Sponsors Link

15 Karakteristik Media Online Secara Umum

Sponsors Link

Media online atau biasa disebut juga sebagai digital media merupakan media informasi yang disajikan dengan menggunakan media dalam jaringan internet. Ya, walaupun sebenarnya media online masih sepenuhnya tidak menggunakan bahasa Indonesia.

ads

Jika dibahasa Indonesiakan menjadi ‘media dalam jaringan’ atau orang bahasa menyebutnya sebagai ‘Media Daring’. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah ‘daring’ merupakan singkatan dari frasa ‘dalam jaringan’ yang maksudnya adalah dalam jaringan internet.

Namun, istilah ‘media dalam jaringan’ masih belum populer di kalangan masyarakat. Dan masih kalah populer dengan istilah ‘media online’. Bahkan, dari kaum pers atau Dewan Pers sendiri memiliki istilah sendiri yaitu media siber atau dalam istilah inggrisnya adalah ‘cyber media’. Dan kebanyakan dari mereka lebih sering menggunakan istilah tersebut daripada menggunakan istilah ‘media daring’ atau ‘media online’. (Baca juga: Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi)

Nah, namun tidak semua informasi yang disajikan dalam jaringan internet tidak semua disebut sebagai informasi media online. Karena, media online sendiri memiliki beberapa karakteristik sendiri. Berikut ini terdapat 15 karakteristik media online yang bisa kamu ketahui.

Umumnya, karakteristik ini juga bisa dijadikan sebagai keunggulan atau kelebihdan dari media online jika dibandingkan dengan media konvensional atau media cetak. (Baca juga: Sejarah Media Massa)

1. Kapasitas Luas

Media online memiliki karakteristik sebagai media yang dapat memuat naskah lebih banyak dibandingkan dengan media cetak atau konvensional. Karena, media online terdapat laman atau halaman yang biasa disebut sebagai page, yang dapat menampung banyak tulisan. Namun, hal ini juga tergantung dari kapasitas laman web yang dimiliki dari media online tersebut. Jika media online tersebut menggunakan laman web yang berkualitas, maka ia bisa menampung banyak tulisan di lamannya sebagai informasi berita.

2. Informasi Lengkap

Dengan adanya karakteristik media online sebagai media yang memiliki kapasitas luas, maka media online bisa dipastikan dapat memberikan informasi yang lengkap. Dengan begitu, orang yang membaca media online akan lebih akurat membacanya karena berita tidak banyak yang terpotong. Berbeda dengan media cetak atau media konvensional yang jumlah karakter atau katanya dibatasi karena terbatasnya halaman. (Baca juga: Elemen-Elemen Komunikasi)

3. Tanggapan

Media online memiliki karakteristik yang juga merupakan keunggulan dari media online yaitu adanya tanggapan yang cepat dari pembaca. Dengan kita membuat informasi yang disajikan ke media online, maka kita bisa menerima tanggapan dari pembaca secara langsung dengan menggunakan kolom komentar. Nah, para komentar ini biasa disebut sebagai netizen. Berbeda lagi dengan para pembenci informasi atau si penghujat informasi atau berita. Mereka biasa disebut sebagai haters.

4. Editing Naskah

Jika terdapat kesalahan informasi atau salah ketik alias typo, si penulis dapat mengganti sewaktu-waktu atau kapan saja. Berbeda dengan media konvensional atau media cetak yang sudah tidak bisa diubah lagi ketika terdapat kesalah informasi. Hal tersebut bisa saja diedit atau diubah alias diklarifikasi, namun pada terbitan berikutnya.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Publikasi

Dengan adanya penyuntingan berita yang bisa dilakukan kapan saja, maka publikasinya pun juga bisa dilakukan kapan saja. Asalkan berita tetap masih hangat di suasana masyarakat. Dengan demikian, jadwal terbit pada suatu media online bisa dilakukan kapan saja bahkan setiap saat.

6. Berita Basi

Nah, umumnya berita di media online bisa dikatakan merupakan berita yang tak pernah basi alias bisa dibaca kapanpun. Ketika orang atau pembaca sedang ingin membaca berita tentang pergantian presiden di tahun 2010, maka kita bisa saja melihat berita tersebut di tahun 2017. Asalkan berita tidak dihapus oleh si pemilik media online. (Baca juga: Model Komunikasi Scharmm)

7. Cepat Terakses

Berita dalam media online akan cepat terbaca oleh para pembaca atau masyarakat selama ia mengakses berita tersebut. Apalagi si pembaca telah berlangganan alias newsletter website tersebut. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai keuntungan dari media online bahwa beritanya bisa langsung up to date. Ketika kita mengunggah naskah atau berita kita di media online, maka orang akan langsung dapat membaca berita yang kita unggah.

8. Jangkauan Luas

Berbeda dengan media konvensional yang jangkauannya lebih sempit dibandingkan dengan media online. Media online memiliki jangkauan yang sangat luas. Itu berarti para pembaca media online dapat dibaca oleh banyak orang. Tak hanya di satu negara saja, bahkan sampai seluruh dunia pun bisa membaca berita tersebut. Karena jaringan internet ini dapat menghubungkan yaaang jauh menjadi dekat. (Baca juga: Cara Berkomunikasi dengan Baik)

ads

9. Aktual

Dengan adanya berita yang bisa ditayangkan kapan saja dan bahkan setiap saat, maka dapat dikatakan bahwa berita pada media online merupakan berita yang teraktual alias berita yang tidak basi. Mungkin ini salah satu penyebabnya bahwa kebanyakan pembaca mulai beralih ke media online dibandingkan dengan media cetak.

10. Pembaruan Berita

Berhubung ini adalah berita di dalam media online, maka berita pun bisa saja mengalami pembaruan jika ada sesuatu atau hal-hal yang perlu diubah dan diklarifikasi. Hal ini membuat berita-berita yang disajikan di media online membuat beritanya bisa mengalami pembaruan. Berbeda halnya dengan berita hoax yang sengaja menyajikan beberapa berita-berita palsu untuk kepentingan rating webnya. Hal inilah yang tidak disukai oleh para netizen ataupun para pers, khususnya pers online. (Baca juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli)

11. Interaktif

Dengan adanya berita online pada media online, maka kita bisa langsung memberikan tanggapan secara langsung pada kolom komentar yang biasa dilakukan oleh para netizen. Sehingga, bisa dikatakan bahwa berita dalam media online ini merupakan komunikasi interaktif atau komunikasi dua arah yang bisa mendapatkan tanggapan secara langsung dari komunikan atau si penerima pesan. Tanggapan dan komentar tersebut bisa saja dilakukan di berbagai fasilitas kolom seperti kolom komentar, chat room, polling, dan sebagainya yang merupakan kolom untuk memberikan tanggapan ataupun penilaian terhadap berita yang disajikan.

12. Tersimpan

Media online merupakan media yang dapat menyajikan beberapa berita yang nantinya menjadi suatu data. Nah, data-data tersebut bisa saja disimpan dan sewaktu-waktu bisa di repost alias dipublikasikan ulang sesuai dengan kebutuhan redaksi. Namun, penyimpanan data atau berita dalam website ini juga tergantung dari kapasitas hosting yang dimiliki dari suatu media online. Standarnya, hosting yang dimiliki oleh para media online memiliki kapasitas hingga 50 Gb sebagai penyimpanan data. Yang mana penyimpanan data nantinya akan tersimpan di bank data alias arsip yang mungkin akan dapat ditemukan melalui link alias artikel terkair. Atau bisa juga dicari melalui fasilitas ‘cari’ atau ‘search’. (Baca juga: Macam-Macam Media Komunikasi)

13. Saling Terhubung

Berita-berita dalam media online dapat terhubung satu sama lain. Hal ini biasa disebut sebagai artikel terkait atau hyperlink. Umumnya, para penyaji berita online ini akan mengaitkan beberapa berita atau artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibahas pada laman tersebut. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas hyperlink. Yang mana kita bisa menautkan dengan artikel lainnya yang saling berkaitan. Karakteristik media online satu ini juga bisa disebut sebagai salah satu keunggulan dari media online jika dibandingkan dengan media cetak atau konvensional.

14. Konten Multimedia

Konten yang berada di dalam media online merupakan konten yang bersifat multimedia alias konten yang digital. Nah, kebanyakan artikel yang disampaikan dalam media online ini merupakan artikel yang ringan alias artikel feature. Ciri konten ini juga merupakan suatu hal yang membedakan antara media online dengan media konvensional atau media cetak. Namun, secara umum sebenarnya jenis konten dalam media online masih memiliki kesamaan dengan media cetak yaitu adanya konten yang berbentuk berita actual, opini, esai, hingga feature. Namun, dalam media online, bisa memberitakannya secara multimedia yaitu mengandalkan audio dan visual. Inilah keunggulan dari media online. (Baca juga: Teori Komunikasi Intrapersonal)

15. Link/Backlink

Salah satu keunggulan atau karakteristik dari media online adalah adanya link yang bisadikaitkan. Nah, keunggulannya ini adalah bahwa artikel yang kita buat bisa saja mendapatkan backlink dari artikel lain yang berbeda website lain. Hal ini bisa saja menaikan traffic rating website kita sebagai penyedia berita online atau media online. Link atau backlink ini bisa kita manfaatkan melalui beberapa event atau kegiatan yang isinya terdapat adanya backlink yang menautkan dengan artikel yang kamu buat pada media online yang kamu kelolah.

Itulah 15 karakteristik media online. Dengan adanya 15 karakteristik media online tersebut yang juga bisa dikatakan sebagai keunggulan dari media online, maka tak heran jika mulai banyak orang atau pembaca media cetak yang mulai beralih ke media online. Selain penggunaannya mudah dan praktis alias bisa dibaca di mana saja dan kapan saja, berita dalam media online ini bisa langsung kita berikan tanggapan berupa kritik maupun saran. (Baca juga: Etika Komunikasi Massa)

Dengan begitu, tak heran jika mulai banyak yang beralih ke media online yang lebih mudah dan praktis penggunaannya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,