Sponsors Link

12 Fungsi Humas Dalam Lembaga Pemerintahan

Sponsors Link

Humas atau hubungan masyarakat dalam pemerintahan memegang peranan yang sangat penting. Begitu banyak peran atau fungsi humas dalam pemerintahan sehingga diperlukan orang-orang yang berkompeten untuk menjalankan fungsi humas ini. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah 12 fungsi humas dalam lembaga pemerintahan.

ads

1 . Memperkenalkan program pemerintah

Salah satu fungsi utama dari humas dalam lembaga pemerintahan adalah memperkenalkan program pemerintah kepada masyarakat. Program yang dibuat oleh pemerintah tentunya adalah program yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, maka dari itu program pemerintah yang baru saja dibuat baru akan bisa berfungsi dengan baik jika dikenalkan kepada masyarakat luas.

Program pemerintah tidak akan mungkin bisa berjalan jika tidak dikenalkan ke masyrarakat luas. Maka dari itu, peranan humas dalam sebuah lembaga pemerintahan sangatlah penting karena merekalah yang akan membawa program pemerintah ke hadapan masyarakat.

Baca juga:

2. Menyampaikan informasi ke masyarakat

Humas juga mempunyai peranan untuk menyampaikan informasi penting kepada masyarakat luas. Misalnya saja ketika membuka perekrutan untuk pegawai negeri sipil yang baru, maka tentunya humas dalam lembaga tersebut akan memberikan informasi kepada masyarakat.

Tanpa memberikan informasi ini ke luar, maka akan sangat sulit untuk melakukan perekerutan bagi pegawai negeri sipil yang baru. Malah justru dapat menyebabkan posisi yang kosong tersebut diisi dengan orang-orang yang mempunyai koneksi di dalam atau terjadinya nepotisme.

3. Sebagai mediator dengan instansi lain

Sebuah lembaga pemerintahan biasanya akan selalu melakukan hubungan dengan lembaga lainnya. Untuk bisa melakukan kerjasama atau hubungan dengan lembaga atau instansi lain, maka diperlukan orang yang berkompeten dalam melakukan negosiasi sehingga dapat terjalin kerjsasama yang baik. 

Keberlangsungan sebuah lembaga sangat bergantung pada baik tidaknya kerjasama dengan instansi atau lembaga lain. Kekuatan dalam negosiasi dengan lembaga lain sangat bergantung pada kemampuan mediator atau humas.


Baca juga:

4. Menjaga nama baik lembaga 

Peranan dan fungsi humas dalam lembaga pemerintahan lainnya adalah menjaga nama baik lembaga. Nama baik sebuah lembaga sangat bergantung pada baik tidaknya bagian humas di dalamnya memainkan peranan mereka. Ketika sebuah lembaga pemerintahan mengalami masalah, bagian humas harus segera berada di baris paling depan untuk tetap menjaga nama baik lembaga tersebut.

Humas harus mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat atas masalah yang terjadi agar tidak terjadi kericuhan yang lebih parah yang berakibat pada tercorengnya nama lembaga. Humas juga harus memiliki kemampuan menyampaikan dan mempengaruhi masyarakat agar tetap memiliki penilaian yang baik terhadap lembaga.

5. Menciptakan iklim yang kondusif

Sebuah lembaga sangat memerlukan bagian humas untuk menciptakan iklim yang kondusif dalam pembangunan nasional. Iklim yang kondusif yang diciptakan haruslah terjaga dengan baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Iklim yang kondusif dalam pembangunan nasional dapat dicapai dengan melakukan beberapa kerjasama dengan pihak swasta. Hal ini dapat terwujud melalui peranan humas yang mampu mengadakan negosiasi yang baik bagi lembaga untuk ke depannya.

Baca juga:

6. Agen pembentuk opini publik

Kemampuan yang paling menarik dari humas adalah mampu mempengaruhi opini atau pemikiran masyarakat luas. Kemampuan inilah yang sangat diperlukan dalam membentuk opini publik yang diperlukan bagi lembaga dalam menjaga kredibilitas lembaga tersebut.

Opini publik yang telah dibentuk oleh humas akan lebih memudahkan lembaga untuk membentuk citra baik di hadapan masyarakan luas sehingga lembaga pemerintahan tersebut lebih mudah untuk mengaplikasikan peraturan yang baru dibuat kepada masyarakat.

7. Pengemas agenda setting

Agenda setting adalah cara menyampaikan suatu kebijakan baru kepada publik agar lebih mudah diterima. Fungsi humas dalam sebuah lembaga pemerintahan tentunya akan sangat penting dalam mengenalkan kebijakan baru kepada masyarakat.


Pengenalan kebijakan baru apalagi yang sangat bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat tentunya akan menjadi kendala paling besar bagi lembaga tersebut. Disinilah humas dituntut untuk mampu membuat sebuah metode pengemasan yang baik agar kebijakan baru yang terasa asing jauh lebih akrab dan ramah di mata masyarakat.

Baca juga:

8. Pembangun kepercayaan publik

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan publik bagi suatu lembaga pemerintahan, apalagi jika kebijakan lembaga tersebut bertentangan dengan nilai adat masyarakat. Maka dari itu, humas sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan publik ini.

Kemampuan dalam berkomunikasi dan bernegosiasi tentunya menjadi senjata andalan dalam membangun kepercayaan publik. Jika lembaga telah mendapatkan kepercayaan masyarakat, maka akan jauh lebih mudah untuk menerapkan kebijakan baru di masyarakat.

9. Membangun citra pemerintah

Tak hanya membangun kepercayaan publik, humas juga bertanggung jawab dlam membangun citra positif lembaga pemerintahan di mata masyarakat. Dengan membangun kepercayaan dan membentuk opini publik agar menyetujui setiap kebijakan yang dibuat oleh lembaga, maka secara otomatis, masyarakat akan memandang baik lembaga pemerintahan tersebut.

10. Penyusun strategi komunikasi efektif

Hal penting lainnya yang dapa terwujud dengan adanya humas dalam sebuah lembaga pemerintahan adalah tersusunnya strategi komunikasi efektif yang baik. Strategi komunikasi yang efektif akan memudahkan pemerintah untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat dalam menjalankan setiap fungsi pemerintahan.

Berbagai kebijakan juga akan jauh lebih mudah diterima oleh masyarakat sehingga baik pemerintah dan rakyat akan saling mendukung satu sama lain dalam mewujudkan sebuah negara yang adil dan makmur.

baca juga:

11. Menerima informasi dari masyarakat

Tak hanya sekedar tugas satu arah saja, humas juga harus mampu menjadi jembatan komunikasi dari luar ke dalam lembaga pemerintahan. Dengan menerima informasi dari masyarakat, maka lembaga pemerintahan akan jauh lebih mengerti dan peka terhadap kebijakan apa yang baik untuk masyarakat. Masyarakat yang merasa diperhatikan pun akan menaruh simpati lebih kepada lembaga pemerintahan tersebut. 

12. Mengawasi pendapat masyarakat

Selain menerima informasi, humas juga berfungsi untuk mengawasi dan memberikan feed back kepada masyarakat atas opini mereka terhadap lembaga pemerintahan. Setiap opini masyarakat ini akan diterima dan disampaikan kepada pimpinan lembaga untuk ditanggapi.

Itulah 12 fungsi humas dalam lembaga pemerintahan. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, ,
Oleh :