Sponsors Link

15 Hambatan Komunikasi Antar Pribadi

Sponsors Link

Dalam berkomunikasi, umumnya ada pesan yang hendak disampaikan pembicara kepada pendengar. Namun sering kali pesan yang disampaikan kurang terpahami atau tidak sampai kepada penerima sehingga tujuan kita untuk menyampaikan pesan tersebut juga tidak tercapai. Di bawah ini akan dibahas apa saja hal – hal yang dapat mengganggu proses komunikasi sehingga pesan tidak terpahami dengan baik oleh penerima.

ads

1. Pengaruh status

Perbedaan status sering kali menjadi hambatan ketika berkomunikasi. Misal antara karyawan dengan bos, pembantu dengan majikannya, anak dengan orang tuanya, dan sebagainya. Orang dengan status yang lebih rendah umumnya tunduk dan patuh kepada orang dengan status yang lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan orang – orang dengan status yang lebih rendah takut atau kesulitan mengemukakan pendapatnya, karena khawatir ia akan mendapatkan respons negatif dari orang yang memiliki status lebih tinggi.

Baca juga:

2. Perbedaan cara pandang

Setiap orang terkadang memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat masalah. Adanya perbedaan cara pandang, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Semisal ketika orang dengan sudut pandang yang sempit mendiskusikan suatu masalah dengan orang yang memiliki sudut pandang yang lebih luas. Tentunya diskusi akan sulit berjalan karena mereka memahami masalah dengan cara yang berbeda.

3. Perbedaan kebudayaan

Adanya perbedaan budaya juga merupakan salah satu hal yang dapat menghambat komunikasi. Kita akan mendapat penolakan ketika kita menyampaikan pesan yang bertentangan dengan adat kebiasaannya walaupun sebenarnya dalam kebudayaan kita hal itu tidak melanggar adat yang kita miliki.

4. Gangguan lingkungan

Hambatan ini terjadi ketika kita berbincang di tempat yang kurang mendukung. Misal berbincang di pinggir jalan yang ramai sehingga suara lawan bicara kurang terdengar, atau ketika hujan deras dan diselingi oleh suara petir akhirnya kita tidak dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan lawan bicara karena suaranya terganggu oleh lingkungan.

Baca juga:

5. Gangguan pada media yang digunakan

Hal ini berlaku ketika kita menggunakan media untuk memperlancar komunikasi. Salah satunya adalah menggunakan telepon atau handphone untuk berkomunikasi dengan lawan bicara yang posisinya jauh dari kita. Ketika menggunakan telepon tak jarang sambungannya terputus – putus sehingga telepon terganggu atau mungkin berkirim pesan singkat menjadi tidak terkirim dan sebagainya yang akhirnya menghambat komunikasi

6. Tidak ada tanggapan dari lawan bicara

Komunikasi satu arah bisa terjadi ketika lawan bicara tidak memberi tanggapan atas pesan yang kita sampaikan. Misal ketika seseorang sedang memberikan pendapatnya di kelas untuk di koreksi oleh guru atau teman selainnya, namun tidak ada yang menanggapi pendapatnya, akhirnya tujuan dia menyampaikan pendapat untuk mendapat koreksi tidak tercapai.

Sponsors Link

7. Penggunaan bahasa yang berbeda

Peranan bahasa sangat penting dalam berkomunikasi karena bahasa merupakan salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu dalam berkomunikasi, kita harus menggunakan bahasa yang dipahami oleh lawan bicara. Semisal orang jawa ingin berbincang dengan orang sunda, namun keduanya menggunakan bahasa daerahnya masing – masing. Akhirnya pesan yang ingin disampaikan tidak akan terpahami karena tidak mengerti bahasa yang digunakan.

Baca juga:

8. Keterbatasan Fisik

Hal ini berkaitan dengan berkurangnya fungsi fisik yang digunakan untuk berkomunikasi. Semisal ketika dihadapkan untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak bisa bicara, namun kita sendiri tidak memiliki kemampuan bahasa isyarat, akhirnya pesan yang hendak disampaikan pun gagal diterima.

ads
Begitu juga ketika berkomunikasi dengan orang yang lanjut usia dimana fungsi pendengarannya sudah berkurang atau dengan orang cadel yang kesulitan dalam pengucapan beberapa huruf. Akhirnya ketika berkomunikasi pesan yang sampai kepada penerima tidak sesuai dengan yang telah disampaikan oleh pembicara karena kesulitan memahami.

9. Perbedaan generasi

Perbedaan generasi yang dimaksud disini adalah perbedaan usia yang terlampau jauh. Akibatnya istilah – istilah yang digunakan bisa jadi berbeda antara generasi yang kebih tua dengan yang lebih muda, sehingga ketika berkomunikasi pesan akan sulit terpahami karena penggunaan istilah tidak dimengerti oleh penerima pesan.

10. Gangguan emosional

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kondisi seseorang adalah emosi. Ketika emosi seseorang tidak stabil, hal ini akan berpengaruh ketika ia berinteraksi dengan orang lain. Semisal orang yang sedang marah akan sulit menerima nasihat kita. Begitu pula orang yang sedang sensitif, ia akan mudah menyalah artikan pesan, merasa bahwa pesan tersebut menyudutkannya atau sebagainya walau sebenarnya tidak begitu.

11. Kecepatan dalam berbicara

Terkadang kecepatan dalam berbicara juga dapat mempengaruhi pemahaman pendengar terhadap pesan yang kita sampaikan. Pendengar bisa kurang memahami pesan yang kita sampaikan ketika berbicara terlalu cepat sehingga pesan sulit ditangkap oleh pendengaran lawan bicara kita. Pendengar juga bisa kehilangan ketertarikan untuk mendengarkan kita jika kita berbicara terlalu lambat.

12. Gangguan semantik

Gangguan ini disebabkan karena kita salah mengucapkan atau salah menuliskan sehingga menyebabkan kesalahpahaman atau salah penafsiran yang akhirnya pesan yang disampaikan pun tidak terpahami sebagaimana mestinya. Semisal ketika kita ingin menyebut atau menuliskan kelapa tapi yang tersampaikan malah kepala, atau realitas dengan realisasi dan sebagainya.

Baca juga:

13. Faktor kepribadian

Terkadang ada kepribadian yang kita miliki yang dapat menghambat komunikasi. Misalnya untuk orang yang introvert, mereka pasti akan lebih sulit mengungkapkan gagasan karena minder, malu dan sebagainya jika dibandingkan dengan orang dengan kepribadian ekstrovert. Orang introvert juga kesulitan memulai komunikasi lebih dulu, akhirnya komunikasi bisa tidak terjalin karena hal tersebut.

14. Keterbatasan pengetahuan

Kurangnya pengetahuan juga menjadi salah satu hal yang dapat menghambat komunikasi. Semisal ada orang kota dengan kemudahan mengakses berita mengajak orang desa yang terbatas untuk mengakses berita, untuk membicarakan tentang kinerja pemerintah yang banyak disiarkan berita. Karena orang desa itu tidak memiliki pengetahuan akantopik pembicaraan tersebut akhirnya ketika berkomunikasi orang desa ini akan sulit memahami perkataan orang kota tadi.

15. Kehilangan kefokusan

Ketika seseorang berbicara kepada kita, namun saat itu kita sedang kehilangan kefokusan kita pada apa yang dibicarakan oleh pembicara, akhirnya pesan tidak diterima dengan baik oleh pendengar karena kehilangan fokus tadi menyebabkan kita tidak mendengar pesan secara utuh.

Itulah beberapa hal yang dapat menghambat ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu apabila kamu sedang berusaha untuk berbicara atau berbincang dengan sahabat, kawan, atau mungkin orang yang baru kamu kenal, perhatikan dengan baik hambatan-hambatan yang dapat muncul ya!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :