahnya.

11. Harmonisasi

Perusahaan mana yang tidak menginginkan keharmonisan di dalam perusahaan baik karyawan dengan karyawan maupun antara karyawan dengan atasan. Harmonisasi dalam sebuah perusahaan adalah hal penting untuk memajukan perusahaan menjadi baik di mata masyarakat maupun internal.

Maka dari itu, diperlukannya adanya proses komunikasi di dalam perusahaan yang mana disebut juga sebagai komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis ini dapat membuka pikiran-pikiran antar individu dalam perusahaan yang masih tertutup. (Baca juga: Cara Berkomunikasi dengan Baik)

12. Instrumental Citra

Cheney, M. Kent, dan M. Debashish mengatakan bahwa komunikasi bisnis dengan publik memainkan sebuah peran instrumental dalam mengembangkan citra sebuah organisasi. Karena itu, sangat tidak bisa disangkal bahwa pengelolaan standar etika yang tinggi selama komunikasi bisnis adalah sebuah faktor sukses bagi beberapa bisnis.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa komunikasi bisnis ini memiliki fungsi sebagai instrumental citra alias dapat menaikan citra perusahaan di mata masyarakat. Dengan begitu, nilai perusahaan dapat terangkat dengan adanya komunikasi bisnis.

13. Globalisasi

Adanya globalisasi dalam peradaban, maka suatu perusahaan perlu adanya inovasi-inovasi yang menarik dan selalu terbaru. Dengan begitu, suatu perusahaan memerlukan adanya inovasi untuk menakulukan arus globalisasi dalam suatu peradaban.

Arus globalisasi dapat diatasi dengan beberapa inovasi yang menarik yang perlu disampaikan. Seperti yang dikatakan di atas bahwa suatu inovasi dapat terealisasi perlu adanya komunikasi bisnis dalam suatu perusahaan atau dalam dunia bisnis. Inilah yang dinamakan sebagai fungsi komunikasi bisnis sebagai penakluk arus globalisasi yang mana arus globalisasi dapat menurunkan citra dan nilai suatu perusahaan dalam dunia bisnis dan masyarakat.

14. Karakter Perusahaan

Suatu perusahaan perlu adanya karakter sebagai ciri khas agar mudah diketahui dan diingat oleh masyarakat. Dengan begitu karakter perusahaan ini adalah satu di antara unsur terpenting dalam suatu perusahaan agar perusahaan dapat terangkat nilainya. Bahwa sesungguhnya karakter perusahaan ini bisa diciptakan dengan adanya komunikasi bisnis dalam suatu perusahaan yang mana komunikasi tersebut merupakan komunikasi yang berbeda dengan komunikasi perusahaan lainnya.

Di sinilah komunikasi berfungsi dan berperan sebagai penunjang dan pemberi karakter dalam suatu perusahaan dan dalam dunia bisnis.

15. Netral

Jaska (1996) berpendapat bahwa fungsi utama komunikasi bisnis adalah untuk memastikan bahwa pesan-pesan bisnis yang dikirimkan dan diterima adalah pesan-pesan bisnis yang bersifat netral dan tidak menyerang berbagai pihak. Etika komunikasi bisnis yang efektif memainkan sebuah peran penting dalam menguatkan atau memperkuat budaya organisasi dalam menguatkan atau memperkuat budaya organisasi atau perusahaan. (Baca juga: Model Komunikasi Scharmm)

Demikianlah uraian singkat tentang etika komunikasi bisnis. Semoga dapat memberikan pengetahuan serta wawasan baru tentang komunikasi bisnis dan etika komunikasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis