Sponsors Link

8 Manajemen Komunikasi dalam Perusahaan

Sponsors Link

Apabila kita membicarakan tentang manajemen komunikasi dalam perusahaan, maka hal ini sudah tentu akan sangat identik dengan pembahasan mengenai hubungan antar karyawan hingga pimpinan dalam sebuah perusahaan. Komunikasi menjadi penting, karena bagaimana pun juga di dalam suatu perusahaan ia menjadi sebuah alat untuk bertukar informasi sehingga roda kinerja dari perusahaan tetap bisa berjalan. Tanpa adanya komunikasi, tentu saja perusahaan bisa menjadi beku dan tidak berkembang.

ads

Manajemen komunikasi merupakan sebuah konsep dimana dalam berkomunikasi kita juga harus menerapkan suatu strategi-strategi tertentu sehingga proses komunikasi efektif itu bisa diselesaikan dengan baik. Dalam perusahaan, pengaturan ini penting sehingga kita bisa mengetahui bagaimana teknik komunikasi yang tepat untuk diterapkan. Berikut ini adalah beberapa macam dari jenis manajemen komunikasi yang bisa diterapkan di dalam perusahaan:

  1. Komunikasi formal

Komunikasi formal memiliki pengertian sebagai sebuah proses yang biasanya terjadi dalam jalur komunikasi formal. Di dalamnya ada wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan tugas pekerjaan (job description) masing-masing. Tentu saja, ini berarti proses tersebut bisa mengalir baik dari atasan ke bawahan ataupun dari bawahan ke atasan.

  1. Komunikasi non-formal

Komunikasi non-formal merupakan komunikasi yang terjadi dengan spontan. Ini tidak memerlukan sebuah pengaturan yang khusus dan kaku seperti pada komunikasi formal. Pada dasarnya, biasanya ini terjadi ketika ada suatu ide atau masukan terhadap tugas dan tanggung jawab yang ada di perusahaan.

  1. Komunikasi informal

Komunikas informal sebenarnya hampir mirip dengan komunikasi non-formal. Yang membedakan adalah penekanannya dimana lebih kepada human relations di dalamnya. Biasanya manajemen komunikasi dalam perusahaan ini digunakan ketika akan membahas hal-hal di luar pekerjaan.

  1. Komunikasi teknis

Jenis manajemen komunikasi di dalam perusahaan selanjutnya yaitu komunikasi teknis. Komunikasi teknis ini akan memberikan suatu penjelasan tertentu mengenai apa saja strategi yang akan dilakukan. Pesan dan informasi yang ada di dalamnya lebih bersifat sebagai suatu petunjuk sehingga fungsi komunikasi dalam organisasi bisa terpenuhi dengan tepat.

  1. Komunikasi prosedural

Komunikasi prosedural sebenarnya tidak jauh dengan komunikasi formal. Manajemen komunikasi ini biasa diterapkan ketika akan membuat suatu catatan, pelaporan atau ringkasan dari kinerja perusahaan. Selain itu, penulisan instruksi atau memo juga masuk dalam kategori ini.

  1. Komunikasi vertikal

Manajemen komunikasi selanjutnya yaitu terkait dengan komunikasi vertikal. Ini berarti hubungan timbal balik antara karyawan dengan atasan, atau pun sebaliknya. Di sini kita juga perlu mengetahui etika komunikasi atasan dengan bawahan supaya proses komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Membahas pola komunikasi organisasi ini tentu bisa lebih memudahkan kita dalam mendapat pemahaman.

  1. Komunikasi horizontal

Komunikasi horizontal adalah manajemen komunikasi yang menjabarkan proses komunikasi satu level, misalnya karyawan dengan karyawan atau pimpinan dengan pimpinan. Ini tentu juga ada kaitannya dengan komunikasi intrapribadi maupun komunikasi interpersonal. Pola ini mungkin juga ada kaitannya dengan komunikasi digital.

  1. Komunikasi eksternal

Komunikasi eksternal menjelaskan manajemen komunikasi perusahaan yang akan digunakan keluar. Ini menggambarkan bagaimana perusahaan bisa terhubung dengan lembaga atau perusahaan lainnya. Komunikasi eksternal penting terutama untuk menjaring sebuah kerjasama dengan pihak luar.

Dasar-dasar mengenai manajemen komunikasi memang penting untuk diketahui. Apalagi dalam perusahaan, proses komunikasi adalah bagian yang tentu tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Mungkin masih ada banyak lagi jenis dari manajemen komunikasi tersebut, namun setidaknya beberapa hal di atas sudah menggambarkan secara umum proses komunikasi yang bisa berlangsung di suatu perusahaan. Dengan mengetahui manajemen komunikasi dalam perusahaan, maka teknik dan strategi komunikasi yang tepat bisa diterapkan dengan baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :