Sponsors Link

17 Ciri ciri Media Pembelajaran Baik dan Dinamis

Sponsors Link

Dalam dunia komunikasi, kadang kala ada persinggungan dalam objek material yang dipelajari oleh ilmu komunikasi dengan ilmu lainnya, seperti misalnya ilmu pendidikan. Salah satu hal yang dipelajari dalam dunia komunikasi dan memiliki penerapan dalam dunia pembelajaran adalah mengenai media pembelajaran yang memiliki sejarah media pembelajaran yang juga patut untuk dipelajari. Media pembelajaran pun juga dipelajari dalam ilmu pendidikan sebagai salah satu hal yang penting dalam proses pendidikan bagi siswa didik. Pendidikan yang baik mampu membuat seseorang yang tidak bisa menjadi memiliki kemampuan tertentu melalui serangkaian proses pemberian wawasan dan pelatihan dengan salah satu hal yang digunakan di dalam proses pembelajaran tersebut adalah media pembelajaran, yang juga memiliki fungsi media komunikasi tertentu.

ads

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini tidak ada salahnya bagi kita untuk mempelajari ciri-ciri media pembelajaran lebih lanjut sebagai salah satu bentuk usaha kita untuk memahami ilmu komunikasi yang diterapkan dalam dunia pembelajaran. Bagi kamu yang sedang belajar komunikasi pendidikan, media pembelajaran sangat penting untuk dipelajari agar kamu dapat merancang komunikasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu di lapangan. Sementara bagi pembaca yang awam, juga tidak ada salahnya mempelajari media pembelajaran sebagai wawasan tambahan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, apa saja ciri-ciri media pembelajaran tersebut? Mari kita bahas di bawah ini ya.

1. Bersifat material

Ciri-ciri media pembelajaran yang pertama adalah bersifat material. Material yang dimaksud di sini adalah memiliki wujud fisik terutama pada alat-alat peraga atau model seperti misalnya tengkorak manusia yang digunakan dalam mata pelajaran biologi pada tingkat SMP ataupun SMA untuk mempelajari mengenai anatomi tubuh manusia.

Perlu disadari bahwa tidak semua media pembelajaran bersifat fisik, setidaknya tidak seutuhnya bersifat fisik, seperti misalnya pada media pembelajaran yang bertipe audio seperti misalnya rekaman percakapan yang digunakan untuk belajar mendengarkan dalam mata pelajaran bahasa Inggris, akan tetapi pasti ada unsur fisik yang menjadi ruang penggunaan media pembelajaran tersebut. Dengan kata lain, tidak ada media pembelajaran yang bersifat imaterial.

2. Model dari suatu konsep atau gagasan tertentu

Ciri-ciri media pembelajaran berikutnya adalah media pembelajaran merupakan model terhadap suatu konsep atau suatu realitas tertentu yang sedang dipelajari di dalam mata pelajaran tertentu dalam suatu lingkungan pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menengah dan lain sebagainya. Oleh karena cenderung merupakan suatu model, maka media pembelajaran biasanya memiliki elemen visual atau audio atau kinestesis yang dapat mempermudah seorang siswa untuk belajar.

Beberapa contoh wujud media pembelajaran yang menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut merupakan suatu model atas konsep atau realitas tertentu misalnya adalah sebagai berikut:

  • Anatomi tubuh manusia berupa tulang-tulang
  • Kerangka tubuh katak
  • Kerangka tubuh ikan tertentu
  • Model pertumbuhan atau perkecambahan tanaman tertentu
  • Abstraksi langsung dari konsep segitiga, persegi, lingkaran, dan lain sebagainya
  • Skema atau konseptualisasi model komunikasi
  • Model yang menggambarkan kejadian tsunami atau fenomena alam tertentu
  • dan lain sebagainya.

Oleh karena bersifat sebagai model konsep atau realitas tertentu inilah suatu media pembelajaran dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap suatu konsep atau suatu realitas tertentu yang mungkin akan bersifat abstrak apabila tidak berwujud konkret dalam bentuk suatu media pembelajaran tertentu.

3. Adaptif

Media pembelajaran memiliki sifat adaptif, dalam arti menyesuaikan dengan tingkat pengguna model tersebut di lapangan. Model pembelajaran yang diberikan untuk anak kecil dalam mempelajari binatang tertentu tentu akan berbeda dengan model yang akan diberikan pada mahasiswa tingkat akhir di jurusan biologi. Perbedaan model ini justru akan mempermudah seorang siswa atau mahasiswa dalam memahami konsep yang diajarkan sesuai dengan bidang pelajaran atau jurusan yang dimilikinya.

Sponsors Link

4. Interaktif

Media pembelajaran juga memiliki ciri-ciri interaktif, dalam arti dapat digunakan oleh siswa didik yang mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh guru dalam mata pelajaran tertentu. Ciri-ciri ini meamng tidak terdapat pada semua media pembelajaran yang digunakan dalam pelajaran tertentu, akan tetapi rata-rata dan bila kita melihat dari latar belakang media pembelajaran tersebut, maka media pembelajaran pada umumnya akan memiliki sifat interaktif untuk memberikan peluang yang lebih besar bagi siswa didik dalam mempelajari materi yang diajarkan sehingga mereka dapat mempelajari materi tersebut dengan lebih cepat, selain juga menunjang komunikasi intrapersonal siswa tersebut ketika belajar.

  • Beberapa media pembelajaran yang bersifat interaktif misalnya adalah sebagai berikut:
  • Anatomi tubuh manusia
  • Model tsunami atau banjir
  • Model sirkuit listrik
  • dan lain sebagainya.

Dengan adanya ciri-ciri media pembelajaran yang bersifat interaktif inilah kita dapat membedakan mana media pembelajaran yang baik atau buruk dilihat dari seberapa interaktif media pembelajaran tersebut dalam membantu siswa untuk mempelajari materi yang diajarkan.

5. Reusable

Media pembelajaran juga memiliki ciri-ciri reusable, atau dapat digunakan kembali sehingga bukanlah merupakan barang yang habis pakai seperti misalnya makanan dan lain sebagainya. Sifat atau ciri-ciri ini dapat membantu kita dalam membedakan mana media pembelajaran dan mana yang merupakan realitas konkret dari abstraksi yang mendasari dari penggunaan media pembelajaran tersebut. Selain dapat digunakan kembali, media pembelajaran juga dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga memungkinkan siswa untuk mempelajari bagian spesifik dari suatu realitas tertentu yang disimbolkan dari media pembelajaran tersebut.

6. Berada di area pendidikan

Media pembelajaran tentu saja berada di area pembelajaran atau area pendidikan. Tidak mungkin media pembelajaran digunakan di lapangan asli atau dalam medan yang lain. Akan tetapi tidak semua barang yang ada di lapangan pendidikan dapat disebut dengan media pembelajaran. Misalnya tabung reaksi kimia, walaupun ada yang bersifat sebagai model pembelajaran, ada pula yang memang benar-benar merupakan tabung reaksi yang digunakan untuk melakukan proses pencampuran senyawa kimia tertentu sehingga menghasilkan suatu senyawa tertentu. Walaupun media pembalajaran sebagai bagian dari media komunikasi modern telah berkembang, akan tetapi posisinya dalam dunia pendidikan tidak bisa dihapuskan, walaupun pengaruh media sosial semakin kuat di tengah interaksi dewasa ini.

7. Mempermudah penyampaian materi pembelajaran

Ini adalah ciri-ciri berikutnya dari media pembelajaran yang mungkin dapat membedakan media pembelajaran dengan media belajar yang juga turut digunakan dalam proses pembelajaran. Apabila media belajar atau sarana pembelajaran merupakan peralatan yang dapat dipindah-pindah dan digunakan untuk membantu proses pembelajaran, maka media pembelajaran adalah sarana pembelajaran yang dibuat dengan fungsi atau tujuan yang lebih spesifik, yaitu untuk membantu guru dalam menyampaikan suatu materi atau suatu konsep tertentu secara lebih konkret, mudah diterima oleh murid atau siswa, sehingga mengurangi beban abstraksi yang dimiliki oleh siswa tersebut dalam memahami pelajaran tersebut, sebagaimana menurut teori komunikasi interpersonal, bahwa komunikan akan lebih mudah memahami pesan apabila komunikator dapat menunjukkan realitas yang dimaksud dengan lebih jelas.

8. Visualisasi

Salah satu ciri-ciri media pembelajaran adalah sifat visualnya. Maksudnya adalah, suatu media pembelajaran akan mempermudah visualisasi seorang siswa didik dalam memahami suatu konsep abstrak atau realitas yang sedang dipelajari dalam mata pelajaran tertentu sehingga akan mengurangi tingkat beban pikiran yang dimiliki oleh siswa didik. Dengan ciri-ciri atau sifat yang satu ini, media pembelajaran akan sangat membantu siswa didik dalam memahami apa yang dipelajari terutama apabila siswa didik tersebut memiliki tipe belajar visual yang akan sangat mudah belajar setelah melihat secara langsung realitas yang sebenarnya dipelajari oleh dirinya.

ads

9. Audio

Media pembelajaran juga memiliki ciri-ciri bersifat audio atau dapat didengarkan dengan telinga. Maksudnya adalah, media pembelajaran dapat menghadirkan stimulus audio yang sesuai dengan realitas yang disimbolkan untuk membantu siswa didik dalam mempelajari atau menyimbolkan suatu realitas tertentu. Dibarengi dengan komunikasi yang dilakukan oleh sang guru, fitur audio yang dimiliki oleh suatu media pembelajaran memungkinkan siswa untuk lebih fokus dalam memahami materi yang ingin disampaikan. Apabila seorang siswa memiliki model belajar auditori, maka progres belajar sang siswa tersebut apabila diajari dengan cara memberikan media pembelajaran yang berfokus pada penyampaian audio tertentu kecenderungannya adalah akan meningkat.

Oleh karena itu guru harus mengetahui dengan benar model belajar seperti apa yang sesuai dengan model belajar yang dimiliki oleh seorang siswa, dan apabila siswa tersebut memiliki kecenderungan untuk belajar dengan menggunakan suara, maka media pembelajaran yang menggunakan fitur audio untuk membantu belajar akan sangat membantu.

10. Kinestesis

Selain visualisasi dan juga pemberian stimulus suara, media pembelajaran juga dapat merangsang kegiatan belajar siswa dengan cara melibatkan siswa tersebut dalam melakukan perilaku tertentu atau lebih dikenal dengan psikomotorik atau kinestesis. Media pembelajaran yang melibatkan siswa didik melalui interaksi dengan gerakan atau psikomotor misalnya adalah:

  • Anatomi tubuh manusia
  • Permainan balon udara
  • Abstraksi roket
  • Model gerakan planet
  • dan lain sebagainya.

Dengan melibatkan psikomotor siswa, maka siswa akan memiliki ingatan psikomotorik yang dapat membantunya dalam mengingat apa yang ia pelajari sebelumnya sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Pada siswa yang memiliki gaya belajar dengan model psikomotorik maka media pembelajaran dengan model interaksi yang melibatkan gerakan fisik siswa adalah salah satu media pembelajaran ideal yang bisa diberikan pada seorang siswa yang memiliki kecenderungan belajar melalui psikomotor.

11. Edukatif

Seperti nama dan latar belakang yang dimilikinya, media pembelajaran memiliki sifat atau ciri yaitu edukatif. Maksudnya adalah media pembelajaran dibuat dan difungsikan dalam rangka pembelajaran untuk membantu pemahaman materi atau konsep pada siswa didik dan bukan untuk tujuan yang selainnya. Dengan demikian, media pembelajaran memiliki fungsi sebagai pembantu dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan siswanya. Media pembelajaran yang baik oleh karenanya harus membantu proses belajar siswa, dan menunjang penyampaian materi yang dilakukan oleh seorang guru dan bukan menghambat atau mempersulitnya.

12. Fiksatif

Ciri-ciri fisksatif yang dimaksud adalah suatu media pembelajaran dapat menangkap, merekam, mengkonstruksi ulang suatu konsep tertentu atau abstraksi tertentu untuk kemudian dijadikan suatu model yang akan dapat digunakan secara fisik oleh orang-orang yang memiliki kepentingan terhadap model tersebut. Dengan adanya sifat atau ciri fiksatif inilah yang memungkinkan suatu media pembelajaran untuk membantu siswa atau guru dalam menyampaikan materi belajar yang dimilikinya.

13. Distributif

Sifat distributif adalah kemampuan suatu media pembelajaran untuk mentransformasikan konsep yang telah dia rekam dalam ruang waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan siswa atau proses pembelajaran yang dia alami.

14. Manipulatif

Sifat manipulatif atau ciri manipulatif dapat direkam dan direkonstruksi dalam jangka waktu yang sangat ringkas bahkan lebih cepat dari pada kejadian aslinya. Dengan adanya sifat ini suatu media pembelajaran dapat mempercepat proses belajar siswa.

15. Eksploratif

Media pembelajaran memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi materi pelajaran yang sedang dia pelajari.

16. Replikatif

Media pembelajaran merupakan sebuah replika dari suatu konsep atau suatu gagasan atau suatu realitas tertentu, sehingga tingkat kemiripannya bisa jadi tidak seratus persen mirip, akan tetapi ada beberapa bagian penting yang sangat persis dengan bentuk asli dari realitas yang ia simbolkan.

17. Terbatas

Maksudnya adalah suatu media pembelajaran hanya mampu mewakili beberapa realitas atau konsep tertentu sehingga untuk mempelajari materi yang lain suatu siswa dimungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran yang lainnya.

Itulah 17 ciri ciri media pembelajaran yang dapat kita pelajari dalam waktu kali ini. Semoga dengan mengetahui beberapa ciri-ciri di atas dapat membantumu dalam mempelajari media pembelajaran ya!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi