Sponsors Link

5 Fungsi Sosial dalam Komunikasi Online

Sponsors Link

Adanya beberapa macam fungsi seperti fungsi sosial dalam komunikasi online membuat cara berinteraksi orang saat ini menjadi sangat bervariasi. Komunikasi online atau bisa juga disebut dengan komunikasi dalam jaringan (daring) merupakan komunikasi yang menggunakan jaringan internet. Pertukaran informasi saat ini  sangatlah mudah. Jarak dan waktu bukan menjadi penghalang bagi setiap orang untuk tetap terhubung satu sama lain melalui jenis komunikasi ini. Tentu saja, ini merupakan manfaat positif yang bisa membuat perkembangan peradaban semakin gencar adanya.

ads

Baca juga:

Komunikasi online selain memudahkan dalam proses berinteraksi, juga memberikan beragam manfaat lainnya. Meski tidak bisa ditampik pula bahwa ada kalanya hal-hal yang cenderung negatif juga cenderung timbul dari penggunaan komunikasi ini. Kita akan membahas mengenai bagaimana fungsi yang lebih positif kali ini. Fungsi ini ada kaitannya dengan fungsi secara umum dari komunikasi online itu sendiri yaitu fungsi sosial. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Membagikan Informasi Secara Luas

Fungsi paling inti dan mungkin akan selalu ada di setiap jenis komunikasi yaitu fungsi dalam hal membagikan informasi. Komunikasi online mampu memberikan manfaat positif ini. Setiap jenis informasi yang ada bisa dengan mudah dibagikan untuk kemudian menjadi hal yang bermanfaat bafi setiap orang. Tentu saja hal ini selaras dengan bagaimana proses informasi tersebut akan disebarkan. Walaupun sahih atau tidaknya informasi tersebut saat ini tengah menjadi hal yang sering diperbincangkan, namun setidaknya kemudahan akan akses informasi menjadi hal yang patut diapresiasi.

  1. Menghubungkan Kelompok Sosial

Kelompok sosial tertentu bisa saling terhubung melalui komunikasi daring. Kita mengetahui ada banyak fitur yang ditawarkan melalui platform tertentu dalam komunikasi daring. Katakanlah beberapa dari platform tersebut menawarkan fitur grup sebagai wadah untuk berkumpul karena kesamaan minat. Tentu saja ini bisa membuat individu bisa dengan mudah menemukan peer group yang sesuai dengan minatnya. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring)

  1. Memberitakan Kabar Sosial

Beragam kabar dan berita sosial juga lebih cepat disebarkan melalui komunikasi online. Ini merupakan fungsi sosial dalam komunikasi online yang juga turut diperhitungkan. Kita bisa dengan cepat mengetahui kabar atau berita dengan membaca perkembangan yang ada dalam media online. Manfaat ini tentu saja bisa ke arah positif atau negatif, tergantung dari penggunannya.

  1. Mendiskusikan Permasalahan Sosial

Tidak jarang pula komunikasi melalui jaringan internet semacam ini juga digunakan untuk memecahkan permasalahan sosial yang ada. Masing-masing individu akan berusaha untuk menangani apa-apa saja yang memang menjadi issue saat ini. Komunikasi online memudahkan setiap pihak untuk bisa bertukar pendapat atau menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

  1. Melacak Kelompok Sosial

Fungsi menarik lainnya yaitu fungsi untuk melacak kelompok sosial. Sebagai contoh, ketika kita ingin mencari kelompok alumni dari suatu instansi yang pernah kita ikuti, media online mampu membantu untuk melacak keberadaan kelompok tersebut. Luasnya informasi yang ada memberikan kesempatan dan peluang yang tidak terbatas. (Baca juga: Komponen pendukung komunikasi daring)

Melalui beragam fungsi tersebut, kita bisa tahu bahwa komunikasi online sangat bermanfaat. Semua juga tergantung dari bagaimana individu dalam menggunakan fasilitas tersebut. Manfaat sosial yang ada seperti itu tentu saja membantu banyak dalam kehidupan bermasyarakat. Mudah-mudahan informasi mengenai fungsi sosial dalam komunikasi online ini bermanfaat dan sampai jumpa pada posting menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital