Sponsors Link

10 Jenis Informasi Edukatif yang Penting

Sponsors Link

Kita mungkin belum begitu tahu bahwa sebenarnya jenis informasi edukatif itu beragam. Informasi memang dibedakan menjadi beberapa kategori, dimana salah satunya adalah informasi edukatif. Informasi dengan sifat mengedukasi memiliki pengertian bahwa kandungan pesan yang ada di dalamnya akan membantu dalam memberikan pemahaman baru terhadap suatu konsep, cara-cara baru dan pemikiran baru.

ads

Tentu saja ini menarik, mengingat kita tahu bahwa berbagai macam informasi mungkin sifatnya belum sampai memberikan suatu edukasi atau pengetahuan baru. Selain itu, kita juga bisa melihat terlebih dahulu beberapa pengertian informasi menurut para ahli sehingga bisa membedakan sifat informasi satu sama lain.

Informasi edukatif rupanya masih terbagi lagi menjadi beberapa macam jenis. Ini tentu saja tergantung dari konteks informasi yang akan disampaikan tersebut. Biasanya, informasi edukatif juga muncul dalam proses manajemen komunikasi dalam pendidikan. Berikut adalah beberapa jenis dari informasi edukatif.

  1. Kiat

Kiat atau biasa dikenal sebagai tips adalah bentuk dari jenis-jenis informasi yang memiliki nilai edukatif. Biasanya kiat-kiat ini akan berisikan panduan mengenai beragam cara kreatif untuk menyelesaikan sesuatu. Kiat termasuk ke dalam jenis informasi yang memiliki sifat edukatif apabila di dalamnya juga membahas mengenai ilmu pengetahuan baru.

  1. Trik

Informasi yang berisi trik untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan permasalahan dengan cara yang unik, merupakan salah satu informasi edukatif yang juga sering kita  jumpai. Membuat informasi yang berisi trik ini akan memudahkan kita terutama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tertentu melalui cara yang lebih kreatif.

  1. Demonstrasi

Bentuk informasi dengan sifat edukatif selanjutnya adalah demonstrasi. Demonstrasi biasanya ditunjukkan dalam bentuk langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah. Biasanya ini akan lebih memudahkan penerima pesan karena susunannya yang sistematis dan juga mudah untuk diikuti.

  1. Tutorial

Selain demonstrasi, tutorial juga merupakan salah satu bentuk info yang memiliki nilai edukatif. Kita mungkin sering terpapar informasi yang sifatnya adalah tutorial. Umumnya, akan dibagikan cara-cara tertentu dalam menangani suatu permasalahan. Tutorial memuat beragam informasi yang memang berguna. Biasanya ini bisa menjadi penerapan strategi komunikasi dalam pembelajaran yang baik.

  1. Penyelesaian Masalah

Bentuk informasi lain yang juga tergolong memiliki sifat edukatif adalah informasi yang memuat penyelesaian masalah. Biasanya ini akan digunakan untuk memecahkan permasalahan yang umum dihadapi dengan menyajikan poin-poin secara berurutan dalam langkah penyelesaiannya.

  1. Berita

Berita juga termasuk jenis informasi edukatif apabila di dalamnya memuat informasi menarik terkait dengan pembaruan-pembaruan pembelajaran saat ini. Berita yang sifatnya tidak edukatif jelas tidak masuk dalam kriteria ini.

  1. Materi Diskusi

Materi diskusi juga merupakan informasi edukatif yang sering muncul, terutama dalam forum-forum. Proses bertukar pendapat dan pemikiran akan menghasilkan informasi baru yang sifatnya mengedukasi. Ini merupakan salah satu jenis informasi yang biasanya memiliki sifat majemuk. Variasinya bisa saja berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain, sehingga membutuhkan klarifikasi agar terjadi persamaan persepsi.

  1. Cara Penggunaan

Cara penggunaan merupakan bentuk informasi yang mengedukasi lainnya. Ini biasanya ditemukan dalam manual book atau petunjuk penggunaan maupun prosedur tertentu. Sifatnya akan mengajari orang untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan berdasarkan cara penggunaan yang sudah tercantum. Macam-macam media komunikasi akan menggunakan jenis informasi ini tentunya.

  1. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran sering kita temui terutama dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini akan membagikan informasi yang bersifat edukatif, biasanya dari guru kepada murid. Konteksnya memang identik dengan kegiatan perkuliahan ataupun sekolah. Namun demikian, segala bentuk materi pembelajaran bisa disebut sebagai sebuah informasi yang edukatif. Ciri-ciri media pembelajaran yang baik tentu harus memuat informasi edukatif.

  1. Materi Tanya Jawab

Materi tanya jawab hampir mirip dengan materi diskusi. Bedanya, materi ini biasanya digunakan terutama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum, sehingga penerima pesan bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Contohnya adalah frequently asked question (FAQ) yang sering ada pada setiap produk maupun situs.

Itulah beberapa jenis dari informasi edukatif. Beragam jenis tersebut mungkin hanya menggambarkan sebagian kecil dari jenis informasi edukatif secara keseluruhan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi