Sponsors Link

13 Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sponsors Link

Pada zaman dulu atau zaman pra-sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh dalam komunikasi yang merujuk pada komunikasi nonverbal atau menggunakan petunjuk lain yang sifatnya visual sebagai bentuk komunikasi jarak jauh seperti asap atau bendera. Kini, seiring dengan perkembangan alat komunikasi, komunikasi telah berevolusi menjadi fasilitator bagi berbagai macam kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Di era serba instan seperti sekarang, segala sesuatunya terkait dengan penggunaan teknologi komunikasi untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak yang lebih luas. Jenis-jenis informasi atau jenis-jenis berita kini dapat dikirimkan melalui macam-macam media komunikasi terutama media komunikasi modern kepada khalayak yang jauh lebih luas.

ads

Berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi bertebaran di sekitar kita. Coba lihat kembali peralatan teknologi informasi dan komunikasi minimal yang ada di rumah. Apakah ada komputer, televisi atau radio? Apakah ada telepon rumah atau telepon genggam? Komputer, televisi, radio, telepon hanyalah sebagian kecil diantara sekian banyak peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang berhasil ditemukan oleh manusia.

Sebenarnya, apakah teknologi informasi dan komunikasi itu? Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah atau memproses informasi khususnya penggunaan komputer elektronik, peralatan komunikasi, dan penerapan perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan, dan menerima informasi dari manapun setiap saat. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar bagi ekonomi dan mendorong perubahan sosial di abad 21. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan adanya teknologi  informasi dan komunikasi, jarak tidak lagi menjadi masalah. Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah memudahkan orang untuk bekerja dari rumah, belajar jarak jauh, dan lain sebagainya.

Lalu, apa sajakah yang termasuk ke dalam peralatan teknologi informasi dan komunikasi? Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Komputer

Komputer adalah salah satu teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat. Komputer adalah salah satu alat elektronik dan alat mekanik yang memungkinkan untuk membawa fungsi-fungsi matematika ke tingakatan yang lebih tinggi dan akurat. Komputer memiliki kemampuan untuk menyimpan dan memproses sejumlah informasi dan menampilkan kalkulasi melalui mesin pengolah data. Fungsi utama komputer adalah komputasi, penyimpanan informasi, komunikasi dan pengawasan.

  1. Laptop atau PC Tablet

Laptop atau PC tablet digunakan oleh mereka yang memiliki kebutuhan untuk bepergian dengan komputer misalnya tugas luar. Laptop komputer lebih mirip komputer pribadi dalam pengoperasiannya. Namun tidak seperti komputer desktop, notebook atau laptop ditujukan untuk portabilitas, daya yang rendah sehingga hanya dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Agar dapat digunakan tanpa sambungan listrik, batere laptop perlu diisi ulang.

  1. Telegraf

Telegraf adalah sistem komunikasi yang kini semakin ditinggalkan penggunaannya, kecuali dalam bidang pelayaran dan militer. Telegraf merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan pesan  dengan menggunakan kabel dan listrik atau radio.

  1. Radio

Radio adalah salah satu teknologi informasi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi seperti suara dengan cara mengatur secara sistematis sifat-sifat gelombang energi elektromagnetik yang ditransmisikan melalui ruang angkasa seperti amplitudo, frekuensi, fase, dan lain-lain. Sistem komunikasi radio membutuhkan pemancar dan penerima yang masing-masing memiliki antena, dan peralatan terminal lainnya yang sesuai seperti mikrofon pada pemancar dan pengeras suara pada penerima dalam hal sistem komunikasi suara. Seperti televisi, radio juga memiliki fungsi media massa yaitu menghibur, memberi informasi, sosialisasi, dan memberi pengetahuan kepada khalayak.


  1. Televisi

Salah satu teknologi informasi yang sangat popular adalah televisi. Televisi merupakan media telekomunikasi yang digunakan untuk mentransmisikan gambar bergerak dalam warna monokrom atau hitam putih, atau berwarna, dengan bentuk dua atau tiga dimensi serta suara. Televisi menggunakan berbagai macam teknologi yang terencana dan teroganisasi dengan baik. Televisi memiliki karakteristik komunikasi massa, karakteristik media massa, dan karakteristik media penyiaran sekaligus. Karakteristik media televisi tersebut menjadikan televisi sebagai salah satu media massa yang sangat mahal. Selain itu, televisi juga dapat diartikan sebagai perangkat televisi, berbagai jenis program televisi, atau media transmisi televisi. Televisi umumnya ditujukan untuk hiburan, pendidikan, berita, politik, gossip, dan periklanan.

  1. Faksimili 

Faksimili adalah salah satu peralatan teknologi informasi yang juga sering disebut dengan telefaks atau telecopying. Faksimili adalah transmisi bahan cetak melalui telepon yang dipindai ke nomor telepon yang terhubung ke alat pencetak atau printer atau perangkat keluaran lainnya.

  1. Telepon

Telepon adalah salah satu peralatan teknologi komunikasi sekaligus perangkat telekomunikasi yang memungkinkan dua pengguna atau lebih melakukan percakapan saat mereka terlalu jauh untuk didengar secara langsung. Telepon juga diartikan sebagai sebuah alat yang dirancang untuk transmisi dan penerimaan suara manusia secara simultan. Sejarah perkembangan telepon dimulai saat telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 dan dikembangkan lebih lanjut oleh Thomas Alfa Edison.

  1. PDA atau Personal Digital Assistant

PDA adalah komputer berukuran kecil yang nyaman dan mudah dihubungkan ke telepon genggam. PDA merupakan perangkat yang sesuai dengan telapak tangan pengguna.

  1. Telepon genggam

Teknologi komunikasi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di masa sekarang. Walaupun terlihat sebagai teknologi baru, sejatinya gagasan atau ide tentang telepon radio bergerak dan berbagai layanan komunikasi personal lainnya dimulai jauh sebelumnya yakni awal tahun 1920an yang ditandai dengan adanya uji coba sistem telepon berbasis mobil yang dilakukan oleh perusahaan Marconi dan the Bell Laboratories. Sistem telepon radio berbasis suara yang bersifat dua arah kemudian mulai berkembang tahun 1924. Telepon seluler termasuk telepon radio digunakan oleh militer selama masa perang dunia.

Kemudian, ilmu dibalik telepon seluler atau telepon genggam secara jelas diketahui pada tahun 1945 yang dibuktikan dengan adanya sebuah artikel yang ditulis oleh Komisioner FCC yang bernama E.K Jett bertajuk “Phone Me By Air”. Setahun kemudian Bell memulai sistem telepon radio bergerak pertama di Amerika. Selanjutnya, Bell, Ericsson, Nokia, dan Motorola mulai mengembangkan teknologi telepon genggam selama tahun 1950an dan 1960an.

Tahun 1970, FCC mengizinkan alokasi spektrum bagi sistem radio bergerak. Tiga tahun kemudian, Martin Cooper dari Motorola disebut sebagai penemu telepon radio bergerak pertama. Kini telepon genggam telah berkembang menjadi menjadi perangkat multifungsi seperti SMS, elektronik, registrasi kontak, kalkulator, jam, alaram, perekam dan foto display, perekaman dan pemutar video, pengiriman dan penerimaan MMS, rekamana audio dan lain sebagainya.

  1. Telepon pintar

Telepon pintar adalah perangkat yang menggabungkan fungsionalitas telepon, PDA, kamera, camcorder, dan komputer. Agar dapat berfungsi dengan baik, telepon pintar menggunakan sistem operasi yang menjadi dasar pengembangan aplikasi. Beberapa telepon pintar dapat dihubungkan ke layar eksternal dan keypad yang menciptakan lingkungan kerja, mirip dengan laptop atau computer desktop. Beberapa sistem operasi telepon pintar adalah Android, Symbian, Blackberry, dan WindowsPhone.

  1. Modem

Modem atau modulator-demodulator adalah jaringan perangkat keras yang memodulasi satu atau lebih sinyal gelombang pembawa untuk meng-encode informasi digital untuk dikirimkan dan me-demodulasi  sinyal untuk memecahkan kode informasi yang dipancarkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sinyal yang dapat dikirimkan dengan mudah dan kemudian diterjemahkan untuk reproduksi data digital asli.

Modem dapat digunakan dengan berbagai macam cara untuk mengirimkan sinyal analog, dari diode pemancar cahaya hingga radio. Jenis modem yang umum adalah yang mengubah data digital komputer menjadi sinyal listrik termodulasi untuk ditransmisikan melalui saluran telepon dan didemodulasi oleh modem lain di sisi penerima untuk memulihkan data digital. Modem memungkinkan komputer berkomunikasi melalui saluran telepon dan menghubungkan komputer ke internet.

  1. Satelit komunikasi

Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang berfungsi untuk mengirimkan dan menguatkan sinyal telekomunikasi radio melalui transponder. Satelit komunikasi menciptakan sebuah saluran komunikasi antara sumber pemancar dan penerima di lokasi yang berbeda di Bumi. Satelit komunikasi digunakan untuk televisi, telepon, radio, internet, dan militer.

  1. Internet

Internet adalah sistem global yang terdiri dari computer dan jaringan computer yang saling berhubungan, yang berkomunikasi dengan menggunakan protocol TCP/IP. Meskipun pada awalnya internet dimaksudkan untuk pertukaran data sederhana, kini internet telah berkembang mempengaruhi seluruh domain masyarakat, seperti ekonomi, sosialisasi, informasi, layanan kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Berbagai layanan internet yang kini berkembang diantaranya adalah e-commerce, e-banking, e-government dan e-learning.

  • E-commerce adalah bentuk perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk-produk yang dibutuhkan secara daring.
  • E-banking memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali atas transaksi rekening mereka sendiri, pembayaran kredit, belanja, dan lain sebagainya. Manfaatnya adalah dapat menghemat waktu, biaya murah, dan dapat diakses dimanapaun dan kapanpun.
  • E-government digunakan untuk memberikan akses terbaik kepada publik terkait dengan informasi atau kebijakan pemerintah.
  • E-learning terdiri dari berbagai bentuk pembelajaran dan/atau transfer pengetahuan yang didasarkan pada teknologi elektronik. Istilah e-learning sebagian besar digunakan untuk menggambarkan pembelajaran dan/atau diseminasi pengetahuan tidak secara langsung antara guru dan siswa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Layanan lainnya yang menggunakan internet adalah teleworking; berbagai media atau saluran komunikasi seperti surat elektronik, pesan instan, VoIP, blog, podcast; komunitas virtual seperti jejaring sosial, forum, ruang percakapan, dan lain-lain.

Kehadiran beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut tidak timbul dengan sendirinya. Hal ini dapat kita telusuri melalui perjalananan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, sejarah perkembangan teknologi informasi, atau sejarah teknologi informasi. Berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi di atas sedikit banyak mempengaruhi hubungan serta pola komunikasi antar manusia  misalnya dalam konteks komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi.

Manfaat Mempelajari Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mempelajari peralatan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah kita dapat mengetahui dan memahami berbagai macam peralatan teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang ditemukan oleh manusia. Berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut diciptakan guna membantu pekerjaan manusia dan memudahkan manusia berkomunikasi dengan orang lain.

Demikianlah ulasan singkat tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang berbagai macam peralatan yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi