Sponsors Link

Sistem Komunikasi Data – Transmisi – Protokol

Sponsors Link

Dewasa ini, ada banyak sekali sistem komunikasi data yang digunakan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan informasi yang sangat cepat. Bahkan dalam skala jaringan yang kecil pun, dibutuhkan komputer dan perangkat jaringan yang baik untuk memastikan bahwa komputer tersebut bisa digunakan dengan baik dalam melakukan komunikasi data.

ads

Bagi kamu yang tertarik di dunia komunikasi digital, tentu saja mempelajari sistem komunikasi data adalah sesuatu yang menarik karena dengan demikian kamu bisa mempelajari tentang sistem komunikasi data dengan cara yang lebih menarik. Khususnya bagi kamu yang ingin menerjuni dunia teknologi komunikasi kelak.

Oleh karena itulah, dalam kesempatan kali ini, akan kita pelajari beberapa hal tentang komunikasi data yang penting untuk kita ketahui. Sudah siap kan? Silakan lanjutkan di bawah ini ya!

Pengertian Komunikasi Data

Dalam pembelajaran ataupun pembahasan terbuka semacam ini, hal yang paling penting adalah tentang komunikasi data itu sendiri. Dengan demikian terlebih dahulu kita akan membahas pengertian tentang komunikasi data supaya kita sama-sama mengacu pada realitas yang sama ketika kita menyebutkan tentang komunikasi data.

Komunikasi data terdiri dari dua istilah, yaitu komunikasi dan data. Secara ringkas, komunikasi adalah suatu usaha untuk menyamakan pengertian antara dua orang atau lebih. Para ahli juga menyebutkan komunikasi sebagai suatu proses penyampaian pesan dari komunikator terhadap komunikan untuk mencapai maksud tertentu. Komunikasi menggunakan pesan tertentu untuk mencapai maksud, dan ada orang lain yang menjadi sasaran dari komunikasi tersebut. Apabila kamu ingin tahu tentang informasi lebih detail, kamu juga bisa mempelajari pengertian informasi menurut para ahli.

Komunikasi data, dapat dipahami sebagai sebuah komunikasi dengan data sebagai isi pesannya. Tentu saja data yang dimaksud di sini merupakan suatu simbol komunikasi digital berupa kode-kode komputer yang dibuat dan ditujukan untuk komputer sebagai media yang digunakan dalam komunikasi data tersebut. Dengan kata lain, secara sederhana komunikasi digital adalah suatu komunikasi dengan pesan data digital dan dilakukan melalui komputer.

Layaknya komunikasi pada umumnya, komunikasi data juga bisa mengalami berbagai macam gangguan, membutuhkan media tertentu supaya komputer bisa saling terhubung, dan lain sebagainya. Dengan demikian komunikasi data adalah salah satu jenis komunikasi yang cukup penting dewasa ini karena kecepatan, keamanan, dan kemudahan dalam melakukannya.

Dalam komunikasi data, tujuan utama sistem komunikasi data pada dasarnya adalah sama dengan sistem komunikasi pada umumnya, yaitu untuk mencapai suatu maksud tertentu. Di dalam sebuah sistem komunikasi data, diperlukan sebuah pembahasan dan juga perangkat komunikasi yang membicarakan tentang media komunikasi, protokol komunikasi, enkripsi, sistem pengiriman, sistem identifikasi sumber dan lain sebagainya. Sistem komunikasi data sangat erat hubungannya dengan sejarah teknologi informasi mengingat komunikasi data hanya bisa dilakukan apabila terdapat teknologi yang sesuai.

Pada dasarnya dalam sistem komunikasi data dipelajari unsur-unsur yang sama dalam komunikasi pada umumnya, yaitu komunikator, komunikan, encoding, decoding, pengiriman, hambatan dan lain sebagainya. Hanya saja wujud dari masing-masing elemen tersebut tentu saja berbeda dengan komunikasi pada umumnya. Unsur-unsur tersebut akan kita bahas dalam bagian selanjutnya.

Sponsors Link

Transmisi Data

Dalam komunikasi data, supaya data tersebut bisa dikirimkan ke pihak lain, tentu saja dibutuhkan suatu proses tertentu yang dalam kesempatan kali ini akan kita sebut sebagai proses transmisi data. Sebelum proses ini berjalan, terlebih dahulu dilakukan proses enkoding dengan bahasa tertentu yang mengubah data menjadi sesuatu yang bisa dikirimkan. Seperti yang telah kita ketahui, komputer pada dasarnya hanya bisa memahami ‘1’ dan ‘0’, alias sinyal-sinyal elektrik yang menandakan ada dan tidak adanya arus listrik. Transmisi data mengubah pesan 1-0 tersebut ke dalam suatu hal yang bisa dipahami oleh komputer di ujung yang lain.

Dalam transmisi data, penyampaian informasi (suara, data, gambar, video) sebenarnya ditampilkan oleh sinyal-sinyal elektromagnetik tertentu yang dihasilkan dari penerjemahan data biner tersebut. Di antara komputer yang mengirim dan menerima, dibutuhkan suatu media transmisi yang bisa digunakan untuk mengirimkan data tersebut. Transmisi bisa dilakukan dengan berbagai macam media, seperti media fisik, media udara, dan lain sebagainya. Apabila kamu ingin membahas tentang transmisi data lebih jauh, tidak ada salahnya untuk melihat sejarah perkembangan teknologi informasi yang telah kita bahas sebelumnya.

ads

Jenis Sinyal

Pada umumnya, ada beberapa jenis sinyal yang bisa digunakan dalam suatu proses transmisi. Sinyal tersebut adalah sinyal analog dan juga sinyal digital. Dua jenis sinyal ini sampai sekarang masih digunakan dalam proses komunikasi data. Sinyal adalah salah satu hal yang penting dalam komunikasi data, karena tanpa sinyal kita tidak akan bisa melakukan transmisi data dan sejenisnya akibat tidak ada data yang saling dipertukarkan.

Penjelasan dari masing-masing sinyal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sinyal Analog

Sinyal analog adalah suatu sinyal yang berwujud gelombang. Salah satu contohnya adalah pada saat seseorang melakukan suatu komunikasi dengan orang lain dengan menggunakan telepon. Suara yang dikirimkan melalui telepon tersebut adalah suatu gelombang suara yang dikirimkan melalui telepon genggam si penelpon ke orang lainnya melalui jaringan telepon yang dimiliki oleh orang tersebut. Ketika gelombang ini diterima oleh lawan bicaranya, akan kembali diubah ke dalam bentuk pesan yang berupa gelombang suara itu tadi.

2. Sinyal Digital

Sementara itu, sinyal digital adalah suatu sinyal yang berwujud dalam suatu denyut listrik yang terdiri dari satuan on dan off. Sinyal ini adalah sebuah sinyal berwujud rantaian denyut listrik yang berwujud on dan off sebagai ganti wujud dari sesuatu yang ingin dikirimkan dalam sebuah komunikasi. Sinyal ini pada umumnya dewasa ini telah banyak digunakan di berbagai bidang dan bukan lagi menjadi sesuatu yang hanya digunakan oleh negara-negara maju saja. Sinyal digital bisa mengirimkan data dengan cepat sekali karena memanfaatkan denyutan listrik.

Media Komunikasi Data

Pada dasarnya, ada dua jenis media atau penghubung dalam subjek yang terlibat dalam komunikasi data. Media tersebut adalah media fisik atau media nirkabel. Media fisik adalah suatu media yang membutuhkan koneksi secara langsung dalam bentuk fisik seperti kabel, dan lain sebagainya. Sementara media nirkabel adalah suatu media yang memanfaatkan cahaya atau sinyal elektromagnetik yang ada di sekitar kita untuk melakukan komunikasi data.

Komunikasi data melalui media fisik sampai saat ini pun masih digunakan. Beberapa jenis dari komunikasi data dengan media fisik ini antara lain adalah kabel USB, printer, kabel VGA/HDMI dan lain sebagainya yang memanfaatkan koneksi langsung perangkat per perangkat dengan memanfaatkan media fisik. Media fisik biasanya dipilih karena tingkat stabilitas dan juga tingkat keamanan data yang dikirimkan karena tidak bisa di ambil kecuali peretas memiliki akses pada salah satu perangkat.

Sementara itu, komunikasi data melalui media nirkabel juga semakin diperkuat baik pada aspek stabilitas ataupun keamanannya. Salah satu contoh dari media nirkabel ini adalah koneksi Wi-fi yang mungkin telah kita ketahui bersama merupakan salah satu jenis media komunikasi yang paling banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia karena jumlahnya yang kian banyak dewasa ini. Media nirkabel menguntungkan pada aspek fleksibilitasnya, selain itu dengan semakin amannya enkripsi data, membuat media nirkabel menjadi salah satu jalur komunikasi yang bisa digunakan. Selain Wi-fi, juga terdapat Bluetooth, Infrared, dan berbagai jenis media nirkabel lainnya. Kamu bisa melihat perkembangan media ini dengan membaca ringkasan sejarah perkembangan teknologi komunikasi.

Protokol Komunikasi Data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam suatu komunikasi data terdapat sebuah protokol. Protokol pada dasarnya adalah suatu sistem aturan atau standar yang mengatur atau mengizinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data dari dua atau lebih perangkat yang terhubung dalam jaringan terrtentu. Sebuah protokol bisa digunakan atau diterapkan pada perangkat keras ataupun perangkat lunak.  Perlu diperhatikan bahwa protokol yang berbeda memuat jenis jenis informasi yang berbeda walaupun pada dasarnya sama-sama informasi digital. Maksudnya adalah, informasi digital tersebut hanya bisa dibaca pada perangkat tertentu yang memiliki protokol atau kemampuan membaca protokol yang sama.

Sponsors Link

Salah satu jenis protokol yang sangat terkenal adalah TCP/IP. TCP/IP merupakan dua protokol kombinasi yang digunakan dalam hubungan internet. Arti dari singkatan TCP/IP adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Protokol inilah yang memungkinkan terjadinya identifikasi dan komunikasi antara dua komputer atau lebih di dalam suatu jaringan internet. Selain protokol TCP/IP, juga terdapat protokol lain seperti UDP, UCC, dan berbagai jenis protokol lainnya. Dalam semua sistem komunikasi data, selalu terdapat protokol yang mengatur bagaimana dua komputer atau lebih bisa saling terhubung. Tanpa adanya protokol, dua sistem komputer bisa kesulitan dalam menentukan bagaimana cara mereka untuk berkomunikasi karena tidak ada kesepakatan dalam model komunikasi data yang mereka gunakan.

Penerapan Komunikasi Data

Sistem komunikasi data dan berbagai macam terkait dengannya, diterapkan di banyak sekali bidang yang ada di sekitar kita. Beberapa bidang tersebut antara lain adalah bidang perbankan, bidang pendidikan, bidang bisnis, bidang keamanan dan pertahanan, bidang kesehatan dan lain sebagainya. Pada prinsipnya komunikasi data digunakan untuk membantu berbagai macam aktivitas yang membutuhkan trasnfer data dengan cepat, manajemen data yang baik dan juga keamanan data yang terjamin dengan baik. Dengan sistem komunikasi data saat ini, semua hal itu bisa tercapai dengan baik. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga semakin meningkatkan potensi dari komunikasi data di era digital ini.

Itulah beberapa hal yang bisa kita bahas tentang sistem komunikasi data ini. Semoga dengan beberapa pembahasan di atas kamu bisa semakin memahami apa itu komunikasi data dengan lebih baik. Jangan lupa untuk mempelajari artikel lain yang juga membahas tentang komunikasi data ya, salah satunya misalnya adalah fungsi komunikasi data yang telah kita bahas sebelumnya.

Selamat belajar komunikasi!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital