Sponsors Link

7 Tipe Komunikasi Nirkabel dan Contohnya

Sponsors Link

Terdapat beberapa macam tipe komunikasi nirkabel yang sehari-hari digunakan untuk menunjang kebutuhan aktivitas sehari-hari. Nirkabel secara harafiah memiliki pengertian “tanpa sambungan kabel” atau dalam bahasa Inggris biasa dikenal sebagai “wireless”. Tentu saja makna ini memiliki pengertian bahwa segala macam-macam media komunikasi dengan media nirkabel, merupakan bagian dari komunikasi nirkabel itu sendiri. Ada berbagai macam jenis tipe komunikasi ini yang tentunya sudah sangat variatif di era ini.

ads

Sejarah komunikasi jarak jauh pada mulanya mungkin identik dengan sambungan telepon yang menggunakan sambungan kabel. Namun demikian, di era kecanggihan teknologi sekarang ini, komunikasi bisa dilakukan bahkan tanpa harus menggunakan sambungan kabel. Tentu saja ini memberikan sebuah pengertian yang luas dan konsep penting mengenai sejarah perkembangan tekonologi komunikasi. Berikut ini adalah beberapa tipe komunikasi nirkabel yang mungkin sering kita jumpai sehari-hari:

  1. Komunikasi melalui jaringan seluler

Siapa yang saat ini tidak memiliki ponsel? Ponsel atau telepon seluler merupakan salah satu perangkat yang memungkinkan terjadinya komunikasi nirkabel atau tanpa kabel. Jaringan seluler juga mengalami perkembangan hebat sehingga orang-orang bisa melakukan komunikasi tanpa harus menggunakan perangkat yang terus menerus terhubung dengan kabel. Ini bisa menciptakan komunikasi yang efektif dan efisien.

  1. Komunikasi melalui jaringan WiFi

Sekarang ini, istilah jaringan WiFi atau wireless fidelity merupakan jenis komunikasi tanpa kabel yang juga banyak digunakan. Jaringan ini memungkinkan orang terhubung dalam jaringan internet tanpa harus menggunakan kabel. Menariknya lagi, banyak perangkat yang sudah menggunakan perangkat WiFi di dalamnya sehingga proses komunikasi tanpa kabel tersebut kemudian bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Komunikasi transfer energi tanpa kabel

Jaringan yang lebih kecil lagi yang tidak perlu menggunakan kabel ada contoh seperti teknologi sinar infra merah (IR) atau bluetooth. Teknologi ini menggunakan prinsip gelombang pendek untuk memindahkan “energi” dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Tangkapan energi tersebut sebenarnya merupakan transmisi data yang kemudian akan diterjemahkan oleh perangkat. Selain teknologi tersebut, sekarang juga sudah dikembangkan teknologi NFC atau near-field communication. Penerapannya bisa dilihat pada sistem yang menggunakan tapping kartu pada suatu mesin tertentu.

  1. Komunikasi melalui jaringan frekuensi televisi

Televisi adalah salah satu bentuk komunikasi nirkabel yang terjadi dengan memanfaatkan gelombang pancaran sinyal televisi. Gelombang tersebut ditangkap oleh antena yang kemudian akan diterjemahkan ke dalam perangkat televisi. Ini tentu saja sudah bukan sesuatu yang asing karena di era sekarang ini perkembangan jaringan televisi juga banyak sekali yang meningkat.

  1. Komunikasi melalui jaringan frekuensi radio

Selain televisi, radio juga merupakan gelombang yang memungkinkan terjadinya komunikasi tanpa kabel. Perangkat radio akan mencari gelombang yang dipancarkan stasiun radio sehingga bisa menghubungkan radio dengan stasiun radio. Tentunya penerapannya tidak hanya sekedar radio yang sering disiarkan kepada publik, komunikasi yang memanfaatkan pola ini contohnya adalah sistem pada walkie talkie.

  1. Komunikasi melalui jaringan internet

Jaringan internet adalah jenis yang paling nyata dari komunikasi nirkabel selanjutnya. Ini memungkinkan seseorang terhubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet. Istilah yang lebih kekinian biasa disebut sebagai komunikasi daring atau online. Tentu saja, penerapannya pun banyak. Mulai dari media sosial, komunikasi digital hingga komunikasi massa dan komunikasi bisnis.

  1. Komunikasi melalui jaringan satelit

Komunikasi melalui jaringan satelit biasanya didukung oleh perangkat yang mampu melacak sinyal dari satelit. Contohnya adalah perangkat GPS atau Global Positioning System. Fitur dari GPS ini sudah banyak diterapkan pada perangkat-perangkat mobile sehingga membuat komunikasi tanpa kabel bisa dilakukan dengan baik.

Itulah berbagai macam contoh dari komunikasi yang tidak menggunakan sambungan kabel.  Elemen-elemen komunikasi bisa tetap terhubung. Penerapan tipe komunikasi nirkabel ini memang sangat luas dan tentu saja memudahkan kegiatan kita dalam keseharian.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital