Sponsors Link

17 Fungsi Komunikasi Massa Secara Umum

Sponsors Link

Komunikasi massa merupakan sebuah komunikasi yang menggunakan berbagai macam jenis media massa seperti media cetak, sosial, dan media elektronik yang memberikan informasi kepada kita. Komunikasi massa menurut beberapa ahli memiliki berbagai jenis fungsi dan kegunaan yang akan memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin mengetahui isi dari komunikasi tersebut. Seiring perkembangan jaman yang begitu pesat, komunikasi massa juga sangat mempengaruhi setiap kehidupan manusia dimuka bumi ini.

ads

Sistem Komunikasi Massa yang dirancang untuk menarik sebanyak mungkin perhatian dan apresiasi dari masyarakat akhirnya memberikan efek kepada masyarakat itu sendiri. Fungsi Media Massa membuat kita sedikit banyaknya bergantung dengan informasi yang diberikan oleh media massa. Ketergantungan ini juga menyebabkan banyak sekali informasi atau berita yang tidak benar bermunculan, sehingga kita juga harus berhati – hati untuk memilih, memilah dan menyaring berita tersebut sebelum dibagikan kepada orang banyak. Padahal Fungsi Media Massa Menurut Para Ahli harusnya memberikan informasi yang valid dan dapar dipercaya sehingga memberikan Pengaruh Media Massa Terhadap Masyarakat  yang juga akan membuat masyarakat semakin terdidik. Model Komunikasi Massa sekarang ini banyak dipengaruhi oleh beraneka ragam fungsi komunikasi massa itu sendiri. Nah, sebenarnya apa saja fungsi dari komunikasi massa? untuk itu kali ini kita akan membahasnya secara lebih dalam lagi agar fungsi dari komunikasi massa tersebut dapat kita mengerti. Berikut ini, fungsi komunikasi massa yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

1. Sebagai Decoder Pengubah

Menurut Wilbur Schramm, komunikasi massa memiliki fungsi sebagai pengubah (Decoder), penerjemah (Interpreter) dan encoder suatu informasi. Pengubahan informasi yang dilakukan oleh komunikasi massa bisa menjadikan informasi tersebut menjadi lebih aktual atau bahkan semakin berbahaya. Begitu juga dengan fungsi dari komunikasi massa sebagai penerjemah, berita akan diterjemahkan semenarik mungkin agar setiap orang ingin mengetahui berita atau informasi tersebut.

2. Sebagai Pengamat

Menurut Harold D. Laswell komunikasi massa juga berfungsi sebagai pengamat yang akan menghubungkan setiap lapisan masyarakat dengan tujuan memberikan informasi sebagai pedoman, guru atau petunjuk terhadap lingkungan tersebut. Komunikasi massa juga akan menjadi mata dan telinga tambahan bagi masyarakat, karena pada dasarnya orang-orang yang bekerja di media massa akan selalu mengamati sekitar mereka.

Baca juga :

3. Sebagai Penghubung

Komunikasi massa berfungsi sebagai penghubung antara satu lapisan atau sebuah golongan masyarakat kepada lapisan atau golongan masyarakat lain. Dengan kata lain, komunikasi massa akan mencoba menghubungkan semua informasi yang terjadi disebuah wilayah kepada wilayah lain dengan tujuan memberikan informasi yang valid, akurat dan terpercaya.

4. Sebagai Hiburan

Komunikasi massa juga berfungsi sebagai hiburan masyarakat melalui berita, informasi ataupun hal-hal lainnya yang diberitakan atau dimuat melalui media massa. Biasanya berita ini mengandung unsur kelucuan, humor dan cerita – cerita jenaka lainnya dengan tujuan menghibur setiap pembaca atau pendengarnya.

Baca juga :

Sponsors Link

5. Media Informasi

Fungsi komunikasi massa yang paling penting adalah sebagai informasi yang disajikan dengan Fakta-fakta yang akurat dilapangan, dimana berita atau informasi tersebut biasanya mengandung unsur 5W+1H (What, Where, Who, When, Why, + How). Komunikasi massa haruslah menjadi sebua media informasi yang dapat dipercaya, dan tidak memuat informasi yang masih diragukan kebenarannya.

6. Memberi Keyakinan

Komunikasi massa haruslah bisa membuat pembaca dan pendengarnya yakin dan percaya dengan informasi yang diberitakan. Oleh karena fungsinya yang memberikan keyakinan terhadap sebuah informasi, maka komunikasi massa tidak boleh mengandung unsur kebohongan, kebencian serta fitnah terhadap orang lain. Joseph A. Devito (1997) mengatakan bahwa informasi dapat mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang, mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang, menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu, memperkenalkan etika, atau menawarkan sistem nilai tertentu.

7. Sebagai Pemersatu

Fungsi yang tidak kalah penting adalah sebagai pemersatu. Komunikasi massa ataupun media massa harus mampu dan sanggup untuk menjadi pemersatu setiap golongan, bangsa, etnis dan Ras. Komunikasi massa harus memberikan informasi yang dapat menyatukan masyarakat, bukan malah memecah belah masyarakat.

Baca juga :

8. Sebagai Bentuk Perlawanan

Komunikasi massa juga bisa digunakan sebagai alat perlawanan terhadap pemerintah yang sedang berkuasa ataupun terhadap kekuatan politik, kekuasaan yang otoriter dan lain sebagainya yang dianggap sudah terlalu mengekang kebebasan berkomunikasi. Fungsinya sebagai perlawanan biasanya dapat terlihat dari berita – berita pemberontakan yang dimuat pada media massa dengan tujuan untuk memperlemah kekuatan yang ada. Namun begitu, bentuk perlawanan yang digunakan juga haruslah tidak melawan hukum yang berlaku.

9. Sosialiasi

Komunikasi massa juga berfungsi sebagai sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi informasi yang dilakukan oleh komunikasi massa bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan yang sedang berlangsung, akan berlangsung, ataupun sudah berlangsung. Selain kegiatan yang sering disosialisasikan, masih banyak informasi sebagai sosialisasi yang dimuat dan disampaikan sebagai sebuah komunikasi massa.

ads

10. Motivasi, Debat Hingga Diskusi

Komunikasi massa juga dapat digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi kepada seseorang, berdebat dan beradu argument hingga berdiskusi ringan. Komunikasi massa yang fleksibel dan dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat, dapat menjadi pendorong semangat seseorang hingga dapat mematahkan argument orang lain dengan fakta-fakta yang ada.

11. Pendidikan dan Kebudayaan

Pendidikan bukan hanya didapat melalui sebuah sekolah formal saja, tapi juga bisa menggunakan komunikasi massa. Pendidikan yang disampaikan melalui media sosial atau sebagai komunikasi massa biasanya cenderung lebih diminati oleh kalangan muda. Selain itu pendidikan pada komunikasi massa juga mengandung unsur – unsur kebudayaan daerah yang dibuat dan dirangkum dengan sangat menarik.

12. Memuaskan Kebutuhan 

Komunikasi yang menggembirakan akan memberikan kebahagiaan bagi diri seseorang, sehingga mengendorkan urat saraf dan menghindarkan diri sejenak dari masalah yang dihadapi. Dengan kebahagiaan yang didapatkan ketika membaca dan mendengarkan sebuah informasi, maka tingkat kepuasan didalam diri akan meningkat secara drastis. Komunikasi massa sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan otak dan tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

Baca juga :

13. Menciptakan Rasa Kebersamaan

Salah satu fungsi komunikasi massa yang tidak disadari adalah kemampuannya membuat kita merasa menjadi anggota sebuah kelompok tertentu, menjadi bagian dari sebuah kehidupan didunia maya sehingga kita merasakan kebersamaan yang begitu kuat ketika menggunakan sebuah media massa. Rasa kebersamaan tersebut dapat muncul karena semangat yang sama , tujuan yang sama serta memiliki visi dan arah pandangan yang sama.

14. Menggugat Hubungan Trikotomi 

Trikotomi merupakan hubungan antara tigak pihak yang memiliki hubungan komunikasi bertolak belakang dan melibatkan pemerintah, pers, dan masyarakat. Hubungan Trikotomi tersebut tidak demokratis dan tidak adil. Oleh karena itu Media massa melalui berita-berita yang berbobot akan mengungkap persitiwa, mengkritik kebobrokan pemerintah yang korup dan melawan keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah jika keputusan tersebut dianggap tidak adil dan tidak berpihak kepada masyarakat.

15. Media Kampanye

Komunikasi massa atau media massa juga memiliki peranan yang sangat penting disetiap kegiatan kampanya. Komunikasi massa akan memberitakan kegiatan kampanye dengan simultan dan terus menerus agar masyarakat mengetahui janji ataupun program yang sedang dikampanyekan oleh seorang tokoh politik. Terkadang, media massa juga melakukan penggiringan opini terhadap masyarakat.

Sponsors Link

16. Mengangkat Derajat Seseorang

Komunikasi massa juga dapat digunakan sebagai media untuk menaikan pamor seseorang dengan tujuan orang tersebut semakin dikenal dan terkenal. Hal ini biasa kita kenal dengan istilah pencitraan dan dilakukan pada saat seseoranng tersebut membutuhkan dukungan massa yang sangat banyak. Mengangkat derajat seseorang dapat dilakukan dengan memberitakan hal-hal baik yang Ia lakukan.

17. Bagian Promosi

Media massa sebagai bagian dari komunikasi massa juga berfungsi sebagai pencipta lapangan kerja maupun jasa,dan industri. Media massa yang merupakan sumber kekuatan control, manejemen,  dan inovasi masyarakat akan menampilkan peristiwa atau fenomena sosial untuk menciptakan daya tarik agar orang-orang yang membaca atau melihat promosi tersebut ingin menggunakan promosi tersebut.

Fungsi Media Komunikasi massa diatas, akan sangat berguna jika digunakan dan diterapkan secara baik. Tidak memiliki kepentingan apapun didalam pembuatan beritanya, serta informasi yang diberikan juga harus jelas, lugas dan dapat dimengerti dengan mudah. Komunikasi massa akan memberikan Efek Media Massa pengaruh yang positif terhadap kehidupan jika digunakan untuk hal yang positif, begitu juga sebaliknya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,