Sponsors Link

15 Jenis-Jenis Komunikasi Dalam Jaringan

Sponsors Link

Komunikasi jaringan sekarang ini sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua, dari si miskin hingga si kaya. Komunikasi jaringan kian digemari karena begitu cepat menyampaikan sebuah pesan ataupun berita yang ingin dibicarakan atau dikomunikasikan. Komunikasi jaringan biasa juga dikenal dengan istilah komunikasi daring, dimana ketika anda ingin berkomunikasi terhadap seseorang maka anda harus menggunakan beberapa alat bantuan untuk membuat proses komunikasi efektif. Pada dasarnya fungsi komunikasi daring adalah untuk mempermudah seseorang berkomunikasi dengan orang lain, dimana saja dan kapan saja. Sebenarnya hanya terdapat 2 jenis komunikasi jaringan, antara lain komunikasi jaringan Sinkron serta komunikasi jaringan Asinkron.

ads
  • Komunikasi sinkron merupakan sebuah komunikasi menggunakan komputer, smartphone ataupun handphone sebagai media media pendukung. Cara kerjanya adalah kedua orang atau lebih yang ingin berkomunikasi secara bersama-sama Online atau aktif diwaktu yang bersamaan. Biasa juga disebut dengan sinkronisasi percakapan.
  • Komunikasi asinkron merupakan kebalikan dari komunikasi sinkon. Komunikasi ini juga menggunakan perangkat komputer, smartphone ataupun handphone sebagai media media pendukung namun pesan atau percakapan dilakukan secara tunda.

Dari kedua induk jenis komunikasi dalam jaringan diatas, masih terbagi lagi kedalam beberapa jenis komunikasi jaringan yang sebenarnya juga masih termasuk kedalam komunikasi jenis sinkron dan asinkron. Namun, untuk membuat komunikasi ini lancar dan berjalan dengan baik maka kamu harus mengetahui cara berkomunikasi dengan baik yang efektif serta mengikuti dan mematuhi tata krama komunikasi sinkron ditambah lagi dengan tahap-tahap komunikasi yang harus kamu ikuti.

Komunikasi jaringan adalah cara berkomunikasi yang penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan  melalui jaringan Internet dan jaringan satelit. Kelebihan komunikasi jaringan diataranya efesiensi waktu, efesiensi biaya, bisa dilakukan dimana saja, bisa dikerjakan kapan saja, memperdalam ilmu TIK, meningkatkan intensitas berkomunikasi, serta meningkatkan partisipasi. Namun komunikasi jaringan juga memiliki kelemahan seperti tidak mewakili emosi pengguna, memerlukan perangkat khusus, tersambung dengan internet, menyita konsentrasi, serta terlalu banyak informasi tidak penting. Beberapa jenis komunikasi dalam jaringan yang mungkin biasa anda pakai sehari-hari diantaranya :

1. Komunikasi Sinkron chat

Komunikasi sinkron chat merupakan turunan dari komunikasi yang dilakukan secara tulisan. Komunikasi ini menggunakan sebuah platform yang menyediakan aplikasi komunikasi berbentuk percakapan singkat seperti Short Massage Service (SMS), Facebook Chat, Line Chat, WA Chat, dan lain sebagainya. Komunikasi chat ini memiliki beberapa kelemahan seperti tidak bisa mendengar suara, tidak menampilkan ekspresi serta tidak dapat melihat lawan bicara secara langsung.

2. Komunikasi Sinkron Video Call

Komunikasi sinkron video call merupakan komunikasi tatap muka jarak jauh yang diciptakan untuk mempermudah orang – orang yang ingin berkomunikasi secara sinkron dan bertatap muka meskipun jarak antar keduanya saling berjauhan. Video call sangat digemari oleh masyarakat karena fungsinya yang sangat canggih dan dapat melepaskan rindu serta memberikan tampilan ekspresi wajah secara nyata ketika berkomunikasi.

Baca juga :

Sponsors Link

3. Komunikasi Sinkron Telephone

Komunikasi sinkron yang satu ini merupakan jenis komunikasi yang hanya memberikan suara, tidak bisa mengirimkan pesan serta video maupun gambar. Komunikasi ini biasanya kita temui ketika seseorang sedang berkomunikasi menggunakan radio, handy talky ataupun telephone. Meskipun begitu, sekarang ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan 3 jenis komunikasi sekaligus, yakni Chat, video, dan telephone.

4. Komunikasi Asinkron chat

Seperti namanya, komunikasi asinkron merupakan komunikasi yang menggunakan komputer, handphone ataupun smartphone yang komunikasinya dilakukan secara tunda alias tidak langsung. Asinkron menggunakan e-mail chat, forum chat ataupun platform aplikasi lain sebagai pendukung dari komunikasi ini.

5. Komunikasi Asinkron Video

Komunikasi asinkron video merupakan kebalikan dari video call yang merupakan jenis komunikasi sinkron. Komunikasi video Asinkron ini menggunakan rekaman video untuk berkomunikasi kepada seorang, dengan tujuan agar orang yang menerima video tersebut dapat mengerti dan memahami apa yang ingin disampaikan oleh si pengirim video. Biasanya, komunikasi ini sering dilakukan untuk memberikan informasi seperti video testimoni, video ucapan terimakasih jarak jauh, dan lainnya.

6. Komunikasi Formal

Komunikasi formal merupakan sebuah komunikasi yang digunakan pada saat acara – acara resmi baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta yang sifatnya instruktif dengan tujuan menyampaikan pesan yang terkait dengan kepentingan dinas maupun perusahaan. Komunikasi formal bisa dilakukan menggunakan sebuah surat yang berisi perintah, panggilan telephone ataupun video conference, komunikasi yang disampaikan didalam rapat.

7. Komunikasi Informal

Komunikasi ini masih berhubungan dengan komunikasi formal, akan tetapi komunikasi informal tidak direncanakan atau tidak ditentukan. Fungsinya untuk memelihara hubungan sosial antara anggota, penyebaran informasi yang bersifat pribadi.

Baca juga :

ads

8. Komunikasi Non Formal

Komunikasi ini berada ditengah-tengah komunikasi formal dan informal, karena jika komunikasi formal berada didalam kantor dan terbuka untuk seluruh orang atau anggota kantor, sedangkan komunikasi Informal adalah komunikasi didalam kantor dan tidak terbuka kepada seluruh anggota kantor, maka komunikasi non formal ini hanyalah proses komunikasi yang biasanya berupa komunikasi yang berhubungan dengan hubungan pribadi alias orang per orangnya saja.

9. Komunikasi Penterjemah

Komunikasi jaringan sekarang ini juga sering digunakan sebagai alat untuk penterjemah. Komunikasi ini bisa kita lihat pada video berita di TV, subtitles, dan percakapan yang menggunakan pihak ketiga sebagai penterjemah. Komunikasi sebagai penterjemah dibuat untuk mendukung dan memberikan akses komunikasi kepada orang-orang yang menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau isyarat ataupun gambar sebagai komunikasi mereka.

Baca juga :

10. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi yang satu ini biasanya digunakan untuk keperluan kerja seperti pengiriman surat ataupun naskah untuk menyampaikan suatu berita yang singkat, jelas dansifatnya komplek dengan memakai alat tambahan berupa email ataupun pengirim data lainnya.

11. Komunikasi Internal

Komunikasi Internal merupakan sebuah komunikasi yang berlangsung didalam Internal perusahaan, organisasi maupun kelompok. Komunikasi Internal ini biasanya menggunakan jaringan yang memberikan dan menyediakan aplikasi penampil video dan suara seperti skype dan video conference lainnya. Komunikasi ini terbagi kedalam tiga kelompok besar yakni komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal.

Baca juga :

12. Komunikasi Eksternal

Komunikasi Eksternal merupakan sebuah komunikasi antara sebuah perusahaan, organisasi maupun kelompok diluar dari perusahaan, organisasi ataupun kelompok tersebut. Biasanya komunikasi ini menggunakan jaringan satelit seperti TV, radio dan jaringan pemberitaan lainnya. Komunikasi eksternal ini memiliki contoh seperti Eksposisi, pameran, promosi, publikasi, komferensi pers, Siaran televisi, radio dan lain sebagainya.

13. Komunikasi Rahasia

Komunikasi ini sama seperti namanya yang bersifat rahasia, oleh karena itu biasanya komunikasi ini tidak memiliki publikasi. Komunikasi ini menggunakan sebuah jaringan yang di enskripsi sedemikian rupa sehingga aman dari pantauan orang lain. Komunikasi ini biasa digunakan oleh kepala negara, terorist dan kelompok lain yang menganggap apa yang mereka komunikasikan sangat penting dan tidak boleh dibocorkan kepada pihak lain.

14. Komunikasi Penyadapan

Kita sering mendengar seseorang disadap dan mengaku telah disadap. Komunikasi jaringan yang memiliki fungsi sebagai penyadapan sering digunakan untuk mendengarkan percakapan orang lain yang dianggap berbahaya sehingga perlu untuk diketahui secara sembunyi-sembunyi. Penyadapan biasanya dilakukan oleh pihak – pihak berwenang seperti kepolisian, jaksa maupun KPK.

15. Komunikasi berkelompok

Komunikasi yang satu ini biasanya menggunakan sebuah aplikasi jaringan yang dapat mencakup puluhan hingga ratusan orang dalam sekali berkomunikasi. Komunikasi jaringan ini sering juga disebut sebagai komunikasi grup yang terdapat dibanyak aplikasi seperti WA, Line, Facebook, dan lain sebagainya.

Dari seluruh jenis-jenis komunikasi diatas, semuanya akan sangat baik dan berguna jika tujuan komunikasi tersebut memang baik. Namun komunikasi jaringan juga akan sangat menjadi berbahaya jika digunakan secara tidak baik dan ingin mencelakakan atau memfitnah seseorang. Oleh karena itu kita perlu sekali untuk mengikuti aturan berkomunikasi yang baik dan benar. Pada dasarnya komunikasi jaringan juga memiliki dampak negatif dari InternetFungsi media komunikasi adalah untuk membantu kita berkomunikasi dengan baik antara sesama, oleh karena itu bahasa tubuh dalam komunikasi juga sangat diperlukan untuk mencapai tujuan komunikasi dalam jaringan yang baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,