Sponsors Link

5 Jaringan Komunikasi Jarak Jauh tanpa Kabel

Sponsors Link

Perkembangan teknologi jaringan komunikasi jarak jauh saat ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Kalau kita boleh flashback ke masa lalu, maka kita akan menemukan berbagai macam warung telepon (wartel) dengan tulisan layanan “SLJJ” atau Saluran Langsung Jarak Jauh dan beragam layanan lainnya. Saat ini, keberadaan wartel tersebut mungkin sudah boleh dibilang punah. Setiap orang sudah memiliki gawainya masing-masing sehingga untuk terhubung dengan orang yang lokasinya jauh pun bukan menjadi masalah yang besar sama sekali.

ads

Ini menjadi menarik, karena bagaimana pun juga rupanya kita bisa mengidentifikasi proses komunikasi yang terjadi tersebut sebagai sebuah jaringan komunikasi dengan sifat tanpa kabel (wireless network). Terdapat berbagai macam contoh dari tipe jaringan komunikasi ini apabila dikaitkan dengan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, antara lain:

  1. Internet

Internet adalah pionir yang dielu-elukan pada saat kita membahas mengenai jaringan komunikasi dengan sifat jarak jauh dan tanpa kabel. Meskipun saat ini kebanyakan internet yang lebih cepat masih menggunakan hubungan dengan kabel, namun pada kenyataannya sudah terdapat jaringan seluler yang bisa menghubungkan ponsel ke internet. Sambungan ini sifatnya jelas tanpa kabel dan membutuhkan kekuatan sinyal dari menara penyedia layanan (provider) yang dipancarkan.

Komunikasi daring (dalam jaringan) adalah salah satu contoh bentuk dari tipe komunikasi nirkabel. Atau mungkin supaya lebih familiar, kita biasa menyebutnya sebagai kegiatan online. Internet memiliki banyak manfaat positif, terutama ketika kita membutuhkan layanan untuk berkomunikasi dengan orang hampir di seluruh penjuru dunia. Tentunya, ini membuat semua orang menjadi lebih mudah terhubung dan tidak ada lagi batas jarak antara satu dengan yang lainnya.

  1. GPS

GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu jenis bentuk komunikasi dengan sifat jarak jauh yang memanfaatkan transmisi sinyal pada satelit. GPS umumnya dimanfaatkan terutama untuk melacak keberadaan lokasi. Prosesnya pun semakin berkembang dari tahun ke tahun. Mulanya, GPS digunakan untuk kepentingan militer dan juga penerbangan. Namun lama kelamaan, GPS dianggap penting dan layanan ini pun mulai disematkan dalam ponsel pintar, laptop atau bahkan kendaraan-kendaraan untuk keperluan bernavigasi. Banyak peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menerapkan GPS.

  1. Jaringan telepon seluler

Jaringan telepon seluler adalah jaringan yang juga merupakan saluran jarak jauh dengan sifat wireless. Ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Penggunaan ponsel sehari-hari dengan memanfaatkan jaringan seluler ini sangat membantu kebutuhan proses komunikasi. Kita bisa melakukan telepon dengan siapa saja asalkan ada sinyal dari operator layanan jaringan.

Komunikasi dengan sifat jarak jauh ini tentu saja akan sangat berguna terutama bagi siapa saja yang memiliki kebutuhan untuk terhubung dengan orang lain yang cukup tinggi. Jaringan seluler juga tidak terbatas pada hubungan telpon saja. Ini juga bisa menjadi sarana untuk melakukan sarana pertukaran pesan berupa tulisan singkat (SMS) dan juga sarana untuk terhubung ke dalam internet. Jenis-jenis komunikasi dalam jaringan juga termasuk dalam bagian ini.

  1. Jaringan Radio

Bentuk jaringan komunikasi jarak jauh yang tidak menggunakan kabel selanjutnya yaitu jaringan radio. Transmisi gelombang radio memungkinkan seseorang melakukan komunikasi dengan jarak jauh tanpa harus menggunakan kabel. Penerapannya pun bisa kita dapatkan pada sistem komunikasi radio yang biasa kita dengarkan. Selain siaran-siaran radio tersebut, ada pula pemanfaatan seperti penggunaan walkie-talkie, HT dan lain sebagainya.

  1. Jaringan Televisi

Hampir mirip dengan gelombang radio, gelombang yang dipancarkan pada saluran televisi juga termasuk menarik untuk dianggap sebagai bentuk komunikasi tanpa kabel yang sifatnya jarak jauh. Kita bisa melihat bagaimana pertukaran informasi bisa dilakukan dengan adanya jaringan televisi ini. Tentu saja, ini akan memberikan kemudahan-kemudahan tersendiri bagi setiap orang untuk mendapatkan informasi baru baik berupa berita atau informasi rekreatif tertentu. Televisi menjadi bagian dari macam-macam media komunikasi yang termasuk sudah ada sejak lama.

Berbagai macam jaringan komunikasi tersebut memang penerapannya bisa kita lihat secara langsung. Jaringan komunikasi jarak jauh akan menciptakan situasi yang membuat orang merasa dekat dan terhubung dengan orang lain.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring