Sponsors Link

11 Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Bisnis Berbasis Mix Media

Sponsors Link

Komunikasi pemasaran adalah komunikasi yang dilakukan untuk menginformasikan, mengenalkan, mengingatkan dan membujuk agar konsumen mau membeli produk yang dipasarkan. Menurut Kennedy dan Soemanagara (2006:5), komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

ads

Menurut Kennedy dan Soemanagara (2006:5), komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

Setelah melihat pengertian dari komunikasi pemasaran, maka dapat dilihat bahwa komunikasi pemasaran sangat penting untuk menunjang bisnis. Untuk bisa melakukan komunikasi pemasaran dengan baik, maka diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat pula. Saat ini salah satu strategi komunikasi pemasaran yang paling banyak digunakan adalah strategi komunikasi pemasaran berbasis mix media. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah 11 strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis berbasis mix media :

1. Menggunakan media sosial

Di jaman yang serba canggih ini, hampir setiap orang mempunyai media sosial. Salah satu strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis yang cukup ampuh adalah media sosial. Penggunaan media sosial memberikan dampak yang sangat besar dalam peningkatan penjualan produk.

Selain biaya yang dikeluarkan relatif murah, penggunaan media sosial juga jauh lebih luas cakupannya sehingga produk yang dipasarkan juga menyebar lebih cepat.

Baca juga :

2. Penjualan langsung

Salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis yang cukup klasik dan masih digunakan hingga saat ini adalah penjualan langsung. Penjualan langsung atau direct selling biasanya menggunakan jasa SPG (sales promotion girl) atau SPB (sales promotion boy). 

Penjualan langsung dilakukan dengan cara mendatangi konsumen secara langsung dan memberikan informasi mengenai produk sebanyak mungkin sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.

3. Sponsor

Suatu produk akan jauh lebih mudah dikenali jika produk tersebut hadir dalam berbagai kegiatan. Dengan menjadi sponsor sebuah acara atau kegiatan, produk akan memiliki kemudahan dalam membentuk brand awareness di mata masyarakat.

Meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun hasil yang didapatkan dari menjadi sponsor sebuah acara sangatlah besar. Maka dari itu banyak perusahaan yang saling berlomba-lomba dalam menjadi sponsor.


Baca juga:

4. Point of purchase

POP atau point of purchase merupakan bentuk dari strategi penjualan dengan membuat iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan. Hal ini biasanya dilakukan di minimarket atau supermarket yang memiliki etalase untuk memajang produk.

Iklan kecil berupa potongan harga atau promosi lain ditempatkan di dekat produk sehingga konsumen yang akan membeli produk tersebut mengetahui tentang promosi yang sedang berlangsung. Cara ini biasanya akan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian lebih banyak dari yang seharusnya.

5. SMS

Bukan hanya media sosial saja, bahkan kini dengan menggunakan pesan singkat atau SMS, sebuah produk dapat dipromosikan kepada konsumen. Anda tentunya tidak asing lagi dengan berbagai promosi yang dilakukan melalui SMS.

Promosi berupa potongan harga atau hadiah merupakan salah satu strategi komunikasi pemasaran melalui SMS. Strategi komunikasi ini dilakukan dengan langsung menuju ke sasaran konsumen sehingga bisa dipastikan bahwa konsumen benar-benar mengetahui promosi yang sedang berlangsung.

Baca juga:

6. Brosur

Strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis berbasis mix media lainnya adalah dengan menggunakan brosur. Brosur biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru. Brosur disebarkan kepada konsumen secara langsung agar konsumen mengetahui informasi mengenai produk secara langsung.

7. Edisi terbatas

Salah satu strategi pemasaran yang cukup unik dan mampu mendobrak penjualan dengan waktu yang singkat adalah dengan mengeluarkan edisi terbatas. Dengan mengeluarkan produk berembel-embel edisi terbatas, maka konsumen akan lebih antusias untuk memiliki produk tersebut dikarenakan takuh kehabisan stok.

Meskipun hanya berlangsung singkat, namun strategi mengeluarkan edisi terbatas dapat membuat konsumen lebih peka terhadap brand awareness sehingga produk yang akan diluncurkan berikutnya lebih mudah dikenali.

Baca juga:

8. Iklan televisi

Strategi komunikasi pemasaran lain yang masih berada dalam urutan pertama sebagai yang paling ampuh adalah iklan televisi. Penayangan iklan di televisi memiliki dampak yang cukup besar dalam peningkatan penjualan produk. Hampir seluruh rumah di Indonesia memiliki televisi sehingga menampilkan iklan di televisi masih menjadi media komunikasi dalam pemasaran yang paling jitu.


Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup mahal, namun hasil yang didapatkan sangat baik. Kemudahan dalam mengenalkan produk kepada masyarakat luas dalam waktu singkat membuat produk cepat laku di pasaran.

9. Iklan radio

Bentuk strategi komunikasi pemasaran lainnya adalah iklan di radio. Radio memiliki efek yang cukup kuat bagi sebuah produk. Diputar di berbagai daerah bahkan daerah terpencil sekalipun membuat masyarakat mudah mendapatkan informasi mengenai berbagai macam produk.

10. Spanduk

Bentuk lain dari strategi komunikasi pemasaran yang banyak dilakukan adalah menggunakan spanduk sebagai alat promosi. Spanduk yang digunakan biasanya diletakkan di beberapa tempat tertentu yang cukup strategis, misalnya di depan toko, di pinggir jalan, atau tempat lain yang mudah dilihat oleh konsumen.

Baca juga:

11. Mulut ke mulut

Model strategi komunikasi pemasaran dari mulut ke mulut cukup ampuh dalam mendongkrak penjualan. Dengan membuat sebuah wacana lalu menyebarkan informasi tersebut dari mulut ke mulut, maka secara otomatis konsumen akan datang mencari produk yang dibicarakan. Hal ini berkaitan dengan pemikiran konsumen dimana rekomendasi dari kenalan akan jauh lebih dipercaya dibandingkan dengan penjual produk itu sendiri.

Itulah 11 strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis berbasis mix media. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :