Sponsors Link

Metode Pendekatan Objektif Dalam Teori Komunikasi

Sponsors Link

Ilmu komunikasi merupakan salah satu cabang dari ilmu sosial yang memiliki sifat multidisiplin. Hal ini disebabkan karena pendekatan-pendekatan yang digunakan didalam teori komunikasi berasal dan juga menyangkut beberapa bidang keilmuan atau disiplin lainnya. Terlebih lagi objek pengamatan didalam ilmu komunikasi maupun teori komunikasi juga sangat beragam dan luas, seperti aspek sosial, budaya, ekonomi, maupun juga aspek politik yang ada didalam kehidupan sehari-hari manusia.

ads

Secara umum setidaknya ada dua pandangan atau pendekatan yang digunakan dalam keilmuan yang ada didalam kalangan masyarakat akademis. Kedua pendekatan tersebut adalah pendekatan objektif dan pendekatan subjektif, termasuk pula berlaku didalam teori komunikasi. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai pendekatan objektif dalam teori komunikasi agar komunikasi yang efektif dapat berjalan bersamaan.

  • Teori Komunikasi

Komunikasi merupakan bagian yang penting dalam berlangsungnya kehidupan manusia. Oleh sebab itu, seiring berkembangnya kehidupan manusia juga memunculkan yang disebut sebagai suatu teori komunikasi. Teori komunikasi merupakan suatu pemikiran atau pandangan mengenai sistem penyampaian pesan. Dan didalamnya mengandung komponen-komponen berupa suatu unsur komunikasi yang saling terkait satu sama lainnya agar pesan dapat tersampaikan dari komunikator kepada komunikan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa ruang lingkup ilmu komunikasi sangatlah luas, hal ini juga berakibat pada munculnya macam-macam teori komunikasi menurut para ahli. Oleh sebab itulah, pendekatan didalam teori komunikasi memiliki peranan yang penting pula karena dapat menentukan arah dari teori komunikasi yang terbentuk.

  • Pendekatan Objektif

Dalam sejarah perkembangan ilmu komunikasi, pendekatan-pendekatan didalam keilmuan merupakan suatu kerangka dasar dari teori komunikasi. Salah satu pendekatan yang ada adalah melalui pendekatan objektif, dimana didalam bidang keilmuan pendekatan objektif sangat erat kaitan dengan pendekatan scientific. Landasan dasar dari pendekatan objektif adalah bahwa dunia ini pada dasarnya memang memiliki bentuk dan struktur.

Pendekatan objektif juga dimaksudkan untuk menekankan prinsip standarisasi observasi dan konsistensi pada teori komunikasi maupun bidang keilmuan secara umum. Pendekatan objektif dalam teori komunikasi juga memisahkan dengan jelas antara known atau objek yang di teliti dengan knower atau peneliti. Biasanya pendekatan objektif ini berada didalam teori komunikasi dan akan menggunakan metode eksperimen. Hal ini dilakukan untuk menguji objek yang diteliti untuk menghasilkan suatu teori komunikasi yang baru.

Tujuan dari penelitian ini biasanya mengarah pada upaya untuk mengukur ada tidaknya pengaruh serta hubungan sebab akibat antara dua variabel atau objek dan juga bisa lebih. Beberapa poin penting dari pendekatan objektif dalam teori komunikasi diantaranya adalah :

  • Pendekatan objektif bertujuan untuk menstandarisasikan observasi demi mencapai teori komunikasi yang baru.
  • Menggunakan pendekatan objektif juga bermaksud untuk mengurangi perbedaan-perbedaan pandangan mengenai hasil pengamatan, artinya bahwa metode penelitian komunikasi yang digunakan dengan pendekatan objektif akan menghasilkan hasil yang sama.
  • Pendekatan objektif dalam teori komunikasi juga memandang bahwa ilmu pengetahuan termasuk ilmu komunikasi merupakan sesuatu yang berada di luar sana, artinya berada diluar dari diri peneliti maupun pengamat. Hal ini yang mengarahkan pada penggunaan objek penelitian pada teori komunikasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pendekatan objektif dalam teori komunikasi sebagai salah satu pendekatan yang juga digunakan didalam ilmu komunikasi terutama dalam pembentukan teori-teori komunikasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Teori Komunikasi