Sponsors Link

Sejarah Teknologi Informasi Terlengkap

Sponsors Link

Pada dasarnya informasi disebarkan oleh manusia dengan menciptakan sebuah alat, sistem ataupun kode tertentu agar dapat berkomunikasi dan saling berinteraksi. Pada jaman pra sejarah misalnya, informasi disampaikan dan disebarkan menggunakan gambar-gambar atau lukisan-lukisan kecil yang dituliskan pada tembok gua, batu dan lainnya. Ada pula yang menggunakan bahasa tubuh dengan menggerakkan tangan, bahasa isyarat seperti membuat api sehingga timbul asap atau membuat bunyi-bunyian agar didengar dan diketahui oleh manusia lainnya.

ads

Kata teknologi berasal dari bahasa Prancis yaitu la teknique yang memiliki arti adalah sarana atau alat yang digunakan untuk menyediakan barang yang dibutuhkan oleh manusia demi kenyamanan dan keberlangsungan hidup, sedangkan kata informasi berasal dai bahasa Prancis kuno yaitu informacion yang memiliki arti garis besar, konsep dan ide. Teknologi informasi secara terus menerus dikembangkan agar dapat membantu manusia untuk membuat sebuah berita informasi, menyimpan dan mengubah agar lebih mudah untuk disebarkan kepada khalayak luas.

Baca juga :

Teknologi Informasi dan komunikasi yang berkembang dengan sangat pesat sekarang ini menggunakan teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software dengan ukuran yang kecil namun kemampuan dan kapasitasnya sangat tinggi. Perkembangan ini juga membuat berbagai kegiatan kita dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, bahkan teknologi informasi telah digunakan pada sistem pemerintahan seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya.

Semua perkembangan itu tidak terlepas dari sejarah perjalanan panjang para peneliti maupun para ilmuwan yang berusaha untuk terus memperbaiki dan mengurangi kelemahan dari sebuah teknologi informasi dan komunikasi. Mungkin banyak yang belum tau dan bahkan mungkin tidak tau sama sekali mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi yang kita nikmati sekarang ini. Untuk itu, kali ini kita akan membahas secara detail mengenai Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi di dunia ini yang akan kita bagi ke dalam 3 bagian, yaitu Masa pra-sejarah, Masa sejarah, dan Masa modern.

A. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)

Pada masa pra-sejarah informasi yang didapatkan ataupun informasi yang akan diberikan digambar pada dinding gua, bebatuan, tebing ataupun tanah yang memiliki kontur keras. Kemampuan mengidentifikasi benda ataupun hal-hal yang ada disekitar lingkungan pada masa pra-sejarah , tersebutlah yang akan mengkomunikasikan sebuah informasi.

Selanjutnya manusia pra-sejarah diketahui mulai membuat dan menggunakan alat yang menghasilkan bunyi untuk berkomunikasi. Selain berkomunikasi, alat-alat seperti gendang, terompet dari tanduk binatang, asap dan lain sebagainya juga digunakan sebagai penanda ketika bahaya datang.

Baca juga :

B.  Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada Masa ini terbagi dalam 8 bagian, antara lain:

1. Pada masa 3000 SM

Dimana pada saat itu dimulainya masa sejarah dan para manusia sedikit banyaknya sudah dapat mengeluarkan suara dan berbicara, informasi digunakan sebagai bagian dari ritual ataupun upacara tertentu. Manusia mulai mengenal simbol atau tulisan untuk berkomunikasi dan memberikan informasi. Menurut catatan, bangsa Sumeria merupakan penemu pertama dari simbol dan tulisan tersebut. Mereka membentuk simbol dan tulisan itu dari pictograf sebagai huruf dengan penambahan simbol seperti titik atau bentuk lainnya, sehingga berbeda bentuk maka berbeda pula maknanya.

Sponsors Link

2. Tahun 2900 SM

Bangsa Mesir Kuno telah menemukan dan menggunakan huruf yang disebut Hierogliph untuk setiap ungkapan yang banyak terdapat pada batuan, bangunan hingga pada kulit-kulit kayu dan hewan. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliph dari Mesir ini bahkan lebih maju dibandingkan tulisan yang dibuat oleh bangsa Sumeria 100 tahun sebelumnya.

3. Pada tahun 500 SM

Jauh setelah bangsa Mesir menemukan hierogliph sebagai media penyebaran informasi,digunakan pula tanah liat untuk menulis. Cara penggunaannya adalah dengan menggesekkan atau menggoreskan lempengan tanah liat pada sebuah media atau alat yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil. Penggunaan serat pohon papyrus sebagai alat atau media untuk menuliskan informasi ini, karena serat pohon papyrus dianggap lebih kuat dan lentur serta tidak mudah rusak. Kini, serat pohon papyrus ini kita kenal dengan istilah kertas.

4. Pada tahun 1455

Memasuki era manusia yang bisa dibilang hampir modern dilakukanlah upaya untuk menciptakan mesin cetak yang terbuat dari plat besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan huruf. Johann Gutenberg adalah orang yang pertama kali mengembangkan mesin cetak dengan plat besi ini, lalu Johann Gutenberg mengganti plat besi tersebut dengan bingkai yang terbuat dari kayu.

5. Pada tahun 1830

Augusta Lady Byron berkerjasama dengan Charles Babbage membuat sebuah program tulisan pada komputer dengan menggunakan mesin analytical yang didesign untuk menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran data. Mesin ini akhirnya dikenal sebagai komputer digital pertama meskipun penggunaannya masih menggunakan sistem mekanis dan menjadi awal mula terciptanya sebuah komputer digital pertama 94 tahun kemudian yang diberi nama ENIAC I.

6. Pada Tahun 1837

Samuel Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone mengembangkan telegraph yang menggunakan kode morse. Pengiriman informasi ini menggunakan kabel sebagai penghubung antar tempat yang berjauhan dengan waktu pengiriman dan penerimaan yang hampir sama. Akhirnya, apa yang ditemukan oleh Samuel Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone tersebut memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan tanpa dibatasi jarak dan waktu.

ads

7. Pada tahun 1861

Ditemukanlah sebuah metode untuk menampilkan informasi yang berbentuk gambar. Agar gambar tersebut dapat bergerak, sebuah sistem program bekerja dengan cara memperoyeksikannya ke dalam sebuah layar. Penemuan ini merupakan awal mula ditemukannya teknologi film yang terus berkembang setiap tahunnya dan bahkan kemajuan dari teknologi film sekarang ini seolah membuat semua adegan film terlihat nyata.

8. Pada tahun 1876

Melvyl Dewey mengembangkan penulisan Desimal, dan setahun berikutnya atau pada tahun 1877  Alexander Graham Bell mengembangkan telepon untuk digunakan secara umum. Edweard Maybridge pada tahun yang sama juga menemukan fotografi berkecepatan tinggi, hingga akhirnya pada tahun 1899 pertama kalinya digunakan sebuah sistem penyimpanan data yang berbentuk pita magnetis.

Baca juga :

C. Masa Tahun 1900-an

Selain itu, pada masa 1900-an, teknologi informasi makin berkembang pesat, berikut ini perkembangan teknologi informasi pada tahun 1900an. Antara lain:

  1. Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan Televisi untuk pertama kalinya dengan bentuk tabung dan berukuran cukup besar, dengan pewarnaan yang masih hitam putih.
  2. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sebuah pengkodean menggunakan sistem hypertext.
  3. Tahun 1946  berhasil dikembangkan sebuah komputer digital pertama didunia yang diberi nama ENIAC I.
  4. Tahun 1948  sekelompok peneliti disebuah perusahaan bernama Bell Telephone berhasil mengembangkan Transistor.
  5. Tahun 1957 Jean Hoerni berhasil mengembangkan kembali Transistor yang sudah ada dan diberi nama Transistor planar. Teknologi inilah yang menjadi titik awal pengembangan jutaan Transistor agar dapat dimasukan ke dalam kepingan kecil kristal silikon. Pada masa ini pula, USSR (Nama Rusia pada masa itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit buatan pertama dengan tugas sebagai mata-mata. Untuk membalas tindakan dari USSR tersebut, Amerika juga akhirnya membentuk ARPA  (Advance Research Projects Agency) yang dikomandoi oleh Departemen Pertahanan Amerika. Tujuan mereka saat itu adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer. Sehingga tahun 1962  Rand Paul Barand salah satu ilmuwan perusahaan RAND ditunjuk untuk mengenmbangkan sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan bom dan peluru kendali berbahan nuklir.
  6. Tahun 1969 University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah berhasil mengembangkan sistem jaringan internet yang pertama dengan menghubungkan 4 titik dengan kekuatan 50Kbps.
  7. Tahun 1972  Ray Tomlinson berhasil menciptakan sebuah program pengiriman surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima dalam waktu yang hampir bersamaan yang kita kenal dengan nama e-mail.
  8. Tahun 1973 internet mulai diperkenalkan kedalam sebuah tulisan TCP/IP (Transmission Control Protocol) yang kemudian dikembangkan oleh sebuah grup dari DARPA yang dikenal dengan nama TCP/IP.
  9. Tahun 1981 National Science Foundation mengembangkan backbone dengan kapasitas 56 Kbps yang disebut CSNET.  CSNET dipakai untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
  10. Tahun 1986 IETF  berhasil mengembangkan sebuah server sebagai alat koordinasi dan penyambung komunikasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
  11. Tahun 1991 sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali dimulai ketia sebuah perusahaan bernama CERN menanggulangi biaya operasionalnya  dengan cara memungut bayaran dari anggotanya.
  12. Tahun 1992 dibentuklah komunitas internet pertama kali oleh CERN dan pada saat itu juga diperkenalkanlah istilah WWW (World Wide Web).
  13. Tahun 1993 NSF membentuk InterNIC yang menyediakan jasa internet untuk keperluan direktori, penyimpanan data menggunakan database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc), dan jasa informasi (General Atomics/CERFnet).
  14. Tahun  1994 internet berkembang dengan sangat cepat dan masuk kedalam setiap lapisan kehidupan manusia dan tidak terpisahkan lagi.
  15. Tahun 1995 banyak perusahaan yang menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone, yang pada akhirnya digunakan sebagai bagian untuk mengembangkan teknologi internet, dan pengembangan penelitian lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan sistem dan alat yang lebih canggih lagi.

Baca juga :

Kini teknologi informasi seolah tidak bisa dibendung lagi dan akan terus melaju dengan pesat, untuk itu kita harus tetap berani mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan teknologi informasi. Karena perkembangan teknologi pada dasarnya memiliki tujuan untuk mempermudah setiap kegiatan dan aktifitas manusia. Setelah mengetahui sejarah teknologi informasi diatas, ada baiknya kita selalu menggunakan informasi dengan bijaksana dan tidak menggunakan teknologi informasi untuk hal-hal yang negatif. Etika Komunikasi yang baik haruslah selalu diikuti agar seluruh Elemen – Elemen Komunikasi dapat keluar dengan baik pula serta Fungsi-fungsi Komunikasi dapat berfungsi dan memberikan sebuah informasi yang akurat, valid dan terpercaya. Demikianlah sejarah teknologi informasi yang dapat kami jelaskan dan kami rangkum untuk Anda, semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan anda dibidang teknologi informasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital