Sponsors Link

17 Fungsi Berita dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Di era informasi seperti sekarang ini, kita banyak sekali disuguhkan dengan beragam berita, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Di abad komunikasi massa, kita memperoleh berita melalui media massa seperti surat kabar, televisi, dan radio.

ads

Kini, di era informasi, kita memperoleh berita selain melalui media juga melalui internet. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat telah menghasilkan beragam peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan kita dapat mengakses berita dengan mudah. Kini, kita dapat memperoleh beragam berita melalui media massa, media sosial, portal berita, dan lain-lain.

Pengertian              

Terdapat beberapa pengertian berita, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang dimaksud dengan berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Selain itu, berita juga dimaknai sebagai kabar, laporan, pemberitahuan atau pengumuman.
  • Dictionary Mass Communication, berita adalah laporan kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi. Atau, berita juga dimaknai secara khusus sebagai laporan yang muncul di media massa.

Berita atau news disebut-sebut berasal dari huruf awal empat penjuru mata angin yaitu north-east-west-south. Hal ini menunjukkan bahwa berita dapat datang dari mana saja. Yang perlu dipahami pula adalah berita berbeda dengan informasi atau penyebaran informasi.

Informasi menjadi sebuah berita manakala memiliki nilai berita seperti tepat waktu, kelayakan berita, kedekatan, kontroversi, terkenal, kejadian yang baru terjadi, aneh, emosi, kegunaan, dan nilai-nilai pendidikan. Berbagai kejadian atau peristiwa yang bernilai berita inilah yang dicari oleh jurnalis dan dibutuhkan oleh khalayak.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang jurnalis akan mencari, mengumpulkan, dan melaporkan suatu kejadian atau peristiwa yang bernilai berita kepada khalayak dengan berpegang pada kode etik wartawan atau kode etik jurnalistik. Pelaporan suatu kejadian atau peristiwa tersebut ditulis dengan menggunakan beberapa teknik penulisan berita tergantung pada jenis-jenis berita yang hendak disampaikan kepada khalayak.

Contohnya, berita investigasi ditulis dengan menggunakan teknik penulisan berita investigasi atau berita berjenis straight news ditulis dengan menggunakan teknik penulisan berita straight news. Penulisan berita yang menarik dan sesuai dengan kaidah akan mampu meraih perhatian khalayak dan khalayak akan mengingatnya dengan baik.

Gaya penulisan berita yang baik dan menarik menjadikan berita memiliki beberapa fungsi bagi khalayaknya. Berikut adalah beberapa fungsi berita bagi khalayak dalam kehidupan seharai-hari :

1. Menyampaikan informasi

Fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah menyampaikan informasi. Fungsi informasi mencakup berbagai informasi berbagai kejadian atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam kehidupan sehari-hari seperti politik, hubungan luar negeri, prakiraan cuaca, kecelakaan, bisnis, buruh, pendidikan, dan ekonomi. Informasi tersebut sangat penting bagi khalayak dan umumnya diberikan melalui media massa baik media masa cetak maupun elektronik.

2. Meningkatkan kesadaran publik

Fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah mengingkatkan kesadaran publik tentang isu tertentu. Yang dimaksud dengan kesadaran publik adalah tingkat pemahaman publik tentang pentingnya isu tertentu dan implikasinya bagi publik secara umum.

Isu disini dapat berupa masalah lingkungan hidup, masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan dan anak-anak, politik, dan lain-lain.

Berita surat kabar atau media elektronik merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kesadaran publik tentang isu tertentu dengan cara menjelaskan isu-isu dan menyebarluaskan pengetahuan kepada khalayak luas agar dapat membuat keputusan yang tepat. Misalnya isu tentang kota yang ramah bagi perempuan dan anak.

Sponsors Link

3. Membantu bersikap terbuka

Berita yang disajikan melalui media massa cetak dan elektronik menjadikan kita lebih mengerti dan memahami berbagai kejadian atau peristiwa di seluruh dunia. Berita-berita dari seluruh dunia menunjukkan bahwa manusia di suatu negara berbeda dengan negara lainnya.

Latar belakang yang dimiliki pun berbeda-beda. Hal ini tentunya sangat penting bagi kita untuk mempelajari perbedaan yang ada dan belajar untuk bersikap terbuka terhadap hal-hal baru dan mengembangkan sikap toleransi  terhadap perbedaan yang ada.

4. Membentuk opini publik

Berita juga dapat berfungsi untuk membentuk opini publik. Sebagaimana telah dijelaskan dalam teori agenda setting bahwa media massa cenderung membentuk rasa kepedulian dan perhatian khalayak terhadap beberapa isu tertentu yang ditampilkan oleh media massa.

Hal ini dapat mengajak dan mengarahkan khalayak untuk menerima bahwa isu tertentu lebih penting dibandingkan isu lainnya. Isu-isu seperti misalnya isu di bidang ekonomi dan politik yang diangkat oleh media massa dapat mempengaruhi opini publik karena masalah ekonomi dan politik bersentuhan langsung dengan khalayak.

Misalnya, berita tentang tingginya harga sembako di tengah lesunya daya beli masyarakat menggiring opini publik bahwa pemerintah dinilai tidak mampu menekan naiknya harga sembako.

ads

5. Mengambil keputusan

Menjelang pemungutan suara Pilkada 2018 bulan Juni mendatang, berbagai media massa mulai gencar memberitakan seluk beluk yang berkaitan erat dengan Pilkada.

Pemberitaan tentang calon kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi, debat publik di televisi sebagai wadah pemaparan dan penajaman visi dan misi masing-masing calon kepala daerah, dan lain-lain mendorong khalayak untuk dapat mempertimbangkan data dan fakta yang ada sebelum memberikan suaranya di bilik suara.

Berbagai pemberitaan tersebut tentunya memberikan dan menambah informasi dan pengetahuan khalayak tentang calon pemimpin di daerahnya dan menentukan pilihannya saat pemungutan suara.

6. Hiburan

Seperti fungsi-fungsi komunikasi pada umumnya, fungsi berita selanjutnya adalah hiburan atau untuk menghibur. Dalam artian, berita yang disajikan ditujukan untuk menghibur khalayak misalnya cerita-cerita fiksi, komik, berita olahraga, tinjauan film terbaru, kolom hobby, dan lain sebagainya.

7. Mendidik

Berita tidak hanya menyuguhkan informasi kepada khalayak namun juga memberikan pendidikan kepada khalayak melalui kolom atau editorial tentang berbagai isu. Jika kita lihat, sebagian besar surat kabar selalu menyuguhkan kolom tentang pendidikan dan lowongan pekerjaan sebagai panduan atau pedoman kepada pembaca tentang berbagai macam kursus, pilihan karir yang tersedia, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, dan lain-lain. Hal ini juga sekaligus menambah pengetahuan khalayak.

8. Menambah pengetahuan

Fungsi berita berikutnya adalah menambah pengetahuan. Berita-berita yang disajikan melalui media massa dapat menambah pengetahuan tentang berbagai kejadian atau peristiwa terkini dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. Hal ini memungkinkan kita tetap menjadi bagian terpisah dari mereka yang belum memahami kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Karena hal itulah, kita kemudian dapat menyampaikan kembali apa yang telah dipahami kepada orang lain. Proses komunikasi pun berlangsung dua tahap sebagaimana yang telah dijelaskan dalam model komunikasi dua tahap atau teori komunikasi dua tahap.

9. Menambah topik diskusi

Berbagai berita yang disajikan melalui media massa seperti televisi dan internet dapat menambah pengetahuan kita tentang apa yang terjadi misalnya pemilihan umum, ekonomi, atau berita-berita internasional. Hal ini tentunya menjadi topik-topik yang menarik untuk dibahas dalam diskusi di ruang kelas atau kuliah atau diskusi dengan teman.

Diskusi tentang berbagai kejadian atau peistiwa yang sedang menjadi perbincangan hangat dapat membuat kita belajar mengeluarkan pendapat, belajar mendengarkan pendapat orang lain, belajar menerima perbedaan pendapat, dan belajar mencari solusi.

10. Mendukung nilai-nilai dan pandangan tertentu

Macam-macam berita yang ditampilkan media massa dapat mendukung nilai-nilai atau pandangan tertentu. Misalnya, berita tentang lingkungan hidup. Terkait dengan banyaknya berita banjir dan longsor yang terjadi di sebagaian besar wilayah Indonesia, beberapa daerah di Indonesia yang terhindar dari bencana memiliki cara tersendiri bagaimana bersahabat dengan alam dan hal ini telah dilakukan secara turun temurun.

Nilai-nilai yang coba diangkat dan disebarluaskan oleh media massa adalah jika kita memperlakukan alam dengan semestinya atau tidak berlebihan maka bencana alam pun akan menjadi minimal.

11. Melatih kinerja otak

Membiasakan diri terpapar berita dapat melatih kinerja otak. Kita dapat memperoleh berita dengan cara mendengar, membaca, atau menonton namun dengan tetap mengerjakan pekerjaan lainnya. Berbagai kegiatan yang dilakukan sambil tetap terpapar berita merupakan hal yang dapat melatih kinerja otak karena otak akan fokus pada beberapa kegiatan dalam satu waktu. Tentunya, kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang ringan seperti minum kopi atau teh sambil makan camilan.

12. Menafsirkan makna kejadian atau peristiwa

Kita cenderung percaya dengan apa yang diberitakan oleh media massa khususnya surat kabar. Seorang reporter atau jurnalis dalam menjalankan tugasnya akan berusaha untuk mencari dan memperoleh fakta-fakta yang mendukung dari berbagai pihak. Fungsi fakta dalam berita ini sangat berguna bagi khalayak untuk dapat menafsirkan informasi berdasarkan bagaimana informasi tersebut disampaikan. Selain itu, reporter atau jurnalis juga dituntut untuk dapat melakukan verifikasi terhadap informasi yang diperoleh.

13. Meningkatkan partisipasi sosial

Fungsi berita selanjutnya adalah meningkatkan partisipasi sosial. Berita-berita tentang bencana alam seperti gempa bumi besar, erupsi gunung berapi, longsor, kebakaran, banjir bandang, dan lain-lain yang menimbulkan korban jiwa maupun materi yang tidak sedikit dapat menggugah rasa empati khalayak.

Biasanya media massa akan mencantumkan nomor rekening khusus untuk menampung donasi dari khalayak yang ingin membantu dan kemudian menyalurkannya ke pihak-pihak yang membutuhkan. Selain berkaitan dengan bencana alam, partisipasi sosial juga berkaitan dengan masalah kesehatan dan masalah sosial lainnya seperti donor darah, operasi katarak, dan lain-lain.

14. Mengurangi ketidakpastian

Adakalanya, berita yang disampaikan melalui media massa terutama media massa elektronik hanya menyajikan fakta secara garis besar dengan tetap berpedoman pada unsur-unsur berita. Misalnya, program acara Breaking News tentang musibah jatuhnya pesawat terbang yang menimbulkan korban.

Ada tidaknya korban jiwa atau selamat tentu akan menimbulkan ketidakpastian bagi khalayak terutama anggota keluarga yang menjadi korban kecelakaan.

Namun, setelah pihak berwenang melakukan penyelidikan menyeluruh dan kemudian menginformasikan kepada masyarakat luas melalui konferensi pers maka khalayak luas terutama keluarga korban dapat mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan dan ada tidaknya korban jiwa.

15. Iklan layanan masyarakat dan promosi

Fungsi berita selanjutnya adalah sebagai iklan layanan masyarakat seperti keluarga berencana, menyetir dengan aman, masalah-masalah kesehatan, perawatan anak, dan lain sebagainya. Selain iklan layanan masyarakat, berita juga dapat berfungsi sebagai promosi produk atau perusahaan.

Biasanya, perusahaan menggunakan media massa untuk menyebarluaskan informasi tentang produk  atau kegiatan lainnya melalui press release agar khalayak mengetahui produk atau kegiatan yang dilakukan dan hal ini sekaligus sebagai bentuk pembentukan citra perusahaan di mata khalayak.

Sponsors Link

16. Menjadi panduan

Berbagai media berita, baik cetak maupun elektronik, seringkali menyuguhkan berita yang dapat membantu khalayak dalam berbagai macam cara. Misalnya, surat kabar selalu mencantumkan nomor-nomor penting seperti nomor telepon polisi, nomor telepon rumah sakit, layanan ambulans, dan lain-lain yang dapat dihubungi oleh khalayak apabila diperlukan.

Selain itu, prakiraan cuaca juga disajikan agar khalayak dapat mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak diinginkan, tempat-tempat wisata yang menarik, tips dan trik, dan lain-lain.

17. Memberikan insiprasi

Biasanya, kisah-kisah inspiratif yang ada di sekitar kita menjadi salah satu hal yang dapat dijadikan berita. Misalnya, baru-baru ini diberitakan seorang pemuda asal Padangsidempuan yang berprofesi sebagai tukang tambal ban namun berhasil membiayai sendiri pendidikannya hingga S2 di bidang hukum.

Perjalanan kisah sang pemuda yang diberitakan di salah satu media online diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada pembaca bahwa sifat pantang menyerah sangat penting untuk meraih cita-cita.

Manfaat Mempelajari Fungsi Berita dalam Kehidupan Sehari-hari

Mempelajari fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah :

  • Kita dapat mengetahui dan memahami pengertian berita.
  • Kita dapat mengetahui dan memahami berbagai fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang berita dan berbagai fungsi yang menyertainya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :