Sponsors Link

17 Tujuan Komunikasi Daring Secara Umum

Sponsors Link

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, semakin canggih pula proses komunikasi yang digunakan manusia. Hal ini dapat dibuktikan adanya proses komunikasi yang mulai semakin canggih dan lebih efektif. Di manapun dan kapanpun kita berada, kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang hingga di ujung dunia sekalipun. Komunikasi daring atau dalam jaringan adalah salah satu bukti bahwa proses komunikasi semakin maju dan berkembang. Internet adalah salah satu jenis komunikasi daring yang kita ketahui.

ads

Namun, kita perlu mengetahui apa saja tujuan komunikasi daring sebagai khasanah ilmu komunikasi. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan tujuan tersebut sebaik mungkin, agar kita tidak menyalahgunakannya. Tujuan-tujuan tersebut dapat kita ketahui dan kita manfaatkan agar kita tidak terkena pelanggaran aturan IT.  (Baca juga: Sejarah Teknologi Informasi)

Berikut ini kita berikan 17 tujuan komunikasi daring sebagai tambahan khasanah ilmu komunikasi agar kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. (Baca juga: Dampak Negatif dari Internet)

  1. Sharing Resources

Dengan adanya komunikasi daring, maka kita bisa menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi-informasi penting melalui jaringan internat. Dengan begitu, akan semakin luas jangkauan komunikasi kita, dengan kata lain informasi yang kita sampaikan akan diterima oleh banyak orang yang mengakses informasi kita. Inilah tujuan komunikasi daring yang pertama, yaitu menyebarkan informasi ke mana saja.

Dengan adanya penyebaran informasi ke segala penjuru, maka kita harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi tersebut kepada publik. Hal ini dikarenakan agar informasi yang kita sebarkan tidak dianggap sebagai hoax.

  1. Media Komunikasi

Tujuan komunikasi daring yang kedua adalah sebagai media komunikasi canggih dan mutakhir. Komunikasi daring merupakan bentuk inovasi komunikasi dalam peradaban kita. Dengan adanya komunikasi daring, maka proses komunikasi yang kita lakukan akan berjalan lebih efisien dan efektif. Media komunikasi ini bisa berupa internet, smartphone, hingga televisi internasional.

Maka dari itu, tidak heran jika mulai mmuncul Undang-Undang ITE sebagai acuan dan batasan-batasan dalam berkomunikasi melalui jaringan. Dengan begitu, kita tidak bisa sembarangan berkomunikasi dengan banyak orang tanpa adanya norma yang berlaku. (Baca juga: Tata Krama Komunikasi Sinkron)

  1. Integrasi Data

Tujuan komunikasi daring selanjutnya adalah sebagai integrasi data, di mana data-data informasi pada komputer pusat dapat diintegrasikan ke komputer lain, dengan catatan bahwa komputer lain harus memiliki jaringan internet untuk mengakses data-data tersebut. Dengan begitu, kita sebagai pemilik komputer atau laptop tidak ketergantungan pada komputer pusat alias komputer pusat.

Dengan adanya tujuan komunikasi daring tersebut, maka tak heran jika mulai muncul berbagai website baru akhir-akhir ini. Apalagi sekarang bisa mencari uang melalui website yaitu iklan adsense.

  1. Keamanan Data

Pernahkah kamu ketika membuat email dari google dimintai banyak verifikasi seperti nomor telepon, addres IP pada laptop atau handphone. Hal ini demi keamanan email kamu. Di sinilah tujuan komunikasi daring sebagai pengaman data atau informasi. Apalagi dengan adanya cek seo plagiarism yang dapat membantu kita agar artikel atau data informasi yang kita miliki tidak bisa diambil oleh orang lain. Di sinilah keamanan data berfungsi dalam komunikasi daring. (Baca juga: Teori Jean Baudrillard)

Dengan begitu, jangan kesal ya, kalau kamu nanti akan diminta pasworrd dan segala macam bentuk verifikasi ketika mengakses email atau membuat email. Hal ini demi keamanan cyber yang sedang berlangsung pada proses komunikasi dalam jaringan.

  1. Web Browsing

Tujuan komunikasi daring selanjutnya adalah sebagai media atau web browsing yang mana berisi jutaan bahkan triliunan informasi yang kita ingin ketahui. Web browser ini bisa berupa google chrome, mozilla, internet explorer, opera, dan lain sebagainya. Di sinilah tujuan komunikasi daring diperlukan sebagai penyedia alias gudangnya informasi yang ada di dunia ini.

Anda bisa mengakses informasi apa saja melalui search engine seperti google, yahoo, dan lain sebagainya. Makanya sampai ada yang bicara kalau google sebagai internet yang maha tahu. Hehe… apa-apa tanya google.

  1. Menghemat Tenaga

Pernah kebayang nggak sih, komunikasi di jaman dahulu. Orang perlu jalan jauh ke sana kemari hanya untuk menyampaikan pesan. Sampai muncul surat sebagai komunikasi mereka. Namun kini, kita tinggal duduk di rumah saja, kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang di mana pun ia berada. Tanpa kita harus mengeluarkan tenaga untuk mendatangi mereka dan berkomunikasi dengan mereka.

Baca juga :

Kini, kita tak perlu mengeluarkan tenaga untuk berkomunikasi. Maka dari itu, kita harus bersyukur dengan adanya komunikasi daring sebagai bentuk inovasi komunikasi yang mana dapat menghemat tenaga kita.

Sponsors Link

  1. Menghemat Biaya

Kalau kita bisa menghemat tenaga, tentunya kita juga bisa menghemat biaya juga. Karena apa? Kita tak perlu mengeluarkan oingkos jalan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain kan. Cukup kita beli pulsa internet alias kuota, maka kita sudah bisa berkomunkasi dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Apalagi sekarang biaya kuota semakin murah.

Perlu diketahui kalau kuota di Indonesia ternyata tergolong sangat murah loh. Soalnya kalau dicek di negara lain, misalnya Singapura. Kita perlu mengeluarkan uang 10 dollar Singapura alias 100 ribu rupiah untuk mendapatkan kuota 500 Mb atau setengah giga. Kalau di Indonesia, 100 ribu rupiah sudah dapat 8 Gb. Beda jauh bukan?

  1. Menghemat Waktu

Tak hanya tenaga dan biaya. Tujuan adanya komunikasi daring ini juga untuk menghemat waktu kita. Karena komunikasi daring ini bisa dilakukan dengan seefisien dan seefektif mungkin. Jadi, kita tidak akan bbw alias buang-buang waktu. Coba saja, dalam waktu kurang dari 5 menit, kita sudah bisa ngobrol dengan orang lain yang ebrada di negara lain. Di sinilah tujuan komunikasi daring dalam menghemat waktu. (Baca juga: Teori Komunikasi Intrapersonal)

Maka dari itu, kita harus bisa memanfaatkan tujuan komunikasi daring ini sebaik mungkin. Jangan samapi kita menyalahgunakan tujuan komunikasi daring untuk yang tidak-tidak, seperti judi online, atau yang lain sebagainya.

  1. Hiburan

Dalam proses komunikasi, kita juga bisa menghibur orang lain dengan adanya beberapa informasi yang dapat menghibur. Contohnya adalah tulisan-tulisan anecdote, atau video-video lucu. Dengan begitu, kita akan semakin banyak pahalanya karena bisa menghibur orang lain. Dengan adanya komunikasi daring ini, kita bisa lebih mudah menghibur orang lain melalui tulisan-tulisan kita ke orang lain.

ads
  1. Sosialita

Dengan adanya komunikasi daring ini, kita bisa lebih mudah dalam hidup bersosial atau bermasyarakat. Hal in dapat kita rasakan dengan adanya berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita bisa bersosialita semakin mudah. Tapi ingat, jangan sampai kita lupa dengan orang terdekat kita. Jangan sampai komunikasi daring ini mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. (Baca juga: Macam-Macam Media Komunikasi)

  1. Penenang

Ketika kita pulang kerja, badan terasa lelah, pikiran penat, hingga membuat kita stress. Maka kita perlu suatu hiburan yang menarik untuk menenangkan pikiran dan meregangkan otot-otot kita. Di sinilah komunikasi daring mulai bekerja sebagai penenang kita. Kita bisa membuka beberapa akses internet untuk membaca-baca beberapa artikel yang menarik sebagai penenang otak kita.

  1. Ekspresi Diri

Adanya komunikasi daring ini, kita bisa mengekspresikan diri kita yang diwakili dengan berbagai tulisan di internet. Dengan begitu, kita bisa menjadi orang yang terbuka dan tidak selalu murung karena persoalan yang kita hadapi sendiri. Tujuan komunikasi daring ini bisa kita lihat contohnya pada status-status facebook yang ditulis oleh pengguna facebook. Seolah mereka bisa curhat dan mendapatkan tanggapan atau solusi dari orang lain. (Baca juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli)

  1. Kritis

Pernah terasa atau tidak, bahwa adanya internet sosial kita mulai bisa lebih kritis lagi. Hal ini disebabkan adanya berita-berita yang tersebar dan mudah diakses oleh siapapun. Sehingga kita bisa lebih kritis lagi dalam menghadapi kehidupan sosial di sekitar kita. Di sinilah tujuan komunikasi daring berfungsi.

  1. Otoritas Norma

Dalam kebijakan pemerintahan, dapat memanfaatkan tujuan komunikasi daring ini sebagai penyampai pesan norma dan aturan yang berlaku di negara. Sehingga, pemerintah tidak perlu susah lagi untuk menyampaikan aturan-aturan baru yang berlaku di pemerintahannya. Di sinilah tujuan komunikasi daring sebagai otoritas norma. (Baca juga: Cara Berkomunikasi dengan Baik)

  1. Peran Sosial

Komunikasi daring memiliki tujuan dan peranan sosial yang penting. Coba bayangkan kalau tidak ada internet, bisa jadi kita mati gaya alias ketinggalan jaman karena tidak adanya informasi yang kita terima. Apalagi sekarang sebagian besar informasi penting disebarkan melalui internet.

  1. Adaptasi Sosial

Dengan adanya komunikasi daring ini, maka semua orang mulai bisa lebih mudah beradaptasi dengan sesama. Karena sifat keterbukaan yang mulai muncul dalam diri manusia karena adanya internet yang poisitif. (Baca juga: Model Komunikasi Scharmm)

  1. Kemajuan Sosial

Di sinilah bentuk kemajuan sosial yang bisa kita rasakan. Yaitu dengan adanya inovasi dan ide yang menarik soal komunikasi daring sehingga banyak orang yang bisa merasakan kemajuan sosial yang terjadi pada lingkungan kita.

Itulah 17 tujuan komunikasi daring yang perlu kita ketahui sebagai pengetahuan ilmu komunikasi agar kita bisa memanfaatkan sebaik mungkin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital