Sponsors Link

7 Fungsi Artikulasi Dalam Berita

Sponsors Link

Cepatnya informasi yang didapatkan seseorang adalah bukti bahwa jaman semakin modern. Bahkan kini, dengan aplikasi smartphone, kita bisa mencari informasi kapan saja, dimana saja, bahkan informasi apa saja. Semua informasi tersebut biasanya berupa berita santai atau softnews dan juga berita berat atau hardnews. Jika berita atau informasi itu penting, apakah fungsi Artikulasi dalam berita juga penting?

ads

Secara gambaran umum, Artikulasi termasuk bagian dari fungsi komunikasi verbal yang biasa kita lakukan. Dengan Artikulasi, penyampaian informasi menjadi lebih efektif dalam penyampaian sehingga tidak akan terjadi salah paham. Artikulasi sama seperti lagu kalimat.

Walaupun fungsi komunikasi sendiri beragam, seperti fungsi komunikasi dalam hiburan, namun penyampaian informasi adalah hal yang sangat penting dari komunikasi. Karena dengan komunikasi seorang komunikan mendapat gambaran atau penyamaan persepsi melalui penerimaan pesan utuh yang disampaikan oleh komunikator.

Untuk mempermudah dan juga memperjelas mengerti lebih jauh fungsi dari Artikulasi, berikut 7 fungsi Artikulasi dalam berita atau informasi:

  1. Membedakan Makna Kalimat

Fungsi pertama dari adalah membedakan makna kalimat. Seperti kita tahu, dalam bahasa Indonesia, kita mengenal kata-kata Homogram atau Homofon. Homogram adalah kata yang memiliki ejaan yang sama dengan kata lainnya namun makna dan cara bacanya berbeda. Berbeda dengan homogram, homofon adalah kata yang memiliki pelafalan yang sama dengan kata lain namun berbeda dalam pengucapan dan ejaan. I

nilah fungsi Artikulasi yang pertama, untuk membedakan makna dari kata-kata tersebut sehingga orang lain yang mendengar berita tidak terkecoh atau bahkan salah paham. Berita yang tidak dipahami dengan benar dapat menjadi berita palsu atau hoax yang jika disampaikan lagi akan menyebabkan penyampainya dapat dikenakan sanksi hukuman atau pidana.

  1. Menegaskan Pesan

Fungsi Artikulasi yang kedua adalah sebagai sarana untuk menegaskan pesan. Fungsi kedua ini sama seperti fungsi headline dalam berita yang berfungsi untuk menegaskan berita. Headline dan Artikulasi adalah dua hal berbeda yang saling melengkapi. Seperti misalnya headline yang menyampaikan gambaran informasi diawal berita dan Artikulasi menggambarkan berita tersebut secara utuh melalui isi dari berita tersebut.

Namun, walaupun fungsi headline tidak jauh berbeda dari fungsi judul pada umumnya, penyampaian atau pembacaan headline pun harus mengunakan Artikulasi sehingga informasi yang hendak disampaikan dapat dipahami sepenuhnya.

  1. Penunjukan Sikap Netral

Fungsi selanjutnya dari 7 fungsi Artikulasi dalam berita adalah penunjukan sikap netral dalam penyampaian informasi. Seperti kita tahu, informasi atau berita haruslah menyampaikan informasi secara berimbang atau tidak memihak pihak manapun. Namun, walaupun berita tersebut tidak memihak pihak manapun, terkadang judul dalam berita selalu menggambarkan kepada siapa berita itu memihak. Untuk mencegah hal itu terjadi, artikulasi adalah cara yang tepat sehingga informasi tersampaikan secara utuh dan menghindari kesalah pahaman para mendengarnya.

Sponsors Link

  1. Penghentian Sejenak

Artikulasi juga berfungsi sebagai jeda atau tempat berhenti sejenak. Dengan Artikulasi, kita tidak harus menunggu tanda koma atau titik untuk jeda karena artikulasi bisa menghentikannya. Hal ini karena terkadang dalam satu kalimat terdapat dua berita penting.

Artikulasi sama seperti ekspresi dalam komunikasi atau penyampaian informasi. Karena Artikulasi akan membuat informasi yang disampaian menjadi lebih bernyawa atau lebih hidup dan menjadi lebih mudah dipahami oleh orang lain.

  1. Daya Tarik

Fungsi komunikasi dalam bahasa salah satunya adalah penyampaian informasi. Namun terkadang, ada beberpa orang yang kesulitan menyampaikan informasi karena tidak adanya artikulasi dalam penyampaiannya sehingga dia berkomunikasi dengan datar. Walaupun informasi yang hendak disampaikan menarik dan penting, namun tanpa Artikulasi berita tersebut menjadi tidak menarik atau terasa hambar.

  1. Mengatur Naik Turun Lagu Kalimat

Sama seperti fungsi antena dalam sistem komunikasi, Artikulasi membuat informasi yang termuat dalam berita tersampaikan dengan jelas. Hal ini karena seseorang, dengan Artikulasi, mampu mengatur tinggi rendahnya lagu kalimat. Ya, semua kalimat memiliki lagu karena pelafalan masing-masing kalimat berbeda-beda.

Sponsors Link

  1. Memperlambat Atau Mempercepat Pengucapan

7 fungsi Artikulasi dalam berita yang terakhir adalah sebagai sarana untuk memperlambat atau mempercepat pengucapan. Sama seperti poin sebelumnya, kalimat adalah sesuatu yang memiliki lagu atau nyawa tersendiri. Lagu ini hanya bisa dirasakan atau dinikmati jika kita menggunakan artikulasi dalam penyampaiannya.

Cepat atau lambatnya pengucapan akan sangat berpengaruh terhadap informasi yang akan diterima oleh orang lain. Terlebih, dengan adanya smartphone sebagai fungsi komunikasi dalam jaringan simulasi digital, dimana arus informasi sangat cepat didapatkan dan menuntut kita meresponnya dengan segera, artikulasi menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dimengerti. Jangan sampai kita menerima sebuah informasi dan mengkonsumsinya bahkan menyampaikannya lagi kepada orang lain tanpa menggunakan artikulasi karena akan menimbulkan kesalah pahaman.

Itulah 7 fungsi Artikulasi dalam berita yang harus kita jadikan patokan dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Karena walaupun berita tersebut tertulis, terdapat pula teknis penulisan berita media cetak yang harus diketahui sehingga informasi yang kita sampaikan dapat dengan mudah dimengerti serta dipahami oleh orang lain. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :