Sponsors Link

6 Fungsi Relationship dalam Komunikasi Organisasi

Sponsors Link

Beberapa dari kita mungkin pernah membaca mengenai fungsi relationship dalam komunikasi organisasi. Komunikasi merupakan salah satu alat yang paling penting terutama untuk menciptakan interaksi individu. Salah satu bentuk komunikasi yang umum kita temui adalah komunikasi organisasi. Jenis komunikasi ini memungkinkan sekelompok orang di dalam wadah (organisasi) yang sama untuk mencapai sebuah tujuan bersama melalui proses interaksi yang ada di dalamnya. Komunikasi memegang peranan yang penting terutama untuk membangun setiap proses yang ada di dalamnya.

ads

Baca juga:

Karena komunikasi dianggap penting, maka tidak heran jika ada banyak sekali fungsi dari komunikasi itu sendiri. Salah satunya adalah fungsi relationship. Secara harafiah, relationship memiliki arti sebagai hubungan atau jalinan. Kita bisa mendapat gambaran umum bahwa komunikasi bisa membangun sebuah hubungan melalui pengertian tersebut. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa macam fungsi dari komunikasi yang memiliki fungsi relationship. Apa sajakah itu?

  1. Mengembangkan Interaksi

Melalui komunikasi, akan tercipta sebuah jalinan di antara individu yang terlibat dari interaksi yang terus menerus dilakukan. Ini biasanya akan selaras dengan perjalanan waktu. Artinya, seiring waktu berlalu, maka jalinan atau relationship tersebut akan semakin berkembang dan interaksi yang ada pun semakin sering dilakukan. Nantinya ini akan berpengaruh pada tingkat keakraban dari setiap individu yang terlibat di dalam proses komunikasi interpersonal tersebut.

  1. Menguatkan Kerja Sama

Setelah terciptanya jalinan yang cukup akrab, maka kerja sama yang ada di dalam organisasi akan semakin kuat. Hal ini tentu saja karena dengan keakraban seseorang akan menjadi lebih mudah untuk menyampaikan pendapatnya. Ia tidak akan begitu khawatir ketika ide yang ia cetuskan ditolak karena ia tahu bahwa berpendapat bukanlah sesuatu yang salah di dalam organisasi.

  1. Cepat Menyatukan Persepsi

Ada banyaknya persepsi dalam sebuah organisasi ketika sedang berlangsung proses komunikasi merupakan hal yang wajar. Relationship akan banyak membantu untuk menyatukan persepsi dari setiap individu sehingga hal ini akan mempercepat proses penyelesaian masalah atau pun pencapaian tujuan yang diinginkan oleh organisasi tersebut.

  1. Mempercepat Penyelesaian Masalah

Seperti telah disinggung di poin sebelumnya, masalah bisa diselesaikan dengan lebih cepat karena adanya fungsi relationship dalam komunikasi organisasi. Fungsi ini akan membantu untuk menelaah apa masalah yang sedang terjadi kemudian secara efektif akan diselesaikan karena tidak adanya gap atau celah antara individu yang sedang terlibat di dalam organisasi.

  1. Menguatkan Organisasi

Karena ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama, maka organisasi akan menjadi lebih kuat. Manfaat ini tentu saja positif bagi sebuah kelompok atau organisasi karena mereka bisa menguatkan apa yang menjadi cita-citanya. Setidaknya masing-masing individu kemudian akan menyadari apa yang menjadi visi dari organisasi sehingga bersama-sama mereka akan saling bergerak menuju visi yang ingin dicapai tersebut. (Baca juga: Manajemen public relations)

  1. Menumbuhkan Sikap Saling Mengerti

Yang tidak kalah penting, dengan adanya fungsi relationship ini akan timbul sikap saling mengerti antar individu. Organisasi yang kuat tentunya berisi orang-orang yang mampu bekerja sama dengan baik. Sikap kerja sama yang baik ini tidak akan bisa dicapai jika tidak ada sikap saling mengerti di dalamnya. Setidaknya komunikasi mampu memberikan manfaat semacam ini.

Itulah tadi beberapa macam fungsi dari komunikasi organisasi. Kita bisa melihat bahwa berbagai macam fungsi tersebut penting dan bisa memberikan manfaat yang terbaik bagi organisasi. Jangan segan untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai fungsi relationship dalam komunikasi organisasi ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :