Sponsors Link

8 Manajemen Komunikasi dalam Pendidikan

Sponsors Link

Manajemen komunikasi dalam pendidikan memiliki pengertian bagaimana suatu proses komunikasi akan diberlakukan di dalam prosed pendidikan. Tentu saja ini erat kaitannya dengan bagaimana strategi yang perlu dipersiapkan dalam komunikasi sehingga bisa berlangsung dengan baik di dalam proses pendidikan. Sebagaimana kita ketahui, manajemen komunikasi digolongkan ke dalam subdisiplin ilmu manajemen itu sendiri. Dalam hal ini, tentu kita harus mengetahui makna dari manajemen terlebih dahulu.

ads

Manajemen memiliki pengertian sebagai ilmu atau seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Sementara itu, komunikasi merupakan proses dimana individu saling terlibat bertukar informasi. Dari kedua pengertian tersebut, maka manajemen komunikasi bisa diartikan sebagai suatu proses timbal balik yang berlangsung di antara individu baik itu proses memberi informasi, membujuk atau memberikan perintah. Manajemen komunikasi di dalam pendidikan kemudian memiliki sebuah makna tersendiri sebagai proses timbal balik yang berlangsung dengan tujuan edukasi.

Ada beberapa macam jenis dari manajemen komunikasi ini. Tentu saja ini berdasarkan dari strategi yang akan dilakukan atau diterapkan pada proses tersebut. Beberapa jenis manajemen komunikasi tersebut antara lain:

  1. Komunikasi formal

Komunikasi formal merupakan jenis manajemen komunikasi di dalam pendidikan yang menunjukkan suatu sikap “resmi” di sana. Hubungan komunikasi yang terjadi memiliki makna lebih, dimana berusaha mencari usaha-usaha terbaik dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat pendidikan.

  1. Komunikasi prosedural

Komunikasi prosedural merupakan manajemen komunikasi yang memiliki sebuah tahapan-tahapan untuk menyelesaikan sesuatu permasalahan. Ini termasuk dalam konteks pendidikan karena bisa memberikan pengetahuan lebih mengenai apa saja yang perlu masuk sebagai bagian dari dunia pendidikan.

  1. Komunikasi teknis

Penjelasan mengenai komunikasi teknis sebenarnya sedikit mirip dengan pengertian dari komunikasi prosedural itu sendiri. Pada dasarnya, manajemen komunikasi dalam pendidikan juga akan menjelaskan hal-hal yang bersifat teknis dan konkret. Di sini komunikasi akan sangat bermanfaat sebagai jembatan dari lalu lintas informasi yang ada. Hambatan-hambatan komunikasi juga bisa ditangani dengan manajemen ini.

  1. Komunikasi informatif

Komunikasi yang ada dalam proses pendidikan juga tentu saja memiliki sifat yang informatif. Komunikasi ini memiliki arti bahwa pesan yang disampaikan memang berfungsi untuk menambah pengetahuan bagi penerima pesan. Ini adalah salah satu karakteristik yang khas dari jenis manajemen komunikasi yang ada pada pendidikan.

  1. Komunikasi edukatif

Komunikasi edukatif sesuai dengan makna harafiahnya berarti pendidikan itu sendiri. Yang membedakan komunikasi ini dengan jenis lainnya adalah bagaimana proses “merujuk” sebuah informasi yang juga harus selalu memiliki sumber. Proses komunikasi tidak memiliki nilai edukatif bila pesan yang disampaikan tidak jelas asal-usulnya. Ini bisa menjadi ciri-ciri media pembelajaran yang baik.

  1. Komunikasi persuasif

Komunikasi persuasif termasuk dalam jenis manajemen komunikasi yang juga diterapkan pada pendidikan. Ini adalah tentang bagaimana membuat suatu ajakan tertentu yang masih memiliki nilai edukatif.

  1. Komunikasi interpersonal

Komunikasi di dalam proses pendidikan juga biasanya menerapkan konsep komunikasi interpersonal. Terdapat hubungan antar individu di sana yang tentu saja menjadi sebuah ciri khas tersendiri, meskipun memang ini termasuk dalam proses komunikasi dalam organisasi.

  1. Komunikasi rekreatif

Selain berbagai macam jenis di atas yang sifatnya memang terkesan untuk menambah wawasan baru, sebenarnya manajemen komunikasi ini juga bisa memiliki sifat rekreatif. Ini terjadi terutama apabila komunikasi yang berlangsung hanya sekedar sebagai sesi berbagi cerita atau pengalaman saja. Konteksnya sama-sama menambah pengetahuan tetapi tidak sekaku manajemen komunikasi lainnya.

Dengan mengetahui berbagai macam jenis manajemen komunikasi tersebut, maka kita bisa dengan tepat menggunakan strategi yang sesuai yang akan kita gunakan nantinya. Mungkin kita juga bisa mempelajari tentang teori strategi komunikasi supaya bisa mendapat penjelasan lebih akan hal ini. Manajemen komunikasi dalam pendidikan adalah hal yang memang menarik untuk dipahami.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :