Sponsors Link

7 Fungsi Antena dalam Sistem Komunikasi

Sponsors Link

Pembahasan kali ini akan cukup menarik yaitu mengenai fungsi antena dalam sistem komunikasi. Dalam sebuah sistem jaringan komunikasi jarak jauh, antena memiliki peranan yang sangat penting. Bila didefinisikan melalui bahasa yang sederhana, antena merupakan alat untuk mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik. Perangkat ini juga disesuaikan dengan tujuan penggunaannya sehingga memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Tanpa adanya antena, penerimaan frekuensi dalam jaringan komunikasi mungkin akan terganggu.

ads

Baca juga:

Melihat adanya fungsi utama dari antena tersebut, maka tak heran bila peran antena dalam komunikasi ini sangat penting. Telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh bisa dilakukan dengan adanya perangkat antena ini. Supaya lebih rinci lagi, berikut ini adalah beberapa macam fungsi utama dari adanya antena dalam suatu sistem komunikasi:

  1. Menerima sinyal komunikasi

Antena bisa berfungsi dalam menerima sinyal. Ini merupakan salah satu fungsi mendasar yang ada dari antena sebagai bagian dari sistem komunikasi. Sinyal yang ada akan “ditangkap” untuk kemudian diinterpretasikan menjadi suatu data tertentu untuk kemudian diinterpretasikan oleh perangkat decoder yang ada.

  1. Mengirim sinyal komunikasi

Selain menerima sinyal, antena juga dapat berfungsi untuk mengirimkan sinyal ketika diperlukan. Artinya, inisiasi dari proses komunikasi jarak jauh biasanya dimulai dari pengiriman sinyal ini melalui antena tersebut. Perangkat akan menghasilkan sinyal yang kemudian akan ditransmisikan oleh antena dan dikirimkan kepada perangkat lainnya.

  1. Memancarkan dan sekaligus menerima sinyal

Ada juga jenis antena yang berfungsi menerima sekaligus memancarkan sinyal. Prosesnya memang lebih kompleks dibandingkan antena yang hanya menerima atau mengirim sinyal saja. Ini merupakan hal yang sudah umum diterapkan terutama pada penggunaan media komunikasi dalam jaringan. Pada dasarnya, teknologi saat ini sudah banyak yang membenamkan jenis antena ini karena dinilai lebih praktis dan memudahkan dalam proses komunikasi.

  1. Memfokuskan sinyal komunikasi

Sinyal komunikasi yang banyak bertebaran di lingkungan kita akan difokuskan oleh antena penerima atau pengirim sinyal tersebut. Tujuan utamanya adalah mengirimkan beberapa macam kode untuk diterima dengan baik pada perangkat lain. Tanpa adanya fungsi pemfokusan sinyal ini, kegagalan dalam sistem komunikasi jaringan bisa saja terjadi.

  1. Memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh

Komunikasi jarak jauh merupakan salah satu output dari fungsi antena dalam sistem komunikasi. Proses komunikasi bisa berjalan dengan mudah tanpa ada kendala jarak. Ini tentu sudah kita rasakan saat ini, dimana perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Kita tidak hanya bisa bertukar suara secara langsung, bahkan sekarang kita bisa melakukan live video melalui perangkat komunikasi. (Baca juga: Macam-macam media komunikasi dalam jaringan)

  1. Pengiriman sinyal komunikasi

Sinyal komunikasi yang sudah fokus tadi bisa dikirimkan oleh antena dalam sistem komunikasi. Ini tentu saja merupakan fungsi paling mendasar dari antena yang sudah tidak perlu dijelaskan lebih banyak lagi. Pengiriman sinyal menjadi sebuah hal yang esensi dari sistem komunikasi jaringan.

  1. Menguatkan sinyal komunikasi

Antena juga dapat menguatkan sinyal komunikasi. Penangkapan frekuensi sinyal bisa dilakukan dengan lebih presisi menggunakan antena ini. Harapannya adalah proses pengiriman atau penerimaan informasi tidak akan menjadi kendala lagi. Tipe komunikasi nirkabel umumnya juga membutuhkan antena.

  1. Melakukan seleksi sinyal komunikasi

Seleksi sinyal komunikasi dilakukan untuk mencegah terjadinya interferensi. Pada sistem komunikasi jaringan, tentu hal ini bisa saja terjadi. Antena mencegah masuknya sinyal komunikasi yang tidak ditujukan pada perangkat dan berfokus pada sinyal yang memang benar-benar akan diterima oleh perangkat saja.

Fungsi antena memang cukuplah kompleks. Pada dasarnya kita bisa mempelajarinya lebih lanjut bila kita akan mencari tahu mengenai cara kerja sistem komunikasi jaringan. Setidaknya uraian ringkas mengenai fungsi antena dalam sistem komunikasi di atas cukup membantu memberikan pemahaman sekilas akan hal itu.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi