Sponsors Link

13 Kelebihan Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Sponsors Link

Brand awareness adalah kesadaran konsumen dalam mengenali produk yang dipasarkan. Dalam komunikasi bisnis, meningkatkan brand awareness sangatlah penting karena berhubungan dengan jumlah penjualan produk.

ads

Di jaman yang semakin canggih ini, salah satu media komunikasi modern yang digunakan dalam komunikasi pemasaran adalah media komunikasi internet, yakni media sosial. Kekuatan media sosial begitu besar sehingga sangat berpengaruh terhadap penjualan. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah 13 kelebihan media sosial untuk meningkatkan brand awareness :

1. Lebih mudah mengenali konsumen

Untuk bisa mencapai target penjualan seperti yang diinginkan, hal yang paling penting dalam membangun kesadaran brand awareness pada konsumen adalah dengan mengenali konsumen itu sendiri. Salah satu cara paling mudah dalam mengenali konsumen adalah dengan menggunakan media sosial.

Media sosial dimiliki hampir oleh setiap orang di seluruh dunia, bahkan media sosial tidak pernah ditinggalkan sedetik pun. Maka dari itu, cara paling cepat dalam mengenali konsumen tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen adalah dengan menggunakan media sosial.

Baca juga:

2. Membantu pencarian target dengan lebih efektif

Tentu Anda tidak asing lagi dengan tagar atau hashtag yang sering digunakan untuk melakukan pencarian. Misalnya saja ketika ingin mencari kopi luwak, maka Anda tinggal mengetik #kopiluwak di media sosial Anda dan selanjutnya ribuan hasil pencarian akan muncul.

Dengan media sosial, konsumen juga akan lebih mudah mengenali produk melalui tagar. Pencarian yang lebih efektif ini akan menggiring konsumen pada produk yang diinginkan.

3. Mengenalkan produk baru lebih mudah

Tak hanya sekedar menemukan produk kesukaan saja, dengan menggunakan media sosial, konsumen juga akan lebih mudah untuk diperkenalkan dengan produk baru. Perusahaan tidak lagi perlu repot untuk mempromosikan produk baru karena hanya dengan mengunduh foto produk baru, maka secara otomatis konsumen akan dapat melihat produk baru tersebut.

Konsumen juga akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai detail produk tanpa perlu menghubungi perusahaan karena terdapat penjelasan singkat di bawah gambar produk. 


Baca juga :

4. Kemudahan memperluas pasar

Media sosial adalah salah satu media komunikasi yang mampu menjangkau seluruh dunia bahkan hingga ke pedalaman sekalipun. Kemampuan media sosial inilah yang akan memudahkan perusahaan untuk memperluas pasar.

Dengan semakin meluasnya pasar yang dirambah oleh produk, maka akan semakin mudah pula untuk meningkatkan brand awareness bagi konsumen. 

5. Lebih maju dibandingkan pesaing lainnya

Kelebihan media sosial untuk meningkatkan brand awareness lainnya adalah selangkah lebih maju dibandingkan dengan pesaing lainnya. Dengan menggunakan media sosial, maka Anda bisa melihat strategi pemasaran apa yang digunakan oleh pesaing. Semua kelebihan dan kekurangan pesaing dapat diketahui melalui jejak pemasaran mereka di media sosial.

Dengan menganalisa strategi pemasaran yang mereka lakukan, maka Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang digunakan oleh saingan. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

Baca Juga :

6. Lebih cepat

Berbeda dengan media komunikasi lain seperti spanduk atau brosur bahkan iklan televisi yang mengharuskan Anda mempersiapkan berbagai keperluan untuk iklan selama berhari-hari, media sosial justru sangat cepat.

Hanya dalam hitungan detik saja, Anda sudah bisa mengirimkan pesan mengenai produk Anda ke seluruh dunia. Dan hanya dalam hitungan detik saja, brand awareness terhadap produk Anda jauh lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Kecepatan media sosial inilah yang sangat menunjang dalam kecepatan peningkatan brand awareness konsumen.

7. Lebih murah

Tak hanya lebih cepat dibandingkan dengan media komunikasi lainnya, tapi juga lebih murah. Berbeda dengan media lain seperti radio atau televisi, media sosial justru sangat murah, bahkan kebanyakan justru gratis. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang menggunakan media sosial sebagai ajang ekspresi diri sehingga media sosial tidak pernah kosong bahkan sedetik pun.


Baca juga:

8. Mendapatkan konsumen baru

Dengan ramainya pengunjung media sosial, maka perusahaan juga akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan konsumen baru. Kepadatan jumlah pengunjung media sosial menjadi keuntungan bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness.

Setiap detik akan ada saja akun baru yang bermunculan di media sosial dan saat itulah kesempatan perusahaan untuk mendapatkan konsumen baru juga jauh lebih terbuka.

9. Lebih dekat dengan konsumen

Untuk meningkatkan brand awareness, maka salah satu hal yang diperlukan adalah kenyamanan bagi konsumen. Jika konsumen sudah merasa nyaman dan kebutuhannya telah terpenuhi melalui produk tersebut, maka akan sangat mudah untuk menanamkan brand awareness pada konsumen.

Melalui media sosial inilah perusahaan bisa lebih mendekatkan diri dengan konsumen. Misalnya saja perusahaan dapat membuat sebuah kompetisi atau penghargaan kepada konsumen yang setia melalui media sosialnya.

10. Memudahkan konsumen mengenali produk dimana saja

Jika sebuah perusahaan sangat aktif di media sosial dalam memperkenalkan produknya, maka akan memudahkan konsumen untuk mengenali produk dimana saja. Intensitas melihat produk yang cukup sering di media sosial akan secara otomatis membuat rekaman memori dalam otak konsumen mengenai logo mapun tampilan produk.

Dengan begitu, brand awareness akan lebih mudah ditingkatkan dan konsumen akan lebih tertarik untuk selalu membeli produk yang sama meskipun ada produk saingan lainnya.

Baca juga:

11. Meningkatkan loyalitas konsumen

Konsumen yang sering mendapatkan promo melalui media sosial biasanya akan menjadi lebih loyal terhadap produk tersebut. Mereka biasanya akan selalu mengunjungi halaman media sosial produk setiap harinya untuk mengetahui informasi terbaru produk tersebut. Kegiatan ini secara otomatis akan meningkatkan brand awareness konsumen karena intensitas mengunjungi halaman media sosial produk.

12. Meningkatkan citra produk

Menggunakan media sosial untuk meningkatkan citra produk bisa dilakukan dengan sering memposting berbagai kelebihan produk di media sosial. Seiring dengan meningkatnya citra produk di mata konsumen, maka brand awareness juga akan ikut meningkat.

13. Kemudahan berhubungan dengan konsumen

Kelebihan lain dari penggunaan media sosial dalam meningkatkan brand awareness adalah kemudahan dalam berhubungan dengan konsumen. Kini konsumen tidak lagi perlu kebingungan untuk menyampaikan opininya karena media sosial telah menjembatani konsumen dengan produsen dalam cara yang sangat praktis.

Itulah 13 kelebihan media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. 

 

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :