Sponsors Link

8 Efek Komunikasi Massa Terhadap Masyarakat

Sponsors Link

Kita mungkin tahu bahwa efek komunikasi massa terhadap masyarakat sangatlah banyak dan luas. Komunikasi massa merupakan salah satu jenis komunikasi yang sering kita jumpai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, fungsi komunikasi massa ini dilakukan dengan tujuan-tujuan tertentu, terutama dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada masyarakat luas. Dengan adanya komunikasi massa, maka proses penyampaian informasi tadi bisa menjadi lebih cepat, efektif dan juga efisien.

ads

Namun demikian, ada beberapa macam efek atau pengaruh yang juga bisa timbul dari komunikasi massa ini. Efek tersebut tentu saja bervariasi dan tergantung seperti apa penerimaan yang ada di dalam masyarakat. Berikut ini adalah beberapa macam dari efek sistem komunikasi massa yang perlu kita ketahui:

  1. Membentuk keragaman

Keragaman bisa muncul dengan adanya komunikasi massa. Ini disebabkan karena pertukaran pesan bisa terjadi dari sekelompok masyarakat kepada masyarakat lainnya. Keberagaman yang muncul di masyarakat tentu saja bisa menciptakan sebuah keunikan tersendiri dan memberikan gambaran bahwa terdapat berbagai macam hal yang bervariasi antara masyarakat yang satu dengan lainnya.

  1. Mempengaruhi kehidupan bermasyarakat

Kehidupan bermasyarakat juga bisa dipengaruhi oleh komunikasi massa. Ini tergantung seberapa kuat pesan atau informasi yang diterima oleh sekelompok masyarakat sehingga menjadikan pesan tersebut kemudian diadaptasi. Manakala pesan atau informasi yang ada tidak diadaptasi, maka ini tidak akan berpengaruh banyak pada kehidupan masyarakat.

  1. Mempengaruhi kebudayaan masyarakat

Proses akulturasi juga mungkin bisa terjadi karena efek komunikasi massa terhadap masyarakat. Budaya masyarakat yang satu dengan yang lainnya bisa saling ditransmisikan melalui komunikasi massa. Ini artinya, budaya juga bisa saja ikut terpengaruh. Kita bisa melihat dalam kehidupan sehari-hari, dimana sering terjadi pergeseran budaya asli suatu wilayah, mengikuti budaya wilayah lain yang dianggap lebih berkembang atau lebih baik.

  1. Mempengaruhi keinginan

Komunikasi massa juga bisa mempengaruhi keinginan setiap individu yang ada di masyarakat. Ini bisa dilihat dari contoh iklan-iklan yang ditawarkan kepada para konsumen. Iklan-iklan tersebut biasanya akan menggugah keinginan seseorang dan tertarik dengan penawaran material atau konten iklan tersebut. Ada karakteristik komunikasi massa yang memang khas di sini.

  1. Mempengaruhi gaya hidup

Gaya hidup juga bisa dipengaruhi oleh komunikasi massa. Sebagaimana proses akulturasi tadi, gaya hidup suatu masyarakat juga akan ikut berubah manakala terjadi perpindahan informasi atau pengaruh tertentu dari komunikasi massa. Masyarakat yang mendapat informasi menarik bagi mereka akan lebih cenderung mengubah kebiasaan dengan mudah.

  1. Mempengaruhi nilai dan norma

Nilai dan norma juga bisa ikut terpengaruh dengan adanya komunikasi massa. Tentu saja untuk mempertahankan hal ini diperlukan upaya agar terdapat batasan tegas terhadap informasi baru yang diterima. Namun demikian, ini tidak berarti bahwa nilai dan norma yang sudah ada harus diteruskan turun temurun. Tentunya harus bergantung dengan perkembangan zaman. Etika komunikasi massa harus diperhatikan supaya nilai dan norma tidak mudah hilang begitu saja.

  1. Mempengaruhi pola pikir

Sama halnya seperti mempengaruhi gaya hidup, pola pikir seseorang juga bisa ikut terpengaruh akibat paparan informasi dari komunikasi massa. Prioritas kebutuhan mereka mungkin akan berubah seiring dengan informasi baru yang mereka dapatkan, dan dianggap lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mempengaruhi sikap

Sikap juga akan turut dipengaruhi oleh informasi dari komunikasi massa. Kita bisa melihat bagaimana pola hidup konsumtif bisa saja terjadi akibat adanya paparan terhadap informasi yang sifatnya sangat promotif terhadap suatu produk. Tentu saja, ini juga menjadi salah satu efek yang sering kita jumpai.

Masih ada banyak lagi efek dari komunikasi massa. Namun demikian, beberapa poin di atas sudah cukup menggambarkan bagaimana efek positif dan negatif dari komunikasi massa yang bisa terjadi di masyarakat. Efek komunikasi massa terhadap masyarakat memang sangat tergantung dari bagaimana komunikasi tersebut akan diterapkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa