Sponsors Link

10 Manfaat Komunikasi Daring (Komunikasi Online)

Sponsors Link

Komunikasi dalam jaringan atau yang sering dikenal dengan komunikasi daring dalam ilmu komunikasi. Komunikasi daring merupakan sebuah proses penyampaian dan penerimaan pesan yang dilakukan dengan menggunakan sistem teknologi jaringan berbasis internet.

ads

Teknologi yang semakin canggih ini mampu membuka dunia komunikasi tanpa batas. Komunikasi daring ini memberikan informasi secara luas tanpa batasan ruang dan waktu. Komunikasi daring ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti adanya penggunaan media sosial yang sering diakses oleh kalangan remaja. Adapun manfaat komunikasi daring adalah sebagai berikut:

  1. Pusat informasi

Komunikasi daring memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Komunikasi daring menjadi pusat informasi oleh seluruh masyarakat karena informasi yang disajikan lebih luas. Oleh karena itu, komunikasi daring tidak terbatas dengan jarak dan waktu karena komunikasi daring menggunakan media internet. (Baca juga: Penerapan Komunikasi Daring)

  1. Memotivasi

Komunikasi daring bermanfaat untuk memotivasi seseorang. Komunikasi yang dilakukan dalam media daring ini tidak terbatas, sehingga memudahkan seseorang bertukar informasi. Komunikasi tersebut dapat berupa motivasi untuk memberi semangat seorang komunikan.

Misalnya, seorang yang memiliki pengalaman pribadi sering kali menceritakan pengalaman pribadinya sebagai kata-kata mutiara yang ditulis di dalam media sosial pribadinya. Kata-kata mutiara tersebut mengandung informasi yang mungkin sebagian individu yang melihatnya akan termotivasi ketika memiliki pengalaman yang sama dengan orang tersebut. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring)

  1. Ekspresi diri

Ekspresi diri merupakan salah satu manfaat dalam komunikasi daring. Komunikasi daring yang bersifat luas dan heterogen ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alat ekspresi diri.

Teknologi yang semakin canggih ini membuat seseorang dengan mudah mengekspresikan emosinya masing-masing terutama di media sosial. Banyak orang yang mementingkan emosionalnya untuk diketahui banyak orang baik berupa kesenangan, kesedihan, kekecewaan, dan lain sebagainya. (Baca juga: Komponen Pendukung Komunikasi Daring)

  1. Interaksi sosial

Komunikasi daring berfungsi untuk interaksi sosial. Komunikasi daring yang sering digunakan oleh masyarakat adalah berupa jaringan internet yang dikemas dengan berbagai aplikasi seperti aplikasi messanger, media sosial, surat elektronik, dan lain sebagainya.

Interaksi sosial ini memanfaatkan teknologi sebagai komunikasi jarak jauh dan tempat yang berbeda-beda pula. Interaksi sosial dalam komunikasi daring ini tidak perlu melakukan proses tatap muka, sehingga komunikasi akan tetap berjalan dengan efektif. (Baca juga: Jenis Metode Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Membentuk komunitas

Komunikasi daring dapat membentuk suatu komunitas. Berbagai individu yang menerapkan komunikasi daring dalam interaksi sosial ini dapat berkomunikasi antara individu dengan individu lainnya. Komunikasi daring ini menyatukan individu dengan individu lainnya dan membentuk suatu komunitas.

Pembentukan komunitas ini terjadi karena adanya individu yang memiliki hobi dan minat yang sama. Misalnya, komunitas pencinta k-pop, komunitas pencinta hewan langka, komunitas motor, dan lain sebagainya. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring)

  1. Meningkatkan kreativitas

Adanya komunikasi di kalangan masyarakat dapat meningkatkan kreativitas seseorang.  Setiap orang memiliki jiwa seni seperti mengabadikan sebuah momen dengan tulisan maupun gambar. Media sosial yang tergolong sebagai media dalam komunikasi daring ini dimanfaatkan untuk mengekspresikan kreativitas masyarakat.

Misalnya, masyarakat yang hobi menulis dapat memanfaatkan blog sebagai medianya, orang yang hobi mengabadikan momen dengan foto dapat menyalurkan hobinya di instagram, dan lain sebagainya. (Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Komunikasi Daring)

  1. Aksesbilitas

Komunikasi daring ini memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi. Internet yang bersifat tanpa batas ini memberikan informasi dan pengetahuan yang luas. Dengan mudahnya seseorang dapat mengakses bebagai macam informasi baik informasi dalam negeri maupun informasi luar negeri.

Selain itu, komunikasi daring ini dapat digunakan dimanapun dan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. (Baca juga: Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya)

  1. Fleksibel

Selain aksesbilitas, komunikasi daring juga memiliki manfaat yang fleksibel untuk komunikator dan komunikan. Komunikasi daring ini dapat digunakan dengan mudah dan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan manusia dengan bentuk apapun.

Komunikasi yang fleksibel dapat dilakukan tanpa tatap muka seperti melalui chat, sms, telpon, voice call. Jika membutuhkan komunikasi melalui tatap muka maka teknologi menyajikan aplikasi video call yang mana aplikasi ini dapat menampilkan gambar antara komunikator dan komunikan. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring Sinkron)

Sponsors Link

  1. Hemat waktu

Komunikasi ini hanya mengandalkan internet untuk mengakses berbagai informasi. Komunikasi daring tidak mempersulit proses komunikasi antara komunikator dengan komunikan, tetapi komunikasi ini mempermudah seseorang dalam berinteraksi.

Interaksi tidak hanya dilakukan dengan tatap muka saja yang membutuhkan banyak waktu untuk proses komunikasinya. Komunikasi daring yang instan ini menjadi solusi untuk masyarakat yang sibuk dengan berbagai aktivitas, sehingga tidak dapat berinteraksi dengan tatap muka. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Daring)

  1. Hemat biaya

Komunikasi daring dominan dengan komunikasi nirkabel karena menggunakan jaringan internet untuk proses komunikasinya. Hemat biaya adalah salah satu manfaat dari komunikasi daring. Komunikasi yang menggunakan internet ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena tidak sulit untuk media pemancar sinyalnya yang hanya menggunakan gelombang sinyal yang dipancarkan oleh satelit. Jaringan internet ini hemat biaya. (Baca juga: Contoh Tipe Komunikasi Asinkron)

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat komunikasi daring atau biasa dikenal dengan komunikasi online

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring