Sponsors Link

8 Fungsi Fakta Dalam Berita – Penjelasan Lengkap

Sponsors Link

Informasi adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki. Terlebih pada jaman modern seperti saat ini dimana arus informasi sangat cepat dan semakin mudah untuk didapatkan. Hanya saja terkadang terdapat jenis-jenis informasi atau berita palsu yang merugikan karena merupakan berita yang dibuat-buat dan tidak mengandung kebenaran atau fakta sama sekali. Dan dalam tulisan ini kami akan membahas 8 fungsi fakta dalam berita.

ads

Fakta adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki sebuah berita. Karena berita yang memiliki fakta merupakan berita yang dapat dipercaya dan jujur. Tanpa adanya fakta, sebuah berita dapat dipastikan hanya berupa opini dan tidak bisa dijadikan patokan atau informasi valid terhadap sebuah peristiwa. Dan berikut adalah 8 fungsi fakta dalam berita:

  1. Menguatkan Data Pendukung

Berita yang memuat fakta didalamnya merupakan berita yang memiliki banyak data yang valid. Fakta dan data merupakan dua hal yang saling terkait dan saling menguatkan satu sama lain. Seorang wartawan yang menulis berita fakta tanpa data yang valid bisa dikatakan telah melanggar kode etik wartawan.

Namun, walaupun data dan fakta adalah hal yang saling terkait, sejatinya data bukanlah hal yang cukup mudah untuk didapatkan. Hal ini karena wartawan harus mencari sumber informasi yang benar-benar dapat dipercaya terhadap satu peristiwa yang terjadi. Wartawan harus mencari saksi kunci. Tanpa saksi kunci yang memberi informasi palsu, berita yang akan dibuat kemudian akan menjadi berita opini.

  1. Meyakinkan Pembaca

Berita yang memuat fakta merupakan berita yang dapat menarik perhatian pembacanya. Hal ini karena masyarakat, sebagai pembaca berita, merupakan sosok yang selalu ingin tahu terhadap perkembangan yang sedang terjadi saat ini. Walaupun terdapat jenis-jenis berita lain yang tidak kalah menarik, namun hanya berita yang memuat fakta sajalah yang dinilai mampu menggambarkan keadaan atau peristiwa yang sedang terjadi saat itu dengan sebenar-benarnya.

  1. Informasi Yang Akurat

8 fungsi fakta dalam berita selanjutnya adalah memberikan informasi yang akurat. Sama seperti poin sebelumnya, informasi yang akurat adalah informasi yang sangat dibutuhkan oleh pembaca karena mampu menggambarkan keadaan atau peristiwa dengan sebenar-benarnya. Berita itu dapat dipercaya. Hanya saja, sebagai seorang wartawan yang menyajikan berita tersebut, setidaknya anda perlu tahu cara menulis berita fakta untuk lebih meyakinkan pembaca bahwa berita anda merupakan berita yang lebih akurat dibanding berita dari sumber lainnya.

  1. Agar Dapat Dipertanggung Jawabkan

Salah satu keuntungan berita yang memuat fakta dibanding macam-macam berita lainnya adalah dapat dipercaya. Resiko dari pembuatan berita ini adalah harus bisa dipertanggung jawabkan. Maksud dari harus bisa dipertanggung jawabkan adalah sejenis garansi bahwa berita yang disampaikan benar-benar terjadi dan nyata bukan karangan pribadi.

Tanpa pertanggung jawaban, berita yang memuat fakta semenarik apapun tidak bisa ditayangkan karena setiap berita tentu memiliki resiko yang harus dipertanggung jawabkan. Beberapa hal yang harus dipertanggung jawabkan adalah sumber informasi, cara penulisan, cara penyampaian, ataupun tentang peristiwa terkait yang menjadi pokok berita.

  1. Menyampaikan Berita Secara Utuh

Berita yang disampaikan secara utuh merupakan poin selanjutnya dalam 8 fungsi fakta dalam berita. Hal ini karena berita fakta adalah jenis berita yang disampaikan apa adanya tanpa adanya penambahan atau pengurangan. Semua yang disampaikan adalah apa yang sebenarnya sudah terjadi di lapangan.

Namun, walaupun seperti itu, teknik penulisan berita adalah hal penting yang harus diikuti karena menyangkut proses penyampaian informasi. Jika berita tidak ditulis dengan teknik yang benar, informasi yang utuh mungkin tidak akan tersampaikan kepada pembaca secara utuh sehingga akan kurang meyakinkan bagi pembacanya.

Sponsors Link

  1. Tidak Memihak

Berita fakta adalah berita yang tidak memihak siapapun. Hal ini karena berita disampaikan secara utuh sesuai dengan yang sebenarnya sudah terjadi. Hanya saja, berita yang tidak memihak ini harus memiliki unsur-unsur berita atau data-data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Karena walaupun berita tersebut memuat informasi dari peristiwa yang melibatkan banyak orang, jika memihak, berita tersebut tidak akan menarik dan terasa membosankan.

  1. Mempertegas Fungsi Berita

Fungsi berita adalah menyampaikan informasi. Hanya saja terkadang informasi yang disampaikan tidak tegas. Berbeda jika berita tersebut merupakan berita fakta dimana yang disampaikan merupakan informasi yang sebenar-benarnya.

Sponsors Link

Inilah yang kemudian menjadikan berita fakta termasuk berita yang tegas karena isinya berasal dari data-data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Teknik penulisan berita adalah hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat berita fakta. Hal ini karena tanpa teknis penulisan berita yang benar, isi pokok berita akan kabur dan membingungkan pembacanya.

  1. Menambah Nilai Berita

Inilah poin terakhir dari 8 fungsi fakta dalam berita sebagai inti dari fungsi fakta itu sendiri. Yaitu untuk menambah nilai berita. Nilai berita adalah hal yang sangat penting karena jika nilai yang didapat rendah, berita itu dapat dikatakan sebagai berita yang tidak bisa dipercaya atau hoax.

Fungsi-fungsi fakta pada poin-poin sebelumnya merupakan fungsi yang diperuntukkan untuk menambah nilai dari sebuah berita fakta. Tanpa itu, berita tidak akan menarik karena tidak bisa dipercaya. Hal ini karena dari banyak kriteria ragam berita, berita fakta yang akurat dan faktual merupakan jenis berita yang paling banyak dicari dan paling banyak dinanti.

Itulah 8 fungsi fakta dalam berita yang harus kita ketahui dalam menulis sebuah berita. Fakta adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki, terlebih jika anda membuat berita Hard News dimana data-data yang valid sangat dibutuhkan disana. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :