Sponsors Link

13 Tujuan Media Relations dalam Komunikasi PR

Sponsors Link

Dalam Public Relations (PR), para praktisinya dalam melakukan kegiatan pasti ada yang berhubungan dengan media massa, karena hal itu sendiri termasuk yang mendukung strategi dari para praktisi PR. Hubungan dengan media massa yang dilakukan oleh praktisi PR dikenal dengan sebutan Media Relations. Karena media relations mendukung strategi praktisi PR, oleh karena itu kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan praktisi PR.

ads

Seorang PR, dalam pekerjaannya pasti memiliki tujuan – tujuan yang harus ia capai. Salah satu cara agar tujuannya dapat tercapai, maka seorang PR harus bisa menjangkau stakeholdernya, dalam hal ini masyarakat, dimana mereka berada di lokasi yang berbeda – beda dan beragam macamnya. Untuk itu, seorang PR membutuhkan media yang dapat membantunya menjangkau stakeholder, dan media tersebut adalah media massa. Tentu saja media massa akan membantu jika hal tersebut dapat memberi keuntungan untuknya, dan diminta dengan cara yang baik. Oleh karena itu dibutuhkan hubungan yang baik antara praktisi PR dengan instansi media agar media menyampaikan kepada masyarakat mengenai organisasi atau lembaga praktisi PR bekerja dengan positif.

Dari situ, kita mengetahui bahwa adanya media relations sangat penting, khususnya bagi praktis public relations. Lalu apa tujuan dari dilakukannya kegiatan media relations ini? Nah, kamu datang ke artikel yang tepat! Karena dalam artikel ini akan dibahas beberapa tujuan adanya media relations sehingga kamu dapt mengetahui pentingnya adanya meedia relations dan mungkin saja berminat untuk melakukannya. Langsung saja, mari kita bahas!

Baca juga:

1. Mendapatkan penyiaran mengenai organisasi

Tujuan utama dari kegiatan media relations ini adalah mendapat penyiaran mengenai organisasi atau lembaganya secara luas. Karena media massa mampu menyiarkan beritanya ke seluruh bagian masyarakat, oleh karena itu para PR akan memperoleh pengakuan dari masyarakat akan eksistensinya.

2. Mendapatkan pemberitaan yang baik

Tidak hanya mendapatkan tempat, tapi juga mendapat pemberitaan yang baik atau positif. Dengan adanya media relations maka media akan memberikan laporan, liputan atau ulasan yang bisa menguntungkan pihak yang melakukan media relations. Tanpa ini bisa saja media memberikan tempat dalam pemberitaan mereka namun beritanya negative dan akhirnya malah menjatuhkan organisasi atau lembaga tersebut.

3. Wadah umpan balik masyarakat terhadap media

Dengan adanya media relations juga media massa dapat menjadi wadah penyalur umpan balik yang diberikan oleh masyarakat kepada organisasi atau lembaga.

Baca juga:

4. Evaluasi organisasi

Selain itu, pimpinan dari lembaga atau organisasi jadi bisa mengevaluasi hal yang mempengaruhi keberhasilan dari penjualan atau kegiatan dari lembaga atau organisasi. Dengan cara melihat umpan balik yang diberikan masyarakat melalui media atau menganalisa dari hasil liputan media.

5. Membangun hubungan yang baik

Hubungan yang stabil dan berkelanjutan dapat terjalin baik antara organisasi atau lembaga dengan media maupun dengan masyarakat yang menjadi stakeholdernya. Dikarenakan adanya rasa percaya, akibat dari laporan atau liputan terbuka yang diberikan media kepada masyarakat dan juga baiknya cara organisasi dan lembaga dalam meminta bantuan media.

Sponsors Link

6. Meningkatkan kredibilitas organisasi

Media relations dapat meningkatkan kredibilitas lembaga atau organisasi. Dengan dimuatnya informasi mengenai organisasi atau lembaga dalam media, maka akan membuat masyarakat lebih mempercayai lembaga atau organisasi, karena tidak sembarang lembaga atau organisasi bisa dimuat dalam media.

7. Mempermudah menambah pelanggan baru bagi organisasi

Media relations dapat membantu menambah pelanggan baru dengan lebih mudah. Dari media, masyarakat akhirnya mengetahui informasi mengenai lembaga atau organisasi yang Kemudian bisa membuat masyarakat akhirnya tertarik akan lembaga atau organisasi akan produknya atau akan lembaga atau organisasi itu sendiri. Lebih mudah disini dalam artian modal yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan menggunakan iklan dan sebagainya.

Baca juga:

8. Mengontrol informasi yang disampaikan oleh media

Dengan adanya hubungan yang baik antara lembaga atau organisasi denganmedia, maka lembaga atau organisasi lebih bisa mengendalikan informasi yang akan disampaikan media dibandingkan jika tidak terjalin hubungan antara lembaga atau organisasi dengan media, maka informasi yang disampaikan bisa tidak objektif, tergantung kepentingan media.

9. Meningkatkan profil diri

Selain organisasi atau lembaga yang terangkat namanya dalam informasi yang disampaikan media, ada kalanya profil seseorang juga diangkat dalam informasi tersebut, tentu saja orang yang ada didalam organisasi atau lembaga tersebut, entah pemimpinnya, ahli di bidang tertentu dan sebagainya. Biasanya media juga memaparkan pendapat atau mungkin penemuan dari orang dalam lembaga atau organisasi yang informasinya disampaikan. Dengan begitu masyarakat akhirnya mengetahui eksistensi ahli tersebut, atau mungkin kemampuannya. Jika ahli tersebut memang sudah dikenal, maka bisa membuat masyarakat lebih mempercayai organisasi atau lembaga tersebut karena menggandeng ahli yang memang hebat di bidangnya.

10. Meningkatkan investor

Media relations yang baik dapat membantu menambah investor atau instansi yang mau bekerja sama dengan lembaga atau organisasi yang dipasarkan. Dengan adanya informasi yang objektif dan positif dari media, maka instansi atau personal lain yang melihat adanya potensi keuntungan jika bekerja dengan lembaga atau organisasi yang dipasarkan, akan mau bekerja sama atau melakukan investasi yang akhirnya menambah pendanaan untuk lembaga atau organisasi tersebut.

Sponsors Link

11. Kemudahan dalam akses media massa

Kemudahan dalam menarik media ketika dibutuhkan. Dengan adanya hubungan baik dengan media, maka ke depannya ketika lembaga atau organisasi membutuhkan liputan dari media, akan lebih mudah bagi lembaga atau organisasi untuk memanggil media. Media setidaknya mau memprioritaskan lembaga atau organisasi tersebut dibanding lembaga atau organisasi selainnya yang belum memiliki hubungan dengan media. Bahkan bisa jadi malah media yang datang lebih dulu ke lembaga atau organisasi ketika mereka membutuhkan bahan untuk liputan mereka.

12. Menekan opini masyarakat

Adanya media relations dapat membantu menekan opini masyarakat atau kompetitor tertentu agar sesuai dengan kepentingan organisasi. Menekan opini masyarakat dan kompetitor dengan informasi berupa fakta – fakta dari media yang didapat langsung dari organisasi atau lembaganya

13. Mendapatkan slot pemberitaan

Selain memperoleh pengakuan dari masyarakat, dengan adanya media relations maka media mau memberikan slot atau tempat dalam pemberitaan mereka untuk diisi oleh orang yang melakukan media relations ini. Tanpa adanya media relations, belum tentu media memberikan tempat dalam pemberitaan mereka.

Itulah beberapa tujuan dari media relations yang dapat dibahas di artikel ini. Semoga artikel tentang media kali ini memberikan pengetahuan yang baru untukmu ya!

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations