Sponsors Link

17 Fungsi Iklan Bagi Pemasaran

Sponsors Link

Iklan merupakan sebuah sarana atau alat yang digunakan oleh sebuah perusahaan ataupun kelompok untuk menjelaskan dan memasarkan sesuatu produk yang mereka jual. Perusahaan ataupun sebuah kelompok industri sekarang ini sangatlah bergantung kepada iklan karena jika tanpa iklan perusahaan atau kelompok industri sebagai produsen dan para distributor tidak akan dapat menjual produknya.

ads

Para pembeli juga tidak akan memiliki informasi mengenai produk barang dan jasa apa saja yang dijual dan dipasarkan. Secara garis besar fungsi iklan bagi pemasaran adalah sebagai media bauran komunikasi pemasaran bagi penjual untuk menginformasikan hal-hal  tentang produk atau jasa yang mereka jual. Biasanya iklan akan menggunakan model komunikasi pemasaran berupa komunikasi persuasif yang ditayangkan atau diberitakan secara berkesinambungan pada media massa seperti surat kabar, televisi, radio dan papan iklan, spanduk ataupun selebaran brosur.

Iklan merupakan alat pendorong penjualan yang mengandung pesan untuk mencoba membujuk para konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Iklan yang baik dan efektif haruslah mampu menarik perhatian, membuat konsumen tertarik sehingga konsumen akan memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut. Kini didalam dunia industri iklan ataupun biasa juga disebut sebagai advertising meningkat seiring dengan perkembangan jaman ditambah lagi bentuk iklan juga semakin bervariasi. Agar dapat melakukan pemasaran yang baik menggunakan sebuah iklan, kita juga harus memiliki sebuah strategi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang baik haruslah didukung elemen komunikasi pemasaran yang baik pula, agar target yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal.

Cara yang paling baik dan efektif untuk memaksimalkan fungsi iklan bagi pemasaran sebuah produk adalah dengan memahami dan benar-benar mengerti tentang fungsi dari sebuah iklan yang dapat diketahui ketika mempelajari teori komunikasi pemasaran. Agar kita lebih mengetahui apa saja fungsi iklan bagi pemasaran, maka kali ini pakar komunikasi akan merangkum beberapa fungsi iklan. Beberapa fungsi iklan yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber, antara lain :

1. Pemberi informasi

Iklan akan memberikan informasi sebuah pruduk barang atau jasa yang ditawarkan dengan terperinci, seperti informasi mengenai perusahaan pembuat, merk, komposisi, harga, dijual diarea atau toko mana, dan informasi lainnya yang akan membuat konsumen sebagai calon pembeli yakin dan memilih pruduk barang atau jasa yang ditawarkan tersebut meskipun merk yang digunakan masih baru dan belum terkenal. Informasi yang diberikan dalam iklan tersebut secara tidak langsung akan memberikan citra yang positif sekaligus memperkenalkan pruduk barang atau jasa tersebut.

Baca juga :

2. Membujuk

Disadari ataupun tidak, iklan secara tidak langsung akan membujuk dan merayu para calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan. Fungsi iklan yang satu ini biasanya diikuti dengan pemberian diskon atau potongan harga ditambah lagi dengan berbagai jenis promosi yang menarik.

3. Mengingatkan

Iklan juga berfungsi untuk mengingatkan setiap calon konsumen ataupun yang sudah menjadi konsumen langganan untuk tetap membeli sebuah produk ataupun jasa yang diiklankan. Selain itu, iklan yang diberitakan dan ditayangkan secara berkala akan tetap menjaga ingatan para konsumen serta sangat  efektif dalam hal meningkatkan minat konsumen.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Memberikan Nilai Tambah

Iklan juga berfungsi untuk memberikan nilai tambah yang efektif sehingga para konsumen akan melihat sebuah merk produk atau jasa yang diiklankan menjadi lebih elegan, bergaya, memiliki harga yang bersaing serta kualitas yang lebih unggul dengan produk sejenis.

5. Mendampingi Sebuah Produk

Iklan akan mendampingi sebuah produk dalam proses komunikasi pemasaran sebagai bagian perwakilan dari perusahaan pembuat produk tersebut. Karena fungsi iklan yang satu ini, maka banyak ahli berpendapat bahwa sebuah produk tidak bisa terlepas dari jasa iklan bagi setiap pemasarannya.

6. Penyambung Komunikasi

Dengan bantuan iklan, masyarakat sebagai konsumen akan mendapatkan banyak informasi pendukung yang berkaitan dengan produk yang diiklankan. Informasi yang disampaikan oleh iklan yang diciptakan tersebut sebenarnya adalah sebuah penyambung komunikasi antara konsumen dengan perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Dengan kata lain, iklan menjadi bantuan komunikasi kita untuk bertanya kepada pihak pembuat produk secara tidak langsung.

7. Sebagai Pendidik

Fungsi iklan bukan hanya berfungsi sebagai media menyampaikan informasi saja, namun iklan juga dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagi alat untuk memberikan didikan ataupun nilai-nilai tertentu yang  mungkin saja akan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku pendengarnya. Salah satu contoh iklan sebagai pendidik dapat kita lihat dari tayangan iklan yang memiliki nilai edukasi untuk mencerdaskan konsumen seperti iklan sabun mandi, shampoo, pasta gigi yang mengajarkan agar selalu menjaga kebersihan.

Baca juga :

8. Sebagai Hiburan

Iklan juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan karena tidak jarang iklan yang dibuat untuk mempromosikan sesuatu memiliki konsep penyampaian informasi dengan nuansa yang menghibur. Hal ini juga akan berpengaruh kepada minat pembeli, karena pada saat iklan lebih menghibur dan cenderung jenaka maka para pembeli lebih tertarik untuk melihat dan membeli suatu produk yang diiklankan tersebut.

ads

9. Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi dari iklan disini adalah memberikan keuntungan terhadap tiga pihak. Pihak yang pertama adalah perusahaan yang ingin produknya diiklankan karena jika iklan tersebut berhasil maka keuntungannya akan semakin besar. Pihak kedua adalah pembuat iklan dan orang-orang yang terlibat dalam iklan tersebut karena setiap iklan yang dibuat tentunya akan memberikan pendapatan bagi mereka serta pihak yang ketiga adalah konsumen. Keuntungan ekonomi yang dihasilkan iklan kepada konsumen dapat dilihat dari banyaknya diskon, promosi, undian berhadiah dan lain sebagainya.

10. Fungsi Sosial

Fungsi sosial dari sebuah iklan pemasaran dapat kita temui dan kita lihat pada iklan yang mengajak kita untuk melakukan kegiatan sosial. Contohnya seperti iklan air mineral kemasan yang mengatakan jika kita membeli 2 buah air mineral, maka 1 air mineral akan disumbangkan kepada orang yang membutuhkan atau juga iklan tentang gerakan untuk mengumpulkan donasi dalam bentuk uang, layanan iklan agar patuh terhadap rambu lalu lintas dan lain sebagainya.
Baca juga :

11. Meringankan Beban Sales Promotion

Iklan bagi pemasaran sebuah produk yang ditayangkan dan diberitakan menggunakan media massa seperti cetak, elektronik ataupun media sosial juga memiliki fungsi untuk meringankan beban pekerjaan orang lain, salah satunya adalah sales promotion yang bekerja dilapangan. Dengan adanya iklan tersebut, sales promotion akan semakin mudah untuk menawarkan sebuah produk, karena mungkin saja calon konsumen sudah lebih dulu mengetahui produk yang ditawarkan oleh sales promotion tersebut.

12. Fungsi Pemasaran 

Fungsi iklan sebagai bagian dari pemasaran adalah fungsi dan tugas utama dari sebuah iklan, disini iklan akan mengindentifikasi produk dan menjelaskan perbedaan yang diiklankan dengan pruduk lain yang sejenis. Selain itu iklan juga akan merangsang konsumen untuk memperhatikan produk, harga, tempat penjualan dan lain sebagainya.

13. Fungsi Menciptakan Permintaan

Fungsi iklan yang satu ini adalah sebagai sarana untuk mencari pembeli sebanyak mungkin sehingga permintaan terhadap sebuah produk yang diiklankan semakin meningkat. Dengan permintaan yang semakin meningkat tersebut, maka dapat dikatakan bahwa iklan tersebut berhasil dan efektif.

14. Penjamin Standard

Sebuah produk yang diiklankan haruslah memiliki sebuah standar dan kualitas yang baik. Nah, iklan secara tidak langsung akan memberikan sebuah standar kepada produk yang ingin diiklankan pemasarannya agar konsumen sebagai pembeli produk tersebut tidak merasa kecewa. Oleh karena itu, tidak semua produk bisa diiklankan dan tidak semua iklan dapat memasarkan produk karena perlunya sebuah standar.

15. Membuka Peluang

Iklan juga memiliki fungsi yang dapat membuka peluang bagi orang-orang lain. Peluang yang dimaksudkan disini adalah untuk orang-orang yang ingin menjadi mitra bisnis atau rekanan bisnin dari produsen produk yang diiklankan. Dengan adanya iklan, maka orang-orang akan tertarik untuk membeli bahkan tertarik untuk ikut memasarkan produk tersebut seperti menjadi resseler, agen penyalur, kurir dan lain sebagainya.

16. Sarana Kontrol

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat sebagai konsumen lebih terjaga untuk mendapatkan produk yang berkualitas serta mampu membedakan produk yang asli ataupun produk yang tiruan. Fungsi iklan sebagai sarana pengontrol dapat kita temui pada iklan-iklan yang memberikan informasi kepada kita dengan menggunakan kata-kata seperti, Awas barang tiruan , hanya beli pada toko ini, yang asli ada gambar olla ramlannya, dan lain sebagainya.

17. Mendapatkan Wilayah Pasar Yang Lebih Luas

Iklan yang dilakukan bagi setiap pemasaran sebuah produk juga memiliki fungsi untuk memperluas wilayah penjualan sehingga produk yang diiklankan tersebut tersebar keseluruh wilayah yang diinginkan. Wilayah pasar yang luas juga akan berpengaruh terhadap permintaan produk itu sendiri serta meningkatkan Income dari sebuah perusahaan.

Baca juga :

Sponsors Link

Bagian – bagian dalam Iklan

Dari beberapa fungsi iklan bagi pemasaran diatas, iklan yang diproduksi haruslah memiliki unsur-unsur iklan. Meskipun tidak diatur secara resmi, namun iklan yang ditampilkan umumnya memiliki tiga bagian utama seperti bagian awal (opening), tubuh iklan (body copy), dan penutup (closer). Dari ketiga bagian ini, bagian-bagian iklan terbagi lagi kedalam beberapa bagian lainnya seperti :

  • Judul Iklan yang berfungsi untuk menarik perhatian pembaca.
  • Sub Judul Iklan yang bertugas menjabarkan lebih jauh mengenai judul iklan.
  • Tubuh Iklan yang dirancang untuk memuat segala informasi dari sebuah produk yang diiklankan.
  • Banner fungsinya untuk menampung pesan inti untuk dilihat pembaca.
  • Flash adalah bagian dari iklan dengan fungsi menonjolkan bagian terpenting dari sebuah iklan.
  • Slogan akan memudahkan orang-orang untuk mengingat suatu produk tertentu. Contohnya adalah seperti iklan dari PT.Sido Muncul, Orang Pintar Minum Tolak Angin.
  • Ilustrasi berupa gambar foto, animasi, lukisan, atau perpaduan dari ketiganya untuk menambah daya tarik iklan.
  • Logo sebagai identitas perusahaan atau produk yang diiklankan, agar konsumen yang melihat iklan tersebut langsung mengetahui produk yang diiklankan meskipun iklannya belum selesai.
  • Penutup yang menjadi bagian untuk mengakhiri sebuah iklan.

Dari penjelasan dan penjabaran yang diberikan oleh pakar komunikasi mengenai fungsi iklan bagi pemasaran diatas, dapat disimpulkan bahwa iklan adalah nafas dan nyawa sebuah produk yang diciptakan. Setiap produk yang diciptakan akan selalu membutuhkan iklan untuk dapat bersaing dengan produk sejenis. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai fungsi-fungsi iklan bagi pemasaran.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,